Sebagai kota metropolitan terbesar, Jakarta menjadi pusat berbagai hal di Indonesia. Begitu juga dengan kulinernya yang tak kalah dengan kota lainnya. Mungkin banyak yang menganggap bahwa di Jakarta akan sulit menemukan makanan murah dan enak. Faktanya ada beberapa lokasi yang pas untuk wisata kuliner di Jakarta ini. Bagi Anda yang kebetulan di Jakarta, beberapa spot wisata kuliner di Kota Jakarta berikut. Simak ulasannya.

1. Restoran Rempah Rempah

Restoran Rempah Rempah
Image Credit: Zomato.com

Indonesia memang termasuk negara yang kaya akan rempah rempah. Karena hal inilah yang membuat restoran rempah rempah ini hadir. Seperti namanya, di tempat makan satu ini Anda bisa menemukan berbagai olahan yang kaya akan rempah. Dan untuk menu andalan yang bisa Anda jajal adalah bebek goreng ‘bengil dan juga sup ‘senggang halimah’. Untuk menu pendamping ada es biji salak lengkap dengan pacar cina yang sangat nikmat.

Lokasi: Jl. Senopati 9-43, RT.6/RW.3, Senayan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan.

2. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih
Image Credit: Cnbcindonesia.com

Tempat kulineran satu ini sangat terkenal, bahkan hingga luar kota. Memang Anda bisa menikmatinya ketika malam hari, namun soal rasa Anda tak perlu khawatir. Karena memang sudah terkenal hingga berbagai kota. Sehingga jangan heran Anda akan menemukan parkiran yang mengular. Rasa rempahnya yang khas membuat para pelanggannya ketagihan. Resep turun menurun ini memang tetap terjaga kualitasnya meskipun sudah bertahun tahun.

Daging kambing yang biasanya terkesan amis membuat beberapa orang tidak menyukainya. Namun jangan salah, di tempat satu ini Anda bisa merasakan nasi goreng tanpa rasa amis. Inilah yang menjadi ciri khas dari Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih ini. Perpaduan gurih dari daging kambing dan rempah rempah menghasilkan rasa yang sangat nikmat. Soal harga juga masih terbilang murah jika melihat rasanya yang akan membuat Anda puas.

Lokasi: Jl. Kebon Sirih, RT.3/RW.2, Raya, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat.

3. Bakso Rusuk Samanhudi

Bakso Rusuk Samanhudi
Image Credit: Jajanbaso.com

Bagi pecinta bakso, Anda harus menjajal bakso rusuk Samanhudi yang ada di daerah Jakarta Pusat ini. Selain terkenal dengan rasanya yang nikmat, Anda juga bisa menyantap bakso dengan rasa yang nikmat. Bukan hal yang baru jika Anda akan menemukan tempat satu ini ramai. Untuk menu andalan yang bisa Anda jajal adalah bakso urat jumbo. Mengunjungi Jakarta rasanya tak lengkap jika tak menikmati kelezatan bakso satu ini.

Lokasi: Jl. Samanhudi No.18 D, RT.1/RW.8, Ps. Baru, Kec. Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat.

4. Gado Gado Bon Bin

Gado Gado Bon Bin
Image Credit: Manual.co.id

Wisata kuliner di kota Jakarta akan semakin puas jika Anda menikmati sajian gado gado Bon Bun ini. Sudah ada sejak tahun 1960, pengelola gado gado ini bernama nenek Lanny. Meskipun sudah berusia 80 tahunan, namun masih sangat enerjik dalam melayani pembeli. Yang membuatnya unik adalah kacang tanah yang disangrai bukan digoreng. Membuat rasanya menjadi khas, di tempat ini Anda juga bisa menikmati berbagai menu yang lezat dan murah lainnya.

BACA:  23 Oleh-Oleh Khas Jakarta yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Cikini IV No.1, RW.5, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat.

