Cianjur tak hanya menyimpan keindahan alamnya yang begitu memesona. Daerah dengan julukan Kota Santri ini juga menyimpan ragam wisata kuliner yang bisa menggoyang lidah.

Cianjur, Jawa Barat tak pernah membuat wisatawan kecewa saat mengunjunginya. Berkat keeksotisan alam yang memukau dan wisata kulinernya yang mampu memanjakan lidah siapapun pencicipnya, menjadikan kota yang satu ini diburu para traveler. Bagi Anda yang sedang menapakkan kaki di tanah Cianjur, silakan sempatkan diri mengunjungi wisata kulinernya untuk menikmati makanan lezat.

1. Ikan Bakar Cianjur

Ikan Bakar Cianjur
Image Credit: Google Maps (Shanketh R)

Ikan Bakar Cianjur, atau yang biasa dikenal dengan nama IBC merupakan wisata kuliner yang menjadi primadona bagi masyarakat Cianjur. Saking terkenalnya, wisata kuliner yang satu ini memiliki cabang di berbagai titik daerah. Wisata kuliner yang menawarkan sajian ikan ini didirikan pada tahun 1994. Itulah yang menjadi alasan mengapa wisata kuliner ini begitu legendaris.

Salah satu menu wajib yang harus dicoba ketika berkunjung ke IBC adalah Gurame Pesmol. Pesmol sendiri merupakan makanan khas Sunda yang banyak disukai karena cita rasanya yang begitu nikmat. Asam, gurih, manis, dan pedas menjadi perpaduan sempurna yang menghasilkan rasa lezat sejak gigitan pertama. Saking lezatnya, menu ini selalu dipesan oleh setiap pengunjung IBC.

Lokasi: Jl. Dr. Muwardi No.141, Bojongherang, Kec. Cianjur, Kab. Cianjur.

2. Saung Nikmat Cianjur

Saung Nikmat Cianjur
Image Credit: Google Maps (Vina Rostiana)

Saung identik dengan suku Sunda yang begitu khas. Cianjur memiliki sebuah wisata kuliner yang terkenal karena keberadaan saung. Bagi Anda yang sedang berada di wilayah Cianjur, sempatkanlah untuk mampir ke Saung Nikmat Cianjur. Ketika memasuki wisata kuliner tersebut, Anda akan dibuat kagum dengan arsitektur dan ornamen yang sangat kental adat Sundanya.

Semakin masuk ke dalam, suasana khas Sunda akan terasa semakin kental tatkala melihat interior yang mengusung konsep Sunda tradisional. Sajian yang ditawarkan juga merupakan masakan khas Sunda yang sangat menggugah selera. Berbagai olahan ikan dan ayam yang dipadukan dengan bumbu rempah Sunda, bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi wisata kuliner ini.

Lokasi: Jl. Dr. Muwardi No.155, Bojongherang, Kec. Cianjur, Kab. Cianjur.

3. Jimbaran Seafood

Jimbaran Seafood
Image Credit: Google Maps (Nia Nurtania)

Teruntuk Anda yang gemar mengonsumsi berbagai olahan sari laut, sempatkanlah untuk mencicipi kuliner seafood yang ada di Jimbaran, Cianjur. Daya tarik utama yang ditawarkan wisata kuliner tersebut adalah sajian makanan khas Sunda yang berpadu dengan suasana layaknya Bali. Jimbaran Seafood saat ini tengah menjadi wisata kuliner hits di Cianjur.

BACA:  25 Tempat Wisata di Garut Terbaru & Paling Hits

Tak hanya kelezatan masakan dan suasananya saja, Jimbaran Seafood juga menawarkan spot spot unik yang sangat menarik untuk dijadikan sebagai latar belakang swafoto. Berkat suasananya yang menyerupai Kota Bali, banyak yang mengira bahwa foto wisata kuliner Jimbaran Seafood berada di Kota Bali. Selan itu, ada fasilitas yang juga sangat lengkap di Jimbaran Seafood.

Salah satu fasilitas yang ada di wisata kuliner yang satu ini adalah area parkir yang sangat luas. Saking luasnya, Anda akan menemukan banyak bis berjejeran yang membawa rombongan untuk mencicipi kuliner di Jimbaran Seafood. Tempat makannya juga sangat luas, sangat cocok untuk Anda yang datang bersama keluarga besar.

Lokasi: Jl. Dr. Muwardi No.167, Bojongherang, Kec. Cianjur, Kab. Cianjur.

