Wisata kuliner di Banjarmasin memiliki rasa yang tak tertandingi. Ada berbagai olahan yang bisa dinikmati, mulai dari ikan bakar hingga makanan khas Banjar yang menggoda selera dan membuat ketagihan.

Tak hanya memiliki wisata yang populer, kota Banjarmasin juga memiliki sederet tempat makan yang enak dan harganya ramaha di kantong. Spot kuliner tersebut, dapat Anda kunjungi bersama teman maupun keluarga.

Uniknya lagi, wisata kuliner ini hadir dengan pesona yang indah dan juga makanan yang tidak kalah lezat. Untuk Anda yang penasaran tentang sajian kuliner di Banjarmasin, berikut simak ulasan selengkapnya.

1. Pondok Ikan Bakar Asian

Pondok Ikan Bakar Asian
Image Credit: Tripadvisor.com

Pertama, Anda bisa mengunjungi tempat makan yakni Pondok Ikan Bakar Asian. Dengan menyajikan menu olahan ikan bakaran akan membuat Anda disuguhkan dengan rasa yang luar biasa nikmat. Berada di daerah Gatot Subroto yang notabene dekat dengan bandara membuat Anda bisa mengunjunginya sesaat setelah mendarat di kota ini. Bersantap makan siang di lokasi ini tentu saja akan memanjakan lidah.

Pasalnya, Anda akan langsung disuguhkan dengan varian menu ikan yang beragam. Terlebih lagi ikan yang masih segar akan membuatnya memiliki cita rasa kuliner yang sangat enak. Selain ikan, disini juga tersedia beberapa menu seafood lain seperti kepiting dan udang. Anda pun hanya tinggal memilih sesuai dengan budget dan selera. Nantinya pelayan akan mengolah sajian tersebut menjadi menu yang akan mengenyangkan perut Anda.

Lokasi: Jl. Gatot Subroto, Kuripan, Kec. Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin.

2. Pondok Dunia Laut

Pondok Dunia Laut
Image Credit: Foursquare.com @lina r.

Masih seputar seafood, Pondok Dunia Laut bisa menjadi rekomendasi tempat makan yang bisa Anda tuju. Disini, akan tersedia berbagai macam jenis seafood yang menjadi favorit Anda. Rumah Makan Pondok Dunia Laut memang hadir untuk mengenyangkan perut sekaligus memanjakan lidah Anda ketika berada di Banjarmasin. Pasalnya, mulai dari beragam jenis ikan, lobster, udang dan juga kepiting lengkap tersedia.

Spot kuliner seafood yang ada di Kota Banjarmasin ini tentunya akan membuat Anda ketagihan. Hal tersebut dikarenakan tak hanya menyajikan cita rasa yang lezat, di tempat satu ini Anda juga akan bisa untuk mendapatkan kuliner seafood dengan harga yang ramah di kantong. Tentu saja akan menjadi momen yang pas bagi Anda dan keluarga yang ingin menikmati hidangan lezat ini.

BACA:  25 Tempat Wisata di Banjarmasin Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. A. Yani No.KM.5, RW.5, Pemurus Baru, Kec. Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin.

3. Warung Haji Fauzan

Warung Haji Fauzan
Image Credit: Pinterest.com @arungyafie

Dengan mengusung konsep lesehan, maka Anda bisa berkunjung ke Warung Haji Fauzan untuk mengisi perut. Berada di sekitar kawasan Sultan Adam, Anda akan bisa dengan mudah untuk menemukan rumah makan ini. pastinya, ketika berkunjung ke Banjarmasin Anda wajib untuk makan di tempat satu ini. Warung makan ini juga menyajikan sajian ikan bakar dengan rasa yang tak tertandingi.

Bisa dikatakan tempat kuliner satu ini cukup terkenal di kalangan wisatawan. Hal ini dikarenakan banyak orang yang sengaja datang untuk menikmati beragam menu yang disajikannya. Umumnya, pengunjung akan memesan aneka olahan ikan bakar yang dimasak dengan rasa yang nendang. Meskipun hanya berupa lesehan dan didominasi dengan ornamen kayu dan bambu saja, namun rasa yang dihadirkan akan membuat Anda ketagihan.

