Yogyakarta merupakan daerah yang Istimewa, surganya tempat wisata dan sejarah Indonesia. Setelah menjelajahi ke berbagai tempat wisata terindah di Bantul, Anda bisa memanjakan lidah dengan berburu makanan khas. Inilah deretan tempat kulineran di Bantul yang terkenal enak.

Jogja tidak hanya memiliki tempat wisata yang hits, namun juga punya kuliner yang bisa diandalkan. Tidak melulu soal malioboro, tugu, prambanan, dan alun-alun, kali ini saatnya membahas mengenai kuliner khas di Bantul yang sudah terkenal dimana-mana. Selain terkenal, tempat makan di Bantul terkenal dengan rasanya yang enak dan harganya yang murah meriah.

Jika Anda bertanya dimana lokasi yang tepat untuk berburu kuliner, tentunya di sekitar Bantul tersebar kuliner yang enak, tidak hanya satu kawasan saja. Berbagai menu masakan enak, legendaris, dan pas dikantong tersedia di Bantul dan bisa Anda pilih sesuai selera. Banyak kuliner mulai dari makanan berat seperti sate, nasi goreng, dan ikan hingga camilan khas seperti geplak dan kuliner lainnya. Berikut rekomendasi tempat kuliner di Bantuk yang bisa Anda coba kunjungi.

1. Sate Klathak Pak Bari

Sate Klathak Pak Bari
Image Credit: Google Maps (steve kanisius)

Kuliner khas Bantul yang wajib Anda coba pertama yaitu sate Klatak Pak Bari. Sate klathak sama seperti sate kambing pada umumnya yang ditusuk dan dibakar diatas arang. Namun yang membedakan adalah tusuk satenya. Menggunakan jeruji besi dari motor untuk tusuk satenya, membuat sate ini menjadi kuliner yang paling fenomenal di Bantul.

Selain itu, ada sate kambing muda, tongseng, dan gulai yang bisa Anda nikmati disini. Untuk rasa, tidak perlu diragukan lagi! Tidak ingin mencobanya? Rangga dan Cinta dalam AADC 2 saja pernah kesini lho! Jika Anda ingin kesini, rumah makan ini berada di Pasar Wonokromo, daerah Pleret, Wonokromo, Bantul. Per porsinya dihargai Rp 20.000 saja. Sangat murah bukan?

Lokasi: Wonokromo, Kec. Pleret, Kab. Bantul.

2. Sate Kambing Sor Talok Tanpa Tusuk

Sate Kambing Sor Talok Tanpa Tusuk
Image Credit: Google Maps (Andy Martanto)

Anda bisa merasakan olahan daging kambing paling enak yang dapat Anda rasakan di Kedai Sor Talok Bantul. Disini terdapat berbagai olahan daging kambing, mulai dari sate, gulai, tongseng, dan tengkleng yang membuat Anda ingin makan lagi dan lagi. Tempat ini selalu ramai oleh pengunjung pada saat jam makan siang dan makan malam.

Jika Anda sedang berwisata ke Jogja, tidak perlu ragu untuk mampir ke tempat ini. Makanan disini dijamin membuat Anda ingin kembali lagi. Menu disini dipatok harga mulai dari Rp 20.000 per porsi. Jika ingin makan ke Sate Kambing Sor Talok, tempat makan ini berada di Desa Trirenggo, Kecamatan Bantul, Bantul.

BACA:  20 Tempat Wisata di Bantul Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Pramuka, Area Sawah, Trirenggo, Kec. Bantul, Kab. Bantul.

3. Sate Petir Pak Nano

Sate Petir Pak Nano
Image Credit: Google Maps (SBP Bagus Painting)

Bagi Anda penikmat makanan pedas, kurang rasanya jika ke Jogja namun tidak mampir ke Sate Petir Pak Nano ini. Dari namanya saja sudah menunjukkan sepedas apa satenya! Keringat Anda mungkin akan keluar bercucuran saat menikmati sate ini, sehingga tidak cukup jika hanya memesan segelas minuman dingin untuk meredakan pedasnya.

