Bogor merupakan salah satu kota yang banyak dikunjungi oleh wisatawan di setiap tahunnya. Selain mendatangi wisata alam dan menikmati udaranya yang cenderung sejuk, tidak jarang pula yang berburu kuliner lezat khas Bogor yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Apakah Anda salah satu orang yang tengah berburu kulinernya? Berikut rekomendasi tempat makan enak dengan harga murah yang ada di kota Bogor.

1. Sop Buntut Mang UU

Sop Buntut Mang UU
Image Credit: Wisatakulinerintim.blogspot.com

Kuliner pertama yang wajib dicicipi ketika singgah di kota Bogor adalah Sop Buntut dari warung Mang UU. Berkat rasa masakannya yang yahut, membuat warung makan satu ini tidak pernah sepi pengunjung meski tampilannya sederhana. Seperti yang bisa Anda tebak, warung ini menyajikan sop buntut sebagai menu andalannya. Tampilannya pun tidak kalah sederhana seperti bentuk warungnya, namun rasanya tampaknya tidak ada duanya.

Lokasi: Jl. Achmad Sobana No.75c, RT.01/RW.06, Tegal Gundil, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor.

2. Toge Goreng Mang Gebro

Toge Goreng Mang Gebro
Image Credit: Qraved.com

Ketika berkunjung ke kota Bogor, Anda akan menemukan penjual toge di berbagai sudut daerahnya. Hal tersebut cukup wajar, sebab toge goreng memang menjadi salah satu kuliner khas dari Bogor. Jika ingin menyantap kuliner unik satu ini, datang saja langsung di warung makan Toge Goreng Mang Gebro yang telah berdiri sejak tahun 1967 silam. Harganya pun cukup terjangkau, namun satu porsinya cukup membuat perut kenyang.

Lokasi: Pasar Anyar, Blok B.2, Jl. Dewi Sartika No.35, RT.04/RW.02, Cibogor, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

3. Soto Bogor Pak Salam

Soto Bogor Pak Salam
Image Credit: Ksmtour.com

Jangan pernah mengaku sebagai penggemar soto jika belum pernah mencicipi kelezatan Soto Bogor Pak Salam. Sajian soto memang dapat ditemukan di berbagai daerah lainnya, namun soto satu ini tampak berbeda. Pasalnya kuliner ini akan disajikan bersama dengan kuah santan kuning yang tercium aroma rempah khas. Sedangkan isiannya sendiri, pemilik warung akan menyediakan aneka lauk yang dapat dipilih sesuai selera.

Lokasi: Jl. Siliwangi No.298, Sukasari, Bogor Tengah, RT.01/RW.07, Sukasari, Kec. Bogor Timur, Kota Bogor.

4. Waroenk Talubi

Waroenk Talubi
Image Credit: Thetravelearn.com

Bagi para pecinta kuliner nusantara, tidak pernah lengkap sebelum mengunjungi jalan Surya Kencana yang terkenal sebagai pusat jajanan dan kuliner khas Bogor. Ketika menelusuri jalan tersebut, Anda akan menemukan sebuah tempat makan bernama Waroeng Talubi yang terkenal akan sajiannya yang lezat namun dipatok dengan harga murah. Menu yang disediakan pun cukup beragam dan dapat dipilih sesuai keinginan.

Lokasi: Jl. Suryakencana No.278, RT.01/RW.05, Gudang, Kec. Bogor Timur, Kota Bogor.

5. Doclang Pak Odik

Doclang Pak Odik
Image Credit: Bogor.net

Doclang disebut sebagai salah satu kuliner khas Bogor yang wajib dicicipi. Kuliner satu ini sebenarnya berupa potongan lontong yang dibungkus menggunakan daun patat, kemudian disajikan bersamaan dengan aneka lauk pauk dan guyuran bumbu kacang manis. Sebagai pelengkapnya, ditambahkan bula taburan bawang goreng dan kerupuk di bagian atasnya. Meski sederhana, cita rasanya tidak akan pernah bisa ditolak oleh siapapun sejak pertama kali mencobanya.

BACA:  25 Tempat Wisata di Depok Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Pasir Kuda No.23, RT.01/RW.03, Pasir Jaya, Kec. Bogor Barat, Kota Bogor.

