Ingin Liburan lebih Seru? Inilah List Tempat Wisata Populer di Wonosobo, Jawa Tengah. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian, Terindah & Paling Hits yang Layak Dijelajahi Saat Liburan.

Wonosobo Jawa Tengah memang menjadi salah satu destinasi liburan yang menawarkan banyak pesona keindahan alam. Udaranya yang sejuk bahkan terbilang dingin, diapit oleh deretan pegunungan megahnya. Pesona alamnya, bisa Anda jelajahi dengan mengunjungi deretan tempat menarik yang sudah populer di kalangan wisatawan. Berikut daftar tempat wisata terbaik di Wonosobo yang bisa Anda pilih.

1. Gunung Prau

Gunung Prau
Image Credit: Instagram.com @hardolinprawira

Apakah Anda termasuk orang yang gemar berpetualang dan mendaki gunung? Jika iya, maka salah satu gunung di Wonosobo ini wajib untuk Anda jelajahi. Gunung Prau tawarkan pemandangan yang akan membuat siapapun terpesona. Gunung satu ini merupakan gunung dengan puncak paling tinggi di dataran tinggi Dieng dan begitu terkenal.

Memang bukanlah destinasi wisata yang baru, tetapi Gunung Prau tetap hits di kalangan para pendaki. Perjalanan Anda menaklukkan gunung ini membutuhkan waktu sekitar 2 atau 3 jam. Begitu tiba di puncak, Anda akan disuguhkan dengan golden sunrise atau sunsetnya yang menawan. Pemandangan dari atas ketinggian ini juga sangat eksotis.

Lokasi: Kab. Batang, Kab. Kendal, Kab. Temanggung dan Kab. Wonosobo.

2. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir
Image Credit: Google Maps (Prameswari Ade)

Sikunir Dieng, juga begitu hits di kalangan pemburu sunrise ataupun sunset. Bukan destinasi yang baru, tetapi pengunjungnya bahkan tidak pernah surut. Ketika musim liburan, jalan untuk menuju Sikunir akan lebih macet. Sudah ditemukan dari tahun 80an oleh wisatawan asing, bukit ini baru banyak dikunjungi saat memasuki awal tahun 2009.

Nama Sikunir sendiri didapatkan dari tanaman rempah kunir, dimana rempah ini memang memiliki warna kekuningan. Hal ini sesuai dengan golden sunrises Sikunir yang akan membuat siapapun terpana dengan pesona. Memiliki ketinggian 1.500 mdpl, medan untuk menuju bukit ini tidak sulit dan cocok untuk para pemula yang ingin mendaki.

Lokasi: Tieng Krajan, Tieng, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo.

3. Gunung Lanang

Gunung Lanang
Image Credit: Google Maps (ivan brata)

Gunung Lanang Mergolangu juga bisa jadi alternatif tujuan jika Anda masih belum puas menikmati pemandangan dari ketinggian. Memiliki ketinggian sekitar 600 mdpl, para pendaki akan disuguhkan panorama menakjubkan. Anda bisa merasakan sejuknya hawa pegunungan sembari menikmati pemandangan.

Lokasi: Mergolangu, Kec. Kalibawang, Kab. Wonosobo.

4. Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan Angin
Image Credit: Instagram.com @novemlawalata

Destinasi selanjutnya yang juga tawarkan pemandangan dari ketinggian adalah Batu Ratapan Angin. Batu ini juga banyak dikenal dengan sebutan Batu Pandang Dieng. Dari Puncak bukit ini, Anda akan disajikan pesona Telaga Warna dari ketinggian. Warna hijau kebiruan yang berpadu dengan pepohonan hijau membuat pesona ini tak bisa diabaikan.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Sragen yang Paling Populer

Deretan pegunungan hijau lainnya juga akan terhampar luas di pandangan Anda. Destinasi satu ini terbilang hits dan kerap kali dijadikan sebagai tempat untuk hunting foto. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa menjajal wahana seperti flying fox hingga jembatan gantung yang menantang adrenalin. Mudah dijangkau, Anda bisa menjadikan Batu Ratapan Angin sebagai tujuan selanjutnya.

Lokasi: Jl. Dieng, Dieng, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo.

