Mengunjungi kota Cirebon, maka Anda pun pastinya wajib untuk mencicipi berbagai macam kuliner yang tersedia di kota satu ini. Dengan memiliki harga yang terjangkau dan juga rasa yang enak maka Anda pun nantinya akan bisa untuk merasakan sensasi makanan lezat di kota ini. Penasaran seperti apa saja makanan khas yang ada di kota Cirebon? Yuk simak ulasan selengkapnya.

1. Mie Colot

Mie Colot
Image Credit: Twitter.com @kulinercirebon

Untuk Anda yang ingin mencoba kuliner mie saat berada di kota Cirebon maka Anda pun bisa mampir ke Mie Colot. Kedai yang telah beroperasi sejak tahun 1983 ini merupakan salah satu kedai yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Meskipun hanya berupa kuliner kaki lima, namun Anda pun nantinya akan merasakan rasa mie yamien yang sangat lezat. Selain menyediakan mie yamin, di kedai ini pun juga tersedia bakso dan juga kwetiau yang bisa untuk Anda coba.

Lokasi: Jl. Pekalangan No.15, Pekalangan, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon.

2. Pipit Tongseng Battembat

Pipit Tongseng Battembat
Image Credit: Ayocirebon.com

Kuliner khas Desa Battembat ini memiliki rasa tongseng yang cukup unik. Hal ini dikarenakan kuahnya yang lebih sedikit dari tongseng pada umumnya sehingga makanan ini pun akan terlihat seperti rendang. Disini Anda pun juga bisa untuk memilih jenis daging yang Anda sukai. Mulai dari potongan daging sapi yang besar dan empuk ataupun tongseng iga yang memiliki aroma jahe yang sangat menggiurkan.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.7, Battembat, Kec. Tengah Tani, Kota Cirebon.

3. Es Cuwing Kartini

Es Cuwing Kartini
Image Credit: Instagram.com @explore_foodies

Selanjutnya, kuliner yang bisa Anda coba ketika berada di Cirebon adalah es cuwing. Minuman satu ini sebenarnya sama saja dengan es cincau, namun dengan penyajian yang lebih lengkap. Selain itu, es satu ini pun juga dilengkapi dengan bubur sumsum, cendol, santan dan juga disiramkan gula merah. Dengan harga yang terjangkau maka Anda pun sudah bisa untuk menikmati hidangan yang segar ini.

Lokasi: Jl. Kartini, Kejaksan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon.

4. Es Campur Bandung Ibu Eros

Es Campur Bandung Ibu Eros
Image Credit: Instagram.com @placetogoandeat

Meskipun memiliki nama es campur bandung, namun Anda pun bisa menikmati hidangan ini saat berada di Cirebon. Ada berbagai macam isian yang bisa untuk Anda nikmati, mulai dari nangka, kelapa, alpukat dan juga biji mutiara. Dipadukan dengan susu kental manis maka hal ini tentu saja akan menghasilkan rasa yang sangat enak. Cocok untuk Anda nikmati di tengah terik matahari.

BACA:  20 Wisata Kuliner di Depok yang Murah & Enak

Lokasi: Pekalipan, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon.

5. Es Kopyor 4848

Es Kopyor 4848
Image Credit: Nibble.id

Mengingat cuaca dari kota Cirebon yang cukup panas, maka ketika siang hari Anda pun akan ingin menikmati sesuatu yang menyegarkan. Untuk itu, Anda pun bisa untuk mencoba segelas es kopyor di tempat satu ini. Dengan tambahan sirup yang berwarna merah muda ini akan menambah manisnya kesegaran dari es satu ini. Selain itu, sirup gula yang enak ini juga bisa untuk Anda bawa pulang untuk di rumah.

Lokasi: Jl. Karanggetas No.9, Pekalangan, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon.