Lokasi: Jl. Sultan Adam No.13, Antasan Kecil Timur, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

4. Warung Pondok Bahari

Warung Pondok Bahari
Image Credit: Garnesia.com

Rumah makan dengan konsep lesehan lainnya yang bisa Anda temui di Banjarmasin adalah Warung Pondok Bahari. Keunggulan dari tempat ini adalah buka selama 24 jam penuh. Sehingga, bagi Anda yang sedang berada di Banjarmasin dan kelaparan tengah malam, maka rumah makan ini bisa menjadi tempat yang Anda tuju. Dengan konsep lesehan tersebut membuat Anda lebih nyaman untuk bersantap dengan orang tercinta.

Ada beragam menu yang bisa untuk Anda nikmati di rumah makan ini. mulai dari rawon, nasi kuning, pecel maupun makanan khas Banjar yang lain juga tersedia disini. Untuk masalah harga, Anda pun tak perlu khawatir. Hal ini dikarenakan rumah makan ini menyajikan menu yang ramah di kantong. Dengan suasana yang jadul, Anda pun bisa menikmati makanan dengan santai bahkan hingga selonjoran.

Lokasi: Jl. Simp. Kapt. Piere Tedean No.108, RT.016/RW.002, Gadang, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

5. Emier Cafe & Resto

Emier Cafe & Resto
Image Credit: Maps.google.com @robert pancoro

Ketika berada di Banjarmasin, maka Anda tak hanya akan disuguhkan makanan yang berasal dari daerah ini saja. Melainkan makanan dari berbagai negara pun akan tersedia di kota ini. Untuk Anda yang ingin mencoba makanan khas Arab, maka mengunjungi Emier Cafe & Resto dapat menjadi alternatif yang bisa Anda coba. Spot kuliner satu ini berada di sekitar area Sungai Miai

Bukan hanya menyajikan menu yang berbeda, kafe satu ini juga menyajikan konsep yang kekinian. Sehingga Anda bisa mengunjunginya untuk sekedar berfoto dan menikmati makanan Arab yang menggugah selera. Untuk area dari rumah makan ini terdiri dari empat lantai. Dimana Anda bisa memilih tempat untuk makan yang sesuai dengan keinginan Anda.

BACA:  25 Tempat Wisata di Banjarmasin Terbaru & Paling Hits

Untuk masalah porsi, Anda tak perlu khawatir karena di rumah makan ini menyajikan hidangan dengan porsi yang cukup banyak. Namun tentu saja dengan harga yang terjangkau. Selain itu, bagi Anda yang membawa kendaraan maka tidak perlu bingung untuk memarkirnya. Pasalnya, Emier Cafe & Resto memiliki lahan parkir yang cukup besar sehingga bisa dijadikan tempat untuk memarkir kendaraan yang Anda bawa.

Lokasi: Sungai Miai, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

6. Rumah Makan Mesir

Rumah Makan Mesir
Image Credit: : Maps.google.com @rahma rahma

Bukan hanya makanan khas Arab saja, di Banjarmasin Anda juga bisa menemukan tempat untuk menikmati sajian dari Mesir. Di Rumah Makan Mesir yang berada di daerah Letnan Jenderal S. Parman. Ada berbagai menu yang bisa untuk Anda nikmati saat bersantap disini, sebut saja seperti nasi Samin dan juga olahan kambing yang akan menggoda selera makan.

Selain itu, untuk porsinya sendiri tak perlu diragukan lagi. Anda nantinya akan mendapatkan satu porsi besar nasi dan lauk yang akan mengenyangkan perut. Untuk tempatnya sendiri cukup sederhana dan berada di pinggir jalan besar. Akan tetapi, rasa yang ditawarkan sekelas bintang lima. Anda pun bisa memilih tempat duduk sesuai dengan yang Anda inginkan, mau lesehan atau di kursi asalkan membuat Anda nyaman.

Lokasi: Jl. Let. Jend. S. Parman No.114, Belitung Utara, Kec. Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin.

7. Ketupat Kandangan Warung Kaum

Ketupat Kandangan Warung Kaum
Image Credit: Faizaleblog.wordpress.com

Untuk Anda yang ingin menikmati sajian ketupat, maka Ketupat Kandangan Warung Kaum menjadi alternatif yang bisa Anda coba. Ketupat dengan kuah santan ini termasuk salah satu makanan khas dari Banjarmasin yang sayang untuk Anda lewatkan begitu saja. Seporsi kuliner ini, Anda bisa mendapatkan ketupat, ikan haruan asap yag diguyur dengan kuah santan bening, tentunya akan menggugah selera makan Anda.