5. Puncak Seroja

Puncak Seroja
Image Credit: Instagram.com @moo_djab

Tidak kalah indah dengan bukit lainnya, Puncak Seroja bisa jadikan tujuan selanjutnya. Destinasi satu ini menawarkan panorama matahari terbit yang tepat di atas Telaga Menjer. Saat cerah, Anda akan disuguhkan panorama kota Wonosobo dari atas ketinggian. Pastikan untuk membawa kamera terbaik anda, sehingga bisa mendapatkan foto foto yang instagramable.

Lokasi: Sembungan, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

6. Bukit Sidengkeng

Bukit Sidengkeng
Image Credit: Instagram.com @hermawan.tribu

Belum puas menyaksikan pemandangan dari ketinggian? Maka Anda harus mengunjungi Bukit Sidengkeng. Bukit ini tidak hanya menawarkan panorama cantik, tetapi Anda juga bisa melihat 75 jenis tanaman endemik. Dari atas bukit ini, Gunung Sindoro terlihat jelas dan berkolaborasi dengan telaga warna serta pengilon yang megah. Semua penat Anda akan dihempas begitu tiba.

Lokasi: Dieng, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo.

7. Telaga Warna

Telaga Warna
Image Credit: Google Maps (Bagus Reza Erlangga)

Hingga kini destinasi wisata ini tidak pernah surut popularitasnya di kalangan wisatawan. Telaga Warna rasanya memang sangat sayang dilewatkan, belum mengunjungi Wonosobo jika belum mengunjungi Telaga satu ini. Yang menjadi daya tarik utamanya adalah air danaunya yang bisa berubah ubah, terkadang hijau, kuning bahkan warna pelangi.

Hal ini dikarenakan airnya masih terdapat kandungan belerangnya. Waktu terbaik untuk mengunjungi destinasi wisata satu ini adalah saat pagi dan siang hari. Sebab, ketika Anda berkunjung sore hari biasanya sudah akan turun kabut yang menutupinya. Mengunjungi Telaga Warna tidak hanya disuguhkan pemandangan yang menawan, tapi juga bisa melepas penat.

Lokasi: Dieng, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo.

8. Telaga Menjer

Telaga Menjer
Image Credit: Instagram.com @hanakrisna_

Telaga yang tak kalah indah dan wajib Anda sambangi saat di Wonosobo adalah Telaga Menjer. Telaga satu ini memiliki luas berkisar 70 hektar, dan didapuk sebagai telaga paling luas di daerah Dieng. Bukan hanya luas, keindahan yang dimilikinya juga sanggup untuk menarik perhatian para pelancong yang sedang liburan ke Dieng.

Anda bisa mengelilingi telaga ini dengan menyewa perahu para penduduk. Selain itu, aktivitas liburan Anda akan semakin menarik dengan hadirnya fasilitas olahraga dan outbond. Setelah lelah bermain, Anda bisa melanjutkan dengan wisata kuliner di beberapa kedai atau warung yang ada. Panorama makin menakjubkan saat golden sunset atau sunrise.

Lokasi: Maron, Kec. Garung, Kab. Wonosobo.

9. Padang Savana Dieng

Padang Savana Dieng
Image Credit: Instagram.com @susahbangunpagi

Wonosobo juga memiliki Padang Savana yang menjadi bagian dari Dieng Plateau. Padang ilalang hijau yang terbentang, memberikan panorama yang menawan. Tempat satu ini memang belum begitu familiar di kalangan wisatawan. Tetapi keindahan yang ditawarkan tidak akan membuat Anda menyesal sudah menjejakkan kaki di tempat ini.

BACA:  20 Tempat Wisata di Tegal Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara.

10. Curug Winong

Curug Winong
Image Credit: Instagram.com @crazy_wahyu

Wonosobo juga memiliki curug cantik yang bisa Anda jadikan tujuan wisata Anda. Curug ini dikenal dengan Curug Winong. Memiliki ketinggian hingga 50 meter dengan debit air yang deras menjadikan Anda sudah akan basah saat akan mendekat. Walaupun tidak bisa berenang, suasana yang masih asri dan pemandangan alamnya akan membuat lelah Anda hilang.

