Rekomendasi Wisata Kuliner Favorit di Banyuwangi, Jawa Timur. Makanan Khas yang Terkenal Paling Enak dan Harga Murah yang Wajib Anda Cicipi Saat Berkunjung.

Banyuwangi terkenal memiliki banyak destinasi wisata yang sangat menarik dan mengagumkan untuk dikunjungi. Tidak hanya wisata alam saja, wisata kuliner di kota paling ujung timur pulau Jawa ini juga tidak kalah menarik untuk dijelajahi. Bahkan banyak wisatawan yang tertarik dengan kuliner lezat yang dimiliki Banyuwangi ini. Untuk itu, berikut rekomendasi tempat wisata kuliner yang enak di Banyuwangi yang tentunya dibanderol dengan harga murah.

1. Mie Ayam Ahem

Mie Ayam Ahem
Image Credit: Kumparan.com

Kuliner mie ayam hampir seluruhnya ada di seluruh wilayah Indonesia, dan kota Banyuwangi salah satunya. Jika Anda penggemar kuliner satu ini, tidak ada salahnya mampir di warung Mie Ayam Ahem yang terkenal di Banyuwangi. Mie ayam di tempat ini terkenal memiliki tekstur yang kenyal dengan daging ekstrak banyak. Saat Anda berkunjung ke Banyuwangi jangan lupa untuk mampir, sebab Mie Ayam Ahem memiliki tempat yang nyaman dengan rasa masakan yang enak dan lezat.

Lokasi: Jl. Imam Bonjol No.54, Karangrejo, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi.

2. Pecel Pincuk Bu Tin

Pecel Pincuk Bu Tin
Image Credit: Koran-jakarta.com

Berkunjung ke Banyuwangi, tidak akan lengkap jika belum mencoba sarapan dengan Nasi Pecel Pincuk Bu Tin yang terkenal dengan rasanya yang lezat. Sesuai dengan namanya, nasi pecel ini disajikan dengan daun pisang yang dipincuk dalam ukuran yang agak besar. Sehingga Anda pun bisa puas menikmati nasi pecel. Di Nasi Pecel Pincuk Bu Tin, ada beragam laut yang ditawarkan mulai dari ayam, telur, ati ataupun limpa.

Lokasi: Jl. Kapten Pierre Tandean, Karangrejo, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi.

3. Sego Tempong Mbok Wah

Sego Tempong Mbok Wah
Image Credit: Terbit.co

Tempong, dalam bahasa Jawa memiliki arti tampar. Lantas mengapa kuliner satu ini memiliki nama tampar? Ternyata dinamakan demikian karena rasa kuliner satu ini yang nampar, alias sangat enak. Sego Tempong sendiri mirip dengan nasi campur, yakni nasi putih yang disajikan dengan berbagai lauk dan dilengkapi sambel khas yang bernama sambal tempong. Tertarik merasakan makanan unik ini? Anda bisa datang langsung ke warung Mbok Wah.

Tidak hanya menyediakan sego tempong, warung Mbok Wah juga menyajikan menu dengan olahan seafood seperti cumi dan kepiting. Untuk masalah harga, makanan di warung ini termasuk murah. Mulai dari harga Rp 7 ribu, Anda sudah bisa mendapatkan nasi putih yang dilengkapi dengan lauk berupa sayuran rebus, ikan asin, teri jengki, dan tidak lupa sambal tempong yang khas dari Banyuwangi.

BACA:  33 Tempat Wisata di Malang Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Gembrung No.220, Lingkungan Watu Ulo R, Bakungan, Kec. Glagah, Kab. Banyuwangi.

4. Rawon Bu Atik

Rawon Bu Atik
Image Credit: AriefPokto.com

Menjadi kuliner khas Jawa Timur, hampir setiap daerah di provinsi ini bisa dijumpai masakan rawon. Termasuk juga saat berkunjung ke Banyuwangi. Di kota ini terdapat salah satu rumah makan yang terkenal dengan menu rawonnya yang begitu lezat, yakni Rumah Makan Bu Atik. Adanya kombinasi nasi putih hangat dengan potongan daging kemudian disiram kuah lezat khas berwarna hitam, makanan ini tidak pernah gagal dalam memanjakan lidah pecinta kuliner.

Tidak hanya rawon biasa, Rumah Makan Bu Atik juga menyediakan rawon paru, rawon buntut goreng, dan juga rawon empal. Selain itu, biasanya juga akan ada sambal serta lalapan kecambah yang disajikan sebagai pelengkap rawon. Tidak lupa, ada tambahan kerupuk untuk rawon agar rasanya semakin nikmat. Sehingga, tak mengherankan jika kuliner satu ini begitu populer dan diburu oleh wisatawan saat berkunjung ke Banyuwangi.

