Brebes dikenal menyimpan banyak destinasi wisata yang menarik untuk dijelajahi, tanpa terkecuali wisata kulinernya. Inilah rekomendasi tempat kulineran di Brebes yang terkenal enak dan memiliki harga yang terjangkau.

Jika Anda sedang mudik dan kemudian melewati Brebes, ada baiknya untuk singgah sebentar mencicipi kulinernya. Atau Anda yang sedang liburan di kota ini, jangan sampai melewatkan cita rasa khasnya. Mengingat kota ini menyimpan rasa yang mampu memanjakan lidah siapapun yang mencicipinya. Berikut beberapa tempat kuliner yang bisa Anda jadikan alternatif saat berada di Brebes.

1. Soto Brebes

Soto Brebes
Image Credit: Google Maps (Warung Soto Elzya)

Ada banyak sekali olahan soto yang bisa ditemukan di Indonesia. Mulai dari yang menawarkan kuah bening hingga kuah dengan tambahan santan. Dan ketika Anda singgah di Brebes, maka Anda tidak boleh melewatkan Soto Brebes. Soto Brebes, memiliki ciri khas kuah yang melimpah dan juga menggunakan daging ayam suwir.

Dalam sajian soto ini terdapat beberapa bahan, mulai dari kubis, kecambah hingga bumbu pelengkap lainnya. Untuk Anda yang suka dengan olahan soto, rasanya sangat sayang untuk melewatkan kuliner satu ini. Nasi putih hangat juga turut sebagai pendamping dan menjadi sumber karbunya. Sekalipun di dalamnya ada tambahan soun tetap saja akan makin kenyang dengan nasi.

Untuk Anda yang ingin menikmati soto Brebes paling kondang, datang saja menuju Jalan Gajah Mada No 39, Brebes. Soto ini menjadi soto yang paling legendaris dan tak pernah sepi pengunjung. Rasanya yang nikmat dengan harga bersahabat, membuatnya banyak direkomendasikan. Anda juga bisa langsung datang untuk menjajal kelezatannya.

Lokasi: Jl. Gajah Mada, Limbangan Kulon, Kec. Brebes, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

2. Pondok Kupat Sate Blengong Pak Kasturi Rajak

Pondok Kupat Sate Blengong Pak Kasturi Rajak
Image Credit: Instagram.com @ad1tz

Tempat kulineran selanjutnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah Pondok Kupat Sate Blengong Pak Kasturi Rajak. Destinasi satu ini sudah sangat kondang dan menjadi jujugan para pecinta kuliner. Sate Blengong merupakan salah satu makanan khas Brebes yang begitu unik. Blengong sendiri adalah unggas persilangan antara entok juga bebek.

Secara sekilas teksturnya mirip dengan daging bebek. Rasanya tidak lengkap jika Anda tidak mencicipi kuliner ini saat ada di Brebes. Di rumah makan ini, ada beberapa menu yang bisa Anda jadikan pilihan. Mulai dari sate blengong masak, sate blengong bakar hingga tambahan kupat. Daging blengong akan diiris tipis dan dilumuri dengan rempah yang khas.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Kudus yang Murah & Enak

Nantinya akan berwarna kecoklatan karena prosesnya dibakar diatas arang. Bumbunya ini akan meresap hingga dalam dagingnya. Sangat nikmat jika disantap dengan kupat glabed, kuliner yang ditambahkan santan gurih dan kerupuk renyah. Perpaduan rasa yang ditawarkan akan membuat lidah siapapun termanjakan, apalagi harganya juga tidak membuat kantong jebol.

Lokasi: Jl. Kh. Hasyim Ashari, Ps. Batang, Kec. Brebes, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

3. Cigedug Kersana

Cigedug Kersana
Image Credit: Instagram.com @perutnyadeby

Untuk mencicipi aneka kuliner Brebes yang lainnya, Anda bisa menuju Cigedug Kersana. Destinasi kulineran ini menawarkan menu Rujak Belut yang luar biasa nikmat. Sesuai namanya, bahan yang digunakan untuk kuliner ini adalah belut. Rasanya yang nikmat berhasil menarik perhatian para pecinta kuliner untuk mencicipinya langsung.

