Gorontalo menjadi kota yang wajib dikunjungi karena menawarkan kuliner khas yang terkenal enak. Banyak makanan khas yang enak bisa Anda cicipi, mulai dari ilabulo hingga olahan seafood tersedia di Kota Gorontalo.

Memiliki berbagai wisata yang menarik untuk dikunjungi, rasanya sangat disayangkan jika tidak menjadikan Gorontalo sebagai salah satu tujuan wisata. Tidak hanya wisata alamnya saja yang memesona, Gorontalo yang dikenal dengan sebutan Serambi Madinah juga memiliki kuliner khas yang enak dan layak untuk dicicipi saat berkunjung.

Apa saja kuliner ini tidak hanya enak dan mengenyangkan, tetapi juga ramah di kantong?. Yuk simak rekomendasi wisata kuliner enak dan murah khas Gorontalo dalam ulasan ini.

1. Ilabulo

Ilabulo
Image Credit: Phinemo.com

Salah satu kuliner tradisional yang wajib dicicipi oleh para pelancong ketika berkunjung ke Gorontalo adalah Ilabulo. Makanan satu ini jika dilihat secara sekilas, pasti akan dikira sejenis pepes. Ilabulo memang sekilas terlihat mirip pepes, namun makanan satu ini sangat berbeda dengan pepes. Kuliner tradisional satu ini terbuat dari sagu yang dicampur dengan hati ayam.

Masyarakat Gorontalo biasanya membuat Ilabulo yang akan dimasak dengan menggunakan santan dan dijadikan sebagai santapan makan siang. Perpaduan tersebut menciptakan cita rasa yang menakjubkan di mulut. Makanan satu ini cukup mudah untuk ditemukan pada beberapa daerah di Gorontalo, jadi Anda tidak perlu khawatir tidak bisa mencicipi kuliner unik namun lezat ini.

Lokasi: Limba Barat, Kec. Kota Selatan, Kota Gorontalo.

2. Binte Biluhuta

Binte Biluhuta
Image Credit: Pesonaindo.com

Makanan satu ini merupakan salah satu panganan khas Gorontalo yang paling populer di kalangan masyarakat. Dimana Binti Biluhuta ini menggunakan jagung Gorontalo sebagai bahan dasar. Provinsi satu ini memang terkenal sebagai penghasil jagung yang subur, hingga masyarakatnya pun memanfaatkannya menjadi kuliner yang menggugah selera. Binti Biluhuta sendiri berarti makanan jagung yang disiram.

Panganan ini terdiri dari jagung ketan putih yang kemudian dicampur dengan parutan kelapa, udang dan suwiran ikan cakalang. Campuran tersebut kemudian akan disiram dengan kuah yang sudah diberi bumbu rempah rempah khas. Banyak yang menilai makanan satu ini paling enak bila disantap ketika masih panas. Jika memiliki kesempatan berkunjung ke Gorontalo, maka sangat direkomendasikan untuk mencoba makanan satu ini.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Gorontalo yang Paling Populer

Lokasi: Dulamayo Barat, Kec. Telaga, Gorontalo.

3. Sayur Putungo

Sayur Putungo
Image Credit: Ksmtour.com

Pernah mendengar nama sayur Putungo? Jika berkunjung ke Gorontalo, maka Anda akan dengan mudah menemukan masakan satu ini. Sayur ini merupakan masakan yang terbuat dari bahan dasar jantung pisang dan diolah dengan sedemikian rupa hingga menjadi masakan yang lezat. Olahan satu ini termasuk masakan tradisional yang wajib Anda coba, karena hanya bisa ditemukan di Gorontalo.

Sayur Putungo akan semakin nikmat ketika disantap dengan sambal, biasanya kebanyakan rumah makan di Gorontalo akan menyajikan menu ini dengan ikan laut. Meskipun di daerah lain juga memiliki masakan dari olahan jantung pisang, namun pastinya setiap daerah akan memiliki racikan bumbu rempah rempah dan cara pengolahan yang berbeda. Termasuk juga olahan jantung pisang dari Gorontalo ini yang memiliki cita rasa khas.

Lokasi: Limba U Dua, Kec. Kota Selatan, Kota Gorontalo.