Sate yang dijual disini terbuat dari bahan dasar daging kambing. Tidak haya sate, disini menyediakan menu lain seperti tongseng kambing, tengkleng, gulai, dan nasi goreng kambing. Buat Anda yang doyan banget makan sate dan daging, jangan sampai berlebihan ya makannya. Kalem dan tetap utamakan kesehatan, mengingat daging kambing bisa menaikkan tekanan darah.

Sate Petir Pak Nano ini sudah berdiri sejak tahun 1984. Awalnya warung makan ini dibuka di daerah Wirobrajan, dan seiring berjalannya waktu kini pindah lokasi di Jalan Lingkar Selatan, di Dusun Menayu, Kasihan, Bantul. Nama Sate Petir sendiri berasal dari pelanggan yang merasakan pedasnya sate dan menyebutnya bak tersambar petir. Unik bukan? Namun akhirnya sebutan tersebut menempel hingga saat ini.

Seperti makanan pedas pada umumnya yang memberikan level pedas berbeda-beda. Sate ini juga memiliki level pedas yang diambil dari tingkatan jenjang sekolah, seperti TK, SD, hingga profesor. Cabai yang digunakan adalah cabai rawit merah yang masih segar. Dimasak dengan cara yang masih tradisional menggunakan anglo dan arang membuat sate ini mempunyai cita rasa yang khas.

Lokasi: Jl. Jogja Ring Road Sel. No.90, Menayu Kidul, Tirtonirmolo, Kec. Kasihan, Kab. Bantul.

4. Ayam Goreng Mbah Cemplung

Ayam Goreng Mbah Cemplung
Image Credit: Google Maps (Aryo Adiputra)

Untuk menuju ke tempat makan ini, Anda harus blusukan menelusuri jalan-jalan menuju daerah pabrik gula Madukismo, Bantul. Untungnya saat ini sudah ada papan penunjuk arah di jalan besar menuju ke lokasi ayam goreng ini. Ayam Goreng Mbah Cemplung ini merupakan kuliner khas dengan tempat tradisional dan nuansa tradisionalnya yang masih terasa.

Meski begitu, pengunjung yang datang ke tempat ini tidak hanya warga sekitar Bantul saja. Banyak juga pelanggan dari luar Bantul dan wisatawan. Untuk menikmati kelezatan ayam goreng tersebut, jika bisa jangan datang terlalu sore atau Anda tidak akan kebagian. Daripada kecewa karena kehabisan, lebih baik datang pagi ya.

Yang membuat kangen saat sudah lama tidak makan disini adalah ayamnya yang dimasak dengan bumbu nikmat. Rasanya gurih dan mempunyai tekstur yang lembut karena melalui proses perebusan selama dua kali. Anda juga bisa mencoba sambal yang ada yaitu sambal matang dan mentah. Jika Anda tertarik, langsung saja datang ke Bangunjiwo, Kasihan, Bantul!

Lokasi: Jl. Sembungan No.05, Sembungan, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Kec. Bantul.

5. Sambel Belut Pak Sabar

Sambel Belut Pak Sabar
Image Credit: Google Maps (Liana Listiawan)

Anda wajib nih mencoba Sambal Belut Pak Sabar yang kelezatannya melegenda. Jika biasanya belut digoreng dan disandingkan dengan sambal dan lalapan, beda lagi dengan sambal belut disini. Di Warung yang terletak di Jalan Imogiri Kilometer 6 ini menyajikan belut yang dimasak menyatu dengan sambal yang ketika disentuh akan terasa kombinasi rasa gurih dan pedasnya.

BACA:  20 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Glagah Kidul, Tamanan, Kec. Banguntapan, Kab. Bantul.

6. Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto
Image Credit: Google Maps (Mangut Lele Mbah Marto)

Mangut Lele Mbah Marto ini menjadi mangut lele di Bantul yang paling hits. Olahan ikan lele segar dengan siraman bumbu sambal yang pedas akan membuat Anda ketagihan untuk mencobanya lagi. Dengan kelezatan bumbunya yang legendaris membuat kedai ini selalu ramai pengunjung saat siang maupun malam hari. Anda bisa membuktikan kelezatannya dengan datang kedainya langsung yang berada di Panggungharjo, Sewon, Bantul.

Lokasi: Jl. Sewon Indah, Ngireng-ireng, Panggungharjo, Kec. Sewon, Kab. Bantul.

7. Ingkung Mbah Kentol

Ingkung Mbah Kentol
Image Credit: Google Maps (Tirta Lie)

Tidak hanya saat syukuran ataupun acara besar, kini kuliner ingkung bisa Anda nikmati kapan saja. Saat berkunjung ke Bantul, Anda bisa merasakan nikmatnya olahan ingkung dengan bumbunya yang legendaris. Terdapat aneka varian menu dan paket yang bisa Anda pesan bersama keluarga dan teman. Warung ingkung ini terletak di Guwosari, Pajangan, Bantul.

Lokasi: Guwosari, Kec. Pajangan, Kab. Bantul.

8. Bakmi Pentil

Bakmi Pentil
Image Credit: Google Maps (rony putra)

Kali ini, tidak ada salahnya mencoba jajanan kaki lima khas Bantul yang unik. Jajanan ini disebut dengan mie pentil karena teksturnya yang kenyal seperti pentil sepeda. Bakmie ini berupa mie putih dan mie kuning kenyal yang ditambah sambal khas. Rasa dari bakmi pentil yang gurih dan pedas ini akan membuat Anda ingin mencicipinya lagi. Bisa ditemui di pasar-pasar tradisional daerah Bantul.

Lokasi: Srihardono, Kec. Pundong, Kab. Bantul.

9. Bakmi Pedes/Mie Des

Bakmi Pedes Mie Des
Image Credit: Google Maps (Abigail Niken)

Tempat makan bakmi pedes ini bernama Bakmi Pedes Mbah Anik yang tidak pernah sepi pembeli. Disini terdapat berbagai olahan bakmi, seperti bakmi kuah, mie goreng, dan nasi goreng. Bagi Anda penggemar makanan pedas, bolehlah mampir ke Bakmi Pedes ini. Satu porsi bakmi disini sangat murah, yaitu hanya Rp 7.000 saja, terletak di Jalan Parangtritis, Bantul.

Lokasi: Patalan, Kec. Jetis, Kab. Bantul.

10. Bakmi Jawa Mbah Mo Bantul

Bakmi Jawa Mbah Mo Bantul
Image Credit: Google Maps (Dev Dev)

Masih seputar bakmi, tempat kuliner di Bantul ini tak pernah sepi pengunjung lho! Bernama Bakmi Jawa Mbah Mo Bantul, lokasinya yang berada di tengah desa ini tidak menyurutkan niat wisatawan untuk singgah berkuliner di tempat ini. Di kedai ini akan selalu terlihat penuh dengan kendaraan pengunjung dari pagi hingga malam hari. Lokasinya berada di Jalan Parangtritis, Code, Trirenggo, Bantul.

Lokasi: Jl. Parangtritis No.Km.11, Code, Trirenggo, Kec. Bantul, Kab. Bantul.

11. Gudeg Nggeneng

Gudeg Nggeneng
Image Credit: Google Maps (JKT 4444)

Gudeg memang menjadi makanan khas Yogyakarta yang paling terkenal. Salah satu tempat makan yang menyediakan gudeg terkenal di daerah Bantul yaitu Gudeg Nggeneng Mbah Marto. Warung ini menyajikan gudeg dengan kuah yang tidak begitu kental dan dengan tambahan daun pepaya yang tidak pahit sebagai sayuran hijaunya.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Kulon Progo yang Paling Populer

Sambal pada Gudeg Nggeneng ini berupa kacang tholo yang dimasak pedas dengan campuran rambak. Saat menikmati gudeg ini Anda bisa memilih lauk sendiri berupa tahu, tempe, telur, rempelo ati yang dimasak dengan bumbu mangut lele. Rasa dari gudeg ini tidak perlu diragukan lagi karena masuk ke dalam daftar gudeg paling enak di Bantul.