6. Tahu Petis Kerta Sari

Tahu Petis Kerta Sari
Image Credit: Liputan6.com

Ketika berada di kota udang ini, maka Anda pun wajib untuk mencicipi olahan petis. Untuk itu, camilan yang cocok dengan olahan satu ini adalah tahu petis yang akan pas untuk menemani perjalanan Anda. Rasa dari tahu ini pun cukup beda karena diproduksi sendiri secara khusus. Anda pun bisa menyocolkan tahu panas ke dalam bumbu petis yang gurih, pastinya Anda pun akan ketagihan.

Lokasi: Jl. R.Dewi Sartika, Tukmudal, Kec. Sumber, Kota Cirebon.

7. Nasi Ati Ayam Santa Maria

Nasi Ati Ayam Santa Maria
Image Credit: Instagram.com @the.lucky.belly

Kedai satu ini memang terkenal dengan sate ati ayamnya yang disukai oleh banyak orang. Selain menjual sate ati ayam, tempat satu ini pun juga menjual ayam goreng, sate kulit ayam dan juga sate usus yang tak kalah enak. Dengan nasi yang ditabur dengan serundeng kelapa maka Anda pun nantinya akan bisa menikmati kuliner gurih saat berada di kota Cirebon. Tak lupa Anda pun juga bisa untuk menambahkan sambal agar rasanya lebih nikmat.

Lokasi: Panjunan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

8. Roti Ruby Isi Ayam

Roti Ruby Isi Ayam
Image Credit: Tokopedia.com

Bagi Anda yang sedang mencari oleh oleh saat berada di kota Cirebon, maka Anda pun bisa mencoba roti ruby isi ayam ini. Roti satu ini memiliki rasa yang melegenda di kota satu ini. Selain memiliki rasa yang enak, maka Anda pun juga akan memperoleh isian ayam yang melimpah. Tak hanya menjual roti isi ayam saja, di toko satu ini Anda pun juga akan bisa untuk menikmati berbagai macam kue dan roti yang memiliki rasa jempolan.

Lokasi: Jl. Tentara Pelajar No.63, Pekiringan, Kec. Kesambi, Kota Cirebon.

9. Bubur Ayam M. Toha

Bubur Ayam M. Toha
Image Credit: Pergidulu.com

Untuk Anda yang sedang mencari kuline yang buka selama 24 jam penuh, maka Anda pun sebaiknya mampir ke bubur ayam M. Toha. Sehingga bagi Anda yang lapar saat tengah malam, maka bubur yang ada di tempat ini pun akan memanjakan perut Anda. Ada berbagai menu yang lengkap tersedia disini, mulai dari menu asin seperti bubur ayam dan juga telur setengah matang ataupun bubur dengan rasa yang manis yakni ketan hitam yang bisa untuk Anda pilih.

Lokasi: Jl. Moh. Toha No.20, Kebonbaru, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon.

10. Mie Koclok Mang Sam

Mie Koclok Mang Sam
Image Credit: Instagram.com @mellyaryadi

Kuliner satu ini ternyata telah mulai berjualan lebih dari setengah abad. Nantinya ketika Anda berada disini, Anda pun akan bisa menikmati sajian dari sepiring mie yang disiram dengan kuah kental bersantan yang memiliki rasa yang gurih. Selain mie koclok, Anda pun juga bisa uuntuk menikmati gado gado yang memiliki rasa yang enak. Gado gado disini pun cukup unik, karena setelah disiram dengan bumbu kacang maka juga akan disiram dengan kuah mie. Tertarik untuk mencoba?

BACA:  33 Tempat Wisata di Bandung Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Pekiringan No.110, Pekalipan, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon.

11. Empal Dengkil Mang Kojek

Empal Dengkil Mang Kojek
Image Credit: Instagram.com @mydessertpage

Ketika Anda biasanya menemukan empal yang disuguhkan dengan daging sapi, maka disini Anda pun akan disuguhkan dengan empal yang berasal dari dengkul sapi. Namun, dengkul ini pun tetap memiliki tekstur yang empuk ketika digigit. Selain itu, Anda pun juga akan bisa menikmati sumsum tulang sapi dengan kuah empal yang sangat lezat.