4. Bilenthango

Bilenthango
Image Credit: Reddoorz.com

Bilenthango pastinya akan terdengar asing dan cenderung unik, sehingga Anda yang pertama kali mendengar pasti menebak nebak seperti apa makanan ini. Makanan khas masyarakat Gorontalo ini menggunakan bahan dasar ikan Mujair yang dibakar dengan tambahan bumbu rempah rempah. Ketika di bakar, ikan ini akan dibelah menjadi dua bagian dan dibungkus dengan daun pisang. Dimana daun pisang ini berguna untuk membuat ikan tidak terlalu gosong dan memiliki aroma yang khas.

Lokasi: Bulotadaa, Kec. Sipatana, Kota Gorontalo.

5. Le Kioz

Le Kioz
Image Credit: 2pos.asia

Le Kioz merupakan salah satu rumah makan hits dan populer yang ada di kota Gorontalo. Jika Anda berkunjung ke Gorontalo, maka restoran satu ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Pasalnya Le Kioz ini adalah salah satu rumah makan yang memiliki desain yang cozy dan seru sebagai tempat nongkrong, entah itu bersama dengan teman ataupun keluarga.

Tidak hanya interior rumah makannya yang menjadi daya tarik, Le Kioz juga menawarkan menu makanan dan minuman yang enak dan lezat. Menu yang disajikan di rumah makan ini terdiri dari aneka hidangan ayam, sup buntut, nasi goreng, hidangan dari olahan ikan, hidangan penutup, serta aneka minuman panas dan dingin. Tidak hanya hidangannya yang enak, harga makanan dan minuman di rumah makan ini juga bisa dibilang enak di kantong.

Lokasi: Limba U I, Kec. Kota Selatan, Kota Gorontalo.

6. Tili Aya

Tili Aya
Image Credit: Gorontalofamily.org

Kuliner ini adalah sejenis jajanan khas Gorontalo yang memiliki nama unik. Pada dasarnya Tili Aya merupakan panganan yang terbuat dari bahan dasar gula merah yang dicampur dengan telur dan santan. Yang mana keberadaan gula merah membuat kuliner ini memiliki cita rasa manis. Banyak yang menyebut bahwa jajanan satu ini mirip dengan jajan yang ada di Jawa. Untuk mengetahuinya, mungkin Anda bisa mencoba mencicipi Tili Aya.

BACA:  25 Tempat Wisata di Manado Terbaru & Paling Hits

7. Duduli

Duduli
Image Credit: Instagram.com @putri71_gallery

Duduli merupakan makanan khas masyarakat Gorontalo yang mirip dengan dodol. Kuliner satu ini memiliki rasa yang menarik dan enak. Meskipun makanan satu ini diolah dengan cara tradisional, akan tetapi rasanya tidak kalah enak dengan makanan lain yang diolah lebih modern. Makanan dengan cita rasa enak ini berbahan dasar beras ketan yang diolah dengan gula merah dan santan, kemudian dibungkus dengan daun Woka.

Kuliner satu ini merupakan olahan khas masyarakat Gorontalo yang populer dan kerap kali dijadikan buah tangan oleh para wisatawan. Makanan satu ini sangat mudah dijumpai, karena hampir di setiap toko oleh oleh di Gorontalo akan menjualnya. Harganya pun bisa dikatakan relatif murah. Jika Anda ingin mencicipi kuliner satu ini, maka bisa berkunjung langsung ke Gorontalo.

Lokasi: Tapa, Kec. Sipatana, Kota Gorontalo.

8. Sate Tuna Gorontalo

Sate Tuna Gorontalo
Image Credit: Reddoorz.com

Ketika mendengar kata sate, pastinya sudah terbayang bagaimana kelezatan dan gurihnya daging saat dikunyah di mulut. Namun berbeda dengan daerah lain, di Gorontalo sate paling populer adalah sate Tuna yang terkenal karena keunikannya. Biasanya sate selalu identik dengan daging sapi, ayam atau kambing. Akan tetapi masyarakat Gorontalo malah menggunakan ikan Tuna untuk disate.

Sate dari ikan Tuna  diberi bumbu yang kaya akan rempah rempah, sehingga terciptalah olahan sate dengan cita rasa yang khas. Jika berlibur ke Gorontalo, maka Anda akan mendapati beberapa warung yang menyajikan sate Tuna sebagai hidangan utama. Jangan khawatir dengan budget, kuliner khas ini bisa dikatakan dibanderol pada harga yang cukup terjangkau.

