Cilacap, Jawa Tengah sangat terkenal dengan berbagai kuliner khasnya yang mampu memanjakan lidah. Inilah daftar wisata kuliner di Cilacap yang terkenal enak dan ramah di kantong.

Cilacap menjadi salah satu daerah populer dengan adanya wisata pantai yang sangat indah dan beragam. Namun, tak hanya terkenal dengan keindahan wisata alamnya Cilacap juga mempunyai objek wisata sejarah yang tak kalah menarik. Saat berkunjung ke daerah ini, rasanya kurang lengkap jika tidak menyempatkan waktu untuk mencoba kuliner khas daerahnya. Berikut rekomendasi tempat kuliner di Cilacap yang menarik untuk dikunjungi.

1. Sambel Layah Cilacap

Sambel Layah Cilacap
Image Credit: Instagram.com @sambellayah.cilacap

Menu makanan khas pertama yang wajib untuk Anda coba selama berada di daerah ini adalah Sambel Layah Cilacap. Pada tempat makan satu ini, nantinya para pengunjung dapat menikmati olahan ayam yang sangat lezat. Tak heran apabila kawasan kuliner satu ini menjadi tempat andalan para wisatawan dan warga setempat untuk menikmati berbagai menu kuliner yang menggugah selera.

Terdapat berbagai menu pilihan yang ditawarkan dengan harga satu porsinya terbilang sangat terjangkau. Umumnya, menu yang sangat direkomendasikan adalah ayam penyet, lele sambal lamongan, ayam selimut sambel bledeg, sambal terasi, dan masih banyak menu andalan lainnya. Tak hanya menu makanan yang ditawarkan juga ada beberapa jenis minuman yang sangat segar.

Lokasi: Jl. Rinjani No.88A, Perumahan Pertamina, Sidanegara, Kec. Cilacap Tengah, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

2. Martabak Alaska

Martabak Alaska
Image Credit: Instagram.com @winzeat

Bagi Anda penyuka makanan manis dan gurih, maka wajib mencicipi Martabak Alaska khas Cilacap. Untuk menu yang ditawarkan sangat beragam mulai dari martabak asin hingga martabak manis. Sedangkan untuk topping yang digunakan juga sangat beragam, yang mana dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan. Martabak Alaska ini tidak dilengkapi dengan topping melimpah.

Lokasi: Jl. S. Parman No.37, Cilacap, Sidanegara, Kec. Cilacap Tengah, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

3. Sambel Ndower Angkringan

Sambel Ndower Angkringan
Image Credit: Google Maps (Ayusuf61195)

Tertarik menikmati kuliner dengan cara angkringan, maka Anda wajib mencoba datang ke Sambal Ndower Angkringan. Warung makanan satu ini sudah sangat terkenal dengan berbagai olahan masakannya yang sangat beragam. Terlebih lagi menunya yang sangat enak juga dibandrol dengan harga yang terjangkau dan ramah di kantong para pengunjungnya.

BACA:  20 Tempat Wisata di Brebes Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Dr. Soetomo, Karangcengis, Sidakaya, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

4. Mie Anglo Pak Trisno

Mie Anglo Pak Trisno
Image Credit: Instagram.com @dienarosand

Bagi Anda yang menyukai menu olahan mie, maka wajib untuk menyempatkan waktu mencoba kuliner khas Cilacap satu ini. Mie Anglo Pak Trisno merupakan salah satu kuliner khas yang menjadi rekomendasi saat Anda berkunjung di daerah ini. Warung makan satu ini menawarkan sebuah menu bakmi goreng khas Jawa yang sangat lezat dan unggul dari segi rasa yang dihidangkan.

Menu makanan satu ini dapat menggugah selera makan Anda. Hal ini dikarenakan dalam satu porsi bakmi gorengnya disajikan dengan berbagai potongan daging sapi dan juga sayuran. Yang mana perpaduan antara bumbu khasnya mampu menciptakan cita rasa yang sedikit manis dan pedas. Jika ditambahkan dengan sambal akan tercipta rasa yang mampu membuat Anda ketagihan.

Lokasi: Jl. Gatot Subroto, Rejamulya, Sidanegara, Kec. Cilacap Tengah, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

5. Rumah Makan Sate Kambing Sidoroso

Rumah Makan Sate Kambing Sidoroso
Image Credit: Google Maps (Wiwik Rahayu)

Menu kuliner selanjutnya sangat cocok bagi Anda yang menyukai berbagai olahan kambing. Wajib menyempatkan waktu untuk datang ke Rumah Makan Sate Kambing Sidoroso. Olahan daging kambing yang ada disini sangatlah juara. Cita rasa yang dihadirkannya sangat gurih dan nikmat. Terlebih lagi bumbu yang digunakannya memakai rempah-rempah khas.