Bagi Anda yang ingin menikmatinya, tak perlu jauh jauh menuju daerah Kandangan. Hal ini dikarenakan Anda akan bisa dengan mudah untuk menemukannya di daerah Banjarmasin. Hanya tinggal mengunjungi daerah Bumi Mas, maka Anda pun akan langsung bisa menikmati satu porsi ketupat yang diremas dengan menggunakan tangan. Bahkan Anda pun bisa mengkonsumsinya secara langsung dengan memakai tangan. Tertarik mencoba?

Lokasi: Jl. Bumi Mas Raya, Pemurus Baru, Kec. Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin.

8. Mie Bancir Agus Sasirangan

Mie Bancir Agus Sasirangan
Image Credit: Gotravelly.com

Bancir sendiri dalam bahasa Banjar diartikan sebagai waria. Lantas apakah mie satu ini merupakan mie waria? Jawabannya tentu saja bukan. Dinamakan mie bancir dikarenakan mie satu ini memiliki bentuk penyajian yang tanggung. Dimana bukan mie goreng dan buah mie kuah. Mie milik Agus Sasirangan yang pernah menjadi runner up Master Chef Indonesia adalah salah satu rekomendasi kuliner yang wajib Anda coba saat berada di Banjarmasin.

BACA:  25 Tempat Wisata di Banjarmasin Terbaru & Paling Hits

Hal ini dikarenakan mie ini disajikan dengan banyak topping yang akan membuat Anda tergoda. Mulai dari telur bebek, ayam panggang hingga pangsit dan juga ceker yang akan menambah selera makan Anda. Apabila Anda belum pernah menikmati kuliner khas Banjar ini, maka disarankan untuk singgah sejenak dan menikmati kelezatannya. Cita rasa yang dihasilkan oleh mie satu ini tentu saja akan membuat Anda ketagihan.

Lokasi: Jl. Kayu Tangi, Sungai Miai, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

9. Soto Bang Amat

Soto Bang Amat
Image Credit: Wikipedia.org

Kuliner satu ini memang cukup terkenal bagi warga Banjarmasin. Untuk itu, Anda pun bisa mencoba mencicipi sajian ini ketika sedang berwisata di ibukota Kalimantan Selatan. Pasalnya, tak hanya menyajikan rasa yang enak, Anda pun juga bisa menikmati seporsi soto dengan panorama yang sangat indah. Bagaimana tidak, pemandangan dari Sungai Martapura akan terlihat jelas ketika Anda menyantap soto Bang Amat ini.

Terlebih lagi, apabila beruntung maka Anda pun juga bisa bersantap soto Banjar dengan keluarga sembari diiringi musik dengan lagu khas Banjar. Tentunya Anda tak bisa melewatkan kesempatan ini. Soto satu ini memang dikenal memiliki kuah yang segar dan irisan ayam yang melimpah. Jangan lupa tambahkan jeruk nipis, tentunya akan membuat Anda menjadi ketagihan.

Lokasi: Jl. Banua Anyar No.6, Benua Anyar, Kec. Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin.

10. Rumah Sambal Acan Raja Banjar

Rumah Sambal Acan Raja Banjar
Image Credit: Tribunnews.com

Mencari masakan Banjar yang enak? Rumah Sambal Acan Raja Banjar menjadi lokasi yang bisa Anda tuju. Disini, tersedia berbagai varian menu yang bisa Anda pilih. Mulai dari papuyu, ikan bakar haruan hingga patin yang sangat menggoda. Selain itu, ada pula masakan lain seperti mandai, sayuran dan juga lain sebagainya. Bagi Anda yang ingin membawa pulang oleh oleh dari Banjarmasin, maka Sambal disini dijual dalam bentuk kemasan praktis untuk buah tangan.

Lokasi: Jl. RE Martadinata No.3-1, Telawang, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

Itulah deretan tempat wisata kuliner yang bisa Anda kunjungi saat berada di Banjarmasin. Bagi Anda yang ingin untuk menyantap makanan khas Banjar, maka lokasi tersebut menjadi tempat yang pas. Soal rasa tak perlu diragukan lagi, pastinya sangat lezat. Untuk itu, Anda pun bisa mengajak keluarga dan sanak saudara untuk menyantap kuliner di salah satu deretan rumah makan tersebut.