Berkunjung ke Pulau Bali kurang lengkap sebelum mencoba beberapa wisata kuliner khasnya yang terkenal lezat. Semua sajiannya siap menggoyang lidah, terutama jika Anda menyantapnya bersama keluarga atau kerabat terdekat.

Bali terkenal dengan keindahan alamnya yang begitu mempesona, sehingga masyarakat kerap menjadikannya sebagai tujuan berlibur favorit terutama jika memasuki musim libur panjang. Selain menikmati suguhan pemandangan alamnya yang luar biasa, jangan lupa menyempatkan diri untuk mencicipi aneka makanan lezatnya untuk mengembalikan energi usai mengunjungi tempat menarik di Pulau Dewata. Berikut beberapa rekomendasi wisata kuliner di Bali yang terkenal enak.

1. Ayam Betutu Men Tempeh

Ayam Betutu Men Tempeh
Image Credit: Google Maps (Feby Krisma)

Ayam Betutu termasuk hidangan lezat khas Bali yang sayang dilewatkan. Meski warung makan ini menyajikan ayam betutu sebagai menu utamanya, namun pengunjung juga bisa menikmati sajian kuliner lainnya yang tidak kalah lezat. Kelezatan rasanya, berasal dari cita rasa pedas khas rempah Bali yang bercampur mesra dengan sayur plecing serta sambal matah.

Apabila Anda merasa jika memesan satu ekor ayam terlalu banyak, tidak ada salahnya membeli setengah porsi atau hanya seperempatnya saja. Sedangkan harganya sendiri tergantung ukuran dari ayam yang dipesan. Semakin berat bobot ayamnya, tentu semakin tinggi pula harga yang harus dibayarkan untuk bisa menyantapnya.

Lokasi: Terminal Lama, Gilimanuk, Kec. Melaya, Kab. Jembrana.

2. Nasi Tekor

Nasi Tekor
Image Credit: Google Maps (Kala Weda)

Bagi wisatawan yang tertarik merasakan kelezatan masakan khas Bali tradisional, sepertinya wajib mencicipi Nasi Tekor. Suasana tradisionalnya didapatkan dari cara penyajian satu porsinya yang menggunakan pernak pernik warung yang ada di Bali. Selain mencicipi Nasi Tekor, wisatawan juga bisa mencoba beberapa masakan lainnya yang tentu tidak kalah lezat.

Lokasi: Jl. By Pass Ngurah Rai Tohpati No.28, Kesiman Kertalangu, Kec. Denpasar Timur, Kota Denpasar.

3. Warung Nasi Ayam Men Weti

Warung Nasi Ayam Men Weti
Image Credit: Google Maps (Wayan Ari)

Warung Nasi Ayam Men Weti termasuk salah satu warung makan yang menyediakan menu masakan legendaris. Bahkan hingga saat ini, rasa masakannya tidak pernah berubah meski telah dikelola oleh generasi penerus dari ibu Weti. Rasa makanan yang konsisten inilah yang membuatnya unggul dibandingkan warung makan lainnya.

Lokasi: Jl. Letda Reta No.52, Dangin Puri Klod, Kec. Denpasar Timur, Kota Denpasar.

4. Babi Guling Pak Dobiel

Babi Guling Pak Dobiel
Image Credit: Google Maps (Yahya Pratama)

Menapakkan kaki di Pulau Dewata, tentu saja kurang lengkap sebelum menikmati sajian menu Babi Guling Pak Dobiel untuk mengembalikan tenaga. Rasa masakannya sudah terkenal hingga ke luar daerah, sehingga tidak mengherankan jika warung makan satu ini tidak pernah sepi dikunjungi pembeli setiap harinya.

Anda tidak perlu mengeluarkan dana besar untuk bisa menikmati satu porsi babi gulingnya. Jika belum puas, tidak ada salahnya memesan dua porsi sekaligus untuk memanjakan perut yang keroncongan. Masakan satu ini semakin lezat jika disantap selagi hangat, oleh karenanya Anda wajib mengkonsumsinya langsung di tempat.