Lokasi: Jl. Raya Fatahillah, Plered, Weru Kidul, Kec. Weru, Kota Cirebon.

12. Es Duren Pasar Kanoman

Es Duren Pasar Kanoman
Image Credit: Instagram.com @stephenkurnia

Penggemar durian pastinya Anda wajib untuk mencoba kuliner satu ini. Ketika Anda sedang berada di Pasar Kanoman maka Anda pun nantinya akan bisa untuk menemukan es durian legendaris yang ada di kota Cirebon. Disini, Anda bisa menkmati seporsi daging durian ditambah dengan sirup Tjampolay yang merupakan khas Cirebon. Tentunya akan membuat tubuh Anda kembali menjadi segar.

Lokasi: Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

13. Bubur Sop Ayam Mang Kapi

Bubur Sop Ayam Mang Kapi
Image Credit: Instagram.com @fidela18

Bagi Anda yang penasaran bubur disiram dengan sop ayam, maka Anda pun wajib untuk mencoba kuliner satu ini. Bubur yang digunakan dalam kuliner ini tidak menggunakan bubur lembek sehingga tidak akan hancur ketika disiram dengan kuah sop. Kuliner satu ini akan sangat cocok untuk disantap ketika malam hari untuk mengenyangkan sekaligus menghangatkan perut Anda.

Lokasi: Jl. Tentara Pelajar No.18, Pekalangan, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon.

14. Gado Gado Ayam Hj. Tarkanci

Gado Gado Ayam Hj. Tarkanci
Image Credit: Cirebonkuliner.blogspot.com

Selain itu, untuk Anda yang ingin mencoba mencicipi gado gado unik saat berada di kota Cirebon maka Anda pun bisa mengunjungi gado gado ayam Hj. Tarkanci. Memiliki rasa yang lezat, Anda pun nantinya akan dibuat ketagihan untuk mencoba makanan satu ini. Kuliner yang telah berdiri selama 47 tahun ini pun masih berdiri dan laris, bahkan disaat akhir pekan makanan pun telah terjual habis saat pukul 10 pagi.

Lokasi: Jl. Samiaji, Kejaksan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon.

15. Sate Kalong Drajat

Sate Kalong Drajat
Image Credit: Idntimes.com

Ketika kelaparan di malam hari, maka Anda pun dapat berburu sate kalong yang lezat ini. Meskipun memiliki nama sate kalong, daging dari sate ini tidak dibuat dengan menggunakan daging kelelawar, melainkan hanya dengan menggunakan daging kerbau. Anda nantinya juga bisa memilih jenis sate yang manis atau yang asin.

Lokasi: Jl. Kesambi Dalam No.102, Kesambi, Drajat, Kec. Kesambi, Kota Cirebon.

16. Mie Koclok Gombang Pak Rasita

Mie Koclok Gombang Pak Rasita
Image Credit: Mie-koclok-gombang-pak-rasita.business.site

Untuk Anda yang ingin menyantap mie dan lontong, maka Anda pun bisa mampir ke warung satu ini. Dilengkapi dengan suwiran ayam goreng, bawang goreng, irisan kol dan juga telur rebus yang akan menambah kepuasan Anda. Disini, mie kocloknya menggunakan ayam kampung dan juga cabai bubuk sehingga akan memiliki cita rasa tersendiri.

Lokasi: Jl. Bahagia No.2, Gombang, Kec. Plumbon, Kota Cirebon.

17. Nasi Lengko Haji Barno

Nasi Lengko Haji Barno
Image Credit: Pergidulu.com

Untuk Anda yang merupakan vegetarian, maka mengonsumsi makanan satu ini dapat menjadi pilihan untuk Anda. Hal ini dikarenakan seporsi nasi ini terdiri dari tauge rebus, tahu, tempe, mentimun dan juga potongan daun kucai. Disiran dengan menggunakan kuah saus kacang maka hal ini pun telah mampu untuk mengenyangkan perut Anda.

