Bojonegoro tawarkan keindahan alam memesona dan kian sempurna dengan anugerah kulinernya yang begitu menggoda. Inilah daftar tempat wisata kuliner di Bojonegoro yang menarik dikunjungi untuk hidangan yang lezat.

Jika Anda sedang kebetulan melewati Kabupaten Bojonegoro, jangan lupa menyempatkan diri untuk mencicipi kuliner legendarisnya. Selain menawarkan keindahan alam, Bojonegoro juga berhasil memikat banyak orang melalui ragam makanan khasnya. Bagi Anda yang sedang di Bojonegoro, bisa mengunjungi beberapa tempat wisata kuliner berikut ini.

1. Warung Apung Rahmawati

Warung Apung Rahmawati
Image Credit: Google Maps (Lestari Dewi)

Jika sedang melintasi Kota Bojonegoro, sempatkanlah diri Anda untuk mengunjungi wisata kuliner Warung Apung Rahmawati. Tempat kuliner ini bisa dibilang sebagai primadona bagi masyarakat sekitar. Saking populernya, Warung Apung Rahmawati sudah membuka beberapa cabang di Indonesia.

Berbicara mengenai menu masakan, Warung Apung Rahmawati ini menyediakan beragam jenis olahan ayam, aneka gurami, aneka masakan bandeng, ikan patin, aneka masakan cumi, udang, kepiting soka, dan masih banyak lagi. Menariknya, di tempat kuliner ini Anda bisa memesan aneka nasi kotak sebagai kudapan ketika mengadakan acara acara tertentu.

Lokasi: Jl. Veteran No.77, Jambean, Sukorejo, Kec. Bojonegoro, Kab. Bojonegoro.

2. Pawon Seafood Resto

Pawon Seafood Resto
Image Credit: Google Maps (Pawon Saefood Resto)

Wisata kuliner ini merupakan rumah makan seafood yang sangat terkenal di Kabupaten Bojonegoro. Tak hanya olahan seafood, di sana Anda juga bisa memesan berbagai menu khas Jawa mulai dari Ayam Lodho, ayam geprek, ayam penyet, nasi goreng, dan mie goreng. Banyaknya ragam menu yang ditawarkan dijamin akan memanjakan lidah pencicipnya.

Restoran yang berada di Jalan Basuki Rahmat, Bojonegoro ini buka mulai pukul 10.00 hingga pukul 21.30. Jadi, Anda bisa mengunjungi wisata kuliner ini untuk dijadikan sebagai pengisi perut saat sarapan, makan siang, ataupun makan malam. Salah satu yang menjadi daya tarik wisata kuliner ini terletak pada cara pemesanannya yang terbilang cukup unik.

Untuk memesan menu, pihak resto akan memberikan pilihan kartu menu yang dilengkapi dengan daftar harga. Nantinya, kartu tersebut bisa diberikan kepada pihak resto. Kemudian, pesanan Anda akan diproses hingga menghasilkan sajian lezat. Agar lebih seru, Anda juga bisa mengajak keluarga, sahabat, atau teman dekat untuk bersama sama mencicipi lezatnya masakan.

BACA:  10 Oleh-oleh Khas Banyuwangi yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Basuki Rahmat 57, Sukorejo, Kec. Bojonegoro, Kab. Bojonegoro.

3. Javanilla Cafe & Resto

Javanilla Cafe & Resto
Image Credit: Google Maps (Robertus Andriyanto)

Javanilla Cafe & Resto merupakan wisata kuliner yang lebih direkomendasikan untuk acara keluarga. Bagaimana tidak, cafe yang terletak di Jalan Untung Suropati, Bojonegoro ini memiliki tempat yang luas dengan suasana nyamannya. Mutu dari tempat kuliner ini semakin bertambah tatkala ragam menu yang ditawarkannya berhasil memanjakan lidah.

Adapun menu yang ditawarkan mulai dari aneka masakan seafood, aneka masakan daging sapi, beberapa jenis nasi goreng, aneka masakan ayam, dan masih banyak lagi. Meski menawarkan menu yang beragam, wisata kuliner ini semakin memikat karena harga tiap menu masakannya dipatok dengan cukup terjangkau.

Lokasi: Jl. Untung Suropati No.59, Sumbang, Kec. Bojonegoro, Kab. Bojonegoro.

4. Warung Leko

Warung Leko
Image Credit: Google Maps (Doramasittah)

Teruntuk Anda pencinta olahan iga sapi, maka wajib menjajal salah satu menu jawara di Warung Leko. Tempat kuliner ini menyajikan menu pilihan iga sapi yang dimasak dengan bumbu pilihan, sehingga hasilnya sangat pas di lidah. Di sekeliling kedai, Anda juga akan disuguhi pemandangan ciamik berupa pohon pohon rindang yang semakin menyejukkan hawa.