6. Bakso Gulung Bragi

Bakso Gulung Bragi
Image Credit: Ksmtour.com

Udara Bogor yang sejuk nan segar, dianggap cocok untuk menyantap aneka kuliner berkuah seperti bakso. Jika Anda tertarik makan bakso dengan harga murah namun tidak murahan, tampaknya mendatangi Bakso Gulung Bragi merupakan keputusan tepat. Selain dari segi rasa, bentuk baksonya terlihat unik daripada bakso pada umumnya. Pasalnya bakso berbentuk lonjong dan berlapis lapis, serta dibungkus dengan kembang tahu lalu digoreng.

Lokasi: Jl. Palayu Raya No.15, Tegal Gundil, Bantarjati, RT.03/RW.07, Tegal Gundil, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor.

7. Soto Santan Bang Ali

Soto Santan Bang Ali
Image Credit: Tripadvisor.com

Varian soto lain yang wajib dicicipi berasal dari Soto Santan Bang Ali. Sesuai dengan namanya, soto satu kini berisikan irisan daging sapi serta jeroan yang akan disiram dengan kuah kaldu yang dimasak bersamaan dengan santan dan aneka rempah lainnya. Agar rasa sotonya semakin nikmat, ditambahkan pula taburan bawang goreng serta irisan daun bawang. Dijamin mengkonsumsi satu porsinya saja sudah berhasil memuaskan perut yang keroncongan.

Lokasi: Jl. Bangbarung Raya No.1, RT.01/RW.11, Bantarjati, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor.

8. Soto Kuning Pak Yusuf

Soto Kuning Pak Yusuf
Image Credit: Instagram.com @visitbogor

Makanan pertama yang akan diingat ketika berbicara mengenai kota Bogor adalah soto kuning. Apabila tertarik mencicipinya, silahkan kunjungi Soto Kuning Pak Yusuf yang terletak di Gang Aut. Telah dibuka sejak tahun 1977 dan mempertahankan cita rasanya sejak dahulu, membuat para penggemarnya rela antri panjang demi semangkok soto. Ditambah lagi dengan harganya yang cukup murah meriah, dijamin tidak ada kata menyesal ketika mencobanya.

Lokasi: Jl. Suryakencana No.285, Babakan Pasar, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

9. Bakso Urat Boboho

Bakso Urat Boboho
Image Credit: Zomato.com

Berkunjung ke kota Bogor tidak akan lengkap sebelum mencicipi kelezatan Bakso Urat Boboho. Berbeda dengan satu porsi bakso pada umumnya, sebab disini Anda akan disuguhkan 5 potong tetelan untuk satu porsi secara otomatis tanpa diminta sekalipun. Tetelan tersebut digoreng terlebih dahulu, hingga terasa renyah dan mengeluarkan suara “kress” ketika digigit.

Lokasi: Jl. Bangbarung Raya No.51, RT.03/RW.02, Tegal Gundil, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor.

10. Cungkring Pak Jumat

Cungkring Pak Jumat
Image Credit: Ayobogor.com

Dikatakan sebagai kuliner khas Bogor yang hampir punah, tidak ada salahnya mencicipi kelezatan rasa Cungkring Pak Jumat. Sedangkan pemberian nama cungkring sendiri berasal dari bahasa Sunda yang berarti kikil sapi. Seusai dengan nama yang diberikan, kuliner satu ini terdiri dari aneka kikil yang diolah menggunakan bumbu kuning dan ditambahkan dengan aneka makanan lainnya. Cukup dengan satu porsi saja, dijamin dapat memuaskan perut keroncongan.

Lokasi: Jl. Suryakencana No.285, RT.04/RW.02, Babakan Pasar, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

11. Sate Sumsum Pak OO

Sate Sumsum Pak OO
Image Credit: Rachmaamalia.wordpress.com

Sate Sumsum Pak OO merupakan satu dari sekian banyak warung legendaris di Bogor yang masih bertahan hingga sekarang. Telah berdiri sejak tahun 1965, dimana menu andalannya yaitu sate sumsum yang terdiri dari 5 tusuk sate sumsum serta 5 sate ginjal yang kemudian dilumuri dengan bumbu kacang. Hanya membutuhkan satu gigitan saja, siapapun akan jatuh cinta dibuatnya.