BACA:  33 Tempat Wisata di Bali Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Srikandi No.9, Benoa, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

5. Sate Babi Bawah Pohon

Sate Babi Bawah Pohon
Image Credit: Google Maps (Hery Prasetyo Gunawan)

Sate Babi Bawah Pohon adalah tempat yang tepat dikunjungi ketika Anda merindukan olahan daging babi khas Bai. Tidak perlu mengeluarkan dana besar untuk bisa mencicipi satu porsinya, sehingga tidak ada salahnya memesan dalam jumlah banyak jika memang sangat merindukan kelezatan yang ditawarkannya.

Agar semakin nikmat, pesanlah satu mangkok nasi atau justru meningkatkan level pedas dari menu yang dipesan. Kelezatan rasa daging babi serta rasa pedas yang bercampur hangatnya nasi putih, berhasil membuat siapapun jatuh hati sejak pertama kali mencicipinya. Tidak hanya terkenal oleh masyarakat sekitar, namun banyak wisatawan asing ikut antri memesannya.

Lokasi: Jl. Campuhan I – Dewi Sri, Kec. Kuta, Kab. Badung.

6. Warung Mak Beng

Warung Mak Beng
Image Credit: Google Maps (Alvian Bayu)

Siapa yang tidak mengenal Warung Mak Beng? Rumah makan yang namanya sudah terkenal ini menyajikan aneka kuliner lezat yang wajib Anda cicipi. Sudah beroperasi sejak tahun 1941 lalu, hingga saat ini warung makannya tidak pernah sepi dikunjungi. Uniknya menu yang disediakan hanya ada 1, sehingga pengunjung tidak perlu bingung memilih menu terlebih dahulu.

Lokasi: Jl. Hang Tuah No.45, Sanur Kaja, Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar.

7. Warung Nasi Ayam Bu Oki

Warung Nasi Ayam Bu Oki
Image Credit: Google Maps (dodiangga nugraha)

Apabila bosan dengan sajian kuliner biasa, sebaiknya Anda mencicipi kelezatan rasa yang ditawarkan oleh Warung Nasi Ayam Bu Oki. Kelezatannya berasal dari campuran aneka rempah pilihan yang kemudian dilumuri pada daging ayamnya. Sedangkan rasa pedasnya yang membakar lidah, justru menambah nafsu makan sejak pertama kali mencicipinya.

Beruntungnya warung makan satu ini membuka di 3 tempat berbeda, sehingga bisa mendatangi warung yang berada dekat dengan posisi Anda saat ini. Untuk menikmati satu porsinya, Anda tidak perlu takut isi dompet terkuras seketika. Tidak mengherankan jika warung makan satu ini begitu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Lokasi: Jimbaran, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

8. Bebek Bengil Ubud

Bebek Bengil Ubud
Image Credit: Facebook.com @kiyoto.kurihara.1

Bagi pecinta hidangan yang diolah daging bebek, tampaknya sayang melewatkan rumah makan Bebek Bengil Ubud. Bebek krispi adalah menu utama yang begitu laris dipesan oleh para tamunya. Makanan utama yang cocok disantap sebagai menu makan siang ini dibandrol dengan harga cukup miring, sehingga tidak perlu takut isi dompet akan ludes seketika.

Dalam satu porsinya, Anda akan disajikan dengan beberapa lauk yang siap menjadi pendamping lauk utamanya. Beberapa lauk tambahan tersebut terdiri dari sayur urap, sambal yang cukup pedas, dan tidak lupa nasi hangat. Sambil menikmati sajian kulinernya, para tamu bisa menikmati kesejukan yang berasal dari area persawahan di sekitar tempat makannya.

Lokasi: Jl. Hanoman, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

9. Mentari Restaurant Bedugul

Mentari Restaurant Bedugul
Image Credit: Google Maps (KianHong Khoo)

Bedugul termasuk daerah yang kerap dijadikan sebagai tujuan berlibur, karena disana menyimpan sejumlah destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Selagi berada di wilayah tersebut, jangan lupa mampir ke Mentari Restaurant Bedugul untuk memuaskan perut yang kelaparan. Sajikan aneka masakan khas nusantara lezat menggugah selera, sehingga Anda tidak menyesal mendatanginya.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Ubud Bali yang Murah & Enak

Beberapa menu yang disediakannya terdiri dari aneka olahan nasi, lauk pauk, sop, dan masih banyak lagi lainnya. Semua menu yang ditawarkan sudah tidak perlu diragukan akan kelezatannya. Berkat kelezatan rasa yang ditawarkan, bahkan banyak wisatawan yang jatuh cinta sejak pertama kali mencicipinya.

