Bima menyimpan beragam kuliner khas dengan cita rasa lezat yang mampu menggoyang lidah. Banyak wisatawan yang datang ke Bima hanya untuk mencicipi beragam wisata kuliner khas penggugah selera.

Bima merupakan salah satu wilayah di Nusa Tenggara Barat yang menyimpan beragam keindahan eksotis dengan kuliner khasnya yang wajib dicicipi. Olahan kuliner unik khas Bima menjadi primadona dan keunggulan saat berwisata ke kota tersebut. Sebagai informasi, kuliner Bima dikelompokkan menjadi 4 bagian, yakni kuliner lauk, kuliner sambal, kuliner sayuran, dan kuliner makanan ringan.

Untuk mengetahui lebih dalam, berikut rekomendasi tempat wisata kuliner di Bima yang menarik untuk Anda kunjungi untuk menikmati makanan khasnya.

1. Uta Maju Puru (Daging Rusa yang Dibakar)

Uta Maju Puru
Image Credit: Mbojonet.blogspot

Uta Maju Puru atau yang lebih dikenal dengan Daging Rusa Bakar merupakan makanan khas Bima yang patut Anda coba. Penganan yang satu ini memiliki cita rasa khas dan sangat sulit ditemukan di daerah lain. Bisa dikatakan, makanan khas Bima ini termasuk kuliner yang sudah mulai langka. Hal ini dikarenakan, bahan utama pembuatan Uta Maju Puru dibuat dengan daging rusa. Olahan daging rusa tersebut dibumbui dengan resep rahasia yang sangat lezat.

Untuk membuat Uta Maju Puru, daging rusa dimasak hingga menjadi dendeng terlebih dahulu. Kemudian olahan dendeng rusa tersebut dibakar bersama campuran bumbu rempah dalam waktu yang lama. Hal tersebut dilakukan agar bumbu merasuk hingga ke serat daging. Kudapan Uta Maju Puru memiliki rasa yang sangat gurih dan lezat. Karena termasuk langka, Anda hanya bisa menemukan kuliner yang satu ini di beberapa warung Kota Bima.

Lokasi: Tanjung, Kec. Rasanae Barat, Kota Bima

2. Uta Palumara Londe

Uta Palumara Londe
Image Credit: Marfuatin.student.umm.ac.id

Makanan Khas Bima yang pertama adalah Uta Palumara Londe. Dari namanya saja sudah terbayang betapa sedapnya makanan ini. Termasuk dalam golongan lauk, makanan ini berbahan dasar ikan bandeng. Bandeng diberi bumbu bawang merah, bawang putih, cabe, tomat dan kunyit. Tak lupa juga disiram dengan kuah santan yang menambah rasa gurih. Ada satu lagi komponen yang membuat aroma khas yaitu daun kemangi

Uta Palumara Londe bisa dijumpai di warung warung makan yang tersebar di seluruh bagian Kota Bima, tepatnya di sebelah selatan Terminal Dara, Kota Bima. Di sana, Anda akan menemui beberapa warung yang menjajakan kuliner Uta Palumara Londe dengan harga yang sangat murah. Para penjual Uta Palmura Londe tersebut menjual kuliner khasnya dengan harga yang juga ekonomis. Cita rasa asam dan pedas manis khas rempah Bima menjadi ciri khas masakan yang satu ini.

BACA:  15 Tempat Wisata di Bima Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Dara, Kec. Rasanae Barat, Bima.

3. Soto Surabaya

Soto Surabaya Bima
Image Credit: Google Maps (Lavina Amalia)

Soto merupakan kudapan asli Indonesia yang sebenarnya bisa ditemui di berbagai daerah. Namun, di warung Soto Surabaya yang terletak di Kota Bima menyajikan kudapan soto dengan tampilan dan bahan berbeda dari soto lainnya. Warung makan yang satu ini menyediakan olahan soto dengan kuah santan yang sangat gurih. Makanan tersebut disajikan dengan bumbu pilihan dan tambahan jeruk nipis, telur, sambal, yang semakin menggugah selera.

Warung Soto Surabaya menawarkan seporsi kudapan soto dengan harga yang sangat terjangkau. Dengan demikian pilihan wisata kuliner tersebut sangat cocok dijadikan menu santap bersama keluarga. Bahkan, wisata kuliner tersebut memiliki website resmi guna memudahkan pengunjung dari luar daerah untuk mengunjungi Warung Soto Surabaya. Melalui situs tersebut, Anda bisa mengetahui daftar menu, jam buka, alamat, dan info lainnya.

