Berkunjung ke Banjarbaru, Anda bisa menikmati berbagai wisata kuliner yang lezat dengan harga yang pas di kantong. Makanan khas Kota Idaman yang dapat memanjakan lidah Anda.

Banjarbaru merupakan salah satu kota yang ada di Kalimantan Selatan dengan kuliner yang lezat dan enak. Tak sedikit wisatawan yang berkunjung di kota ini untuk menikmati makanan yang ada di sana. Banjarbaru bisa dijadikan tempat beristirahat sambil mengisi perut. Ketika Anda mengunjungi kota ini, jangan lewatkan wisata kulinernya yang sangat terkenal. Jika Anda penasaran, yuk simak ulasan berikut ini.

1. Soto Banjar Haji Amat

Soto Banjar Haji Amat
Image Credit: Carimasakankhas.blogspot.com

Salah satu masakan yang terkenal di Kalimantan adalah Soto Banjar. Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Banjarmasin dan tidak mencicipi kuliner khas dari kota tersebut. Meskipun Indonesia memiliki banyak sekali varian soto, namun Soto Banjar memiliki rasa yang khas dan berbeda dari soto daerah lainnya. Perbedaannya ada di rasa yang gurih dan segarnya berasal dari rempah khas. Lauknya juga berbeda yaitu disajikan dengan perkedel dan telur itik.

Terdapat satu warung Soto Banjar yang sangat populer yaitu Soto Banjar Bang Amat. Walaupun warung ini bukan warung soto yang pertama kali buka, namun rumah makan ini menjadi salah satu yang paling digemari baik penduduk sekitar hingga wisatawan saat bertandang ke Banjarbaru. Menu yang ditawarkan yaitu soto dan nasi sop dengan pilihan porsi setengah atau lengkap. Jika ingin menikmati kuliner ini Anda bisa datang ke Jalan Banua Anyar nomor 6.

Lokasi: Jl. Banua Anyar No. 6, Benua Anyar, Kec. Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin.

2. Mie Bancir Agus Sasirangan

Mie Bancir Agus Sasirangan
Image Credit: Tribunnews.com

Apabila berlibur ke Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Anda harus menikmati hidangan yang satu ini yaitu makanan Mie Bancir. Salah satu warung yang menyediakan makanan ini adalah warung Mie Bancir Agus Sasirangan yang berada di Jalan H. Hasan Basri ruko 7, Kayu Tangi, Banjarmasin. Pemilik rumah makan ini merupakan peraih peringkat kedua dari ajang pencarian bakat master chef di salah satu TV swasta pada musim pertama.

Nama Bancir sendiri merupakan sebuah pelesetan dari kata banci atau waria. Hak tersebut sengaja dibuat untuk membuat keunikan dari masakannya. Mie Bancir memiliki sedikit kuah yang kental dan memiliki banyak taburan di setiap porsinya. Cita rasa yang dihasilkan sangatlah nikmat dan juga gurih karena rempahnya. Rasa dari hidangan ini merepresentasikan kuliner dari Banjarmasin yaitu gurih agak manis dan segar karena perasan jeruk limau.

BACA:  25 Tempat Wisata di Banjarmasin Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Panglima Batur, Loktabat Utara, Kec. Banjarbaru Utara, Kota Banjar Baru.

3. Rumah Makan Lontong Orari Sei Mesa

Rumah Makan Lontong Orari Sei Mesa
Image Credit: Ksmtour.com

Lontong merupakan makanan yang sangat berkembang bagi masyarakat Indonesia khususnya Jawa. Namun di Banjarmasin juga ada salah satu kuliner lontong yang terkenal dan memiliki ciri khas tersendiri yaitu Lontong Orari. Salah satu destinasi wisata kuliner yang bisa dikunjungi saat berlibur ke Banjarbaru adalah Rumah Makan Lontong Orari Sei Mesa. Telah dibuka sejak tahun 19800-an, tempat makan ini selalu dipenuhi pengunjung di setiap harinya.

Rumah makan ini terletak di Jalan Simpang Sungai Mesa, Kelurahan Sabrang Masjid, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Sajian yang ditawarkan dalam satu porsinya terdiri dari lontong, sayur nangka muda, ayam, telur, ikan haruan dan diberi sentuhan akhir dengan bawang merah goreng merah. Meskipun bumbu yang digunakan adalah bumbu dasar merah, rasanya pun tidak terlalu pedas tetapi cenderung gurih karena bumbu khasnya.

