Gowa merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang memiliki banyak kuliner khas yang unik dan mampu memanjakan lidah penikmatnya. Inilah deretan tempat kuliner di Gowa untuk menikmati hidangan lezat.

Wisata kuliner di Gowa cukup banyak dan tentunya dengan harga yang terjangkau. Sehingga banyak orang memilih Gowa sebagai salah satu destinasi kuliner yang paling wajib untuk dikunjungi saat masa liburan. Ada banyak tempat kuliner yang populer dengan menunya yang khas dan memiliki cita rasa lezat. Berikut beberapa rekomendasi tempat kuliner di Gowa yang menarik Anda kunjungi.

1. Saung Rindu Alam

Saung Rindu Alam
Image Credit: Google Maps (Siswanti WIratami Anny)

Rekomendasi wisata kuliner di Gowa yang pertama adalah Saung Rindu Alam. Tempat kuliner ini sangat populer di Gowa, sehingga wajar apabila Saung Rindu Alam selalu dipenuhi oleh para pengunjung. Rumah makan ini terletak di Jalan Poros Patallassa dan akses jalannya cukup baik. Tempat kuliner Saung Rindu Alam ini memiliki konsep restoran yang unik dan menarik.

Rumah makan berkonsep saung, dengan berbagai bangunannya dari bambu dan atap menggunakan alang alang membuat suasana menjadi sangat sejuk. Anda bisa menyantap menu makanan yang disediakan disini dengan nuansa ala pedesaan. Terlebih ada kolam yang berisi ikan di tengah-tengah restoran. Pengunjung dapat bebas menikmati kolam ikan sembari makan disini.

Lokasi: Jl. Poros Pattallassang, Sunggumanai, Kec. Pattallassang, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

2. Dewa Gurih Gowa

Dewa Gurih Gowa
Image Credit: Google Maps (Ade Putri)

Tempat kuliner yang kedua adalah Dewa Gurih Gowa. Tempat makan ini berlokasi di Jalan Tamangapa dan buka setiap hari mulai dari jam setengah 11 siang hingga pukul setengah 12 malam. Berada di perbatasan antara Kota Makassar dan Gowa membuatnya cukup mudah untuk dikunjungi. Anda bisa menikmati suasana yang cukup unik selama berkuliner di tempat ini.

Memiliki konsep yang identik dengan alam membuatnya terasa nyaman dan asri. Anda bisa menyantap menu masakan yang beragam dengan cita rasanya yang lezat dan harga yang terjangkau. Ada beberapa menu andalan yang ditawarkan oleh Rumah Makan Dewa Gurih Gowa ini, diantaranya adalah ayam goreng, seafood dan masih banyak lagi. Tempat makan ini memiliki bentuk seperti Saung.

Lokasi: Jl. Abd. Kadir Dg. Suro No.121, Samata, Kec. Somba Opu, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

BACA:  25 Tempat Wisata di Makassar Terbaru & Paling Hits

3. Cafe 36 Gowa

Cafe 36 Gowa
Image Credit: Google Maps (Cafe 36 Naba)

Bosan dengan rumah makan yang memiliki menu berat, Anda bisa mengunjungi salah satu café di Gowa yang cukup populer untuk dikunjungi para pemuda pemudi. Memiliki interior yang unik dan menarik, Café ini berhasil menarik perhatian banyak wisatawan dari Gowa maupun luar kota. Berlokasi di daerah Tombolo, café ini buka setiap hari mulai dari setengah 8 pagi hingga 11 malam.

Mempunyai interior yang modern dan aesthetic membuat banyak anak muda mengincar tempat ini untuk sekedar nongkrong bercengkrama dengan teman maupun foto-foto untuk update di sosial media. Pada siang hari, café ini cenderung tak banyak dikunjungi oleh pengunjung, namun saat malam hari banyak orang pergi ke Café 36 Gowa untuk ngemil maupun ngopi.

Lokasi: Jl. Tombolo, Kec. Somba Opu, Kab. Gowa, Sulawesi selatan.

4. Limbung Mas Indah

Image Credit: Google Maps (Lholifah Yusuf)

Tempat kuliner selanjutnya yang dapat Anda kunjungi selama di Gowa adalah Rumah Makan Limbung Mas Indah di Jalan Muhammadiyah. Anda bisa mengunjungi tempat ini pada senin sampai minggu, karena rumah makan ini selalu buka setiap hari pada jam 8 pagi hingga 6 sore. Banyak pengunjung yang tertarik untuk berkuliner disini karena pemandangan yang dimilikinya.

