Selain terkenal dengan tempat wisatanya yang indah, Banda Aceh juga terkenal akan sajian kuliner khas yang sayang untuk dilewatkan dan pastinya ditawarkan dengan harga yang terjangkau.

Salah satu destinasi wisata tanah air adalah Banda Aceh, kota yang terletak di Pulau Sumatera ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang. Mulai dari kekayaan alamnya hingga sajian kulinernya yang menggugah selera. Saat berada di kota ini juga sangat sayang jika tidak sempat mencicipi aneka hidangan lezat yang beragam tersebut. Lalu apa saja wisata kuliner yang ada di Banda Aceh? Simak ulasannya berikut ini.

1. Rumah Makan Hasan

Image Credit: Garnesia.com

Rumah Makan Hasan adalah salah satu tempat wisata kuliner yang dapat anda tuju saat berada di Aceh. Terdapat beberapa menu favorit yang ada di rumah makan ini. Sebut saja olahan ayam tangkap dan juga kari kambing. Tidak sedikit pula hidangan lain yang bisa anda nikmati di lokasi ini. Harga dari hidangan yang ada di dalamnya pun terbilang ramah di kantong. Biasanya di siang hari, tempat makan ini juga selalu dipenuhi oleh pengunjung yang datang.

Lokasi: Jl. Prof. Ali Hasyimi, Pango Raya, Kec. Ulee Kareng, Kota Banda Aceh.

2. Restoran Ayam Penyet Pak Ulis

Restoran Ayam Penyet Pak Ulis
Image Credit: Garnesia.com

Tempat berburu sajian sedap yang enak dan murah berikutnya adalah di Restoran Ayam Penyet Pak Ulis. Sesuai dengan nama tempatnya, rumah makan ini memiliki hidangan andalan berupa ayam penyet. Memang banyak terdapat kuliner berupa ayam panyet di daerah lainnya. Namun ayam penyet yang ada di restoran ini memiliki bumbu khas yang menjadikannya digemari oleh banyak pengunjung yang datang ke sana.

Lokasi: Geuceu Kayee Jato, Kec. Banda Raya, Kota Banda Aceh.

3. Warung Nasi Kambing Lem Bakrie

Warung Nasi Kambing Lem Bakrie
Image Credit: Tripadvisor.co.uk

Bagi anda yang tengah berlibur ke Banda Aceh bersama dengan rombongan keluarga, maka tidak ada salahnya untuk mampir ke tempat kulineran yang satu ini. Beragam menu lezat siap menyambut anda yang datang ke Warung Nasi Kambing Lem Bakrie ini. Sesuai dengan nama tempatnya, warung ini memiliki menu olahan kambing sebagai sajian favoritnya. Daging kambing tersebut juga diolah dengan bumbu kari sehingga menghasilkan citarasa yang lezat.

Bumbu kari yang digunakan pada olahan kambing ini juga cenderung berbeda dengan bumbu kari lainnya. Karena bumbu tersebut diketahui merupakan perpaduan bumbu khas dari Arab dan juga India. Dari rempah rempah yang ada di dalamnya dapat meresap ke dalam kulit kambing tersebut. Hal inilah yang menjadikan hidangan ini memiliki citarasa yang juara dan difavoritkan oleh banyak orang yang datang.

BACA:  20 Tempat Wisata di Banda Aceh Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Prof. Ali Hasyimi, Lamteh, Kec. Ulee Kareng, Kota Banda Aceh.

4. Rumah Makan Spesifik Aceh

Rumah Makan Spesifik Aceh
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Rumah Makan Spesifik Aceh adalah tempat berburu sajian kuliner lezat berikutnya di Kota Banda Aceh. Di dalam restoran ini terdapat menu andalan yang bisa anda besan selagi berkunjung ke sana. Menu andalan tersebut ialah berupa ayam tangkap. Citarasa dari ayam tangkap ini adalah gurih dan juga manis. Dengan perpaduan rasa tersebut, tak ayal menjadikan menu ayam tangkap banyak disukai oleh penduduk lokal maupun wisatawan.

Lokasi: Ulee Lheue, Kec. Meuraxa, Kota Banda Aceh.

5. Nasi Goreng Daus Khas Aceh

Nasi Goreng Daus Khas Aceh
Image Credit: Tripadvisor.com

Bagi anda pecinta nasi goreng, maka tempat makan berupa Nasu Goreng Daus Khas Aceh ini sangat tepat untuk dituju. Di dalamnya terdapat banyak hidangan lezat yang bisa dipilkih, Mulai dari nasi goreng hingga aneka olahan mie. Sebut saja mie khas Aceh baik itu goreng maupun mie kuah. Harga yang dibandrol untuk sajian lezat di dalamnya pun terbilang ramah di kantong. Tempat makan ini juga sesuai dikunjungi untuk keluarga besar yang tengah berlibur.