BACA:  25 Wisata Kuliner di Bandung yang Murah & Enak

Lokasi: Jl. Pagongan No.15B, Pekalangan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon.

18. Tahu Gejrot Kanoman

Tahu Gejrot Kanoman
Image Credit: Instagram.com @andrewtri

Mencari cemilan tahu yang cukup unik? Maka Anda pun bisa mencoba tahu gejrot Kanoman saat berada di Cirebon. Kuliner tahu satu ini pun cukup terkenal di Cirebon karena telah berdiri hampir setengah abad. Rasa lezat yang dihadirkan oleh tahu gejrot ini pastinya akan membuat Anda ketagihan dan tak berhenti mengunyahnya.

Lokasi: Jl. Kanoman, Pekalipan, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon.

19. Docang Pak Kumis

Docang Pak Kumis
Image Credit: Instagram.com @baityjournal

Ketika Anda ingin mencari sarapan saat berada di koat Cirebon, maka Anda pun bisa mencoba docang yang menggoyang lidah Anda. Makanan yag mirip dengan lontong sayur ini disajikan dengan daun singkong, kerupuk dan tauge. Kemudian, diatasnya akan disiram kuah merah yang memiliki bahan dasar oncom. Pastinya akan membuat Anda penasaran.

Lokasi: Jl. Tentara Pelajar, Pekiringan, Kec. Kesambi, Kota Cirebon.

20. Empal Asem Amarta Battembat

Empal Asem Amarta Battembat
Image Credit: Garnesia.com

Untuk Anda yang ingin mencoba sajian empal dengan rasa yang berbeda maka Anda pun bisa mengunjungi empal asem Amarta. Makanan satu ini pun telah berusia sekitar 20 tahun dan tetap laris. Disini nantinya Anda pun bisa menyantap empal asam yang tidak bersantan, pastinya makanan satu ini pun akan menyegarkan karena adanya tomat dan belimbing wuluh.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.37, Battembat, Kec. Tengah Tani, Kota Cirebon.

21. Empal Gentong H. Apud

Empal Gentong H. Apud
Image Credit: Pergidulu.com

Selain itu, Anda pun juga bisa untuk menyantap empal gentong serta nasi ketika berada di Cirebon. Di tempat satu ini Anda bisa memilih daging, kikil, dan jeroan untuk isiannya. Kuah santan yang diguyur di atas kuliner ini pun akan membuatnya semakin nampak lezat dan menggiurkan.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.24, Battembat, Kec. Tengah Tani, Kota Cirebon.

22. Nasi Jamblang Bu Nur

Nasi Jamblang Bu Nur
Image Credit: Tehsusu.com

Ketika Anda memasuki warung makan satu ini, maka Anda pun nantinya akan bisa memilih berbagai lauk yang sangat menggoda. Anda bisa mencoba berbagai makanan sesuai dengan selera Anda. Ada baiknya Anda bisa mencoba cumi saus hitam yang sangat enak dan legendaris ini.

Lokasi: Jl. Cangkring 2 No.34, Kejaksan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon.

23. Nasi Kuning Pekalangan

Nasi Kuning Pekalangan
Image Credit: Cirebonkuliner.blogspot.com

Bingung mencari sarapan? Maka Anda pun bisa mencoba untuk melahap nasi kuning Pekalangan. Seporsi nasi kuning ini akan terdiri dari telur suwir, telur bulat, rendang, abon oreg, daging suwir dan juga sambal. Anda pun juga akan mendapatkan timun dan juga kemangi yang akan melengkapi sajian kuliner Anda di pagi hari.

Lokasi: Jl. Pekalangan, Pekalangan, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon.

Itulah beberapa rekomendasi kuliner khas yang bisa untuk Anda coba ketika sedang berada di Cirebon. Untuk itu, Anda pun nantinya akan bisa mencoba berbagai masakan dengan rasa yang lezat dan akan membuat Anda ketagihan untuk mencobanya.