Kota Kembang tidak hanya sebagai surga untuk berlibur, namun juga untuk wisata kulineran. Seperti yang kita tahu ada banyak makanan terkenal yang awalnya dari Bandung. Mulai dari panganan tradisional hingga makanan luar negeri bisa kita nikmati di kota Bandung.

Anda juga tidak perlu khawatir perihal harga, mengingat tempat wisata kuliner di Bandung banyak yang ramah kantong. Seperti dalam daftar tempat kulineran dalam ulasan berikut.

1. Mie Kocok Mang Dadeng

Mie Kocok Mang Dadeng
Image Credit: Kompas.com

Ke Bandung rasanya tidak lengkap tanpa menikmati Mie Kocok, dan salah satu yang terkenal dengan rasanya adalah Mie Kocok Mang Dadeng. Rasanya yang nikmat akan membuat Anda ketagihan. Bahkan bisa dikatakan mie kocok ini merupakan andalannya mie kocok di Bandung. Jika Anda berencana untuk mengunjungi, lokasinya dekat dengan Hotel Horison. Soal harga juga tidak perlu khawatir karena cukup terjangkau dan ramah kantong.

Lokasi: Jl. K.H. Ahmad Dahlan No.67, Turangga, Kec. Lengkong, Kota Bandung.

2. Warung Bu Eha Bandung

Warung Bu Eha Bandung
Image Credit: Myeatandtravelstory.wordpress.com

Warung Bu Eha termasuk dalam tempat kuliner yang legendaris di Kota Bandung. Rumah makan satu ini terkenal dengan rasanya yang menggoyang lidah dengan harga yang terjangkau. Bahkan Presiden Soekarno dulu adalah pelanggan tetap warung makan satu ini. Menu andalan Warung bu Eha adalah rendang sapi, gepuk, sayur kepala kakap dan aneka pepesnya. Ada banyak menu yang akan membuat Anda bingung dan ingin mencoba semuanya.

Lokasi: Ps. Cihapit, Jl. Cihapit No.8A, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

3. Iga Bakar Si Jangkung

Iga Bakar Si Jangkung
Image Credit: Ksmtour.com

Apakah Anda menyukai menu daging iga? Jika iaya maka Anda harus mencoba tempat makan yang terkenal nikmat dan murah satu ini. Rumah makan yang sederhana ini memang memiliki menu andalan Iga Bakar. Meskipun hanya warung tenda, namun pengunjungnya bisa berderet dan mengular. Terutama ketika akhir pekan tiba, olahan daging ini juga dibandrol dengan harga yang terbilang murah. Seporsi iga dan nasi tak akan lebih dari Rp. 50 ribu.

Lokasi: Jl. Cipaganti No.75G, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung.

4. Rumah Makan Ampera

Rumah Makan Ampera
Image Credit: Amperadalemkaum.com

Rumah makan Ampera bukan rumah makan padang, melainkan rumah makan yang menyajikan makanan khas Sunda. Sudah ada banyak cabang dan memang terkenal dengan rasanya yang nikmat. Yang membuat rumah makan ini menjadi favorit adalah bisa mendapatkan berbagai sambal serta lalapan secara Cuma Cuma. Menu yang ditawarkan juga beragam dengan harga yang berkisaran di bawah Rp. 20 ribu untuk setiap menu.

Lokasi: Jl. Soekarno-Hatta No.618, Manjahlega, Kec. Rancasari, Kota Bandung.

5. Nasi Bancakan Mang Barna dan Bi Oom

Nasi Bancakan Mang Barna dan Bi Oom
Image Credit: Garnesia.com

Tempat makan yang terkenal enak dan murah yang selanjutnya adalah Nasi Bancakan Mang Barna dan Bi Oom. Rumah makan satu ini menyajikan makanan ala Sunda yang langsung menyambut Anda. Menunya disajikan dengan prasmanan, sehingga Anda bisa memilih menu yang disukai saja. Ketika jam makan, tempat makan satu ini akan selalu berjubel dan bahkan antri untuk mendapatkan tempat duduk. Tak hanya enak, harganya juga tak terlalu mahal.

