Kota Gresik rupanya memiliki banyak makanan khas yang menarik untuk dieksplor. Inilah deretan tempat wisata kuliner di Gresik yang terkenal enak dan dapat menambah pengalaman petualangan rasa Anda.

Gresik yang merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang menawarkan banyak tempat wisata yang menarik. Tak hanya itu, kota satu ini juga menawarkan banyak wisata kuliner yang akan membuat perjalanan wisata Anda makin lengkap. Berikut beberapa rekomendasi tempat kulineran di Gresik yang sudah terkenal akan rasa dan harganya yang ramah kantong.

1. Warung Apung Rahmawati

Warung Apung Rahmawati
Image Credit: Google Maps (Balqis Isnaini)

Menginjakkan kaki di Gresik rasanya tidak lengkap jika tidak mengunjungi tempat wisata kuliner satu ini. Warung Apung Rahmawati memang tidak jauh berbeda dengan tempat makan lainnya apabila dilihat sekilas. Tetapi selain menonjolkan akan rasa menunya, tempat satu ini juga kondang akan tempatnya yang begitu nyaman.

Sangat cocok dijadikan tujuan kulineran bersama teman ataupun keluarga. Apalagi area tempat makannya juga terbilang luas sehingga sangat pas untuk berkumpul bersama keluarga. Menyediakan banyak menu makanan, warung makan satu ini kondang dengan rasa ayam bakarnya yang menggugah selera.

Bahkan saking kondangnya, Warung Apung Rahmawati memiliki tagline berbunyi Ayam Bakar Terdahsyat di Dunia. Dan memang hal itu bukan hanya tagline, karena pihak rumah makan sengaja menghadirkan bumbu spesial untuk ayam bakarnya. Bumbunya yang meresap dengan daging lembut dijamin akan membuat lidah siapapun jatuh hati.

Tidak hanya bisa mencicipi menu ayam bakarnya, Anda juga bisa menjajal menu lainnya yang tak kalah menggoyang lidah. Menu seafood mulai dari kepiting soka goreng krispi, gurame asam manis hingga olahan lainnya bisa Anda cicipi. Apalagi, menikmati kudapan di tempat satu ini tidak akan membuat kantong jebol dan sesuai dengan rasa yang dihadirkan.

Lokasi: Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo, No. 105, Kawisanyar, Kembangan, Kec. Cerme, Kab. Gresik.

2. Nasi Krawu Bu Timan

Nasi Krawu Bu Timan
Image Credit: Google Maps (Gilang Pratomo)

Selain Rumah Makan Apung Rahmawati, berada di Gresik juga harus mencicipi Nasi Krawunya. Nasi Krawu sendiri merupakan panganan khas Gresik yang sudah terjamin rasanya. Nasi yang disajikan di atas daun pisang ini sebenarnya nasi putih biasa. Yang membuatnya berbeda adalah aneka lauk yang menemani kegiatan kulineran Anda.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Lamongan yang Murah & Enak

Dalam satu porsi Nasi Krawu, Anda bisa menemukan suwir, sambal petis belacan dan juga Serundeng. Anda juga masih bisa memilih lauk tambahan seperti babat bumbu kecap, bali belut hingga semur usus sapi. Dengan berbagai pilihan lauk pendamping inilah yang membuat para pecinta kuliner ketagihan akan rasanya.

Di Gresik Anda bisa menemukan Nasi Krawu dengan mudah, salah satunya Depot Bu Timan. Tempat makan satu ini termasuk yang favorit di kota Gresik dan selalu dituju oleh para pelancong. Umumnya para pengunjung yang datang juga sekalian beristirahat setelah melintasi jalur Pantura.

Terkenal dengan rasa Nasi Krawunya yang nikmat, sebenarnya Anda bisa menemukan menu lain selain Nasi Krawu. Mengingat depot ini memang menyediakan menu khas Jawa Timur lainnya yang tak kalah menggoda. Tempatnya yang nyaman dan juga dibarengi dengan harga yang terjangkau menjadikan tempat satu ini tak pernah sepi pengunjung.

Lokasi: Jl. Dr. Wahidin S.H. No.760, Dahanrejo, Kec. Kebomas, Kab. Gresik.

