Blitar dikenal memiliki ragam sajian khas yang bisa memanjakan penikmatnya. Inilah daftar wisata kuliner di Blitar yang sudah kondang dan legendaris akan cita rasanya.

Tidak hanya memiliki tempat wisata sekelas Makam Bung Karno maupun Candi Penataran, kota Blitar juga layak jadi tujuan wisata kuliner. Menawarkan cita rasa yang unik dan khas, Anda bisa melakukan perjalanan rasa dengan mengunjungi beberapa tempat wisata kuliner di Blitar pada ulasan berikut. Apalagi sudah dipastikan memiliki rasa yang enak dan juga harga ramah kantong.

1. Soto Daging Bok Ireng

Soto Daging Bok Ireng
Image Credit: Google Maps (Aulia Chudlori)

Memulai perjalanan rasa Anda di Kota Patria, sebutan Kota Blitar Anda bisa mengunjungi Soto Daging Bok Ireng. Sesuai dengan namanya, Anda akan disuguhkan dengan soto daging spesial yang sudah banyak menggoyang lidah pecinta kuliner. Karena buka saat pagi hari, banyak yang menjadikan menu soto ini sebagai menu sarapan di pagi hari atau makan siang.

Apalagi tempat kulineran ini memiliki lokasi yang begitu strategis, sehingga mudah untuk dijangkau. Dalam satu porsi yang disajikan dalam mangkuk sedang, nantinya akan berisikan dengan nasi putih. Ditambahkan dengan daging sapi dan jeroan sapi, toge dan juga mie bihun. Anda bisa menambahkan sambal maupun kecap untuk menambah cita rasanya.

Disajikan dalam keadaan hangat, dan ketika memasak menggunakan periok dari tanah membuat rasanya begitu khas. Sekalipun tempat makan ini merupakan tempat yang sederhana, tetapi tetap menjadi jujugan bagi para pelancong. Sekalipun rasanya nikmat, tetapi harga yang ditawarkan tak akan membuat kantong jebol yaitu hanya sekitar Rp. 8 ribu saja.

Lokasi: Jl. Kelud, Kepanjen Lor, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar.

2. Rujak Petis Ngegong

Rujak Petis Ngegong
Image Credit: Ksmtour.com

Salah satu kuliner khas Jawa Timur yang banyak ditemukan adalah rujak. Tak hanya bisa ditemukan di Blitar saja, beberapa daerah lainnya juga memiliki rujak andalannya. Rujak di Jawa Timur sendiri ada dua, yakni rujak buah dan juga rujak petis. Dan di Blitar, Anda bisa mencicipi rujak petis yang menggugah selera di Rujak Petis Ngegong.

Dalam makanan khas ini, Anda akan menemukan rujak yang dibalur dengan bumbu kacang yang ditambahkan petis. Semua bahan akan di ulek hingga halus, barulah nanti ditambahkan dengan isian lainnya. Rujak Petis akan berisikan sayuran, tempe, telur dan lauk lainnya. Semakin nikmat dengan tambahan kerupuk di atasnya.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Magetan yang Murah & Enak

Sekilas makanan ini memang mirip dengan rujak cingur, proses membuatnya memang sama. Yang membuatnya berbeda adalah tidak ada tambahan cingur di dalam rujaknya. Anda bisa menikmati kuliner ini dengan lontong maupun nasi. Rujak Petis Ngegong terkenal dengan rasa rujaknya yang manis pedas membuat siapapun ketagihan akan rasanya.

Lokasi: Sumberjo, Olak Alen, Kec. Sanankulon, Kota Blitar.

3. Pecel Mbok Bari

Pecel Mbok Bari
Image Credit: Google Maps (Gerald Pohan)

Bukan hanya Madiun saja yang terkenal dengan pecelnya, kota Patria juga memiliki pecel andalan. Makanan dengan bahan sayuran yang disiram dengan bumbu kacang ini memang memiliki banyak penggemar. Di Blitar, Anda bisa mencicipi nikmatnya Pecel Blitar di warung Pecel Mbok Bari. Menjadi salah satu tempat makan yang legendaris, pecel ini tak pernah sepi pengunjung.