Lokasi: Jl. Trunojoyo No.62, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

6. Warung Laos

Warung Laos
Image Credit: Nengflora.com

Menikmati makanan western seperti Pizza dan Spaghetti, Anda bisa datang ke warung Laos. Selain enak, rumah makan ini juga memiliki konsep yang romantis. Pizza yang bisa Anda nikmati di tempat ini lebih krenyes dan tipis dibandingkan pizza biasanya. Warung Laos memiliki saus rahasia yang hanya bisa Anda temukan di tempat satu ini. Harga yang dibandrol untuk ukuran masakan western terbilang murah, kurang Rp. 100 ribu sudah bisa menikmati beberapa menu.

BACA:  33 Tempat Wisata di Bogor Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Raya Golf Dago No.90, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kota Bandung.

7. SKA Dapur Laut

SKA Dapur Laut
Image Credit: Facebook.com @jacktour

Apakah Anda pecinta seafood? Jika kebetulan Anda sedang di Bandug Anda bisa mengunjungi SKA Dapur Laut. Kebanyakan orang menganggap seafood adalah makanan mahal, namun anggapan tersebut akan hilang jika Anda ke SKA Dapur Laut ini. Di tempat ini kebanyakan mengolah seafood dengan dibakar. Bumbu yang digunakan menjadi keunikannya karena menggunakan rempah khas Indonesia dan 3 jenis sambal yang nikmat.

Lokasi: Jl. Gegerkalong Hilir No.137, Sukarasa, Kec. Sukasari, Kota Bandung.

8. Nasi Kalong

Nasi Kalong
Image Credit: Reservasiku.com

Sesuai namanya, Nasi Kalong merupakan tempat makan yang buka pada malam hari. Nasi kalong sendiri merupakan nasi yang warnanya hitam dan terbuat dari nasi merah. Nasi akan ditambahkan bumbu kluwek yang membuatnya berwarna hitam dan rempah pilihan. Untuk rasanya tak perlu khawatir, nasi lebih gurih, pulen dan juga lezat. Apalagi jika dinikmati dengan berbagai lauk yang disediakan. Nasi Kalong sangat cocok untuk kuliner pada malam hari.

Lokasi: Jl. L. L. R.E. Martadinata No.102, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

9. Cafe Madtari Bandung

Cafe Madtari Bandung
Image Credit: Kuliner.panduanwisata.id

Bagi Anda yang ingin kulineran sekalian nongkrong, maka Cafe Madtari ini harus Anda kunjungi. Tak hanya cocok untuk nongkrong, menu makanan serta minumannya juga terkenal lezar. Selain itu juga memiliki menu yang melimpah meskipun didominasi olehan susu dan pisang. Menu andalannya adalah pisang keju dan pisang bakar. Taburan kejunya yang banyak pada menu menu rotinya membuat Anda akan terpuaskan dengan rasanya.

Lokasi: Jl. Dipati Ukur, Lebakgede, Kec. Coblong, Kota Bandung.

10. Nasi Goreng Mafia

Nasi Goreng Mafia
Image Credit: Republika.co.id

Dari namanya nasi goreng satu ini memang unik, nasi goreng mafia menjadi tempat makan yang sangat cocok untuk pelajar dan rasanya yang memuaskan. Nama untuk menu menunya juga menggunakan nama mafia layaknya Yakuza, Brandal, Gangster dan lain sebagainya. Di tempat ini Anda bisa memilih level kepedasan dari yang menenangkan sampai level mematikan. Harganya dibandrol mulai dari Rp. 11 hingga Rp. 17 ribu dengan porsi yang kenyang.

Lokasi: Jl. Ciliwung No.1-3, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

11. Paskal Food Market

Paskal Food Market
Image Credit: Tokopedia.com

Untuk wisata kulineran di Bandung, maka Paskal Food Market tak boleh dilewatkan . Di tempat ini terdapat 50 stand makanan lebih dengan berbagai menu. Anda bisa menikmati menu nusantara hingga luar negeri seperti Japanese Food dan Chinese Food. Saat malam hari, tempat ini hadir dengan nuansa yang berbeda. Jejeran lampu pijar kuning serta diiringi dengan live music membuat Paskal Food Market selalu ramai dikunjungi.

