Garut dikenal sebagai daerah yang memiliki udara yang sejuk, lengkap dengan pemandangan yang indah. Tak heran jika daerah ini kerap kali menjadi tujuan wisata saat liburan. Berkunjung ke Garut tak akan lengkap jika mencicipi kuliner yang ada di sana. Sayangnya, budget yang menipis seringkali menjadi penghalang untuk menikmati kuliner yang enak. Namun tak perlu khawatir, Garut punya wisata kuliner yang enak dan murah berikut ini.

1. Mie Baso Parahyangan

Mie Baso Parahyangan
Image Credit: Pergidulu.com

Saat liburan memang lidah ingin serasa dimanja. Tak sempurna rasanya jika tak menyantap makanan yang lezat. Mie baso menjadi rekomendasi menu yang tepat saat liburan ke Garut. Kuahnya yang segar ditambah lezatnya mie dengan taburan bawang goreng akan membuat perut lapar sebelum menyantapnya.

Jika ingin menikmati kuliner yang satu ini, Anda bisa berkunjung ke kedai Mie Baso Parahyangan yang berada di Kecamatan Garut. Terdapat beragam varian mie yang bisa Anda pilih, mulai dari mie kuah, bihun kuah hingga yamien. Ingin mencoba menu yang lain? Mie Baso Parahyangan juga menyediakan nasi goreng, nasi tim ayam, hingga lo cu pan.

Lokasi: Jl. Ciledug No.35, Regol, Kec. Garut Kota, Kab. Garut.

2. Kedai Soto Ahri

Kedai Soto Ahri
Image Credit: Pergidulu.com

Menjadi salah satu makanan legendaris, soto mudah ditemukan hampir di semua daerah di Indonesia, begitupun dengan Garut. Namun, setiap daerah pastinya menyajikan rasa soto yang tak sama seperti halnya soto yang dijual di salah satu tempat makan di Garut. Kedai soto Ahri namanya, jika Anda ingin mencicipi soto dengan rasa yang unik dan lezat.

Perbedaan  soto di tempat ini dengan yang lain dapat dilihat dari kuahnya yang lebih pekat karena santan yang ditambahkan. Rempah rempahnya juga lebih terasa, membuat kuliner yang satu ini sangat tepat dinikmati dengan nasi yang masih hangat. Tak heran jika kedai soto ayam ini menjadi tempat andalah bagi wisatawan untuk mengenyangkan perut.

Lokasi: Depan Hisana Fried Chicken, Jl. Cimanuk No.186, Paminggir, Kec. Garut Kota, Kab. Garut.

3. Sate Maranggi Pa’ Nur

Sate Maranggi Pa' Nur
Image Credit: Tribunnews.com

Ingin menikmati sate dengan dengan suasana tempat yang nyaman? Anda bisa mengunjungi tempat kuliner Maranggi Pa’ Nur. Selain rasa sate yang lezat, yang menjadi andalan dari tempat kuliner ini yaitu adanya saung dengan kolam ikannya. Tidak hanya sate, tempat ini juga menyajikan beragam menu yang lain yang bisa Anda pilih. Jika berniat makan di tempat ini, Anda bisa mengunjunginya di Kecamatan Tarogong Kidul.

Lokasi: Jl. Pantura Semarang – Kendal No.119, Sukagalih, Kec. Tarogong Selatan, Kab. Garut.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Tasikmalaya yang Murah & Enak

4. Rumah Makan Sari Cobek Cangkuang

Rumah Makan Sari Cobek Cangkuang
Image Credit: Gosipgarut.id

Rindu nasi liwet dengan ikan gurame yang disajikan di cobek saat di Garut, Anda bisa mengunjungi Rumah makan sari cobek Cangkuang. Menyajikan menu dengan cita rasa yang lezat, menjadi penyebab Anda harus mencoba tempat kuliner satu ini. Selain menikmati sajian yang lezat, pengunjung juga disuguhkan dengan kolam ikan beserta pemandangan asri di sekeliling Gazebo. Tempat makan ini berada di dekat wisata air candi cangkuang.

Lokasi: Leles, Cangkuang, Kec. Leles, Kab. Garut.