3. Rumah Makan Handayani

Rumah Makan Handayani
Image Credit: Google Maps (menjangan dalam)

Perjalanan kuliner Anda di Gresik masihlah belum berakhir, kini saatnya Anda mengunjungi Rumah Makan Handayani. Rumah makan ini menyediakan berbagai menu lezat yang tak akan membuat Anda kecewa karena sudah mengunjunginya. Mengusung konsep interior Jawa Kuno pada tempatnya, menjadikan para tamu serasa berada di rumah nenek.

Kesan tradisional yang dihadirkan memang begitu kental terutama dengan hadirnya perabotan antik. Anda bisa menemukan masakan Jawa mulai dari olahan ayam, ikan hingga seafood seperti cumi. Selain membuat betah dan rasanya enak, ternyata harga menu yang dibanderol tidak akan membuat kantong Anda bolong.

Lokasi: Dahanrejo, Kec. Kebomas, Kab. Gresik.

4. Bandeng Pak Elan

Bandeng Pak Elan
Image Credit: Google Maps (Siswana Purwadi)

Apakah Anda pecinta menu Bandeng? Jika iya maka Anda tidak boleh melewatkan Rumah Makan Bandeng Pak Elan jika Anda sedang di Gresik. Layaknya namanya, di tempat kulineran satu ini memang menyediakan menu menu dengan bahan dasar ikan Bandeng. Menjadi salah satu tempat yang legendaris, hingga kini tempat makan ini masih hits.

Sudah ada sejak tahun 50 an, rasa yang ditawarkan tidak pernah berubah. Resep yang digunakan memang merupakan resep turun temurun dan menjadi bisnis yang diwariskan ke generasi berikutnya. Bandeng yang dihadirkan akan dimasak dengan berbagai bumbu dan cara pengolahan yang bisa Anda pilih sesuai selera, mulai digoreng hingga di bakar.

Kota Gresik sendiri merupakan daerah yang sangat cocok untuk budidaya ikan bandeng. Sehingga tidak heran jika bahan baku ikan ini begitu mudah untuk didapatkan. Kenikmatan Bandeng yang ditawarkan memang akan membuat lidah siapapun jatuh cinta. Pastikan Anda menjajal rasa bandeng di tempat satu ini tanpa khawatir akan menguras dompet Anda.

BACA:  20 Wisata Kuliner di Surabaya yang Murah & Enak

Lokasi: Gapurosukolilo, Kec. Kebomas, Kab. Gresik.

5. Martabak Usus Gresik

Martabak Usus Gresik
Image Credit: Google Maps (Amelia Rahma)

Menu selanjutnya yang bisa Anda jajal ketika menginjakkan kaki di Gresik adalah Martabak Usus Gresik. Anda bisa menemukan penjual makanan gurih ini di berbagai sudut jalan utama di Gresik. Umumnya mereka akan buka pada saat sore hingga malam hari. Para penggemar jangan sampai melewatkan kelezatan dari makanan yang banyak penggemar ini.

Yang membuat Martabak ini berbeda dari martabak lainnya adalah isian yang digunakan. Dalam martabak usus isiannya menggunakan bihun, telur dan juga usus ayam pedas. Karena ada usus ayam inilah menjadikan kuliner satu ini dinamakan Martabak Usus. Anda bisa mengunjungi Alun Alun Gresik untuk menemukan kuliner yang begitu kondang satu ini.

Lokasi: Telogopojok Satu, Kemuteran, Kec. Gresik, Kab. Gresik.

6. Warung Cak Selem

Warung Cak Selem
Image Credit: Google Maps (Zulfikar Aleksandri)

Tempat wisata kuliner berikutnya yang juga bisa Anda jadikan tujuan alternatif adalah Warung Cak selem. Warung makan satu ini menawarkan menu bebek yang sudah terkenal akan rasanya. Tempat makan satu ini memang sudah kondang di kalangan wisatawan maupun warga lokal. Mengingat rasa bebek yang dihadirkan akan membuat lidah siapapun bergoyang.

Nasi hangat dengan alas daun pisang ditambahkan dengan lauk olahan bebek akan membuat Anda puas. Salah satu varian bebek yang banyak dipilih adalah bebek tanpa tulang. Nantinya nasi bebek ini akan ditambahkan dengan sambal khas yang membuatnya makin nikmat. Tempat makan satu ini membanderol harga makanan sesuai dengan rasa yang dihadirkan.