Lokasi: Jl. Raya Denpasar – Singaraja Km. 50, Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan.

10. Nasi Ayam Kedawetan Bu Mangku

Nasi Ayam Kedawetan Bu Mangku
Image Credit: Google Maps (Mahard Sam)

Bagi pecinta olahan daging ayam, sebaiknya sempatkan diri untuk mencicipi Nasi Ayam Kedawetan Bu Mangku. Satu porsinya dihadirkan dengan pilihan lauk pauk melimpah, sehingga cocok disantap berdua bersama dengan pasangan. Beberapa lauk tambahan yang bisa didapatkan seperti sate lilit, urap, kacang goreng, telur pindang, ayam goreng kering, dan masih banyak lagi.

Selain menu nasi ayam, pihak pengelola juga menambahkan menu masakan lainnya yang tidak kalah lezat disantap bersama dengan pasangan tercinta. Selagi asyik menikmati satu porsi nasi ayam berdua, Anda juga bisa menikmati pesona keindahannya, yang berasal dari hamparan rerumputan pada sebuah lapangan luas.

Lokasi: Jl. Raya Kedewatan No.18, Kedewatan, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

11. Warung Liku

Warung Liku
Image Credit: Google Maps (Barbie Luna)

Jika mencari masakan lezat khas Bali, segeralah meluncur ke Warung Liku sebagai solusinya. Tidak hanya mengunggulkan dari segi rasa masakannya yang begitu lezat semata, pasalnya harga yang ditawarkan merupakan penyelamat ketika berada di tanggal tua. Meski harganya cukup bersahabat, namun satu porsinya sudah memuaskan perut yang keroncongan.

Lokasi: Pemecutan Klod, Kec. Denpasar Barat, Kab. Badung.

12. Kubu and Sawah Terrace

Kubu and Sawah Terrace
Image Credit: Google Maps (Sarah Padmadjaja)

Salah satu warung makan yang wajib dikunjungi selagi menapakkan kaki di Bali yaitu Kubu and Sawah Terrace. Sedikit berbeda dengan tempat makan lainnya, pasalnya interior dan eksterior bangunannya dibuat dari susunan bambu. Uniknya lagi, sang pemilik restoran menyediakan private cocoons yang berhadapan langsung ke Sungai Ayung.

Lokasi: Jl. Raya Kedewatan, Banjar, Kedewatan, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

13. The Amora Bali Restaurant

The Amora Bali Restaurant
Image Credit: Google Maps (Kevin Li)

Apabila mendambakan menyantap kuliner lezat sambil memandang pesona alam, maka mengunjungi The Amora Bali Restaurant merupakan keputusan tepat. Sejak memasuki pintu masuk restoran, terlihat jelas pesona keindahan dari Gunung Batur meski dilihat dari kejauhan sekalipun. Harga yang ditawarkan cukup bersahabat, sehingga tidak perlu ragu untuk mengunjunginya.

Lokasi: Jl. Raya Penelokan No.999, Batur Tengah, Kec. Kintamani, Kab. Bangli.

14. Restoran Bebek Tepi Sawah Ubud

Restoran Bebek Tepi Sawah Ubud
Image Credit: Google Maps (Bebek Tepi Sawah Restaurant Ubud)

Restoran Bebek Tepi Sawah Ubud termasuk rumah makan yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke daerah Ubud. Bebek goreng adalah menu andalan terpopuler yang banyak dipesan oleh wisatawan, sehingga tidak ada salahnya mencicipi kelezatannya. Pengunjung pun merasa betah berlama lama disana, karena mereka dapat menikmati angin sepoi sepoi yang terasa menyejukkan.

Lokasi: Jl. raya goa gajah, banjar teges, Peliatan, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

15. Sate Plecing Arjuna

Sate Plecing Arjuna
Image Credit: Google Maps (D Lim)

Berkunjung ke Pulau Dewata rasanya ada yang kurang jika belum mengunjungi Sate Plecing Arjuna. Sesuai dengan namanya, warung makan satu ini menyediakan menu sate sebagai andalannya. Kelezatan sate populer satu ini berasal dari daging babi yang diberikan racikan bumbu manis, lalu ditambahkan dengan aneka rempah.