5. Pujasega Family Restaurant

Pujasega Family Restaurant
Image Credit: Facebook.com @pujasegarestogarut

Liburan bersama keluarga membutuhkan tempat makan yang lebih luas. Rekomendasi tempat makan yang bisa dikunjungi yaitu Pujasega Family Restaurant. Menyediakan berbagai macam menu, mulai kuliner Indonesia hingga masakan Jepang. Selain menyantab masakan yang lezat, pengunjung juga dapat menikmati suasana yang asri dan tenang khas Garut.

Lokasi: Jl. Otto Iskandardinata No. 64, Tarogong, Pananjung, Tarogong Kaler, Cimanganten, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut.

6. Rumah Makan Cibiuk

Rumah Makan Cibiuk
Image Credit: Tripadvisor.com

Puas mengelilingi Garut hingga akhirnya lapar melanda, memang sangat pas jika dipuaskan dengan menyantap lalapan khas Garut. Menikmati ikan gurame lengkap dengan sambal cibiuk yang unik, bisa Anda lakukan dengan mengunjungi Rumah makan Cibiuk. Selain itu, menyajikan pula menu makanan yang lain seperti tumis genjer, pedas hingga tumis jambal roti o.

Lokasi: Jl. Otista No.321, Pananjung, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut.

7. Bakso Mang Ano

Bakso Mang Ano
Image Credit: Tempatmakandigarut.blogspot.com

Menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang banyak penggemar, bakso enak dinikmati saat kapanpun. Kuah sedap  ditambah taburan bawang goreng di atasnya, beserta bakso yang sangat terasa daging sapinya. Bakso Mang Ano  yang berada di Kecamatan Tarogong Kaler menjadi tempat kulineran bakso yang pas saat Anda berkunjung ke Garut.

Lokasi: Jl. Raya Cipanas No.23, Langensari, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut.

8. Nasi Liwet Pak Asep Stroberi

Nasi Liwet Pak Asep Stroberi
Image Credit: Otwnesia.blogspot.com

Berkunjung ke Garut memang lebih tepat jika mencoba nasi liwet yang ada di sana. Tempat kulineran yang menyediakan nasi liwet dengan rasa yang lezat berada di Kecamatan Kadungora. Nasi liwet Pak Asep Stroberi namanya. Sajian nasi liwet dalam kastrol dengan aroma yang menggoda, akan semakin menambah selera makan Anda. Belum lagi, aneka lauk dan lalapan juga bisa Anda pilih di tempat ini.

Lokasi: Jl. Cimaragas No.95, Ngamplangsari, Kec. Cilawu, Kab. Garut.

9. Rumah Makan Kampung Muara Sunda

Rumah Makan Kampung Muara Sunda
Image Credit: Dimanaja.com

Tempat makan lesehan yang luas dengan suasana sekitar yang tenang, ditambah bentangan sawah hijau yang ada di hadapannya. Menjadi tempat makan favorit di Garut, rumah makan ini menawarkan konsep restaurant apung. Ada beragam menu yang dapat dipilih mulai gurame bakar hingga udang asam manis. Jika mengunjungi Garut, jangan lupa sempatkan ke sini.

Lokasi: Jl. Raya Bayongbong KM.3, Garut Kota, Muara Sanding, Kec. Garut Kota, Kab. Garut.

10. Cargo Kitchen & Lounge

Cargo Kitchen & Lounge
Image Credit: Youtube.com (JAJANAN GARUT)

Jika umumnya tempat makan di Garut hadir dengan konsep tempat duduk lesehan atau saung, maka Cargo Kitchen & Lounge menyajikan tempat yang lebih tepat untuk nongkrong. Ada beragam menu yang disajikan mulai dari masakan nusantara hingga western. Biasanya tempat makan ini menyajikan live musik di akhir pekan. Cargo Kitchen & Lounge terletak di Kecamatan Tarogong Kidul.

BACA:  12 Oleh-Oleh Khas Bekasi yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Cimanuk No.338, Sukagalih, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut.