Lokasi: Paskal Hyper Square, Jl. Pasir Kaliki No.25-27, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung.

12. Batagor Hanjuang

Batagor Hanjuang
Image Credit: Youtube.com (Tribunnews.com)

Mungkin batagor bisa dengan mudah Anda temukan di Bandung, namun Batagor Hanjuang ini sudah terkenal lezat soal rasanya. Makanan pinggir jalan yang dijual dengan gerobak ini sudah ada sejak tahun 1990an. Batagor ini dikenal dengan resep aslinya yang sehat dan juga nikmat. Ciri khas Batagor Hanjuan adalah ada tambahan mie pada batagornya. Soal rasanya tak perlu khawatir, khas daging tenggirinya begitu terasa dengan harga yang terbilang terjangkau.

Lokasi: Jl. Terusan Babakan Jeruk 1, Sukagalih, Kec. Sukajadi, Kota Bandung.

13. Restoran Kehidupan Tak Pernah Berakhir

Restoran Kehidupan Tak Pernah Berakhir
Image Credit: Travelingyuk.com

Kuliner Kota Bandung juga bersabahat untuk Anda yang vegetarian. Anda bisa makan di restoran satu ini yang terkenal enak dan juga murah khusus untuk para vegan. Meskipun tak banyak vegan, namun rumah makan ini disambut baik oleh masyarakat. Menu nabati yang disajikan di tempat ini terkenal lezat dan ramah kangkung. Menu seperti jamur, capcay hingga tumis kangkung merupakan menu yang paling banyak diminati oleh para pengunjung.

BACA:  12 Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Pajajaran No.63, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung.

14. Warung Prasmanan Ceu Mar

Warung Prasmanan Ceu Mar
Image Credit: Berita-bondowoso.blogspot.com

Warung Prasmanan Ceu Mar menjadi tempat untuk kuliner yang terkenal enak dan juga murah. DI tempat ini Anda bisa menikmati masakan khas Sunda yang disajikan dengan prasmanan. Gulai Sapi dengan potongan daging tebal menjadi menu favorit di tempat makan satu ini. Tidak hanya Gula Sapi ada juga nasi rames dengan berbagai lauk yang tak kalah menggoda. Biasanya nasi lengkap dengan lauk akan dibandrol mulai Rp. 11 ribuan.

Lokasi: Jl. Braga No.69, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

15. Suis Butcher

Suis Butcher
Image Credit: Zomato.com

Salah satu tempat makan yang enak di daerah Setiabudi adalah Suis Butcher. Suis Butcher bisa dikatakan sebagai restoran steak yang paling tua di kota Bandung. Sebab sudah ada sejak awal tahun 90an. Menu yang disajikan tak hanya steak, ada juga Salsom, Beef Schnitzel, Rib Barbeque, Beef Cordon Bleu dan lain sebagainya. Menikmati menu steak di tempat ini juga tak perlu takut kantong jebol, sebab harganya terbilang terjangkau.

Lokasi: Jl. L. L. R.E. Martadinata No.201, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

16. Warung Misbar

Warung Misbar
Image Credit: Jalanjajanhemat.com

Tempat satu ini tidak hanya memiliki menu yang lezat dan murah, namun juga memiliki konsep yang unik. Warung ini menawarkan 100 menu tradisional nusantara yang disajikan dengan tontonan bioskop tempo dulu. Sehingga persis seakan akan Anda sedang menonton di bioskop. Suasana yang menumbuhkan kenangan masa lampau lengkap dengan menu yang menggoyang lidah akan membuat sensasi kuliner Anda tak terlupakan.