Teruntuk Anda yang tidak begitu menyukai masakan iga sapi, bisa memilih menu lainnya seperti aneka masakan ikan, ayam, dan opsi kuliner nusantara lainnya. Bagi Anda yang berminat, silakan kunjungi kedai yang terletak di Jalan WR. Supratman, Kabupaten Bojonegoro. Tempatnya yang strategis juga akan memudahkan Anda untuk mencarinya.

Lokasi: Jl. WR. Supratman, Kec. Bojonegoro, Kab. Bojonegoro.

5. Pondok Salak Bendo

Pondok Salak Bendo
Image Credit: Google Maps (Badruns 999)

Ada yang unik dari wisata kuliner ini, yakni sajian menunya yang mayoritas mengolah belut menjadi ragam masakan lezat. Sejak dibuka hingga sekarang, Pondok Salak Bendo selalu dipenuhi wisatawan yang ingin menjajal berbagai menu olahan belut. Jadi, warung ini sangatlah cocok bagi anda pencinta belut.

Di Pondok Salak Bendo, Anda bisa mencicipi berbagai olahan belut mulai dari belut bakar, belut gepuk goreng, dan mangut belut. Namun, jika Anda kurang berkenan mencicipi daging belut maka bisa memesan menu lainnya seperti bebek bakar, tempe penyet, ayam goreng, aneka masakan jeroan ayam, nasi jagung, serta aneka minuman yang disajikan dingin maupun hangat.

Lokasi: Jl. Desa Bendo, Kec. Kapas, Kab. Bojonegoro.

6. Lesehan Ikan Bakar Klotok

Lesehan Ikan Bakar Klotok
Image Credit: Google Maps (Badruns 999)

Sesuai dengan namanya, tempat kuliner ini menyajikan beragam pilihan menu ikan yang begitu lezat. Beberapa menu yang menjadi andalannya ialah gurami goreng, gurami bakar bumbu kecap, dan gurami bakar bumbu pedas. Tak lupa disediakan pula menu pendamping seperti cah kangkung, cah jamur, tempe goreng, dan aneka minuman dingin dan panas.

BACA:  13 Wisata Kuliner di Kediri yang Murah & Enak

Ketika mengunjungi Lesehan Ikan Bakar Klotok, Anda benar benar akan disajikan dengan masakan lezat menggoyang lidah. Olahan daging ikan dipadukan dengan aneka sambal yang membuat santap pagi, siang, dan malam semakin nikmat. Bagi Anda yang berminat, silakan kunjungi Lesehan Ikan Bakar Klotok yang terletak di Dusun Banjarjowo, Kabupaten Bojonegoro.

Lokasi: Jl. Banjarjowo, Kec. Padangan, Kab. Bojonegoro.

7. Bakwan Mr. Gundule

Bakwan Mr. Gundule
Image Credit: Google Maps (Aditya Wardana)

Bagi para pencinta kuliner bakso, mengunjungi Bakwan Mr. Gundule adalah ide yang sangat tepat. Bakso dan bakmi merupakan menu andalan di wisata kuliner ini yang patut Anda kunjungi. Kuah bakso yang segar dipadukan dengan isian seperti pentol, tahu, dan goreng yang menciptakan cita rasa ciamik dan sulit dilupakan.

Untuk Anda yang gemar menyantap kuliner bakso, cobalah untuk mencicipi semangkok bakso yang dijual di Bakwan Mr. Gundule yang terletak di Jalan Teuku Umar Kadipaten ini. Ketika memasuki area wisata kuliner ini, indra penciuman Anda akan dimanjakan dengan sedapnya aroma kuah bakso yang dijual oleh Bakwan Mr. Gundule.

Lokasi: Jl. Teuku Umar, Kadipaten, Kec. Bojonegoro, Kab. Bojonegoro.

8. Tamosa Cafe & Resto

Tamosa Cafe & Resto
Image Credit: Google Maps (Adelia Cafe N Resto)

Jika berada di Bojonegoro, maka jangan lupa untuk melipir ke Jalan Kartini Kadipaten. Di lokasi tersebut, terdapat sebuah wisata kuliner bernama Tamosa Cafe & Resto yang wajib Anda kunjungi. Kedai tersebut menyediakan beragam masakan mulai dari nasi goreng, bebek goreng, aneka olahan kwetiau, pasta, aneka steak, olahan iga sapi, dan masih banyak lagi.

Pada dasarnya, Tamosa Cafe & Resto adalah wisata kuliner yang memadukan budaya lokal dengan barat. Terbukti dengan tersedianya beberapa menu khas barat dengan versi Tamosa Cafe & Resto. Tak hanya sajian makanannya yang lezat, wisata kuliner ini semakin sempurna berkat suasana nyaman yang membuat Anda betah berlama lama di sini.