Lokasi: Jl. A. Yani, Tukangkayu, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi.

5. Bakso Kiki Genteng

Bakso Kiki Genteng
Image Credit: Tribunnews.com

Siapa yang tidak mengenal bakso? Hampir semua tahu dengan kuliner satu ini. Bakso sendiri menjadi salah satu makanan yang telah akrab di lidah Indonesia, sehingga hampir di sudut nusantara pasti ada saja yang menjual bakso. Begitu juga kota Banyuwangi, yang memiliki tempat makan bakso lezat. Namanya Bakso Kiki Genteng, yang sudah terkenal enak dan begitu populer seantero kota Banyuwangi.

Warung kuliner ini menawarkan bakso yang disajikan dalam beragam pilihan, mulai dari bakso kasar, bakso halus, hingga bakso telur. Perpaduan antara rasa bakso yang empuk dan gurih dengan kuah yang panas, membuat warung bakso ini menjadi favorit. Tidak hanya itu, kelezatan dari kuliner satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi sebab Warung Bakso Kiki Genteng selalu ramai pengunjung.

Lokasi: Jl. Temuguruh, Dusun Krajan, Genteng Wetan, Kec. Genteng, Kab. Banyuwangi.

6. Mie Kuah Warung Kepiting

Mie Kuah Warung Kepiting
Image Credit: Link991.blogspot.com

Dianugerahi wisata laut dengan pesona yang begitu cantik dan menakjubkan, kota Banyuwangi sudah pasti memiliki tempat wisata kuliner olahan seafood yang kaya dengan cita rasa. Salah satu rumah makan olahan seafood yang terkenal di Banyuwangi adalah Mi Kuah Warung Kepiting, dimana warung ini menjadikan kepiting sebagai menu andalan. Kepiting di warung ini disajikan dengan mi yang sudah diracik dengan menggunakan bumbu khusus.

Perpaduan kepiting, mi, dan bumbu khusus ini menciptakan rasa yang tidak ada duanya dan pastinya bisa membuat Anda ketagihan. Tidak heran, jika warung olahan seafood ini sangat populer di Banyuwangi. Meskipun menu yang paling terkenal adalah kepiting, namun di warung Mi Kuah Warung Kepiting ini juga menyediakan menu lainnya. Jika Anda ingin mencicipi kelezatan kuliner ini, jangan lupa mampir saat berkunjung ke Banyuwangi.

BACA:  20 Tempat Wisata di Madiun Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Kepiting, Tukangkayu, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi.

7. Pecel Rawon Mbak Sumi

Pecel Rawon Mbak Sumi
Image Credit: Mediaindonesia.com

Sesuai dengan namanya, kuliner satu ini merupakan perpaduan dari pecel dan rawon. Dimana sajian pecel yang segar dan juga lezat dilengkapi dengan bumbu kacang yang khas, dipadukan dengan kuah rawon yang sangat gurih. Namun biasanya, kuah rawon yang digunakan tanpa menambahkan daging. Tidakkah Anda terbayang dengan kelezatan kuliner satu ini? Jika iya, langsung saja kunjungi warung Pecel Rawon Mbak Sumi di Banyuwangi.

Lokasi: Jl. Mawar No.18, Lingkungan Mojoroto R, Mojopanggung, Kec. Giri, Kabupaten Banyuwangi.

8. D’Copiz Café

D’Copiz Café
Image Credit: Topijelajah.com

Tempat wisata kuliner dengan nuansa café ini menyediakan beragam varian kopi, yang mana bisa dinikmati oleh para pengunjung saat di malam hari. Café yang cukup populer di Banyuwangi ini tidak hanya menyajikan kopi, tetapi juga menyajikan minuman dan makanan ringan lain seperti siomay, tahu goreng, dan juga kentang goreng. Bahkan D’Copiz Café juga menyediakan menu nasi goreng untuk pengunjung yang ingin menikmati makanan berat di malam hari.

Tidak hanya sajian makanan yang enak dan murah, café ini juga sangat cocok digunakan sebagai tempat nongkrong ataupun ngumpul bersama teman dan keluarga. Tempat wisata kuliner di Banyuwangi satu ini memiliki suasana yang nyaman, karena memilih lokasi di pedesaan yang memiliki suasana asri. Anda pun akan betah berlama lama duduk sambil menikmati kopi ataupun tahu goreng.

Lokasi: Jl. Brawijaya, Kebalenan, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi.