Lokasi: Jl. Rinjani No.47A, Perumahan Pertamina, Sidanegara, Kec. Cilacap Tengah, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

6. Sate Ayam Martawi

Sate Ayam Martawi
Image Credit: Instagram.com @gembong_solo

Olahan daging ayam tentunya sudah menjadi menu favorit bagi setiap orang. Saat berada di Cilacap akan terasa kurang lengkap jika tidak menyempatkan waktu untuk menikmati enaknya Sate Ayam Martawi. Memiliki ukuran potongan yang besar dan dagingnya yang sangat lembut, tentunya membuat banyak orang jatuh cinta kepada menu ini dan ingin mencobanya lagi dan lagi.

Lokasi: Jl. Brigjend. Katamso No.56, Sidanegara, Kec. Cilacap Tengah, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

7. Sop Gurame Warung Makan Mbak Lili

Sop Gurame Warung Makan Mbak Lili
Image Credit: Google Maps (Muhammad Rafi)

Wisata kuliner selanjutnya yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan menu makanan adalah Sop Gurame Warung Mbak Lili. Pada tempat makan satu ini merupakan warung makan yang sangat terkenal dan populer di Cilacap. Untuk letaknya sendiri terbilang sangat strategis, terlebih lagi berada di pusat kota. Tak heran jika rumah makan satu ini sangat ramai didatangai para pengunjung.

Untuk menu yang paling favorit dan andalan adalah sup gurame. Yang mana menu satu ini sangat wajib untuk dicoba dan dinikmati. Menu ikan gurame yang digunakan sangatlah segar dan menggunakan berbagai bumbu rempah khasnya. Yang mana mampu menghasilkan sebuah cita rasa daging yang sedikit manis dan tetap gurih. Untuk satu porsi supnya dibandrol dengan harga yang terjangkau.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Boyolali yang Paling Populer

Lokasi: Tanjungsari, Gunungsimping, Kec. Cilacap Tengah, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

8. Gembus

Gembus
Image Credit: Instagram.com @tari_nila

Gembus merupakan makanan ringan khas Cilacap yang terbuat dari singkong. Jajanan ringan satu ini memiliki rasa yang sangat enak dan lezat. Mempunyai bentuk yang menyerupai seperti donat, makanan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai cemilan. Umumnya, makanan ringan satu ini dimakan bersamaan dengan cocolan sambal. Yang mana menambah kenikmatan dalam rasanya.

Lokasi: Jl. Slamet No.5, Cilacap, Sidanegara, Kec. Cilacap Tengah, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

9. Dapur Seafood Cilacap

Dapur Seafood Cilacap
Image Credit: Google Maps (Laurentia Meilani)

Tertarik untuk mencicipi menu kuliner khas dari Cilacap seputar olahan ikan, maka Anda wajib untuk mencoba berkunjung di dapur Seafood Cilacap. Warung makanan satu ini sudah sangat terkenal dengan berbagai olahan masakan laut dengan cita rasa yang enak dan gurih. Menu yang ditawarkannya sangat beragam dengan bumbu saus pedas dan kuah tomyam yang nikmat.

Lokasi: Jl. Rinjani, Depan GOR Wijaya Kusuma, Perumahan Pertamina, Sidanegara, Kec. Cilacap Tengah, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

10. Lesehan Ikan Bakar 70

Lesehan Ikan Bakar 70
Image Credit: Google Maps (Muhammad Defrian)

Seperti yang telah banyak diketahui bahwa daerah Cilacap ini berdekatan dengan pinggiran pantai. Hal inilah yang menyebabkan melimpahnya hasil laut yang ada di daerah ini. Sehingga tak heran apabila banyak warung makan yang menyediakan berbagai olahan masakan ikan laut. Salah satu tangkapan yang paling banyak dicari adalah kerang, ikan, udang, kerapu, sotong, dan masih banyak lainnya.

Salah satu warung makanan yang kerap dijadikan sebagai tempat andalan adalah Lesehan Ikan Bakar 70. Tempat kuliner satu ini terkenal dengan berbagai menu ikan bakarnya, yang mana dimasak dengan cara tradisional. Terlebih lagi pada olahan masakannya menggunakan berbagai bumbu asam manis yang khas. Sehingga membuat para pengunjungnya tertarik untuk mencobanya.