5. Kwetiaw Sapi Mangga Besar 78

Kwetiaw Sapi Mangga Besar 78
Image Credit: Jitunews.com

Untuk Anda yang menyukai kuliner Chinese food, Anda bisa menuju Jl. Mangga Besar. Anda akan menemukan tempat makan dengan kwitiau siram sebagai menu andalannya. Di tempat ini Anda juga bisa menikmati berbagai kudapan lainnya yang sudah dijamin rasanya nikmat. Teksturnya yang lembut dengan tambahan urat sapi, babat sapi dan daging sapi akan membuat siapapun tergoda. Harganya juga terbilang terjangkau dan ramah kantong.

Lokasi: Jl. Raya Mangga Besar No.78D, RW.1, Taman Sari, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat.

6. Roti Bakar Eddy

Roti Bakar Eddy
Image Credit: Myeatandtravelstory.wordpress.com

Berada dekat masjid Al Azhar, Anda bisa mampir ke Roti Bakar Eddy untuk menikmati kuliner lezat. Buka mulai dari pagi hingga malam hari, tempat dengan konsep outdoor ini tak pernah sepi. Roti bakar dengan berbagai rasa dan topping siap Anda nikmati dan menggoyang lidah Anda. Roti yang diolah merupakan hasil dari produksi sendiri sehingga bebas pengawet dan fresh. Untuk harganya tak akan membuat Anda merogoh kocek dalam dalam.

Lokasi: Jl. Raden Patah No.11, RW.1, Selong, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan.

7. Bubur Barito

Bubur Barito
Image Credit: Myeatandtravelstory.wordpress.com

Untuk Anda yang kebetulan singgah atau sedang berada di Jakarta Selatan, jangan lupa untuk mampir ke Bubur Barito. Bubur satu ini termasuk bubur yang melegenda dan selalu ramai pengunjung. Apalagi rasanya yang gurih dengan tekstur yang kental membuat Anda tak akan mendebat rasanya. Tekstur tersebut didapatkan dari telur yang dicampurkannya. Rasanya yang nikmat juga memiliki harga yang terbilang terjangkau dan sesuai dengan rasanya.

Lokasi: Jl. Gandaria Tengah III No.3, RW.4, Kramat Pela, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan.

8. Mie Benteng

Mie Benteng
Image Credit: Bakmi.club

Jika Anda merupakan pecinta mie ayam, Anda harus mencoba mie Benteng satu ini. Mie Benteng berada di daerah Kelapa Gading dengan rasa yang terkenal lezat. Mie Benteng memiliki 3 jenis mie mulai dari mie kecil, mie karet dan mie besar. Menu andalan yang bisa Anda pesan adalah mie porsi besar. Hanya saja kuliner satu ini tak disarankan untuk Anda pemeluk agama Islam. Sebab mie ayam ini juga dicampurkan dengan daging babi.

Lokasi: Jl. Raya Klp. Kopyor No.22, RT.16/RW.19, Klp. Gading Timur, Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara.

9. Soto Betawi Haji Mamat

Soto Betawi Haji Mamat
Image Credit: Eatandtreats.blogspot.com

Mengunjungi Jakarta tanpa menjajal soto Betawi pastinya akan membuat wisata kuliner Anda tak lengkap. Soto Betawi Haji Mamat merupakan tempat menikmati soto yang sudah legendaris. Rasanya yang memiliki ciri khas membuat makanan satu ini memiliki banyak penggemar. Uniknya ketika Anda mengunjungi tempat ini, akan tersedia ruangan AC yang besar. Sehingga sangat pas untuk dijadikan tempat makan bersama keluarga atau teman teman.

BACA:  33 Tempat Wisata di Jakarta Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Mandala Raya No.10, RT.13/RW.5, Tomang, Kec. Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat.

10. Asinan Betawi Haji Mansyur

Asinan Betawi Haji Mansyur
Image Credit: Arisubagja.blogspot.com

Sudah ada sejak tahun 1970 an, rasa dari Asinan Betawi Haji Mansyur ini tak akan mengecewakan. Berada di daerah Rawangun, Anda bisa mengunjunginya agar kegiatan wisata kuliner Anda makin seru. Asinan satu ini tak hanya memiliki rasa yang membuat ketagihan, namun juga memiliki porsi pas serta kuah yang gurih. Tenang saja, harga yang ditawarkan untuk setiap porsinya juga tidaklah mahal, sekitar Rp. 20 ribuan saja.