Lokasi: Winongsari, Kec. Kaliwiro, Kab. Wonosobo.

11. Curug Sikarim

Curug Sikarim
Image Credit: Instagram.com @hanakrisna_

Tidak hanya Curug Winong, Anda juga bisa mengunjungi Curug Sikarim. Curug satu ini tak terlalu tinggi, hanya sekitar 24 meter. Tetapi tebing tepat air ini jatuh, begitu eksotis dan akan memanjakan indera penglihatan Anda. Sekalipun belum populer, tapi pesona curug ini akan membuat Anda terpikat. Airnya yang jernih dan udaranya yang sejuk membuat betah.

Lokasi: Sembungan, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo.

12. Curug Drimas

Curug Drimas
Image Credit: Instagram.com @amazing_karangsari

Air terjun tiga lapis yang mempesona bisa Anda nikmati dengan mengunjungi Curug Drimas. Curug satu ini memiliki 3 air terjun bertingkat yang masing masingnya miliki tinggi berbeda. Ada yang tingginya 40 meter, 20 meter hingga 15 meter yang begitu menawan. Selain menikmati air terjunnya, pengunjung juga banyak yang datang untuk ziarah di makan sekitar curug.

Lokasi: Karangsari, Kec. Sapuran, Kab. Wonosobo.

13. Curug Sikopel

Curug Sikopel
Image Credit: Google Maps (Pratama Widodo)

Wonosobo yang memiliki alam pegunungan memang memiliki beberapa air terjun keren. Dan Curug Sikopel menjadi salah satu dari curug indah tersebut. Memiliki ketinggian 70 meter dengan air yang deras, air terjun ini juga membentuk kolam alami di bawahnya. Anda tidak bisa berenang karena sangat dalam, tetapi Anda tetap bisa menikmati moleknya pemandangannya.

Lokasi: Babadan, Kec. Pagentan, Kab. Banjarnegara.

14. Curug Muncar

Curug Muncar
Image Credit: Ihategreenjello.com

Berada di ketinggian sekitar 900 mdpl, Curug Muncar menjadi destinasi wisata alam yang bisa dikunjungi selanjutnya. Tempatnya yang masih alami dan belum banyak diketahui, membuat Anda bisa merasakan ketenangan dan keasriannya. Curug Muncar sangat cocok untuk Anda yang ingin menenangkan diri. Anda juga bisa berburu foto foto cantik sekalian.

Lokasi: Desa Brunorejo, Kec. Bruno, Kab. Purworejo.

15. Pemandian Air Panas Kalianget

Pemandian Air Panas Kalianget
Image Credit: Google Maps (Zahirra A)

Selepas menjelajah sebagian wisata di Wonosobo, kini saatnya Anda merilekskan tubuh dengan mengunjungi Pemandian Air Panas Kalianget. Objek wisata ini sudah ada cukup lama, tetapi tetap hits di kalangan wisatawan. Berendam sembari menikmati alam yang elok tentu bukan ide buruk. Apalagi fasilitas di tempat satu ini juga sudah lengkap.

Lokasi: Kalianget, Somogede, Kec. Wadaslintang, Kab. Wonosobo.

16. Arung Jeram Serayu

Arung Jeram Serayu
Image Credit: Google Maps (rini puspita)

Ingin melakukan kegiatan menantang adrenalin selain mendaki gunung? Anda bisa menjajal Arung Jeram Serayu. Destinasi yang tawarkan rafting dijalur sungai ini memang menjadi favorit dan hits. Sembari menyusuri sungai, Anda juga akan disajikan ekosistem indah di sekitar sungai. Destinasi ini pasti akan membuat Anda memiliki pengalaman liburan yang menyenangkan.

Lokasi: Desa Randegan, Kec. Sigaluh, Kab. Banjarnegara.

BACA:  12 Oleh-Oleh Khas Purbalingga yang Paling Populer

17. Agrowisata Tambi

Agrowisata Tambi
Image Credit: Google Maps (Devi Vio)

Wonosobo juga memiliki destinasi berupa kebun teh, Anda bisa melajukan kendaraan Anda menuju Agrowisata Tambi. Berada di ketinggian 1.400 mdpl, sudah pasti udara yang ada di sini sangat sejuk. Indera penglihatan Anda akan disuguhkan dengan panorama hijau yang mengagumkan. Fasilitas modern seperti outbond dan lainnya juga sudah disediakan.