BACA:  33 Tempat Wisata di Bandung Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Suryakencana No.193, Babakan Pasar, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

12. Toastea Café

Toastea Café
Image Credit: Bogorin.com

Tergolong sebagai cafe baru, namun kehadirannya disambut bahagia dan termasuk sebagai tempat hits dikunjungi anak muda. Menerapkan konsep outdoor dan dilengkapi dengan free wifi, membuat tempat makan ini dijadikan spot nongkrong terbaik. Sayangnya varian menu yang disajikan tidak terlalu banyak, namun sudah cukup mengenyangkan perut yang kelaparan dengan harga terjangkau di dompet.

Lokasi: Jl. Cirahayu No.14, RT.04/RW.05, Tegallega, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

13. Mie Janda

Mie Janda
Image Credit: Limakaki.com

Hanya mendengar namanya saja, sudah berhasil memikat perhatian banyak orang. Padahal janda yang dimaksudkan disini tidak ada kaitannya sama sekali dengan status seseorang, sebab pemberian nama tersebut ternyata sebuah singkatan dari Jawa dan Sunda. Diberikan nama unik tersebut, lantaran rasa sajiannya terasa ada perpaduan dari Jawa dan Sunda. Berkat perpaduan tersebut, rasa masakannya pun terasa nikmat dan tidak ditemukan di tempat lainnya.

Lokasi: Jl. Raya Cikaret, Harapan Jaya, Cibinong, Kota Bogor.

14. Mie Rampok

Mie Rampok
Image Credit: Baca.co.id

Mi Rampok atau biasa disebut Mie Ramen Depok merupakan salah satu kuliner yang tidak kalah menarik untuk dicicipi. Seperti nama yang diberikan, sajian kuliner ini memang hasil dari modifikasi dari mie ramen khas Jepang dan ditambahkan dengan aneka isian seperti bakso dan aneka olahan seafood lainnya. Bahkan sebelum mencobanya, Anda akan dibuat terlena dengan aroma harum yang berasal dari aneka rempah dalam pembuatannya.

Lokasi: Jl. Raya Parung No.4, Kec. Parung, Kota Bogor.

15. De Salman Resto

De Salman Resto
Image Credit: Instagram.com @visitbogor

De Salman Resto merupakan salah satu tempat makan yang wajib dikunjungi. Bukan hanya menawarkan kelezatan semata, sebab menu yang ditawarkan hanya menggunakan bahan alami yang dibumbui dengan aneka rempah tradisional. Hal tersebut sesuai dengan moto dari tempat ini sendiri, dimana sang pemilik ingin menyehatkan costumer melalui cara unik. Bahkan semua masakannya dibuat tanpa mengunakan zat pemanis buatan ataupun zat pengawet sedikitpun.

Lokasi: Jl. Jendral A. Yani III No.53, RT.03/RW.03, Tanah Sareal, Kec. Tanah Sereal, Kota Bogor.

16. Bebek dan Ayam Goreng Pak Ndut

Bebek dan Ayam Goreng Pak Ndut
Image Credit: Manamana.id

Olahan dari daging ayam dan bebek memang tidak pernah mati, bahkan salah satunya dapat ditemukan di Bogor. Apabila penasaran dengan cita rasanya yang khas, silahkan langsung meluncur ke warung Bebek dan Ayam Goreng Pak Ndut. Teknik pengolahan serta sajian sambalnya yang berbeda, dijamin akan membuat Anda ketagihan sejak pertama kali mencoba.

Lokasi: Jl. Bina Marga I No.17, RT.04/RW.11, Baranangsiang, Kec. Bogor Timur, Kota Bogor.

17. Momo Milk Barn

Momo Milk Barn
Image Credit: Food.grab.com

Apakah Anda termasuk orang yang senang mengkonsumsi aneka olahan dari susu ? Selama berada di Bogor, silahkan mampir dahulu ke Momomilk Barn sebagai alternatifnya. Disini pengunjung bisa menikmati susu segar sekaligus mencicipi aneka jenis menu lain yang diolah menggunakan susu. Desain tempat makannya yang unik bak berada di area perternakan di Amerika, tampak menarik untuk diabadikan sebagai kenang kenangan.

Lokasi: Jl. Ktr. Pos I, RT.04/RW.11, Baranangsiang, Kec. Bogor Timur, Kota Bogor.

18. Bubur Ayam Kabita

Bubur Ayam Kabita
Image Credit: Detik.com

Cuaca di Bogor yang cenderung sejuk nan segar, terasa semakin nikmat jika menyantap bubur sebagai menu sarapan. Apabila ingin mengkonsumsi bubur, sangat disarankan datang ke warung Bubur Ayam Kabita yang terkenal akan rasanya yang mantap nan melegenda. Tampilannya memang tidak jauh berbeda dengan bubur ayam pada umumnya, namun keunikannya bersala dari kuah kaldunya yang terasa gurih nan lezat.