11. Ramen Gorilla

Ramen Gorilla
Image Credit: Ramen-gorilla.business.site

Menjadi makanan khas Jepang, Ramen juga dapat ditemukan di Garut. Berada di Tenggarong Kidul, Ramen Gorilla sering dijadikan sebagai tempat kulineran sekaligus nongkrong dengan teman. Rasanya yang lezat dan dibanderol dengan harga yang terjangkau menjadi alasan bagi para pelancong memilih Ramen Gorilla sebagai tempat makan di Garut.

Lokasi: Jl. Terusan Pembangunan, Pataruman, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut.

12. Graha Sindang Reret

Graha Sindang Reret
Image Credit: Katahati1972.wordpress.com

Garut memang terkenal dengan tempat kulineran dengan nuansa pedesaan dan makanan khas sundanya. Termasuk juga dengan Graha Sindang Reret yang menyediakan berbagai olahan dengan menu pilihan daging ikan beserta supnya. Menjadi salah satu tempat makan yang populer di Garut, Graha Sindang Reret terletak di Kecamatan Tarogong Kidul.

Lokasi: Jl. Patriot No. 13-14, Sukagalih, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut.

13. Rumah Makan Megawati

Rumah Makan Megawati
Image Credit: Garnesia.com

Masih dengan tempat kulineran yang menyajikan makanan khas Sunda, Rumah Makan Megawati bisa menjadi tujuan Anda saat lapar di Garut. Aneka olahan yang disajikan siap memuaskan lidah dan perut. Salah satu sajian utama yaitu ayam kampung, ikan mujair beserta menu yang lain seperti oncom dan sambal dadak.

Lokasi: Jl. Ciceuri Cilawu – Garut Tasik KM.11, Mekarsari, Kec. Cilawu, Kab. Garut.

14. Rumah Makan Dua Saudara

Rumah Makan Dua Saudara
Image Credit: Google Maps (Putu Sulyartha Retinaworks)

Terletak di Kecamatan Tarogong Kidul, Rumah Makan Dua Saudara menjadi salah satu tempat kulineran favorit, bagi bagi wisatawan maupun masyarakat setempat. Apalagi didukung dengan tempatnya yang dekat dengan pariwisata Cipanas Garut. Menyajikan berbagai menu makanan,mulai dari masakan Sunda hingga masakan Jawa, seperti sop kaki, sop iga, hingga semur jengkol. Rumah Makan Saudara dibuka mulai dari jam 8 pagi hingga 10 malam.

Lokasi: Jl. Otista No.199, Tarogong, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut.

15. Racik Desa

Racik Desa
Image Credit: Garnesia.com

Menikmati kuliner dengan suasana pedesaan yang tenang, merupakan hal yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Garut. Pilihan yang tepat dengan mengunjungi Racik Desa yang terletak di Kecamatan Tarogong Kaler. Deretan saung yang berjajar rapi menjadi tempat favorit untuk makan bersama keluarga. Mengenai jam bukanya, Racik desa dapat dikunjungi, mulai dari jam 09.00 pagi hingga jam 22.00 malam.

Lokasi: Jl. Cipanas Baru No.1, Pananjung, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut.

16. Baso Aci Ceu Imas

Baso Aci Ceu Imas
Image Credit: Kumparan.com

Menjadi salah satu makanan yang sedang hits saat ini, baso Aci dapat Anda nikmati ketika mengunjungi Garut. Salah satu tempat makan yang menyajikan baso aci yang rekomended adalah Baso Aci Ceu Imas. Satu Porsi baso aci dibanderol dengan harga sekitar Rp 25 ribu. Aneka isian seperti ceker, tetelan, dan tahu kering menambah nikmatnya menyantap bakso aci. Jika ingin menyantap Baso Aci Ceu Imas, Anda bisa mengunjunginya di Kecamatan Garut Kota.

Lokasi: Jl. Karacak No.49, Kota Kulon, Kec. Garut Kota, Kab. Garut.

17. Pasar Ceplak

Pasar Ceplak
Image Credit: Pergidulu.com

Pasti menyenangkan jika dapat berburu kuliner di Garut dengan beragam makanan yang bisa dipilih. Anda bisa melakukannya dengan mengunjungi Pasar Ceplak. Menjadi pusat kulineran di malam hari, Pasar Ceplak menyediakan berbagai makanan berat hingga makanan ringan. Tak perlu khawatir dengan budget minim, harga makanan di Pasar Ceplak sangat terjangkau.