Begitu tiba Anda akan disuguhkan dengan poster film yang dipajang di bagian depan. Kain putih yang membentang seukuran 2×2 akan disorot dengan proyektor dan berfungsi sebagai layar. Film yang disajikan tentunya film lama yang dibintangi Rhoma Irama, Benyamin S, Suzanna dan lainnya. Bukan hanya memiliki menu yang melimpah, Anda juga akan disuguhkan dengan beragam minuman yang tak kalah nikmat dan segar.

Lokasi: Jl. L. L. R.E. Martadinata No.28A, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

17. Warung Bu Imas

Warung Bu Imas
Image Credit: Travelerien.com

Untuk Anda yang sangat menyukai makanan pedas, maka Anda harus mengunjungi tempat makan satu ini. Memang warung ini menyajikan menu khas Sunda seperti umumnya dengan harga yang terjangkau. Yang membedakan adalah sambelnya yang akan membuat Anda berlinang airmata saking pedasnya. Ada dua jenis sambel yang bisa Anda pilih yakni sambel dadakan dan leunca. Untuk tingkat kepedasan yang paling pedas adalah sambel leunca.

Lokasi: Jl. Balonggede No.67, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung.

18. Cuanki Serayu

Cuanki Serayu
Image Credit: Piknikman.com

Cuanki di kota Bandung terbilang populer,bentuknya mirip dengan bakso. Yang membedakan adalah isiannya, satu porsinya disajikan dengan baksi, siomay, batagor dan juga tahu goreng serta tahu putih. Kemudian disiram dengan kuah bakso pedas dan juga ditambahkan dengan bawang goreng. Cuaki Serayu merupakan tempat makan Cuanki yang terkenal murah dan juga enak. Cuanki sendiri kepanjangan dari Cari Uang Jalan Kaki.

Lokasi: Jl. Serayu No.2, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

19. Mie Reman

Mie Reman
Image Credit: Qraved.com

Pecinta olahan mie, harus mencoba mie Reman satu ini. Mie Reman merupakan mie yang penjaganya merupakan reman yang garang. Ada banyak pilihan level kepedasan yang bisa disesuaikan dengan selera Anda. Levelnya dimulai dari level 1 hingga level 5+. Mie reman ini tak hanya terkenal lezat, harga yang ditawarkan juga tak mahal. Anda bisa mengunjungi beberapa cabangnya yang tersebar di beberapa jalan besar di Kota Bandung.

Lokasi: Jl. Braga No.36, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

20. Bakmi Apin

Bakmi Apin
Image Credit: Twitter.com @agskprmn

Di Bandung Anda juga bisa menemukan bakmi yang rasanya tak kalah nikmat. Kedai Bakmi Apin merupakan salah satu kedai yang menjadi favorit. Bakmi disajikan dengan toping daging ayam, sayuran, dan kerupuk kulit. Yang membedakan dengan tempat lain adalah ayam yang berbentuk bulir halus bukan suwiran. Menu andalan Bakmi Apin adalah Yamien Manis. Soal harga Anda tak perlu khawatir karena memang harganya ramah dengan kantong.

BACA:  25 Tempat Wisata di Bekasi Terbaru dan Paling Hits

Lokasi: Jl. Sukajadi No.158, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung.

21. Rumah Sosis

Rumah Sosis
Image Credit: Travelspromo.com

Rumah Sosis merupakan tempat kuliner yang mengusung konsep eat swim and play di Bandung. Sehingga selain bisa menikmati menu makanan yang lezat, Anda juga bisa berenang juga bermain. Apalagi jika membawa keluarga dengan anak anak di dalamnya. Tempat satu ini pasti menjadi tempat yang paling cocok untuk dikunjungi. Untuk menunya merupakan menu yang berbahan dasar sosis yang pastinya disukai oleh semua kalangan.

Tidak hanya menawarkan menu berbahan sosis, Anda juga bisa menikmati menu lain seperti nasi liwet, nasi ayam, sup iga, nasi bakar, nasi goreng hingga spaghetti. Sosis yang disajikan di tempat ini merupakan sosis buatan sendiri. Setelah selesai menyelesaikan makan, Anda bisa menikmati berbagai wahana permainan seperti rumah pohon, flying fox, kolam renang dan lainnya. Untuk harganya terbilang bersaing dan sesuai dengan rasanya.