BACA:  25 Oleh-Oleh Khas Bali yang Paling Populer

Warung makan satu ini juga menyediakan berbagai menu andalan lain yang bisa Anda coba. Beberapa menu yang direkomendasikan untuk dicoba yaitu bakso sapi, soto sapi, atau memesan sumsum yang sudah terkenal akan kelezatannya. Satu porsinya dibandrol dengan harga bersahabat, sehingga tidak perlu takut isi dompet akan terkuras seketika.

Lokasi: Jl. Arjuna No.47, Dauh Puri Kaja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar.

16. Kamandalu Resort Ubud

Kamandalu Resort Ubud
Image Credit: Booking.com

Kamandalu Resort Ubud adalah tempat yang tepat dikunjungi bersama dengan pasangan. Pasalnya Anda bisa berburu kuliner lezat sambil menikmati sajian alamnya yang begitu mempesona. Uniknya pengunjung bisa menyantap masakannya sambil menyusuri sungai cantik menggunakan perahu yang telah disediakan.

Lokasi: Jl. Raya Andong, Banjar Nagi, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

17. Sisterfields

Sisterfields
Image Credit: Google Maps (teddy Lee)

Jika mencari cafe yang memiliki dekorasi unik dan berbeda, maka berkunjung ke Sisterfields bisa menjadi pilihan tepat. Mengusung konsep khas Australia, dimana pengunjung bisa menikmati sajian unik yang tidak ditemukan pada cafe lainnya. Pasalnya disini disediakan all day breakfast, brunch, dan tentu saja lunch.

Lokasi: Jl. Kayu Cendana No.7, Seminyak, Kec. Kuta Utara, Kab. Badung.

18. Pomegranate Café

Pomegranate Café
Image Credit: Google Maps (Dylan Polin)

Pomegranate Cafe merupakan tempat nongkrong terbaik yang bisa Anda kunjungi dikala lapar melanda. Pasalnya menu yang ditawarkan memiliki kelezatan tiada dua, dimana Anda bisa menyantapnya sambil menikmati pesona alam yang berada tepat di depan mata. Menu makanan yang disediakan pun cukup beragam, sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan selera.

Lokasi: Jl. Subak Sok Wayah, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

19. Waterfall breeze Eco Café

Waterfall breeze Eco Café
Image Credit: Google Maps (Budi Artama)

Apabila bosan dengan tempat nongkrong biasa, tidak ada salahnya berkunjung ke Waterfall breeze Eco Cafe. Lokasinya yang berdekatan dengan destinasi wisata alam berupa air terjun, sehingga Anda dengan mudah menemukan tempat nongkrong asyik bersama teman teman satu ini. Apa yang membuat cafe satu ini terlihat istimewa ?

Pasalnya cafe populer satu ini menyajikan berbagai menu kuliner lezat yang siap memanjakan lidah. Selagi menyantap berbagai menu yang telah dipesan, suasana sekitar yang tampak asri membuat pengunjung merasa betah berada disana. Sesekali Anda bisa merasakan kabut tipis menyentuh permukaan kulit, sehingga cocok dijadikan sebagai tempat melepaskan penat.

Lokasi: Jl. Kayu Putih – Munduk, Kec. Banjar, Kab. Buleleng.

20. Rondji Restaurant

Rondji Restaurant
Image Credit: Tripadvisor.com

Mengunjungi Rondji Restaurant bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin menikmati makanan khas Eropa, Italia, dan Perancis sambil menikmati pemandangan alam asri dan meneduhkan mata. Selain menyajikan makanan berat, jangan buang kesempatan untuk mencicipi aneka menu cocktail yang terkenal akan kelezatannya.

Lokasi: Sayan, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

Pulau Dewata tidak hanya terkenal dengan suguhan pemandangan alamnya yang asri dan terjaga semata, namun Bali juga cocok dijadikan sebagai tempat berburu kuliner lezat. Mulai dari masakan rumahan sederhana hingga makanan yang terlihat mewah dapat ditemukan mudah disini. Diolah dengan aneka rempah pilihan, dijamin Anda tidak akan menyesal pernah mencicipinya.