Lokasi: Jl.  Gajah Mada No.122, Sukorejo, Kec. Bojonegoro, Kab. Bojonegoro.

9. Bebek Goreng Harissa

Bebek Goreng Harissa
Image Credit: Google Maps (Syafril Ramadhon)

Bebek merupakan salah satu unggas yang memiliki tingkat konsumsi paling tinggi setelah ayam. Tak bisa dipungkiri, masyarakat Indonesia gemar menyantap olahan daging bebek yang memang memiliki rasa khas. Bagi Anda yang menyukai aneka olahan daging bebek, maka wajib untuk menjajal beberapa menu yang ada di wisata kuliner Bebek Goreng Harissa.

Sesuai dengan penamaannya, Bebek Goreng Harissa menyediakan beragam olahan daging bebek yang menjadi jawaranya. Adapun menu menu daging bebek yang patut Anda coba mulai dari bebek rica rica, bebek sambel korek, nasi goreng bebek, dan masih banyak lagi. Selagi menginjakkan kaki di Bojonegoro, tak lengkap jika belum mencicipi olahan daging bebek khasnya.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Pasuruan yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Mt Haryono No.5, Jetak, Kec. Bojonegoro, Kab. Bojonegoro.

10. EE Café

EE Café
Image Credit: Google Maps (Ahmad Ahya)

Tak hanya namanya yang unik, wisata kuliner ini juga menyediakan beberapa menu yang tak kalah unik. Di EE Cafe, Anda bisa memesan snack dan soda energy drink. Untuk makanannya, EE Cafe menjajakan aneka nasi goreng, aneka olahan daging ayam, dan lain lain. Bisa dikatakan, wisata kuliner ini cocok untuk anak muda yang gemar nongkrong.

Lokasi: Jl. Jend Ahmad Yani, Sukorejo, Kec. Bojonegoro, Kab. Bojonegoro.

11. Singapore Restaurant & Coffee Shop

Singapore Restaurant & Coffee Shop
Image Credit: Google Maps (Admin Poppimesoi)

Puas menjajal beragam menu masakan nusantara, kini saatnya bagi Anda untuk mencicipi ragam kuliner mancanegara. Salah satu wisata kuliner di Bojonegoro yang menyediakan menu mancanegara ialah Singapore Restaurant & Coffee Shop. Salah satu menu yang menjadi andalannya adalah, udang oven Singapore dan ayam cabe kering.

Tak hanya masakan mancanegara, di wisata kuliner ini Anda juga bisa mencicipi menu lain berupa gurami pesmol, bakmi goreng ayam, sup ayam sosis, tahu krispi, dan kangkung terasi. Jika tertarik, silahkan kunjungi kedai yang terletak di Jalan Gajah Mada, Sukorejo, Kabupaten Bojonegoro ini.

Lokasi: Jl. Gajah Mada No.8, Sukorejo, Kec. Bojonegoro, Kab. Bojonegoro.

12. Aneka Sambel Bojonegoro

Aneka Sambel Bojonegoro
Image Credit: Google Maps (Aneka Sambel)

Bagi Anda penikmat kuliner pedas, belum lengkap rasanya jika tidak berkesempatan mengunjungi wisata kuliner Aneka Sambel Bojonegoro. Jangan salah, kedai ini tentu tidak menjual aneka sambel sebagai menu santap nasi, melainkan ada menu lainnya yang cocok di santap menggunakan sambal. Mulai dari ayam bakar, sop iga, dan aneka ikan bisa Anda temukan di sini.

Lokasi: Jl.  Pemuda No.13, Ngrow, Kec. Bojonegoro, Kab. Bojonegoro.

13. Rumah Makan Ayam & Dara Goreng Kartini

Rumah Makan Ayam & Dara Goreng Kartini
Image Credit: Google Maps (Deni Setyawan)

Satu lagi wisata kuliner di Bojonegoro yang juga patut Anda kunjungi, yakni Rumah Makan Ayam & Dara Goreng Kartini. Dinamai demikian, karena warung ini menyediakan aneka olahan daging ayam dan burung dara. Rasanya yang nikmat juga semakin menarik karena harga yang dibanderol sangat murah, yakni mulai dari Rp 15 ribu hingga Rp 40 ribuan saja.

Lokasi: Jl. Mojokampung, Kec. Bojonegoro, Kab. Bojonegoro.

Selagi menapakkan kaki di bumi Bojonegoro, maka sempatkanlah untuk mengunjungi salah satu wisata kuliner dalam ulasan tersebut. Di beberapa wisata kuliner Bojonegoro tersebut, Anda bisa mencicipi aneka sajian ikan, ayam, daging sapi, burung dara, hingga belut. Soal rasa, semua kudapan yang disajikan patut diacungi jempol.