Bengkulu memiliki beragam jenis wisata kuliner yang menggugah selera dan harga bersahabat yang bisa dieksplor untuk pengalaman kulineran yang berkesan.

Liburan ke Bengkulu rasanya tak akan lengkap jika tak mencoba ragam kulinernya. Kota yang mendapatkan julukan sebagai kota Bumi Raflesia ini memang kerap menjadi tujuan wisata. Ada banyak tempat wisata yang bisa anda jelajah dengan alamnya yang begitu mempesona.

Puas berjalan jalan, perut juga harus dimanjakan dengan olahan kuliner khasnya. Berikut rekomendasi tempat wisata kuliner di Bengkulu yang terkenal miliki rasa nikmat dan harganya terjangkau.

1. Mie Terbang

Mie Terbang
Image Credit: Correcto.id

Tempat kulineran satu ini sedang hits dan banyak dikunjungi millennial di Bengkulu. Namun bukan berarti anda tak bisa mencobanya, mengingat sajian mie ini memang terasa nikmat. Pecinta mie harus mencoba makanan satu ini, bukan hanya namanya mie terbang, namun bentuknya juga layaknya terbang. Mie tersebut seakan terangkat dari garpu atau sumpit di atas piringnya tetapi tidak jatuh. Tatanan ini terlihat sangat instagramable tak heran jika tempat satu ini hits.

Bukan hanya soal makanannya yang hits, harga yang ditawarkan di mie terbang ini juga terbilang terjangkau. Wajar jika banyak anak muda yang mengisi perut sembari nongkrong. Karena menu minumannya juga terbilang banyak pilihan. Tempat makan kekinian ini membandrol satu porsi mie terbangnya berkisar di harga mulai Rp. 15 ribu per porsinya. Anda bisa datang mulai pukul 10 pagi hingga 21.30 malam jika ingin menikmati kuliner satu ini.

Lokasi: Pasar Berkas, Kec. Teluk Segara, Kota Bengkulu.

2. Rumah Makan Inga Raya

Rumah Makan Inga Raya
Image Credit: Kompas.com

Jika anda ingin menikmati sajian kuliner khas Bengkulu, anda bisa mengunjungi rumah makan satu ini. Rumah Makan Inga Raya termasuk salah satu tempat makan yang populer dan selalu dipadati pengunjung. Anda bisa menikmati berbagai makanan seperti Bagar Hiu, Gulai Timun Cendawan hingga Rebung Asam. Selain menyajikan olahan seafood yang menggugah, anda juga bisa menemukan ayam ataupun sayuran yang tak kalah nikmat.

Rumah makan satu ini sangat cocok untuk santap siang anda. Rasanya yang khas dan pastinya memanjakan perut serta lidah tak membuat anda harus membayar mahal. Anda hanya perlu menyediakan budget mulai dari Rp. 25 ribu. Harga tersebut tentunya tergantung dari menu yang anda nikmati. Tenang saja, harga yang harus anda bayarkan sesuai dengan rasa yang dipersembahkan. Anda tak akan menyesal menikmati sajian di tempat kuliner ini.

BACA:  25 Tempat Wisata di Bengkulu Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Bencoolen, Street, Pantai Pariwisata, Pasar Bengkulu, Kec. Sungai Serut, Kota Bengkulu.

3. Lontong Tunjang Kapuas Raya

Lontong Tunjang Kapuas Raya
Image Credit: Wisatakuliner.org

Tak ingin menikmati sajian nasi yang terbilang berat, anda bisa menjadikan lontong Tunjang sebagai pilihan. Lontong Tunjang merupakan nama kuliner khas Bengkulu yang mungkin anda sering menyebutnya lontong kikil. Dalam satu porsi lontong tunjang, terdapat beberapa isian mulai dari , lontong, kikil, buncis, sayur gori dan daging. Kuah santannya yang kental dengan beragam bumbu pilihan, dijamin akan membuat anda semakin ketagihan.

Masyarakat Bengkulu umumnya menikmati Lontong Tunjang sebagai menu sarapan di pagi hari. Dan untuk mendapatkan rasa nikmat dari Lontong Tunjang, anda bisa mengarahkan kendaraan anda ke daerah Kapuas Raya. Terdapat banyak kedai kedai yang akan menawarkan sajian lontong tunjang yang menggoda. Tak usah khawatir, karena sajian khas yang lezat ini umumnya dihargai mulai Rp. 10 ribu. Pastikan anda datang di jam sarapan waktu setempat.