Perpaduan bumbu kacang dan rujak pecel akan membuat siapapun ketagihan. Rasanya dominan manis, tetapi juga ada rasa pedasnya. Kuliner tradisional ini semakin mantap jika dinikmati dengan nasi hangat. Dan di Daerah Kersana, Anda bisa menemukan banyak warung penjual kuliner ini. Tenang saja, dengan Rp 20 ribu Anda sudah bisa mencicipinya.

Lokasi: Jl Raya Kersana Tanjung, Kec. Brebes, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

4. Sate Kambing Muda H. Suharjo

Sate Kambing Muda H. Suharjo
Image Credit: Google Mpas (bayu ilham)

Apakah Anda termasuk pecinta daging kambing? Jika iya maka Anda harus mencicipi lezatnya kuliner satu ini. Sate kambing memang bukanlah makanan yang asing di telinga Anda. tetapi apabila bahan yang digunakan adalah daging kambing muda tentunya rasanya akan jauh lebih juara. Mengingat daging muda memiliki tekstur yang lebih lembut.

Kuliner khas Brebes satu ini memang mirip dengan kuliner tetangga yakni, Tegal. Tetapi tetap saja memiliki ciri khas tersendiri. Sate Kambing Muda H. Suharjo sudah termasuk kuliner yang legendaris dan tak pernah sepi pembeli. Dalam sehari bahkan bisa menghabiskan belasan ekor kambing.

Dagingnya yang empuk dengan bumbu yang meresap hingga dalam menjadikan pelanggannya selalu kembali lagi. Untuk itu, rasanya sayang jika Anda tidak mencicipi kuliner satu ini ketika singgah di Brebes. Harga yang ditawarkan juga sesuai dengan rasanya, sehingga Anda tak perlu khawatir membuat dompet jebol.

Lokasi: Jl. Jenderal A. Yani No.32, Brebes Tengah, Kec. Brebes, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

5. Bakso Pak Gimin

Bakso Pak Gimin
Image Credit: Google Maps (IKhwan Pokid)

Bakso hingga saat ini masih menjadi kuliner yang begitu banyak peminatnya. Bulatan daging yang ditambahkan dengan kuah kaldu lezat memang membuat siapapun ketagihan. Ketika Anda singgah di Brebes, Anda bisa mengunjungi Bakso Pak Gimin jika ingin kulineran nikmat. Destinasi kuliner satu ini bahkan sudah sangat terkenal dan selalu ramai pembeli.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Kendal yang Paling Populer

Kuahnya yang gurih dengan daging dan urat yang tepat akan membuat lidah Anda bergoyang. Tekstur baksonya juga empuk dan kenyal, wajar jika bakso ini selalu dijadikan tujuan. Dalam satu porsi bakso, Anda bisa menikmati bakso daging, mie, soun, sayur dan disiram dengan kuah yang gurih.

Anda juga bisa menambahkan tetelan, jika Anda memang menyukainya. Tidak lupa bawang goreng serta seledri yang menambah cita rasanya. Anda bisa bebas menambahkan saus, sambal atau kecap agar rasanya makin nikmat. Tambahan acar timun juga akan membuat rasanya makin ramai. Tenang saja, harga yang ditawarkan terbilang terjangkau.

Lokasi: Jl. Teuku Umar Pasar Sitanggal Kel, Sitanggal, Kec. Larangan, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

6. Telur Asin Alun-Alun

Telur Asin Alun-Alun
Image Credit: Google Maps (Laeli Izzati)

Telur Alun menjadi salah satu ikon dari kota Brebes yang juga tidak boleh Anda lewatkan. Untuk menemukan panganan satu ini memang tidaklah sulit. Hampir di sepanjang jalur Pantura, Anda bisa mudah menemukannya.. tetapi yang paling terkenal adalah di Jalan Diponegoro. Telur Asin Tjoa ini sudah ada sejak tahun 1960 an dan masih tetap yang favorit.

Telur asin di toko satu ini memiliki beberapa varian, mulai dari rebus asin super, telur asin panggang, telur rebus asin angon hingga telur asin bakar. Masing masingnya tentu memiliki perbedaan rasa yang khas. Tidak hanya bisa langsung dikonsumsi, Anda juga bisa menjadikan kuliner ini sebagai buah tangan untuk kerabat di rumah.