Lokasi: Pane, Kec. Rasanae Barat, Bima.

4. Wisata Kuliner Pelabuhan Bima

Uta Sepi Tumis
Image Credit: Yaresep.com

Di area pelabuhan Kota Bima, Anda akan menemukan warung pizza yang berjarak sekitar 1,33 km dari Rasanae Barat. Di lokasi tersebut, Anda bisa mencicipi salah satu kudapan yang paling populer yakni, Uta Sepi Tumis. Hidangan yang satu ini dibuat menggunakan udang rebon yang sebelumnya telah melalui proses tumis hingga matang. Proses penumisan tersebut ditambahkan dengan bahan lainnya seperti, tomat, cabai, asam muda, dan daun kemangi.

Sebagai informasi, masakan Uta Sepi Tumis merupakan ikon Kota Bima yang juga dikenal dengan nama Ikan Udang Tumis. Tak hanya kudapan tersebut, Wisata Kuliner di Pelabuhan Bima juga menyediakan beragam makanan khas Bima yang lainnya. Dari yang bercita rasa asin, asam, hingga pedas, semua bisa Anda pilih dengan mengunjungi Pelabuhan. Umumnya, kuliner yang dijajakan dibanderol dengan harga yang sangat ekonomis.

Lokasi: Jln. Pelabuhan Sape, Kec. Sape, Kota Bima.

5. Depot Nyaman

Depot Nyaman
Image Credit: Google Maps (Nahu Layan)

Salah satu kedai yang menawarkan berbagai pilihan masakan khas Indonesia di Kota Bima ialah Depot Nyaman. Di warung tersebut Anda bisa menjajal berbagai kudapan khas Indonesia dari berbagai daerah. Tentunya, harga yang ditawarkan untuk setiap porsi sangatlah terjangkau. Tak hanya menu masakan khas Indonesia, di warung tersebut Anda juga bisa mencicipi masakan Uta Londe Puru yang menjadi menu andalannya.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Lombok yang Murah & Enak

Uta Londe Puru merupakan kudapan khas Bima berupa hidangan bandeng bakar dengan bumbu rahasia khas Bima. Di warung tersebut Anda akan mendapatkan hidangan Uta Londe Puru dengan ukuran ikan bandeng yang sangat besar, sehingga Anda bisa lebih puas menjajal kudapan khas Kota Bima tersebut. Soal harga, Depot Nyaman membanderol berbagai menu pilihan masakan lezat dengan harga yang sangat ramah di kantong.

Lokasi: Penatoi, Kec. Mpunda, Bima.

6. Kedai Kue Mata Pisang di Pinggir Jalan

Kue Mata Pisang
Image Credit: Tribunnews.com

Kue Mata Pisang merupakan kudapan khas Bima yang terbuat dari ubi kayu dan potongan buah pisang di tengahnya. Untuk membuat kudapan yang satu ini diperlukan beberapa bahan seperti kelapa parut, pisang hijau, gula putih, dan bahan lainnya. Rasanya sangat legit dan nagih sehingga sangat cocok untuk Anda pencinta jajanan manis. Untuk bisa mencicipi kudapan yang satu ini, Anda bisa menemukannya di sepanjang jalanan Pusat Kota Bima.

Lokasi: Tanjung, Kec. Rasanae Barat, Kota Bima.

7. Pusat Oleh-Oleh Kahangga

Kahangga
Image Credit: Hitsbanget.com

Jika ditelaah lebih dalam, pusat oleh oleh sebenarnya tidak termasuk dalam wisata kuliner. Namun, beberapa toko oleh oleh di Kota Bima didesain dengan unik sehingga mampu mendatangkan para wisatawan untuk berburu oleh oleh khas kota tersebut. Kahangga diambil dari nama salah satu kue khas Kota Bima yang menjadi primadona masyarakat sekitar. Cita rasa yang manis dan gurihnya menjalar ke semua bagian mulut di setiap gigitannya.

Lokasi: Tanjung, Kec. Rasanae Barat, Kota Bima.