Lokasi: Jl. Bakti Husada No.13A, Lingkar Barat, Kec. Gading Cempaka, Kota Bengkulu.

4. Sembam Ikan Marola

Sembam Ikan Marola
Image Credit: Tripadvisor.com

Wisata kuliner anda di Bengkulu akan semakin lengkap jika mengunjungi tempat satu ini. Bisa dikatakan jika tempat ini menyajikan sajian seafood yang lezat dan paling direkomendasikan di Bengkulu. Inilah mengapa anda tak boleh tidak mampir ke Sembam Ikan Marola. Anda bisa menemukan beragam olahan seafood yang akan membuat lidah dan perut anda terpuaskan. Menu yang paling menjadi favorit adalah Udang Tempoyaknya.

Udang Tempoyak sendiri merupakan makanan khas Bengkulu yang terbuat dari udang. Lokasinya yang strategi juga akan membuat anda mudah untuk menjangkaunya. Belum lagi dekat dengan pantai, sehingga anda bisa menikmati pemandangan yang mempesona sembari nikmati sajian istimewa. Untuk harga tidak akan membuat kantong anda jebol, pasalnya menu yang dihargai mulai dari Rp. 30 ribu setiap porsinya tergantung pilihan anda.

Lokasi: Jl. Pariwisata, Pasar Berkas, Kec. Teluk Segara, Kota Bengkulu.

5. Pindang 77

Pindang 77
Image Credit: Pindang-77-halal-restaurant.business.site

Tidak hanya udang tempoyak atau olahan seafood lainnya, Bengkulu juga menghadirkan olahan ikan pindang yang menggoyang lidah. Untuk bisa merasakan sendiri kelezatannya, anda bisa mengunjungi Pindang 77. Pindang 77 menghadirkan menu andalan berupa Pindang Patin Khas Sumatra. Rasanya yang khas didapatkan dari berbagai rempah pilihan dan juga bahan berkualitas. Anda mungkin akan ketagihan ketika mencicipinya.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Bengkulu yang Paling Populer

Pindang Patin di tempat satu ini bahkan tak akan bisa ditemukan di tempat lainnya saking lezatnya. Dipadukan dengan nasi hangat yang pulen pasti akan membuat anda enggan berhenti. Tak hanya menawarkan menu pindang patin, olahan seafood lainnya juga bisa anda nikmati. Harga yang ditawarkan untuk makanan di Pindang 77 cukup terjangkau, dimulai dari Rp. 20 ribuan. Yang jelas tempat kulineran satu ini akan memberikan pengalaman berbeda.

Lokasi: Jl. Sedap Malam No.26a, Nusa Indah, Kec. Ratu Agung, Kota Bengkulu.

6. Ikan Bakar Jingkrak

Ikan Bakar Jingkrak
Image Credit: Detik.com

Bengkulu memang didominasi pantai, sehingga anda akan banyak menemukan olahan seafood. Terdapat tempat makan yang memiliki pemandangan pinggir pantai, tepatnya Pantai Tapak Paderi. Tempat kulineran ini dikenal dengan nama Ikan Bakar Jingkrak. Lokasi wisata kuliner satu ini juga dekat dengan Benteng Fort Marlborough sehingga anda bisa sekalian mampir. Menu andalannya tentunya ikan bakar yang akan membuat lidah ikut jingkrak.

Sebelum menikmati sajiannya, anda bisa memilih ikan apa yang ingin dinikmati. Ada ikan kerapu, baronang, kakap dan lainnya, begitu juga bumbunya bisa dipilih sesuai selera. Menu yang paling diminati adalah masak bagar asam yang mirip gulai pedas, bumbu ini adalah khas Bengkulu. Selain bisa menikmati sajian yang nikmat, anda juga menikmati panorama yang menyejukkan mata. Harga menunya dibandrol mulai Rp. 50 ribuan tergantung jenis ikan dan menunya.

Lokasi: Tapak padri, Kebun Keling, Kec. Teluk Segara, Kota Bengkulu.