Pengunjung yang mencicipinya bahkan dari luar daerah. Bahkan saat ini sudah memiliki cabang yang tersebar di kota Blitar. Cita rasa yang dimiliki pecel ini cenderung lebih gurih dan tidak terlalu manis. Memiliki aroma daun jeruk yang kental, membuat Pecel Blitar memiliki penggemar tersendiri. Dan rasa tersebut bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi warung satu ini.

Pecel Mbok Bari disajikan dengan nasi putih, sayuran dan kemudian disiram dengan bumbu kacang. Tambahan peyek kacang di atasnya membuat rasanya makin nikmat. Anda juga bisa memilih sendiri lauk pendampingnya. Mulai dari tempe goreng, telur dadar dan juga lauk lainnya. Harga yang ditawarkan juga terbilang terjangkau dan sesuai dengan rasa yang dihadirkan.

Lokasi: Jl. Ir. Soekarno No.85, Sentul, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar.

4. Warung Tewel Mbah Martumi

Warung Tewel Mbah Martumi
Image Credit: Google Maps (Kholid)

Di Blitar Anda bisa menemukan kuliner unik yang dinamakan dengan tewel. Tewel sendiri merupakan sayur dari nangka muda. Dan jika Anda belum pernah mencicipi makanan ini, Anda bisa langsung menuju Warung Mbah Martumi. Tempat makan satu ini memang begitu terkenal dengan menu tewelnya menjadi sayur dengan kuah santan yang nikmat.

Santan kental yang dihadirkan dalam kuahnya dengan bumbu khas membuat rasa makin nikmat. Untuk menikmatinya akan ditambahkan dengan nasi dan juga lauk pauk yang bisa dipilih. Rumah makan sederhana ini memang seperti rumah biasa, tetapi rasa yang dihadirkan akan membuat siapapun ketagihan dengan rasanya dan lagi harganya juga murah.

Lokasi: Jl. Mastrip No 5, Rejosan, Ngoran, Kec. Nglegok, Kota Blitar.

BACA:  20 Wisata Kuliner di Malang yang Murah & Enak

5. Warung Mak Ti

Warung Mak Ti
Image Credit: Google Maps (Manumoyoso Priyanggono)

Perjalanan rasa Anda di Blitar masih belum berakhir, karena Anda masih harus mendatangi Warung Mak Ti. Tempat makan satu mengusung konsep prasmanan dan begitu kondang di Blitar. Berbagai menu masakan tradisional bisa Anda coba ketika mengunjungi warung ini. Kendati menu sederhana, tetapi rasa yang dihadirkan akan memanjakan lidah Anda.

Ada beberapa menu favorit yang banyak dicoba pengunjung, yakni sambal goreng tempe, olahan daun singkong, tumis lompong hingga lodeh rebung. Tak hanya sayurnya, Anda juga bisa memilih lauk sesuai dengan selera Anda. Anda bisa memilih makan sendiri sesuai selera, dan harga yang ditawarkan akan tergantung dari makanan yang Anda nikmati.

Lokasi: Jl. Mawar, RT.03/RW.03, Nglaos, Jatinom, Kec. Kanigoro, Kota Blitar.

6. Tahu Bumbu Lawu

Tahu Bumbu Lawu
Image Credit: Google Maps (SukaMasak)

Tahu Bumbu menjadi kuliner khas Jawa Timur yang menggunakan tambahan petis di dalam bumbunya. Menu sederhana ini banyak sekali ditemukan di kota kota di Jawa Timur. Dan bagi Anda yang kebetulan sedang ada di Blitar, Anda bisa mengunjungi Tahu Bumbu Lawu. Tempat makan satu ini sudah begitu kondang di Blitar.

Tahu bumbu sendiri merupakan kuliner yang didalamnya terdapat lontong dengan tahu goreng. Setelah itu ditambahkan dengan bumbu kental yang dibuat dari kacang, petis dan bumbu lainnya. Kemudian ditambahkan dengan tauge dan bawang goreng di atasnya. Tahu bumbu Lawu ini juga dibanderol dengan harga yang terjangkau.

Lokasi: Jl. Lawu, Kauman, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar.

7. Ayam Bakar Bu Mamik

Ayam Bakar Bu Mamik
Image Credit: Google Maps (nanang sugianto)

Olahan Ayam menjadi salah satu panganan yang begitu banyak penggemarnya. Salah satunya ketika diolah menjadi Ayam Bakar. Di Blitar Anda bisa mengunjungi Ayam Bakar Bu Mamik. Sebenarnya, tempat satu ini tidak hanya menyediakan menu ayam bakar saja. Tetapi memang Ayam Bakar di rumah makan ini sudah terkenal akan cita rasanya.