BACA:  25 Tempat Wisata di Garut Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Siliwangi No.33-55, Regol, Kec. Garut Kota, Kab. Garut.

18. Es Goyobod

Es Goyobod
Image Credit: Garut.tv

Siang yang panas ditambah lelahnya berkeliling Garut akan membuat Anda semakin haus. Jika sudah begitu, mampir saja ke kedai Es Goyobod yang berada di depan alun alun Garut. Selain menyegarkan, minuman ini juga kaya akan isian seperti potongan tepung aren, kolang kaling, alpukat hingga roti tawar. Mengenai harganya, Es Goyobod dibanderol dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp 5 ribuan.

Lokasi: Jl. Kiansantang No.24, Paminggir, Kec. Garut Kota, Kab. Garut.

19. Rumah Makan M. Iki

Rumah Makan M. Iki
Image Credit: Google Maps (Fakhrul Arifin)

Sajian masakan khas Garut bisa Anda nikmati dengan mampir ke Rumah Makan M.Iki. Menu utamanya adalah Ayam yang dimasak dengan bumbu khas. Selain menyajikan makanan yang lezat, pelayanan di rumah makan ini sangat ramah yang menjadi salah satu keunggulan dari Rumah Makan M.Iki. Jika berencana mampir, Anda bisa mengunjunginya di Kecamatan Garut Kota. Rumah Makan M.Iki dibuka mulai jam 08.00 pagi hingga jam 09.00 malam.

Lokasi: Jl. Pasar Baru No.84, Ciwalen, Kec. Garut Kota, Kab. Garut.

20. Rumah Makan Pananjung

Rumah Makan Pananjung
Image Credit: Facebook.com @Saung-Pananjung-Resto

Ingin merasakan lezatnya daging domba yang dibakar ataupun digoreng, Anda dapat mampir ke Rumah Makan Pananjung. Selain makanannya yang lezat, lokasi tempat makan juga sangat nyaman, terdiri dari saung yang berjejer beserta dengan pemandangan yang asri. Dibuka selama 24 jam, Anda bisa mengunjungi tempat makan ini kapanpun.

Lokasi: Jl. Cipanas Baru No.509, Pananjung, Kec. Garut Kota, Kab. Garut.

21. Jemanii Resto

Jemanii Resto
Image Credit: Rumahmakandikotagarut.blogspot.com

Menyajikan berbagai olahan khas Indonesia dan Asia, Jemani Resto bisa menjadi tujuan Anda untuk mengisi perut. Salah satu menu andalan di tempat ini yaitu Gurame bumbu dan tahu jemani yang memiliki rasa lezat. Suasana yang romantis  ditambah udara yang sejuk menjadikan pengunjung semakin betah berada di tempat makan ini. Terletak di Kecamatan Tarogong Keler, Jemanii Resto dibuka dari jam 10 pagi hingga jam 9 malam.

Lokasi: Jl. Raya Cipanas No.88, Cimanganten, Kec. Tarogong Keler, Kab. Garut.

22. Rumah Makan Hangat

Rumah Makan Hangat
Image Credit: Facebook.com @rumahmakanhangat

Menyantap sop buntut saat berlibur ke Kota Garut, dapat Anda lakukan dengan mengunjungi Rumah Makan Hangat. Sop buntut di tempat ini terkenal dengan teksturnya yang lembut. Selain itu, Rumah Makan hangat juga menyajikan berbagai olahan lain beserta sambal khasnya yang pedas. Selain menyediakan tempat yang nyaman, pelayanan di tempat ini juga ramah. Terletak di Kecamatan Leles, Rumah makan ini dapat dikunjungi dari jam 7 pagi hingga 8 malam.

Lokasi: Jl. Raya Kadungora, Leles, Kec. Leles, Kab. Garut.

Sebagian besar tempat makan di Garut membawa konsep rumah makan dengan deretan saung lengkap dengan pemandangan asri khas pedesaan. Selain itu, kebanyakan menu yang disajikan adalah makanan khas Sunda. Berburu kuliner di Garut dapat Anda lakukan dengan menjajal salah satu tempat makan di atas.