BACA:  25 Wisata Kuliner di Bandung yang Murah & Enak

Lokasi: Jl. Gn. Batu No.67, Gunungbatu, Kec. Bogor Barat, Kota Bogor.

19. Martabak Encek Surya Kencana

Martabak Encek Surya Kencana
Image Credit: Ratmanonline.wordpress.com

Martabak Encek Surya Kencana disebut sebagai tempat membeli martabak legendaris yang wajib dicoba. Yang membuatnya terasa istimewa adalah pembuatan martabak manisnya masih menggunakan arang, sehingga rasa yang dihasilkan berbeda daripada martabak kebanyakan. Pilihan rasanya pun cukup lengkap dan siap membuat lidah beroyang dibuatnya, sehingga Anda tidak akan pernah menyesal telah mencicipinya.

Lokasi: Jl. Suryakencana No.289, RT.04/RW.02, Babakan Pasar, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

20. Surabi Duren Sukasari

Surabi Duren Sukasari
Image Credit: Zomato.com

Tidak hanya menyajikan makanan berat, Bogor juga memiliki sajian camilan lezat di Surabi Duren Sukasari. Walaupun termasuk kuliner street food, kuliner satu ini tidak penah gagal memikat hati siapapun yang pernah mencobanya. Rasanya yang nikmat dan dipatok dengan harga terjangkau, membuatnya cukup populer di kalangan kalangan dan berbagai umur.

Lokasi: Jl. Sukasari 1 No.27, RT.06/RW.02, Sukasari, Kec. Bogor Timur, Kota Bogor.

21. Cyrano Café

Cyrano Café
Image Credit: Pergikuliner.com

Ingin menikmati sajian kuliner dengan tenang dan nyaman ? Jika sedang mencari tempat makan seperti itu, maka Cyrano Cafe bisa menjadi solusi tepat. Tersedia dalam area outdoor dan indoor, dimana Anda bisa memilih tempat duduk sesuai dengan nuansa hati Anda. Dekorasinya pun tampak cantik dan berhasil memikat perhatian sebagai spot foto kekinian. Menu yang ditawarkan pun cukup banyak, hanya saja didominasi oleh makanan ala Western Food ataupun ala Eropa.

Lokasi: Jl. Suryakencana No.126, RT.01/RW.02, Gudang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

22. Sop Buah Pak Ewok

Sop Buah Pak Ewok
Image Credit: Ksmtour.com

Sudah ada sejak tahun 80an, sop buah Pak Ewok ini pun tidak kalah menarik untuk dicicipi. Berkat rasanya yang tidak berubah dan memiliki banyak penggemar, beruntungnya kini kuliner legendaris ini telah memiliki setidaknya dua cabang di Bogor. Keistimewaan dari kuliner satu ini, terletak pada varian buahnya yang cukup melimpah yang dicampur dengan susu siap menyegarkan tenggorokan.

Lokasi: Jl. Prof. DR. H. Andi Hakim Nasoetion, RT.02/RW.05, Tegallega, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

23. Lumpia Basah Suryakencana

Lumpia Basah Suryakencana
Image Credit: Tirtalie.com

Masih di sekitar jalan Suryakencana, disini para pelancong dapat menemukan jajanan tradisional berupa lumpia basah yang ramai didatangi pengunjung. Bahkan dari kejauhan, akan tercium aroma lumpia basah tampak menggoda siapapun yang lewat untuk membelinya. Isiannya sendiri cukup sederhana, namun urusan rasa sudah tidak dapat disangkal lagi. Harganya pun bersahabat di kantong, wajar saja jika banyak yang memborongnya.

Lokasi: Jl. Suryakencana No.89, Babakan Pasar, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

Selain terkenal sebagai wilayah dengan pesona alam yang masih asri, Bogor ternyata menyimpan segudang menu kuliner lezat yang wajib dicipi. Pilihannya pun cukup bervariasi, mulai dari yang berkuah hingga yang kering sedap pun tersedia. Bahkan beberapa diantaranya telah melegenda dan hingga kini masih mempertahankan cita rasa khasnya. Daripada penasaran, segera kunjungi tempat makan tersebut dan cicipi langsung di tempat.