Lokasi: Panggungharjo, Kec. Sewon, Kab. Bantul.

12. Pecel Wader Wiyoro

Pecel Wader Wiyor
Image Credit: Google Maps (Selamet Pati)

Anda bisa mencicipi olahan ikan wader yang disandingkan lalapan berupa timun dan sayuran dengan sambal yang nikmat di Pecel Wader Wiyoro. Tempat makan ini menyajikan aneka olahan sayuran dan ikan. Namun yang menjadi paling hits adalah ikan wader khas Bantul nya. Renyahnya wader goreng akan membuat Anda ketagihan dan ingin mencoba lagi. Warung ini terletak di Baturetno, Banguntapan, Bantul.

Lokasi: Baturetno, Kec. Banguntapan, Kab. Bantul.

13. Soto Kadipiro

Soto Kadipiro
Image Credit: Google Maps (Sulistianto Sulistianto)

Soto memang cocok dijadikan kuliner yang disantap saat pagi hari. Saat di Bantul, Anda bisa mencicipi soto Kadipiro, yang warungnya tersebar merata di wilayah Jogja. Dengan tambahan lauk seperti daging ayam dan perkedel membuat soto Anda terasa lebih nikmat. Kuah dalam soto Kadipiro kaya akan rempah yang enak dan dijamin akan membuat Anda ketagihan untuk mencobanya lagi. Anda bisa mengunjungi warung soto ini yang terletak di Jl. Bantul, Kasihan, Bantul.

Lokasi: Jl. Bantul, Nyemengan, Tirtonirmolo, Kec. Kasihan, Kab. Bantul.

14. Peyek Tumpuk

Peyek Tumpuk
Image Credit: Google Maps (Affi Aditya Khresna)

Bagi Anda yang berkunjung ke Bantul, boleh sekali nih mencoba peyek tumpuk yang gurih dan renyah ini. Harganya yang tidak terlalu mahal pun cocok untuk Anda jadikan oleh-oleh bagi keluarga di rumah ataupun teman Anda. Peyek ini sebenarnya banyak dijual di pasar dan pusat oleh-oleh di Bantul. Namun yang paling terkenal yaitu di pusat oleh-oleh Mbok Tumpuk yang berada di Palbapang, Bantul.

Lokasi: Palbapang, Kec. Bantul, Kab. Bantul.

15. Geplak

Geplak
Image Credit: Ksmtour.com

Rekomendasi kuliner yang terakhir adalah geplak. Geplak adalah kuliner khas yang terbuat dari kelapa yang diparut dan mempunyai cita rasa manis. Geplak merupakan kuliner yang sangat disukai wisatawan saat berkunjung ke Jogja untuk dijadikan oleh-oleh bagi keluarga karena warnanya yang menarik dan warna-warni.

Sama dengan peyek, geplak yang paling terkenal di daerah Bantul adalah geplak Mbok Tumpuk. Proses pembuatan geplak disini semuanya masih menggunakan cara tradisional, dan dimasak dengan menggunakan tungku dengan bahan bakar kayu. Mbok Tumpuk menyajikan geplak dengan empat rasa yaitu, original, pandan, stroberi, dan coklat. Keempatnya mempunyai rasa yang sama enaknya.

Lokasi: Palbapang, Kec. Bantul, Kab. Bantul.

Itulah beberapa tempat wisata kuliner di Bantul murah dan enak yang wajib Anda coba. Kuliner yang ditawarkan berupa makanan berat dan camilan tradisional yang juga bisa Anda jadikan oleh-oleh keluarga di rumah. Tidak hanya menawarkan wisata alamnya yang indah, Bantul memiliki wisata kuliner dengan rasa yang khas. Jadi jangan sampai terlewatkan untuk mencicipi makanan khas Bantul!