Berbeda dengan rumah makan biasanya yang memiliki ruangan tertutup, Rumah Makan Limbung Mas Indah memiliki konsep dimana pengunjungnya dapat menikmati pemandangan alam dan udara segar di sekitar Gowa. Tak hanya itu, menu makanan yang disediakan disini cukup beragam dengan cita rasa lezat yang khas dan harga yang cukup terjangkau.

Lokasi: Jl. Muhammadiyah No. 14, Limbung, Kalebajeng, Kec. Bajeng, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

5. Resto & Fishing Dewi Sri

Resto & Fishing Dewi Sri
Image Credit: Google Maps (Dewi Sri Resto & Fishing)

Rekomendasi wisata kuliner di Gowa selanjutnya adalah Resto & Fishing Dewi Sri di Jalan Malino. Buka setiap hari pada senin hingga minggu, Anda bisa mengunjungi resto ini pada pukul 10 siang hingga pukul 7 malam. Lagi-lagi dengan konsep yang mengangkat suasana alam, membuat resto ini banyak dikunjungi oleh wisatawan dari Gowa sendiri maupun luar kota.

Dengan konsep yang serupa seperti Saung Rindu Alam, tempat ini cocok bagi Anda yang berwisata kuliner dengan nyaman menikmati pemandangan alam. Anda bisa mencoba berbagai menu makanan yang disediakan disini yang dijamin memiliki cita rasa lezat dan khas. Tak hanya itu, Resto ini juga menyediakan menu makanan untuk rombongan keluarga maupun teman.

Lokasi: Jl. Malino No.KM. 3, Bontoramba, Kec. Somba Opu, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

6. Coto Sunggu

Coto Sunggu
Image Credit: Google Maps (Irfandy Irwan)

Wisata kuliner yang tak kalah populer di Kabupaten Gowa adalah Coto Sunggu. Seperti namanya, rumah makan ini memiliki menu unggulan berupa Coto khas dari Kabupaten Gowa. Dengan cita rasanya yang lezat dank has, Anda juga bisa menyantap berbagai menu pilihan seperti otak sapi. Rumah makan Coto Sunggu ini menyediakan Coto yang unik dan pastinya dengan harga terjangkau.

BACA:  20 Tempat Wisata di Gowa Terbaru & Paling Hits

Untuk mencicipi Coto ini, Anda harus mengunjunginya di Jalan Hasanudin berkisar 2,69 KM dari Somba Opu (upu). Khususnya bagi para pengunjung luar kota dan berniat untuk berwisata kuliner di daerah Gowa, tempat ini adalah salah satu destinasi kuliner yang wajib untuk Anda kunjungi. Coto menjadi salah satu makanan khas dari Sulawesi Selatan begitu pula dari Gowa.

Lokasi: Jl. Sultan Hasanuddin No.122, Pandang Pandang, Kec. Somba Opu, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

7. Bakso Gowa

Bakso Gowa
Image Credit: Google Maps (Wahyu Setiawan)

Hadir dengan menu masakan yang berbeda, Bakso Gowa yang berlokasi di Jalan Andi Tonro ini banyak dikunjungi oleh pengunjung. Berjarak 3,42 KM dari Somba Opu (Upu), wisata kuliner ini mudah untuk ditemukan. Anda bisa menyantap menu bakso yang lezat dengan harga yang pastinya terjangkau bagi berbagai kalangan. Bakso memang menjadi salah satu menu makanan favorit banyak orang.

Anda bisa mengunjungi tempat kuliner Bakso Gowa setiap hari bersama dengan teman-teman maupun keluarga. Dengan menu makanan utama Bakso, rumah makan ini sering kali menjadi pilihan utama bagi warga yang ingin menyantap bakso di daerah Gowa. Bakso lebih enak disantap langsung di tempat ketika masih pada kondisi panas, oleh sebab itu dianjurkan untuk dimakan di tempat saja.