Lokasi: Jl. T. Panglima Polem No.87-89, Peunayong, Kec. Kuta Alam, Kota Banda Aceh.

6. Rumah Makan Bu Sie Itek Bireuen

Rumah Makan Bu Sie Itek Bireuen
Image Credit: Hananan.wordpress.com

Wisata kuliner di Banda Aceh belum lengkap rasanya saat belum berkunjung ke tempat makan ini. Rumah Makan Bu SIe Itek Bireuen ini selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung dari dalam dan juga luar kota. Menu yang dapat anda pilih juga sesuai dengan nama tampatnya, yakni nasi gule bebek. Dengan bumbu khas nusantara, menjadikan sajian nasi gule bebek ini memiliki citarasa yang lezat dan pas di lidah orang Indonesia.

Dari tampilan luarnya saja, nasi gule bebek ini memiliki daya tarik untuk segera melahapnya, Jika dikulik lebih dalam, memang istilah bu sie itek bireuen sendiri memang memiliki arti nasi gule bebek. Jika anda berkunjung ke tempat ini, maka sangat direkomendasikan untuk mencoba berkuliner di rumah makan ini. Dengan harga yang ramah, anda telah dapat menikmati sajian lezat yang kaya akan rasa di dalamnya.

Lokasi: Geuceu Kayee Jato, Kec. Banda Raya, Kota Banda Aceh.

7. Warung Sate Matang

Warung Sate Matang
Image Credit: Merahputih.com

Bagi anda pecinta olahan sate, maka sangat direkomendasikan untuk berkunjung ke Warung Sate Matang di daerah Aceh ini. Sate yang dijual di tempat ini sendiri memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan sajian sate yang ada di tempat lainnya. Karena daging yang ditusukkan ke tusuk sate tersebut memiliki ukuran yang cenderung kecil. Setelah ditusuk, sate ini direndam dengan aneka jenis rempah untuk meningkatkan citarasa di dalamnya. Rasa yang lezat yang has inilah yang menjadikan sate ini begitu populer di antara pengunjung.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Banda Aceh yang Paling Populer

Lokasi: Teuku Cik Ditiro No.250, Ateuk Pahlawan, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

8. Tempat Makan Ayam Pramugari

Tempat Makan Ayam Pramugari
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Sesuai dengan namanya, tempat makan ini sendiri memang terkenal karena banyak dikunjungi oleh orang orang yang berprofesi sebagai pramugari. Banyak sajian lezat yang dapat anda nikmati di tempat makan yang populer ini. Sebut saja gulai dari daging ayam dan juga daging kambing. Tidak hanya itu, menu andalan di tempat makan ini adalah ayam tangkap. Citarasa yang gurih dari ayam tangkap juga menjadi daya tarik tersendiri dari menu tersebut. Selain itu, rumah makan ini juga sangat cocok bagi anda yang berlibur bersama keluarga.

Lokasi: Jl. T. Panglima Nyak Makam, Doy, Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh.

9. Restoran Banda Seafood

Restoran Banda Seafood
Image Credit: Garnesia.com

Bagi anda pecinta hidangan laut atau seafood, maka tidak ada salahnya untuk melipir ke tempat ini untuk menikmati aneka sajian lezat di dalamnya. Restoran Banda Seafood sendiri memang terkenal akan beragam sajian seafoodnya yang menggugah selera. Sebut saja hidangan dari kepiting, udang, ikan, dan juga cumi cumi. Salah satu hidangan paling diminati di tempat ini adalah yang terbuat dari kepiting soka yang memiliki citarasa juara.

Tidak hanya masyarakat lokal saja, wisatawan dari berbagai daerah juga banyak yang berkunjung ke rumah makan ini. Tempat makan ini juga terbilang sangat cocok bagi anda yang tengah berlibur bersama dengan keluarga di Kota Banda Aceh. Dengan harga yang ada, akan terbayar lunas dengan citarasa dan kualitas makanan yang dihidangkan di dalam restoran ini.

Lokasi: Jl. H. Dimurthala Kuta Alam No.19, Kuta Alam, Kec. Kuta Alam, Kota Banda Aceh.

10. Canai Mamak Kuala Lumpur

Canai Mamak Kuala Lumpur
Image Credit: Ikurniawan.com

Menu utama yang ada di tempat wisata kuliner ini sama dengan nama tempat yang dimilikinya. Roti canai yang ada akan diisi dengan srikaya sehingga menghasilkan citarasa yang lezat dan juara. Dalam satu buah porsi roti canai terdapat setidaknya lima potong roti yang akan anda peroleh. Harga dari makanan yang lezat ini juga terbilang ramah di kantong. Tidak hanya penduduk lokal saja, banyak wisatawan yang telah membeli olahan roti yang satu ini.