Lokasi: Molosipat W, Kec. Kota Barat, Kota Gorontalo.

9. Ayam Iloni

Ayam Iloni
Image Credit: Cookpad.com

Ayam bakar memang bisa ditemukan di mana saja, namun ayam Iloni merupakan ayam bakar khas Gorontalo yang wajib dicicipi oleh pelancong. Ayam bakar ini diberi racikan bumbu rempah rempah yang memiliki cita rasa khas Gorontalo, sehingga akan sangat sulit menemukan kuliner satu ini di daerah lain. Pengolahan Ayam Iloni, ternyata juga menjadi salah satu faktor mengapa ayam bakar satu ini berbeda dengan yang lain. Hidangan ayam ini, akan sangat nikmat bila disajikan dengan nasi atau sagu.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Manado yang Paling Populer

Lokasi: Heledulaa, Kec. Kota Timur, Kota Gorontalo.

10. Rumah Makan Terapung Ainun

Rumah Makan Terapung Ainun
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Memiliki konsep tempat kuliner terapung, Rumah Makan Terapung Ainun menyediakan sajian berbagai aneka macam olahan seafood. Makanan yang paling populer dan banyak dicari di rumah makan ini adalah ikan bakar yang lezat dan nikmat. Tidak hanya karena makanan yang enak, rumah makan satu ini begitu populer karena menyediakan fasilitas yang membuat nyaman dan cocok untuk tempat istirahat sejenak.

Lokasi: Limba U Dua, Kec. Kota Selatan, Kota Gorontalo.

11. Coto Daeng Je’ne Berang

Coto Daeng Je’ne Berang
Image Credit: Makananoleholeh.com

Bisa dikatakan, belum lengkap rasanya jika ke Gorontalo namun tidak mencicipi kuliner khasnya yang bernama Coto. Salah satu tempat kuliner yang terkenal dengan kelezatan cotonya adalah Coto DaengJe’ne Berang. Sesuai dengan namanya, rumah makan satu ini menyediakan menu andalan Coto. Namun selain Coto, destinasi wisata kuliner satu ini juga menyediakan nasi goreng merah, olahan mie, es pisang ijo, dan masakan lainnya.

Lokasi: Limba U I, Kec. Kota Selatan, Kota Gorontalo.

12. Rumah Makan Ohara

Rumah Makan Ohara
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Salah satu tempat wisata kuliner di Gorontalo yang terkenal di kalangan masyarakat setempat dan juga para pelancong adalah Rumah Makan Ohara. Tempat makan satu ini menyediakan berbagai jenis hidangan laut, olahan telur, dan olahan ayam. Semua masakan tersebut tentunya dibanderol dengan harga yang ramah di kantong. Menu andalan yang populer dari rumah makan ini adalah olahan ikan Tuna.

Lokasi: Tenda, Kec. Hulonthalangi, Kota Gorontalo.

13. Gingsa Food Gorontalo

Gingsa Food Gorontalo
Image Credit: Wisato.id

Para penggemar keju, tidak ada salahnya jika berkunjung ke Gorontalo untuk mampir ke Gingsa Food Gorontalo. Pasalnya, rumah makan satu ini menyajikan menu makan kekinian dan keju adalah salah satu varian yang populer di kalangan pengunjung. Menu yang disajikan di wisata kuliner ini antara lain large crispy skin, chicken burger, hotdog, dan masih banyak lagi. Tentunya mampir ke tempat ini tidak akan membuat kantong Anda bolong, sebab harga makanan di sini cukup terjangkau.

Lokasi: Huangobotu, Kec. Dungingi, Kota Gorontalo.

Itulah beberapa rekomendasi kuliner lezat dengan harga murah yang wajib Anda dicicipi ketika mampir ke Gorontalo. Berlibur tanpa berburu kuliner khas daerah setempat, akan terasa sangat hambar dan tidak memberikan kesan yang mendalam. Pasalnya, ada kalanya kuliner menjadi hal yang paling dirindukan dari suatu tempat. Jika Anda ada niatan berlibur ke Gorontalo, pastikan untuk berburu kuliner dalam rekomendasi ini. Anda pasti tidak akan kecewa.