7. Aloha Resto

Aloha Resto
Image Credit: Traveloka.com

Tempat satu ini juga menawarkan pemandangan laut dengan makanan yang nikmat. Aloha resto menjadi favorit karena view yang ditawarkan tersebut. bukan hanya pemandangan yang indah, menu yang ditawarkan juga menggugah. Anda bisa menikmati menu nusantara hingga menu western dengan rasa yang nikmat. Memang harga yang ditawarkan cukup mahal, sekitar Rp. 43 ribu per porsinya. Namun harga tersebut sebanding dengan rasa dan suasananya.

Lokasi: Sumur Melele, Kec. Teluk Segara, Kota Bengkulu.

8. Restoran Makan Pondok Salero

Restoran Makan Pondok Salero
Image Credit: Suara1996.blogspot.com

Di Bengkulu, anda bisa menikmati kuliner hanya berbekal budget Rp. 10 ribu saja. Slahkan datang ke Rumah Makan Pondok Selero. Rumah makan yang menyediakan Gulai Kepala Ikan, dan menu lainnya ini memiliki cita rasa yang akan membuat anda ketagihan. Bahan bahan segar dengan bumbu andalan menjadikan rasanya tiada tandingannya. Selain gulai kepala ikan juga masih ada menu masakan rumah yang akan memanjakan lidah serta perut anda.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Bengkulu yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Veteran No.30, RT.1/RW.2, Pasar Jitra, Kec. Teluk Segara, Kota Bengkulu.

9. Restoran Dapur Perahu

Restoran Dapur Perahu
Image Credit: Foodin.ID

Tempat makan satu ini bisa dikatakan baru saja berdiri dan kekinian di kota Bengkulu. Dimana menu andalannya adalah Seafood Berserak, anda bisa menikmati seafood dengan harga yang ramah kantong. Restoran satu ini berada di kawasan Pantai Jakat, Bengkulu. Konsep yang diusung memang ditujukan semua kalangan, agar bisa menikmati seafood lezat. Seperti yang kita tahu di Indonesia, seafood termasuk makanan yang berkelas.

Seafood berserak ini disajikan cukup unik, dimana seluruh makanan akan dihamparkan di atas meja. Sehingga pengunjung bisa langsung menikmatinya tanpa menggunakan piring. Berbagai seafood mulai dari kerang hijau, lobster, rajunggan hingga cumi akan dibawa dengan panci besar. Bumbu yang digunakan untuk makanan laut ini adalah saus pedas. Anda bisa membayangkan bagaimana nikmatnya makan bersama keluarga atau teman teman.

Seafood Berserak ini memang ditujukan untuk 6 orang, sehingga wajar jika anda akan mendapatkan porsi yang besar. Tidak hanya seafood berserak, ada menu lainnya yang akan membuat anda puas. Harga dibandrol mulai dari Rp. 30 ribu saja untuk harga yang paling murah. Sementara untuk paket seafood berserak mulai dari Rp. 180 ribuan. Bisa dinikmati oleh banyak orang, tentunya harganya begitu terjangkau dengan rasa yang tak perlu diragukan lagi.

Lokasi: Jl. Bencoolen, Pasar Bengkulu, Kec. Sungai Serut, Kota Bengkulu.

10. Rumah Makan Kerapu

Rumah Makan Kerapu
Image Credit: Daerahwisata.com

Rumah makan Kerapu berhadapan dengan Pantai Panjang secara langsung. Anda bisa menikmati aneka seafoo yang juga menggoyang lidah. Menu favorit di tempat kulineran satu ini adalah Udang Tempoyak dan juga Bagar Asam Ikan. Ikan segar seperti kakap merah, kerapu merah hingga cumi cumi juga tersedia. Anda bisa memilih bumbu yang akan dimasak, yang paling nikmat saus pedasnya. Sebagai pendamping terdapat juga sayuran, tempat satu harganya terbilang terjangkau.

Lokasi: Jl. Pariwisata Pantai Berkas, Pasar Berkas, Kec. Teluk Segara, Kota Bengkulu.

Rumah makan atau tempat kulineran di Bengkulu memang didominasi dengan seafood, hal ini karena Bengkulu merupakan daerah pesisir. Anda bisa menikmati berbagai olahan seafood yang sudah legendaris dan terkenal. Sehingga anda tak akan kecewa dengan rasa serta harga yang ditawarkan. Apalagi beberapa tempat menawarkan panorama pantai langsung. Melihat ulasan tersebut, apakah anda sudah menjatuhkan pilihan akan wisata kuliner di mana?