8. Tota Fo’o

Tota Fo'o
Image Credit: Iing-belajar.blogspot.co.id

Jika Anda berkesempatan untuk mengunjungi Kota Bima, jangan lupa mampir ke salah satu warung yang menjajakan kuliner Tota Fo’o. Kuliner yang bernama unik tersebut sebenarnya berupa seperti sambal biasa yang bisa ditemukan di beberapa daerah. Bahan utama pembuatan Tota Fo’o ini menggunakan buah mangga yang masih muda. Sehingga rasa yang dihasilkan Tota Fo’o sangat eksotis karena perpaduan rasa pedas dari cabai dan asam dari mangga.

Sambal yang satu ini bisa ditemui di beberapa daerah Pusat Kota Bima. Bahkan, Tota Fo’o banyak disajikan sebagai menu pelengkap apa pun jenis makanannya. Untuk bisa mencicipinya Anda tak perlu mengunjungi resto resto mewah di Kota Bima. Sebab, sambal mangga ini juga bisa ditemukan di warung warung kecil pinggir jalan Kota Bima. Harganya pun sangat terjangkau, jadi jangan lupa untuk mampir rasakan sambal unik ini.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Bima yang Paling Populer

Lokasi: Monggonao, Kec. Mpunda, Kota Bima.

9. Warung Sate Bulayak

Sate Bulayak
Image Credit: Indonesiakaya.com

Sebenarnya, Sate Bulayak merupakan makanan khas Nusa Tenggara Barat. Namun, di Kota Bima Anda juga bisa menemui makanan lezat yang satu ini. Visualnya hampir mirip dengan sate pada umumnya. Yang menjadi pembeda Sate Bulayak dengan sate di berbagai daerah adalah penyajiannya. Sate Bulayak biasa disajikan bersama lontong yang terbuat dari beras keran dan dibungkus dengan daun kelapa sehingga rasanya sangat unik dan khas.

Rasa manis dan gurih yang berasal dari perpaduan lontong dan bumbu sate menjadikan kuliner yang satu ini banyak diminati wisatawan lokal maupun luar daerah. Untuk bumbunya sendiri lebih didominasi dengan kacang tanah yang sudah dipadukan bumbu rahasia khas Bima. Dapat dikatakan cita rasa dari bumbu Sate Bulayak hampir mirip dengan bumbu masakan Kari. Daging yang digunakan dalam Sate Bulayak biasanya ayam atau sapi.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Pejeruk, Kec. Ampenan, Kota Mataram.

10. Wisata Kuliner Warung Nasi Balap Puyung

Nasi Balap Puyung
Image Credit: Paketwisatamurahlombok.com

Untuk olahan nasi, masyarakat Bima dan sekitarnya juga memiliki kudapan yang sangat menarik dengan nama unik, yakni Nasi Balap Puyung. Kudapan yang satu ini merupakan perpaduan nasi dengan lauk pauk dan sambal daging bercita rasa pedas. Biasanya, daging yang digunakan merupakan daging ayam maupun sapi. Sebelum diolah menjadi sambal, daging dimasak selama berjam jam bersama racikan bumbu pedas yang menghasilkan rasa ciamik.

Selain sambal daging, lauk pauk Nasi Balap Puyung juga dilengkapi oseng kacang panjang dan kacang tanah yang semakin menambah cita rasanya. Kemudian, di atas nasi masih diberi taburan irisan kentang goreng renyah dengan bumbu yang begitu gurih. Jika Anda ingin mencicipi kuliner yang satu ini bisa mengunjungi salah satu warung Nasi Balap Puyung yang berlokasi di beberapa sudut kota. Harganya pun juga sangat ekonomis dan ramah di kantong.

Lokasi: Jl. Raya Puyung, Puyung, Kec. Jonggat, Kab. Lombok Tengah.

Kota Bima tak hanya menyimpan puluhan destinasi wisata yang menakjubkan. Ternyata, salah satu wilayah bagian Nusa Tenggara Barat ini menyimpan ragam jenis kuliner yang mampu membuat siapa pun merasa jatuh hati ketika mencicipinya. Semu makanan dari cita rasa manis, gurih, pedas, dan asam bisa Anda temukan dengan mengunjungi Kota Bima. Bahkan, ada salah satu kuliner yang tak bisa ditemukan di beberapa wilayah Indonesia loh!