Lokasi: Jl. Gubernur Suryo No.60, Karangturi, Kroman, Kec. Gresik, Kab. Gresik.

7. Angkringan Jogokaryan

Angkringan Jogokaryan
Image Credit: Google Maps galis gls)

Angkringan sangat identik dengan Kota Jogja dan sekitarnya. Dan rupanya Angkringan juga bisa Anda temukan di Jawa Timur, salah satunya di Gresik. Ada banyak penjual angkringan yang menawarkan banyak menu berbeda. Dan dari sekian banyak tempat Angkringan, Angkringan Jogokaryan akan menawarkan hal yang berbeda dari kebanyakan Angkringan pada umumnya.

Sebab tidak membuka usaha di pinggir jalan, tempat satu ini justru mengusung konsep layaknya di rumah makan. Tempatnya yang bersih, nyaman dan elegan akan membuat Anda betah berlama lama menikmati jamuan di tempat satu ini. Menu yang ditawarkan tak jauh berbeda dengan angkringan, dan tentunya ditawarkan dengan harga yang ramah kantong.

BACA:  20 Tempat Wisata di Kediri Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Jawa No.208, Karanggondang, Yosowilangun, Kec. Manyar, Kab. Gresik.

8. The Legend Resto

The Legend Resto
Image Credit: Google Maps (Mochamad Roychan)

Di Gresik Anda tidak hanya bisa mencicipi kuliner saja, tetapi juga bisa sekalian nongkrong asik. Datang saja langsung ke The Legend Resto yang menawarkan tempat kulineran yang asik. Tak heran jika kawula muda kota Gresik banyak yang mengunjungi tempat satu ini. Konsep resto yang hangat, menjadikan para pengunjung betah berlama lama.

Selain menemukan tempat kongkow yang seru, Anda juga bisa menemukan menu makanan yang unik yaitu Pasir Emas. Pasir Emas merupakan menu khas The Legend Resto yang merupakan olahan telur asin yang ditambahkan dengan berbagai rempah. Menu lainnya juga tak kalah menggoda, seperti gurami pasir emas, kepiting pasir emas hingga ayam pasir emas yang tiada duanya.

Lokasi: Jl. Raya Veteran, Sidokumpul, Kec. Gresik, Kab. Gresik.

9. Kuliner 69 Gresik

Kuliner 69 Gresik
Image Credit: Google Maps (Satrio Mukti)

Perjalanan kuliner Anda di kota Gresik masih belum berakhir, sebab Anda harus menyempatkan untuk mengunjungi tempat kulineran satu ini. Kuliner 69 Gresik merupakan anggota dari 69 Grup. Sehingga sudah bisa dipastikan jika Anda bisa menemukan berbagai olahan yang menarik. Apalagi outlet 69 grup juga sudah banyak tersebar di tanah air.

Salah satu menu andalan yang banyak digemari adalah Nasi Goreng Spesialnya. Selain itu menu lain seperti olahan mie hingga makanan tradisional juga tak kalah menarik. Anda bisa memilih ingin mencoba makanan berat seperti nasi atau rujak Cingur hingga batagornya. Tenang saja, tempat makan satu ini membanderol menunya dengan harga yang cukup terjangkau.

Lokasi: Jl. Jawa, Randuagung, Kec. Kebomas, Kab. Gresik.

10. Pucokie House

Pucokie House
Image Credit: Instagram.com @Pucoki

Untuk menutup perjalanan rasa Anda di kota semen ini, Anda bisa mengunjungi Pucokie House. Tempat kulineran satu ini menyediakan berbagai jenis es krim yang rasanya andalan. Tentu akan menjadi penutup yang tepat, ketika makanan dingin ini menyapa lidah Anda. Menyediakan berbagai rasa, tempat satu ini juga begitu nyaman untuk dijadikan tempat nongkrong.

Lokasi: Yosowilangun, Kec. Manyar, Kab. Gresik.

Itulah beberapa destinasi wisata kuliner di kota Gresik yang dijamin mampu memanjakan lidah Anda. Memang masih banyak tempat tempat lain yang tak kalah menarik dan nikmat untuk dikunjungi. Tetapi yang telah disebutkan merupakan yang paling banyak direkomendasikan. Beberapa juga sudah kondang dan bahkan sudah ada sejak puluhan tahun silam. Tertarik mencoba?