Lokasi: Jl. Andi Tonro, Sungguminasa, Kec. Somba Opu, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

7. Toko Roti dan Kue Adi Jaya

Toko Roti dan Kue Adi Jaya
Image Credit: Google Maps (Noer Zet)

Rekomendasi tempat kuliner selanjutnya adalah toko roti dan kue Adi Jaya. Bagi para pecinta jajanan, tempat kuliner ini wajib untuk Anda kunjungi saat berada di Gowa. Tempat ini menyediakan berbagai jenis kue dan roti yang bisa Anda beli dengan harga yang terjangkau. Terlebih memiliki cita rasa yang lezat, Anda bisa memilih berbagai jenis roti dan kue sesuai dengan selera.

Toko kue dan roti Adi Jaya ini berada di Jalan Sultan Hasanudin. Hanya berjarak 2,69 KM dari Somba Opu. Wisata kuliner ini cocok bagi Anda yang ingin membeli oleh-oleh untuk kerabat dan teman-teman di rumah. Tak hanya itu, Anda juga bisa membeli kue dan roti untuk menjadi teman santapan selama berada di dalam perjalanan. Menu yang wajib untuk Anda coba adalah kue bolu dan kue tradisional Gowa.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Makassar yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Tamalate VII No.14, Bonto Makkio, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

8. Café London

Café London
Image Credit: Google Maps (Andi Nury Hayati)

Kembali dengan nuansa café yang nyaman dan aesthetic, Gowa memiliki Café London yang wajib untuk Anda kunjungi. Café ini memiliki konsep Eropa, dimana semua menu dan juga desain interiornya menganut ala-ala Eropa. Tak heran banyak kalangan anak muda hingga orang dewasa tertarik untuk mengunjungi tempat kuliner ini. Ada banyak menu yang disediakan dengan harga terjangkau.

Berlokasi di Jalan Sultan Alauddin No, 240, café London selalu ramai dikunjungi para penikmat makanan ala eropa. Tidak hanya itu, banyak juga yang menggunakan tempat ini sebagai tempat berkumpul bersama teman-temannya untuk sekedar bercengkrama maupun berfoto-foto. Terlebih memang harga yang ditawarkan ramah di kantong bagi kalangan muda.

Lokasi: Jl. Sultan Alauddin No.240, Mangasa, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

9. Tulip Resto & Café

Tulip Resto & Café
Image Credit: Foursquare.com

Kembali dengan nuansa cafenya, Tulip resto & café menjadi salah satu wisata kuliner di Gowa yang patut Anda coba. Memiliki nuansa yang nyaman, banyak orang menggunakan tempat ini sebagai tempat pertemuan bersama keluarga maupun teman. Menu makanan yang disediakan disini juga beragam dan memiliki harga yang terjangkau untuk berbagai kalangan.

Berada di Poros Pallangga, café ini sering kali dikunjungi oleh anak muda untuk nongkrong bersama teman maupun mengerjakan tugas. Khususnya dengan menu kopi yang disediakan serta tempat yang nyaman membuatnya cocok untuk dijadikan tempat belajar atau mengerjakan pekerjaan. Anda bisa menjadikan resto & café ini untuk list wisata kuliner yang perlu untuk dikunjungi.

Lokasi: Jl. Pallangga, Kec. Pallangga, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

10. Roti Maros, Cambaya

Roti Maros, Cambaya
Image Credit: Google Maps (Google)

Pecinta roti wajib untuk mengunjungi toko roti Maros, Cambaya ketika berada di Gowa. Roti ini memiliki rasa yang khas dan unik. Berlokasi di Jalan Poros depan SPBU Cambaya, Anda bisa dengan mudah menemukan tempat kuliner ini. Banyak dari kalangan anak muda hingga dewasa menyukai makanan ini. Tidak hanya itu, Anda juga bisa membelinya sebagai oleh-oleh sanak keluarga di rumah.

Lokasi: Jl. Poros Pallangga, Mangalli, Kec. Pallangga, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

Demikian beberapa wisata kuliner yang bisa Anda kunjungi selama berada di Kabupaten Gowa. Tempat wisata tersebut menyediakan berbagai menu makanan dan camilan yang memiliki cita rasa lezat dengan harga yang terjangkau. Memiliki tempat yang nyaman, wisata kuliner tersebut banyak yang menyediakan nuansa pemandangan alam. Sehingga Anda bisa menikmati suasana alam sambil menyantap menu lezat.