4. Nasi Alam Sunda

Nasi Alam Sunda
Image Credit: Google Maps (Reza Herdiansyah)

Masih dalam kategori kuliner Sunda, sebuah tempat makan unik yang ada di Cianjur ini juga wajib dikunjungi. Wisata kuliner yang satu ini memiliki cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Bandung. Lantas, apa yang membuat wisata kuliner ini begitu istimewa? Jawabannya adalah cara pemesanan makanan yang unik. Para pelanggan bisa mengambil makanan sesuka hati.

Konsep pengambilan makanan sesuka hati biasanya identik dengan pernikahan, namun di wisata kuliner yang satu ini Anda bisa mengambil sendiri makanan kesukaan sebanyak apapun. Masakan yang disediakan juga cukup bervariasi, mulai dari olahan seafood, aneka olahan ayam, beber, empal, dan masih banyak lagi. Semua masakannya juga dihargai dengan sangat terjangkau.

Lokasi: Jl. HOS Cokro Aminoto No.11, Muka, Kec. Cianjur, Kab. Cianjur.

5. Sunda Cibiuk

Sunda Cibiuk
Image Credit: Google Maps (Niknik Ibrahim)

Sesuai dengan namanya, wisata kuliner ini juga menawarkan beragam masakan khas Sunda yang tak kalah mengagumkan. Tempatnya yang asri dan nyaman dipadukan dengan makanan yang begitu lezat menjadi daya tarik terbesar wisata kuliner ini. Tak heran, ada banyak sekali wisatawan lokal maupun yang datang dari jauh untuk menikmati perpaduan tersebut.

Sunda Cibiuk merupakan wisata kuliner yang sangat cocok dijadikan sebagai tempat berkumpul bersama keluarga atau teman. Terletak di Bojongherang, Cianjur membuat wisata kuliner ini sangat mudah dijangkau. Bagi Anda yang sedang ada di Kota Cianjur, jangat sampai terlewat untuk mengunjungi Sunda Cibiuk dan mencicipi ragam kuliner Sunda.

Lokasi: Jl. Dr. Muwardi No.177, Bojongherang, Kec. Cianjur, Kab. Cianjur.

6. Sate Maranggi

Sate Maranggi
Image Credit: Google Maps (Addy Soebarkah)

Bagi masyarakat Cianjur mungkin sudah tidak asing bila mendengar makanan Sate Maranggi. Secara visual, kuliner tersebut memiliki bentuk layaknya sate biasa. Namun yang menjadi pembedanya ialah proses masaknya yang menggunakan bumbu kelapa dan disajikan dengan ketan putih. Terdengar menarik, kuliner ini banyak diburu para wisatawan.

BACA:  12 Oleh-Oleh Khas Bekasi yang Paling Populer

Teruntuk Anda yang ingin mencicipi kelezatan Sate Maranggi, silakan kunjungi Jl.Raya Pacet, Kabupaten Cianjur. Di sana, Anda akan menemukan wisata kuliner yang menjajakan Sate Maranggi dengan harga yang cukup terjangkau. Saking terkenalnya, ada banyak pengunjung yang rela antre panjang hanya untuk mencicipi Sate Maranggi ini.

Lokasi: Jl. Raya Pacet, Cipendawa, Kec. Pacet, Kab. Cianjur.

7. Tan Keng Cu Bakery

Tan Keng Cu Bakery
Image Credit: Google Maps (Izzudin Azzam)

Bagi Anda yang suka menyantap aneka jenis roti dan dessert, mengunjungi Tan Keng Cu Bakery and Cafe merupakan keputusan yang sangat tepat. Wisata kuliner ini menyuguhkan aneka jenis roti dan pastry yang begitu nikmat. Tak hanya dessert dan roti, Tan Keng Cu juga menawarkan makanan berat seperti sushi, nasi goreng bumbu Bali, dan masih banyak lagi.

Wisata legendaris ini sudah memiliki penggemar yang sangat banyak. Hal ini dibuktikan dengan kondisi dan suasananya yang tak pernah sepi pengunjung. Tempatnya yang asik sangat cocok dijadikan untuk area berkumpul bersama teman maupun keluarga. Desain dan konsepnya juga sangat unik dan mestinya disukai oleh generasi millenial.

Lokasi: Jl. HOS Cokro Aminoto No.95, Muka, Kec. Cianjur, Kab. Cianjur.

8. Twank Kitchen

Twank Kitchen
Image Credit: Google Maps (Putri Nurul Fathiani)

Twank Kitchen merupakan salah satu wisata kuliner di Cianjur yang palung digemari muda mudi setempat. Ada banyak sekali keunggulan yang menjadikan wisata ini begitu terkenal. Bahkan, seiring berjalannya waktu pengunjung Twank Kitchen mulai merambah ke berbagai kalangan umur. Desainnya yang asik dan menu yang ditawarkan seakan menjadi pelengkap kesempurnaan Twank Kitchen.