Lokasi: Jl. Taman Kamboja No.10, RT.8/RW.11, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur.

11. Gule Da’ul

Gule Da'ul
Image Credit: Bisnisfun.com

Bagi Anda yang ingin mencicipi gulai sapi yang digadang gadang paling enak, maka Anda bisa datang ke Gule Da’ul. Lokasinya berada persis di belakang dari Mal Gandaria City. Gule sapi yang ada di tempat ini memiliki daging sapi tanpa lemak dan juga kuah gulai yang kental. Rasanya yang kaya dijamin akan membuat Anda ketagihan. Untuk harganya juga terbilang bersaing dan sesuai dengan rasa nikmat yang dihadirkan tiap porsinya.

Lokasi: Jl. Gandaria 1 No.336, RT.4/RW.9, Kramat Pela, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan.

12. Mie Ayam Rindu

Mie Ayam Rindu
Image Credit: Pergikuliner.com

Tempat yang menjual mie ayam ini memang terkesan sederhana, bahkan membuat susah untuk parkir kendaraan. Namun soal rasanya akan membuat Anda tak akan bisa berhenti menyantapnya. Wajar jika tempat satu ini selalu ramai pengunjung dan terkadang hingga membuat antrian panjang. Yang membuatnya berbeda adalah acar cabai dan juga sambalnya yang akan membuat Anda rindu seperti namanya, Mie Ayam Rindu.

Lokasi: Jl. Kota Gedang No.33, RT.1/RW.1, Ps. Manggis, Kec. Setiabudi, Kota Jakarta Selatan.

13. Sate Taichan Bang Ocit

Sate Taichan Bang Ocit
Image Credit: Jktmakmur.wordpress.com

Buka di malam hari, Anda bisa menjadikan sate Taichan Bang Ocit ini sebagai tujuan wisata kuliner selanjutnya. Sate yang terbuat dari daging ayam ini belakangan memang banyak penggemarnya. Sate taichan juga dibakar dalam prosesnya, hanya saja tidak sampai coklat. Untuk menikmatinya bisa dipadukan dengan irisan lontong dan juga sambal pedas yang khas. Kuliner satu ini berada di Jl. Asia Afrika dan tak pernah sepi pengunjung.

Lokasi: 6, RT.7/RW.8, Grogol Selatan, Kec. Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan.

14. Ragusa Es Italia

Ragusa Es Italia
Image Credit: Inisayadanhidupsaya.wordpress.com

Siapa yang tidak menyukai es krim? Kudapan dengan rasa yang manis dan dingin ini hingga kini banyak penggemarnya. Di Jakarta ada Ragusa Es Italia yang sudah ada dari tahun 1932. Anda juga tak perlu meragukan cita rasanya, hingga kini tempat kulineran satu ini selalu ramai pengunjung. Anda juga bisa menikmati berbagai menu menarik seperti es krim spagetinya yang paling difavoritkan oleh para pelanggannya.

Lokasi: Jl. Veteran I No.10, RT.4/RW.2, Gambir, Kec. Gambir, Kota Jakarta Pusat.

15. Sate Tulang Eldorado

Sate Tulang Eldorado
Image Credit: Ilonadea.blogspot.com

Dari namanya saja kuliner satu ini begitu unik. Tulang yang digunakan untuk membuat sate ini adalah ayam muda, tepatnya tulang bagian punggung. Sate Tulang merupakan makanan khas Banjarmasin yang bisa Anda jajal di Jakarta. Soal rasanya tidak akan membuat Anda tak berdecak kagum, karena memang sangat lezat. Anda bisa langsung berkunjung ke area parkir Apartemen wisma gading permai yang berada di Jakarta Utara.

BACA:  33 Tempat Wisata di Jakarta Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Apt, Wisma Gading Permai, Jl. Boulevard Raya No.12, RW.12, Kelapa Gading Timur, Kec. Kelapa Gading, Kota Jakarta Utara.