Lokasi: Tegalrejo, Tambi, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo.

18. Kebun Teh dan Kolam Renang Tanjungsari

Kebun Teh dan Kolam Renang Tanjungsari
Image Credit: Sikidang.com

Melihat hamparan kebun teh juga bisa Anda lakukan dengan mengunjungi Kebun Teh dan Kolam Renang Tanjungsari. Rekreasi satu ini sangat pas untuk Anda yang ingin liburan bersama keluarga. Kedua wahana yang disatukan justru membuat destinasi ini menjadi favorit. Apalagi berbagai atraksi dan fasilitas lengkap juga bisa dijumpai di tempat indah ini.

Lokasi: Semunggang, Sedayu, Kec. Sapuran, Kab. Wonosobo.

19. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang
Image Credit: Google Maps (Amri H)

Mengunjungi Wonosobo rasanya belum lengkap jika belum mengunjungi destinasi wisata satu ini. Kawah Sikidang menjadi kawah yang begitu mudah untuk dijangkau, karena lokasinya yang datar. Pengunjung akan langsung melihat letupan kawah dari dekat. Pemandangan sekitarnya juga begitu instagramable.

Lokasi: Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara.

20. Gunung Lanang Mergolangu

Gunung Lanang Mergolangu
Image Credit: Google Maps (Si Doel)

Karena potretnya yang sering berkeliaran di media sosial, destinasi wisata satu ini begitu hits. Objek wisata ini juga masih terbilang baru, tetapi berhasil menarik perhatian. Panorama pegunungan lengkap dengan air terjun dan gardu pandang menjadi daya tariknya. Pengunjung juga akan disuguhkan epicnya matahari yang berpulang.

Lokasi: Desa Mergolangu, Kec. Kalibawang, Kab. Wonosobo.

21. Bukit Siloreng Indah

Bukit Siloreng Indah
Image Credit: Google Maps (iik wahyu anggara)

Perbukitan yang instagramable yang begitu hits belakangan adalah Bukit Siloreng Indah. Bukit satu ini menawarkan pemandangan yang indah dan banyak spot foto yang menarik. Berada tak jauh dari Kalianget, perlahan namun pasti akses menuju bukit ini akan segera diperbaiki.

Lokasi: Desa Somogede, Kec. Wadaslintang, Kab. Wonosobo.

22. Wisata Alam Lubang Sewu

Wisata Alam Lubang Sewu
Image Credit: Google Maps (M Arifin)

Jangan mengaku hits, jika destinasi di Wonosobo satu ini belum dikunjungi. Lubang Sewu menawarkan panorama waduk yang indah. Saat waduk ini surut, keindahannya justru berlipat karena bebatuan kapurnya terlihat. Bebatuan kapur inilah yang menarik wisatawan untuk berkunjung. Selain jadi spot foto hits, fasilitas wisata di destinasi ini juga sudah memadai.

Lokasi: Jurutengah, Erorejo, Kec. Wadaslintang, Kab. Wonosobo.

23. Alun Alun Kota Wonosobo

Alun Alun Kota Wonosobo
Image Credit: Google Maps (arwand lamanda)

Untuk menutup perjalanan Anda di Wonosobo, Anda bisa mengunjungi Alun Alun Wonosobo. Taman alun alun yang lapang sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat bersantai. Anda bisa mengobrol atau bahkan berburu foto foto yang cantik. Selain itu, Anda juga bisa wisata kuliner mengingat ada banyak penjual makanan di sekitarnya.

Lokasi: Jl. Pemuda No.2, Wonosobo Timur, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo.

Itulah beberapa objek wisata populer di Wonosobo yang bisa Anda kunjungi saat liburan ke tanah Dieng. Menawarkan pesona alam yang memukau, Anda akan dibuat takjub dengan semua pesonanya. Sangat cocok untuk Anda yang ingin liburan ke alam dan berpetualang. Pastikan untuk merencanakan jauh hari semua perjalanan Anda ke Wonosobo.