Lokasi: Jl. Pangeran Diponegoro No.268, Brebes Tengah, Brebes, Kec. Brebes, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

7. Warung Makan Kampung Alang Alang

Warung Makan Kampung Alang Alang
Image Credit: Google Maps (dwi wulandarie)

Menikmati kuliner bersama keluarga tentunya menjadi kegiatan yang begitu menyenangkan. Dan ketika di Brebes, Anda bisa menjadikan Warung Makan Kampung Alang Alang sebagai tujuan makan bareng keluarga. Rumah makan satu ini juga menyediakan pemancingan yang membuatnya makin menyenangkan.

Bangunannya yang sederhana dan menawarkan pemandangan yang menyejukkan mata, membuatnya tak pernah sepi pengunjung. Di tempat makan satu ini, Anda bisa menemukan berbagai menu pilihan. Mulai dari olahan ikan, olahan ayam, gurami hingga sayuran. Anda bebas untuk memilih dengan cara apa ikan yang ada dimasak dan disajikan.

Lokasi: Jl. Raya Slamet Riyadi, Jl. Kubangpari, Sawah, Pende, Kec. Kersana, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

8. Rumah Makan Kedung Roso

Rumah Makan Kedung Roso
Image Credit: Google Maps (Tambang Raras)

Rumah Makan Kedung Roso juga menjadi tempat kulineran yang cukup terkenal di Brebes. Menyediakan tempat yang luas, membuat tempat makan ini sangat cocok untuk rombongan. Acara makan keluarga atau reuni sangat cocok untuk dilakukan di tempat satu ini. Apalagi fasilitas pendukung yang dihadirkan juga terbilang lengkap dan memadai.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Tegal yang Murah & Enak

Anda bisa memilih banyak menu yang beragam di tempat makan ini. Mulai dari sate kambing muda, ayam goreng, olahan seafood, masakan jawa hingga gulai tongseng. Sudah terkenal dengan rasanya yang nikmat, Anda tak perlu ragu untuk mengunjungi tempat makan satu ini. Selain mudah dijangkau, rumah makan ini juga memiliki harga yang ramah kantong.

Lokasi: Jl. Cendrawasih No.607, Sawah,Ladang, Krakahan, Kec. Tanjung, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

9. Cemara Bondan

Cemara Bondan
Image Credit: Missnidy.com

Salah satu makanan khas Brebes yang juga banyak penggemarnya adalah kepiting soka. Kepiting satu ini memiliki cangkang yang lebih empuk dan juga lunak, tentunya menjadikannya mudah untuk dikonsumsi. Setelah di masak, kepiting ini akan berwarna oranye menyala yang akan semakin menarik perhatian dan penasaran akan rasanya.

Ada berbagai bumbu yang biasanya digunakan untuk memasak kuliner satu ini. Mulai di bumbu rica rica, balado, lada hitam hingga asam manis. Dan di Cemara Bondan, Anda akan disuguhkan rasa olahan kepiting soka yang luar biasa nikmat. Dagingnya yang empuk, dengan bumbu yang meresap dijamin akan membuat Anda ketagihan.

Memang tempat makan satu ini terbilang sederhana, tetapi rasa yang ditawarkan akan memanjakan lidah Anda. Bumbu bumbu yang mengisi sela sela kepiting sangat nikmat jika disiram di atas nasi hangat. Memang memerlukan kesabaran untuk mengkonsumsinya, tetapi cangkangnya yang lunak dijamin akan membuatnya ludes hanya dalam hitungan menit saja.

Lokasi: Pandansari, Kaliwlingi, Kec. Brebes, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

10. Ketan Pecok

Ketan Pecok
Image Credit: Detik.com

Tidak hanya makanan berat, Anda juga bisa mencicipi Ketan Pecok ketika berada di Brebes. Jajanan ini sudah ada sejak tahun 1960 an dan hingga kini masih memiliki banyak penggemar. Rasanya yang legit dan gurih membuat siapapun yang mencicipinya ketagihan. Jika Anda penasaran akan rasanya, datang saja menuju daerah Kalierang maka akan mudah menemukannya.

Lokasi: Jl. Pangeran Diponegoro, Dukuhturi, Kalierang, Kec. Bumiayu, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

Itulah beberapa destinasi wisata kuliner yang bisa Anda coba ketika berada di Brebes. Tidak hanya makanan berat, beberapa diantara juga termasuk jajanan dan buah tangan. Beberapa tempat juga sudah melegenda, sehingga Anda tak akan menyesal akan rasa yang ditawarkan. Begitu juga dengan harga yang tak akan menguras kantong Anda.