Lokasi: Jl. Pasir Emas, Pandanarang, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

11. Thepleng

Thepleng
Image Credit: Foodnesia.net

Makanan ringan khas Cilacap selanjutnya yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan adalah Thepleng. Jajanan satu ini umumnya lebih dikenal dengan sebutan peyek. Di daerah Cilacap terdapat dua jenis peyek, yakni peyek kacang dan peyek udang. Yang membedakannya dengan jenis peyek lain adalah pada bentuk makanannya, yang mana digoreng tamba memiliki bentuk.

Lokasi: Jl. Slamet No.5, Cilacap, Sidanegara, Kec. Cilacap Tengah, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

12. Warung Sate Inggil

Warung Sate Inggil
Image Credit: Google Maps (Sate Inggil)

Pecinta olahan daging sate, maka wajib menyempatkan waktu untuk berkunjung dan mencoba berbagai olahan menu yang ada di Warung Sate Inggil. Tempat makan satu ini sudah sangat terkenal dan populer di kalangan masyarakat setempat dan wisatawan. Umumnya, tempat makan ini memiliki daging sate ayam yang besar dengan perpaduan bumbu yang menggugah selera.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Brebes yang Murah & Enak

Untuk bumbu sate yang digunakan sebenarnya tidak jauh beda dengan sate pada umumnya. Namun, cita rasa sate inggil ini lebih cenderung pedas dan manis. Sehingga memberikan efek atau kesan kenikmatan tersendiri bagi para penikmat sate. Terkenal dengan potongan daging yang besar, tetapi masih sangat lembut tentunya menjadi sebuah perpaduan yang pas untuk dinikmati.

Lokasi: Jl. Flores No.26, Rawapasung, Sidanegara, Kec. Cilacap Tengah, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

13. Martabak Tempe

Martabak Tempe
Image Credit: Triyuliandisti.blogspot.com

Bagi Anda penyuka olahan makanan berbahan baku tempe, maka kuliner khas di Cilacap berikut wajib untuk dicoba yakni Martabak Tempe. Makanan satu ini memiliki keunikan yang mana dalam pembuatannya ditambahkan dengan kedelai. Hal ini menyebabkan Anda akan merasa sensasi yang berbeda, yakni akan terasa serat kasar dalam makanannya dan membuatnya memiliki cita rasa yang unik.

Lokasi: Kab. Cilacap, Jawa tengah.

14. Rumah Makan Sari Laut

Rumah Makan Sari Laut
Image Credit: Google Maps (Pembalut Kain Pekanita)

Masih seputar tempat kuliner yang sangat terkenal di Cilacap, Rumah Makan Sari Laut ini sudah banyak dikenal dan diketahui para wisatawan. Sehingga tak heran apabila warung makan ini selalu ramai pengunjung. Untuk menu makanan yang dihadirkan sangatlah beragam. Terlebih lagi untuk satu porsi yang disajikan dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau dan ramah di kantong.

Rumah makan satu ini juga menghadirkan sebuah pemandangan laut yang tak kalah indahnya. Sembari menikmati menu olahan seafood seperti kepiting, ikan kerapu, kerang, dan masih banyak lainnya. Dengan menggunakan bumbu khasnya yang pedas manis, membuat para pengunjung yang datang ketagihan untuk mencobanya lagi dan lagi.

Lokasi: Jl. Pasir Emas, RT 1/ RW 17, Pandanarang, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

15. Rempeyek Yutuk

Rempeyek Yutuk
Image Credit: Instagram.com @tari_nila

Kuliner khas Cilacap terakhir yang wajib untuk dicoba adalah Rempeyek Yutuk. Makanan satu ini merupakan jenis peyek yang terbuat dari yutuk. Sebelumnya, yutuk adalah jenis hewan di pantai yang kebanyakan ditemukan pada pesisir pantai selatan. Umumnya, makananan ringan satu ini memiliki cita rasa yang sangat gurih dan renyah. Jajanan satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai pendamping nasi hangat.

Lokasi: Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

Itulah beberapa rekomendasi wisata kuliner yang ada di Cilacap dan tentunya menarik untuk dicoba. Dengan keberagaman olahan makanan yang ditawarkan, pastinya akan membuat Anda merasa bingung untuk mencoba yang mana. Namun, secara keseluruhan kuliner yang ada di kabupaten ini mempunyai cita rasa khas Jawa yang sangat kuat. Yang tentunya dapat menggugah selera makan Anda.