9. Ikan Bakar Blimbingsari Rogojampi

Ikan Bakar Blimbingsari Rogojampi
Image Credit: Yukpigi.com

Anda ingin merasakan sensasi makan ikan bakar segar yang baru saja ditangkap dari laut, sembari melihat pemandangan pulau Bali dari kejauhan? Jika iya, maka rumah makan yang ada di pantai Blimbingsari ini wajib untuk Anda disinggahi. Pasalnya di warung Ikan Bakar Blimbingsari Rogojami ini, pengunjung bisa menikmati pengalaman mencicipi ikan bakar sambil ditemani semilir angin pantai dan pemandangan laut, yang pastinya tidak akan bisa terlupakan begitu saja.

Lokasi: Dusun Pacemengan, Blimbingsari, Kec. Rogojampi, Kab. Banyuwangi.

10. Warung Pesantogan Kemangi Kemiren

Warung Pesantogan Kemangi Kemiren
Image Credit: Hobimakanbanyuwangi.com

Memiliki nama yang sedikit unik, warung satu ini merupakan salah satu wisata kuliner di Banyuwangi yang bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi. Nama pesantongan sendiri, berasal dari bahasa Jawa yang berarti tempat nongkrong. Yang mana memang warung ini sangat cocok dijadikan tempat melepas penat setelah seharian lelah beraktivitas. Warung ini juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk berkumpul bersama dengan teman atau rekan kerja, yang menyajikan hidangan lezat dan nikmat.

BACA:  25 Tempat Wisata di Banyuwangi Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Dusun Krajan, Kemiren, Kec. Glagah, Kab. Banyuwangi.

11. Sego Cawuk

Sego Cawuk
Image Credit: KSMTour.com

Nampaknya, Banyuwangi tidak pernah mengecewakan dengan kuliner dari olahan nasi. Kali ini, kota tersebut menawarkan kuliner dengan nama sego cawuk. Kuliner khas dari kota di ujung pulau Jawa ini, bisa ditemui di beberapa tempat. Tetapi yang paling populer adalah Sego Cawuk Mak Mantih. Cawuk sendiri, dapat diartikan dengan makan tidak menggunakan tangan. Sehingga nasi cawuk ini merupakan nasi yang dimakan tidak dengan menggunakan sendok, melainkan langsung dengan tangan.

Yang khas dari sego cawuk adalah nasinya disajikan dengan kuah yang terbuat dari parutan kelapa muda, kemudian dilengkapi dengan jagung muda yang sudah dibakar dan dicampur dengan mentimun, cabai, dan asam. Dimana perpaduan dari berbagai bahan makanan tersebut menghasilkan cita rasa pedas yang lezat. Jika Anda tertarik dengan makanan khas satu ini, jangan lupa mampir saat berlibur ke Banyuwangi.

Lokasi: Jl. Kalimas, Singonegaran, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi.

12. Sego Bungkus Bu Poer

Sego Bungkus Bu Poer
Image Credit: Hobimakanbanyuwangi.com

Menjadi salah satu tempat kuliner yang populer di Banyuwangi, Sego Bungkus Bu Poer menyajikan berbagai menu nasi dan beragam lauk dengan rasa yang lezat. Untuk pilihan nasi pun, Anda bisa memilih antara nasi putih, nasi jagung, nasi merah atau nasi kuning. Yang membuat unik dan populer di kalangan masyarakat adalah sego bungkus ini dibungkus seperti gunungan atau kerucut, dengan tujuan agar mudah dikonsumsi.

Lokasi: Jl. Jendral Sudirman No 26 Panderejo, Panderejo, Penganjuran, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi.

13. Rujak Soto Mbok Mbret

Rujak Soto Mbok Mbret
Image Credit: Idntimes.com

Satu lagi kuliner unik yang bisa ditemukan di Banyuwangi, yakni rujak soto. Seperti namanya, kuliner ini merupakan perpaduan dua jenis makanan di dalam satu piring. Yaitu rujak yang disiram dengan kuah soto. Selain tampilannya yang unik, Rujak Soto Mbok Mbret ini begitu populer karena cita rasanya yang terkenal enak. Dengan harga mulai dari Rp. 20 ribu, Anda bisa mendapatkan rujak yang diracik seperti biasa kemudian ditambah dengan kuah soto yang dilengkapi daging babat dan telur puyuh.

Lokasi: Dusun Kepatihan, Kec. Cluring, Kab. Banyuwangi.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata kuliner yang enak dengan harga murah yang bisa Anda temukan di Banyuwangi. Berkeliling kota Banyuwangi, maka tidak akan lengkap jika tak mencicipi kuliner yang dimiliki kota tersebut. Setelah lelah berkeliling, mengisi perut adalah hal yang paling tepat untuk dilakukan. Jika berkunjung ke Banyuwangi, jangan lupa untuk berburu kuliner ya.