Menu andalan wisata kuliner ini adalah berbagai macam jenis Pizza dengan rasa yang begitu lezat. Pizza tipis khas Italia dipadukan dengan beragam topping yang bisa dipesan sesuai selera. Selain Pizza, Anda juga bisa mencicipi beragam varian menu lain seperti olahan daging dan nasi yang tak kalah nikmat.

Lokasi: Jl. HOS Cokro Aminoto No.74, Muka, Kec. Cianjur, Kab. Cianjur.

9. Boetram

Boetram
Image Credit: Google Maps (Fatahillah Jufrie)

Boetram merupakan wisata kuliner di Cianjur yang mengusung konsep tempo doeloe. Karena konsep inilah Boetram menjadi lahan untuk mencicipi aneka macam kuliner masa lampau. Kuliner lintas jaman ini berhasil menyita perhatian wisatawan yang datang ke tanah Cianjur. Terbukti dari banyaknya pengunjung yang tak pernah sepi meski di jam jam kerja.

BACA:  25 Wisata Kuliner di Bandung yang Murah & Enak

Berbagai menu tempo doeloe yang ditawarkan, mulai dari nasi timbel, nasi empok, aneka lauk pauk dan sambal legendaris, dan masih banyak lagi. Untuk yang lebih muda, bisa memesan berbagai makanan yang lebih kekinian seperti Chicken Katsu, berbagai appetizer, Ramen, dan makanan kekinian lainya.

Lokasi: Jl. Masjid Agung No.126, Pamoyanan, Kec. Cianjur, Kab. Cianjur.

10. Sabore Kitchen Cianjur

Sabore Kitchen Cianjur
Image Credit: Google Maps (Dian Restiana)

Sabore Kitchen merupakan sebuah wisata kuliner berbentuk resto yang memiliki konsep kekinian. Meski begitu, wisata kuliner yang satu ini sangat cocok dikunjungi berbagai kalangan. Desain interior mengusung konsep minimalis yang sangat nyaman. Cocok sekali untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu dengan teman maupun keluarga.

Wisata kuliner yang terletak di Jalan K.H Ashari ini, selalu dipenuhi pengunjung meski malam telah tiba. Aneka Bento Box dan sajian kopi istimewa menjadi perpaduan lengkap yang bisa dinikmati ketika mengunjungi Sabora Kitchen. Bagi Anda yang ingin menggelar kegiatan keluarga, tempat ini bisa menjadi pilihan yang sangat pas.

Lokasi: Jl. K. H. Hasyim Ashari No.44, RW.Warujajar, Solokpandan, Kec. Cianjur, Kab. Cianjur.

11. Chicoba Cianjur

Chicoba Cianjur
Image Credit: Google Maps (Astri Ansan Ticket)

Ada yang unik dari wisata kuliner di Cianjur ini. Yakni bentuk bangunannya yang dibuat hingga 3 lantai. Sembari menikmati secangkir kopi, Anda bisa melihat keindahan Kota Cianjur dari ketinggian bangunan Chicoba. Apalagi, jika Anda berkunjung ketika matahari tenggelam. Suasana romantis akan begitu kental terasa, tatkala sang surya menenggelamkan dirinya.

Lokasi: Jl. Siti Jenab No.1, Pamoyanan, Kec. Cianjur, Kab. Cianjur.

12. Kampung Nde

Kampung Nde
Image Credit: Google Maps (Mah Fudin)

Wisata kuliner Kampung Nde menawarkan spot menarik yang amat kental dengan adat Sunda. Di tengah tempat terdapat kolam besar yang dikelilingi saung saung dan lesehan. Yang menjadi daya tarik utama dari wisata kuliner ini adalah tempatnya yang berada di tengah persawahan. Hembusan angin sejuk pun begitu terasa ketika memasuki kawasan ini.

Kampung Nde merupakan wisata kuliner yang menawarkan fasilitas lengkap kepada pengunjungnya. Ada kolam pemancingan, saung, lesehan, toilet, dan konsep kebun binatang menjadi penambah keeksotisan wisata kuliner yang satu ini. Di area Kampung Nde, anak anak juga bisa bermain di sekitar area persawahan yang luas.

Lokasi: Kawungluwuk, Kec. Sukaresmi, Kab. Cianjur.

Cianjur, salah satu kota di Provinsi Jawa Barat ini menyimpan segudang pesona wisata yang begitu memesona. Bahkan wisatanya berhasil mengundang decak kagum dari banyak orang. Salah satu potensi wisata dituangkan ke dalam bentuk berupa tempat kuliner. Pada ulasan tersebut, Anda bisa mengetahui beragam wisata kuliner yang wajib dikunjungi.