16. Mbah Jingkrak

Mbah Jingkrak
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Nama yang disematkan untuk tempat kulineran satu ini memang unik. Mbah Jingkrak menyediakan berbagai menu khas Jawa. Di tempat makan satu ini memiliki beberapa level pedas yang tidak boleh disantap sembarangan. Terutama untuk Anda yang tak menyukai makanan pedas. Rumah makan satu ini berada di Jl. Setiabudi, dan sangat cocok dijadikan lokasi kuliner untuk Anda.

Lokasi: Jl. Setia Budi Tengah No.11, RT.1/RW.1, Kuningan, Setia Budi, Kec. Setiabudi, Kota Jakarta Selatan.

17. Kopi Es Tak Kie

Kopi Es Tak Kie
Image Credit: Instagram.com @jacksenmenardi

Bisa dikatakan jika kuliner satu ini termasuk dalam warisan kuliner yang harus dijaga. Ketika Anda menginjakkan kaki di tempat ini , Anda akan disambut dengan interior tempo dulu. Inilah yang membuat pengunjung betah berlama lama di tempat ini. Selain kopi es, Anda juga bisa memesan minuman kopi lain yang tak kalah nikmat. Karena ada juga menu kopi susu yang akan memanjakan lidah Anda.

Lokasi: Gang Gloria, Glodok, Jl. Pintu Besar Selatan III No.4-6, RT.7/RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat.

18. Nasi Goreng Kebuli Apjay

Nasi Goreng Kebuli Apjay
Image Credit: Madamcorpp.blogspot.com

Berada di Jl. Panglima Polim Anda akan menikmati sajian kuliner yang tak terlupakan. Nasi goreng kebuli ini memiliki rempah yang kaya dengan aromanya yang mengugah. Warnaya yang kecoklatan yang akan membuat Anda tergoda untuk segera menyantapnya. Dalam satu porsi nasi goreng kebuli apjay ini disajikan dengan daging kambing pilihan yang bebas lemaknya. Bisa dipastikan menikmati makanan satu ini akan membuat Anda senang.

Lokasi: Jl. Panglima Polim IX No.18 Depan Alfa Midi No.18 RT.02/07, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan.

19. Warung Nagih

Warung Nagih
Image Credit: Zomato.com

Warung Nagih menjadi tempat kulineran favorit bagi mahasiswa maupun umum. Sebab selain memiliki rasa yang nikmat juga dibandrol dengan harga yang bersahabat. Anda bisa menikmati beberapa sajian seperti roti bakar, indomie dan berbagai snack nikmat lainnya. Begitu juga dengan minuman yang hadir dengan beragam dan terbilang lengkap. Sangat cocok untuk dijadikan tempat nongkrong.

Lokasi: Jl. Kapten Tendean No.41 2, RW.3, Kuningan Barat, Kec. Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan.

20. Gulai Tikungan Bulungan

Gulai Tikungan Bulungan
Image Credit: Tom-kuu.blogspot.com

Berada di Jakarta Selatan, Anda harus menjajal dari gulai satu ini. Menu utama dan yang paling favorit adalah menu gulainya. Kuliner satu ini disajikan dengan kuah tak terlalu kental yang terbuat dari santan. Di Gulai Tikungan Bulungan inilah, Anda bisa menikmati makanan lezat dengan harga yang terjangkau. Saking nikmatnya tak jarang para pembeli akan menambah porsi lagi.

Lokasi: Jl. Mahakam No.28, RT.11/RW.7, Kramat Pela, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan.

Menikmati berbagai kuliner di kota Jakarta tak akan membuat Anda menyesal, atau bahkan ketagihan. Beberapa tempat makan sudah ada sejak lama, sehingga rasanya sudha bisa dipastikan begitu lezat. Harga yang ditawarkan juga terbilang terjangkau sehingga sangat cocok dijadikan tempat makan bersama keluarga. Apakah Anda sudah memutuskan untuk wisata kulineran di mana?