Perpaduan antara rasa gurih dan manis karena bumbu rahasianya membuat cita rasa ayam bakar ini tidak terlupakan. Bagi Anda yang ingin menu lainnya, Anda bisa memilih sop buntut, gurame bakar madu dan lainnya. Tenang saja, menikmati kuliner di tempat satu ini tidak akan membuat kantong Anda jebol. Karena harganya mulai dari Rp. 10 ribu saja.

Lokasi: Jl. Kalimantan No.11A, Kec. Sananwetan, Kota Blitar.

8. President Resto

President Resto
Image Credit: Google Maps (dede prasetyo)

Berkunjung ke Blitar bersama keluarga, Anda bisa mampir ke Lesehan President. Resto satu ini mengusung tema lesehan yang membuat nyaman saat bersantap. Tempatnya bersih dan juga menyajikan berbagai menu yang menggugah selera. Menu yang ditawarkan memang terbilang menu sederhana, tetapi dijamin Anda tidak akan menyesal berkunjung ke tempat makan satu ini.

BACA:  13 Wisata Kuliner di Bojonegoro yang Murah & Enak

Menu tradisional hingga menu modern bisa Anda jadikan pilihan. Mulai dari gurame bakar, ayam asam manis, capcay, ayam rica rica dan juga ayam masak pedas. Tempat makan satu ini selalu menjadi favorit untuk makan bersama keluarga atau teman teman. Apalagi, harga yang ditawarkan untuk setiap menunya tak akan membuat kantong Anda jebol.

Lokasi: Jl. Dokter Wahidin No.91, Sentul, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar.

9. Uceng Barokah

Uceng Barokah
Image Credit: Google Maps (Rahmat Agung Azmi Putra)

Kulineran di kota Blitar masih belum berakhir, Anda bisa mampir ke Uceng Barokah Pak Sabar. Warung satu ini merupakan warung sederhana yang menyediakan menu yang membuat Anda begitu puas. Salah satu menu andalannya adalah menu lalapan sambal yang begitu nikmat. Lalapan sambal dengan pilihan lauk yang beragam memang sayang dilewatkan.

Anda bisa memilih menu seperti kare ayam, ayam panggang, nasi campur, hingga ayam penyet. Dan tidak ketinggalan menu andalannya adalah ikan uceng yang menggoyang lidah. Ikan uceng dimasak dengan beragam, mulai di goreng, disayur hingga dibuat botjok uceng. Dari semua variannya menu uceng gorengnya menjadi andalan warung satu ini.

Lokasi: Jl. Mahakam No.190, Tanjungsari, Kec. Sukorejo, Kota Blitar.

10. Soto Babat Mardi Waluyo

Soto Babat Mardi Waluyo
Image Credit: Google Maps (Dea B. Juliantino)

Kelezatan sajian nusantara bernama Soto memang sudah tidak diragukan lagi. Soto dihadirkan dengan bumbu yang beragam dan daging yang juga banyak pilihan. Di Blitar Anda bisa mengunjungi Soto Babat Mardi Waluyo. Soto babat di tempat satu ini memang sudah terkenal akan rasanya yang lezat. Porsinya juga banyak dan dijamin membuat Anda kenyang.

Dalam satu porsi soto babat Anda bisa mencicipi nasi, kuah soto, babat dan ditambahkan racikan lainnya. Jika Anda tidak berkenan dengan menu soto babat, Anda juga bisa memilih soto daging maupun soto ayamnya. Yang jelas selain harganya murah, tempat makan satu ini juga menyediakan soto yang membuat lidah Anda bergoyang.

Lokasi: Jl. Kalimantan No.113, Karangtengah, Kec. Sananwetan, Kota Blitar.

Itulah rekomendasi tempat kulineran di Blitar yang bisa Anda kunjungi ketika di kota Patria ini. Beberapa warung sederhana yang ada nyatanya mampu menyediakan cita rasa jempolan. Harga yang ditawarkan juga ramah kantong dan sesuai dengan rasanya. Walaupun masih banyak tempat lainnya, tetapi yang disebutkan merupakan tempat makan paling terkenal dan favorit.