Lokasi: Jl. L. L. R.E. Martadinata No.47, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

22. Steak Ranjang

Steak Ranjang
Image Credit: Netralnews.com

Steak Ranjang adalah salah satu steak yang memiliki rasa nikmat namun dibandrol dengan harga terjangkau. Bayangkan saja, Anda bisa menikmati steak dengan harga sekitar Rp. 15 hingga Rp. 20 ribuan. Yang membuat tempat ini unik adalah nama steak yang terbilang nakal. Dan juga ditambahkan dengan tingkat kepedasan yang berbeda. Anda bisa memilih level kepedasan yang pas dengan selera dan juga lidah Anda.

Lokasi: Jl. Dipati Ukur No.248, Lebakgede, Kec. Coblong, Kota Bandung.

23. Mangkok Manis

Mangkok Manis
Image Credit: Klikalamat.com

Untuk Anda yang ingin menikmati sajian penutup, maka Mangkok Manis bisa menjadi pilihan. Aneka jeni dessert bisa Anda temukan di tempat satu ini yang tentunya akan jadi menu penutup yang memuaskan. Perpaduan rasa tradisional dan juga internasional membuat rasanya tak bisa Anda lupakan. Tidak hanya menu yang unik dan lezat, harga yang ditawarkan juga murah. Satu porsinya dihargai mulai dari Rp. 15 ribu sampai Rp. 25 ribu saja.

Lokasi: Jl. Cihampelas No.95, Cipaganti, Kec. Coblong, Kota Bandung.

24. Warung Sitinggil

Warung Sitinggil
Image Credit: Bersapedahan.wordpress.com

Berlokasi di Dago, Anda akan menemukan tempat makan yang menjual makanan lezat dan harga yang murah. Lokasinya yang berada di perbukitan menyajikan pemandangan yang meyejukkan mata. Karena berada di ketinggian inilah yang membuat tempat satu ini dinamakan dengan Sitinggil yang berarti di atas tanah. Konsepnya cafe namun memiliki bangunan yang mirip dengan tempat tinggal dari kayu dan bambu.

Menu masakan yang disajikan memang masakan rumah yang pastinya memanjakan perut Anda. Menu seperti nasi timbel, nasi goreng dengan lauk berupa ayam, tumisan dan lain sebagainya. Harga yang ditawarkan juga terjangkau, Anda bisa menikmati satu porsi makanan tak lebih dari Rp. 30 ribu. Belum lagi dibonusi dengan pemandangan kota Bandung dari ketinggian yang juga mempesona. Tertarik untuk mengunjungi tempat makan satu ini?

Lokasi: Jl. Dago Giri No. 90, Mekar Wangi, Mekarwangi, Lembang, Kab. Bandung Barat.

25. Mie Merapi

Mie Merapi
Image Credit: Foodnotestories.com

Olahan berbahan dasar mie memang memiliki banyak penggemar. Jika Anda sedang di Bandung dan ingin menikmati mie lezat, bisa berkunjung ke Mie Merapi ini. Resto satu ini menawarkan 3 kuah untuk menemani mienya, yakni kuah kare, kuah merapi dan kuah kampung. Kuah merapi merupakan kuah yang pedas, sementara kuah kampung lebih identik dengan rasa manis dan gurih. Satu porsi mienya dibandrol mulai harga Rp. 20 ribuan.

Lokasi: Jl. Dipati Ukur No.66-116, Lebakgede, Kec. Coblong, Kota Bandung.

Berwisata kuliner di kota Bandung memang selalu memuaskan, ada banyak tempat makan yang menyediakan banyak menu yang unik dan lezat. Belum lagi harga yang ditawarkan juga terbilang terjangkau. Bukan hanya mengunjungi tempat wisata saja, kulineran di Kota Bandung juga bisa menjadi agenda menghabiskan akhir pekan atau liburan yang menyenangkan. Apalagi ada banyak tempat yang juga menyajikan pemandangan atau nuansa yang menawan.