Lokasi: Jl. Teuku Umar No.51, Seutui, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

11. Restoran Ayam Lepas

Restoran Ayam Lepas
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Sesuai dengan nama tempatnya, restoran ini menyajikan hidangan ayam sebagai menu utamanya. Ayam yang telah digoreng tersebut memiliki citarasa pedas begitu pertama kali digigit. Banyak orang yang ketagihan untuk menikmati sajian ayam goreng di restoran ini. Terdapat banyak cabang yang telah dimiliki oleh Restoran Ayam Lepas tersebut. Tunggu apa lagi untu mencoba ayam goreng lezat di restoran ini selagi berada di Kota Banda Aceh ?

Lokasi: Peunayong, Kec. Banda Aceh, Kota Banda Aceh.

12. Tempat Makan Mie Ayah

Tempat Makan Mie Ayah
Image Credit: Phinemo.com

Untuk anda para pecinta sajian mie, maka saat berada di kawasan kota ini sangat direkomendasikan untuk mencoba mie di tempat ini. Tampilan dari mie yang dijual di restoran ini juga sudah terlihat begitu menggugah selera. Mie yang ada di menu tersebut memiliki tekstur yang kenyal dan begitu lezat. Dengan kuah yang kaya akan rempah ini menjadikan sajian mie tersebut memiliki citarasa yang lezat.

BACA:  20 Tempat Wisata di Banda Aceh Terbaru & Paling Hits

Belum lagi ditambah dengan topping yang akan diberikan di bagian atas mie. Jika kebanyakan mie akan diberi topping layaknya bawang goreng, hal ini berbeda Denagn mie yang ada di Tempat Makan Mie Ayah ini. Karena topping yang akan diberikan ialah dari kepiting yang terkenal akan citarasa gurihnya. Selain lezat, harga makanan tersebut juga relatif ramah di kantong dan sesuai dengan kualitasnya.

Lokasi: Jl. Wedana, Lhong Raya, Kec. Banda Raya, Kota Banda Aceh.

13. Restoran Mie Razali

Restoran Mie Razali
Image Credit: Garnesia.com

Bagi anda yang tengah berlibur di Banda Aceh bersama dengan sanak keluarga, maka sangat direkomendasikan untuk mencicipi olahan yang ada di restoran ini. Terdapat menu mie aceh yang memiliki kaulitas dan rasa juara. Jenis mei yang dapat anda pilih juga beragam. Mulai dari mie goreng kering, mie goreng basah, hingga mie kuah. Harga dari aneka sajian berupa mie tersebut pun sangat ramah di kantong. Alamat dari tempat makan ini juga mudah dicari.

Lokasi: Jl. T. Panglima Polem No.83-85, Peunayong, Kec. Kuta Alam, Kota Banda Aceh.

14. Sate Matang Dek Wan

Sate Matang Dek Wan
Image Credit: Kompasiana.com

Sudah pernah mencoba hidangan sate yang disajikan dengan kuah ? Jika belum maka sangat tepat rasanya untuk berkunjung ke wisata kuliner yang satu ini. Tempat makan dengan nama Sate Matang Dek Wan sendiri juga telah begitu populer di daerah Banda Aceh. Harga dari hidangan sate nan lezat di tempat ini terbilang ramah dan sesuai dengan kualitas yang dimilikinya. Selagi berada di tempat ini juga direkomendasikan untuk memesan kopi susu khas Aceh.

Lokasi: Blang Cut, Kec. Lueng Bata, Kota Banda Aceh.

15. Warung Nasi Aceh Tulen

Warung Nasi Aceh Tulen
Image Credit: Paminto.com

Warung Nasi Aceh Tulen adalah tujuan wisata kuliner berikutnya yang dapat anda tuju. Terdapat beragam sajian lezat yang dapat anda pilih selagi berada di tempat makan ini. Rempah rempah yang ada di dalam menu yang ada juga mampu menjadikan kondisi tubuh menjadi hangat. Selain itu, rasa dan aroma hingan yang dijual pun begitu menggugah selera para pengunjung yang datang ke tempat makan ini.

Lokasi: Santan, Kec. Ingin Jaya, Kab. Aceh Besar.

Terdapat banyak tempat wisata kuliner di Aceh yang dapat anda tuju. Jenis hidangan yang tersaji pun juga terbilang beragam. Mulai dari sate, mie, gule, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan harga yang ramah di kantong juga menjadikan tempat makan yang ada banyak dikunjungi oleh berbagai kalangan. Tidak hanya penduduk lokal saja, wisatawan yang datang dari berbagai daerah pun telah banyak mencoba hidangan lezat di restoran yang ada.