Alat masak yang digunakan dari rumah makan ini juga masih sangat sederhana, yaitu menggunakan kompor minyak agar cita rasanya tidak berubah. Rumah makan yang dibuka sejak jam 10 pagi hingga pukul 4 pagi ini selalu didatangi ratusan pengunjung setiap harinya. Untuk menikmati satu porsi dari Lontong Orari, Anda harus menyiapkan budget sekitar 20 ribu rupiah hingga 50 ribu rupiah tergantung pada lauk yang dipilih.

Lokasi: Jl. Sungai Mesa, Seberang Mesjid, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

4. Babongko

Babongko
Image Credit: Cookpad.com

Salah satu kuliner khas dari provinsi Kalimantan Selatan adalah Babongko. Kuliner ini merupakan sejenis kue basah yang umumnya dapat ditemukan di daerah Kalimantan Selatan atau Timur itu daerah Suku Banjar atau Suku Kutai berada. Makanan ini bisa Anda dapatkan di pusat jajanan pasar atau pasar tradisional. Penampilannya sekilas seperti nasi lemak atau pundut, namun jika dibuka isinya maka terlihat perbedaan yang sangat mencolok.

Babongko berbentuk gumpalan berwarna kehijauan yang terasa kenyal dan lembut bila disantap. Sepintas jika dibuka bentuknya akan terlihat seperti puding hunkwe, walaupun sebenarnya kue ini berbahan dasar dari tepung beras. Gumpalan ini dilapisi oleh kuah kental yang berwarna putih agak kecokelatan. Kuah tersebut merupakan gula merah dengan siraman santan. Bentuknya juga untuk karena dibungkus menggunakan daun pisang yang menyerupai piramida.

BACA:  20 Tempat Wisata di Banjarbaru Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Pasar Tradisional, Kota  Banjar Baru.

5. Warung Nasi Itik Gambut Tenda Biru

Warung Nasi Itik Gambut Tenda Biru
Image Credit: Ksmtour.com

Jika berwisata ke Banjarmasin sangat disayangkan kalau tidak mencicipi makanan itik gambut yang satu ini. Dinamakan makanan khas karena memiliki karakteristik tersendiri dan berbeda dari kuliner yang ada di daerah lainnya. Nama unik dari masakan ini diambil dari letak rumah makan yang berdekatan dengan daerah bergambut. Banyak yang menjual nasi ini, namun yang paling terkenal dan banyak dicari adalah Warung Tenda Biru.

Menu ini memiliki keberagaman lauk mulai dari itik, telur, hingga ikan haruan atau ikan gabus. Makanannya akan dihidangkan di atas daun pisang. Harga yang dipatok pun sangat terjangkau, Anda hanya perlu membayar makanannya dari 13 ribu hingga 17 ribu rupiah saja. Jika ingin menikmati kuliner tersebut, langsung saja untuk mengunjungi warung tenda biru yang beralamatkan di Jalan Ahmad Yani km 14 Gambut, Banjarmasin.

Lokasi: Jl. A. Yani No.KM 14, Kec. Gambut, Kota Banjarmasin.

6. Restoran Ben Thalib

Restoran Ben Thalib
Image Credit: Facebook.com @kedaibenthalib

Apabila Anda ingin menikmati santapan beras ala restoran, Ben Thalib merupakan solusinya. Terletak di Jalan S. Parman nomor satu ini sangat patut untuk dicoba. Meski tempat kuliner ini mengangkat unsur kuliner Arabia, namun ada juga menu yang merakyat seperti nasi goreng dengan bumbu khas Banjarmasin. Konsep Arabia sangat kental di sini dan menunya pun didominasi dari daerah Timur Tengah.

Bahkan ada menu spesial yang menjadi andalan yaitu aneka olahan daging kambing. Bagi pengunjung yang ingin bersantai ada juga Shisha yang merupakan khas timur bisa jadi pilihan yang tepat. Untuk bisa menikmati hidangan yang ada di sini dipatok sekitar harga 14 ribu rupiah dan menu andalan nasi goreng kambing harganya sekitar 25 ribu rupiah. Jika hanya ingin menyantap makanan ringan, tersedia aneka roti dengan harga 30-an saja.

Lokasi: Jl. S. Parman No. 1, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

7. Liwi’s Kitchen

Liwi’s Kitchen
Image Credit: Google Maps (Liwis Bandarmasih Pizzeria)

Liwi’s Kitchen merupakan salah satu destinasi wisata kuliner yang ada di sekitar kawasan Kayu Tangi. Lokasinya yang ada di Jalan Sultan Adam nomor sepuluh ini menyediakan tempat untuk segala usia, namun pengunjungnya memang didominasi oleh kaum muda yang membutuhkan tempat nongkrong seperti mahasiswa dan anak sekolah. Tempat ini dibuka Senin hingga Sabtu mulai dari pukul 5 sore hingga 12 malam.

Liwi’s Kitchen menyediakan berbagai jenis makanan varian khas dari Italia seperti pizza, cappucino, latte dan pasta. Untuk menu minumannya ada teh, jus, milkshake, yogurt, dan menu kekinian lainnya. Karena tempat ini memang sengaja dibuat untuk para remaja, tentunya semua menunya dipatok dengan harga yang sangat murah meriah. Harga yang dibanderol hanya sekitar 9000 untuk minuman, dan pastanya seharga 18 ribu rupiah.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Banjarmasin yang Murah & Enak

Lokasi: Jl. Sultan Adam No.10, RT.17, Sungai Miai, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

8. The Jack Café

The Jack Cafe
Image Credit: Topijelajah.com

Setelah membahas tempat wisata kuliner dalam ruangan, ada juga sebuah rekomendasi cafe dengan konsep outdoor yang patut Anda kunjungi. Tempat wisata kuliner ini bernama The Jack Cafe. Beralamatkan di Jalan Sutoyo S, No. 2 RT 28 Banjarbaru, kafe ini sudah dibuka sejak tahun 2013 lalu. Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini karena konsep uniknya. Untuk menu yang disajikan juga cukup lengkap dengan harga berkisar 6 ribu hingga 18 ribu rupiah saja.

Lokasi: Jl. Sutoyo S, Antasan Besar, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

9. Warung Kopi

Warung Kopi
Image Credit: Facebook.com @warunkupnormal

Jika Anda seorang penggemar Kopi dan ingin menikmati kopi yang unik, maka Warung Kopi yang ada di Jalan Brigjen Hasan Basry nomor 2, Kayu Tangi, Banjarbaru bisa dijadikan tujuan Anda ketika berwisata di kota ini. Meskipun menghadirkan cita rasa dari kopi yang sangat berkualitas, harga yang dipatok cukup terjangkau seharga 20 ribu per porsi kopi. Rasa istimewa ini didapat dari biji kopi yang langsung dihaluskan di tempat. Jadi kesegarannya sangat terjamin.

Lokasi: Jl. Brigjend H. Hasan Basri No.2, Sungai Miai, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

10. Green Shafwah Coffee

Green Shafwah Coffee
Image Credit: Google Maps (heri yanto)

Wisata kuliner yang bisa Anda kunjungi selanjutnya adalah Green Shafwah Coffee. Cafe yang berada di Jalan Panegaran Suriansyah Ujung nomor 17 ini menghadirkan suasana nyaman dan santai, cocok untuk pengunjung yang berusia 16 tahun hingga 18 tahun. Menu yang disediakan juga sangat bervariasi, ada menu minuman teh, kopi hingga olahan variasi dari kopi yang diblender. Harganya juga sangat terjangkau hanya sekitar 9 ribu hingga 22 ribu per porsinya.

Lokasi: Jl. A. Yani, Guntungmanggis, Kec. Landasan Ulin, Kota Banjar Baru.

Itulah beberapa tempat wisata kuliner terbaik di Banjarbaru yang bisa Anda kunjungi untuk memanjakan lidah Anda. Tempat kuliner yang ditawarkan pun sangat beragam, ada yang menghidangkan menu tradisional, nusantara hingga mancanegara. Tak hanya itu saja, selain enak dan lezat, harga yang dibanderol sangat terjangkau. Sehingga sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga, teman maupun kerabat.