Selain terkenal dengan wisata alam yang indah, Jambi juga memiliki wisata kuliner yang lezat dan ramah di kantong. Beragam hidangan khas yang menggugah selera bisa Anda coba saat berkunjung.

Saat berkunjung atau melewati Kota Jambi tidak afdol rasanya jika belum mencicipi sajian kuliner khas yang ada di dalamnya. Beragam sajian yang lezat dan menggugah selera ini bisa Anda temui di berbagai kawasan yang ada di kota tersebut.

Lalu dimana saja tempat untuk memperoleh sajian khas yang enak dan murah ini ? berikut 10 tempat wisata kuliner favorit yang ada di Kota Jambi.

1. Kei Kopitiam

Kei Kopitiam
Image Credit: Pariwisataku.com

Serasa tidak bosan menikmati hidangan yang ada di tempat kulineran yang satu ini. Di Kei Kopitiam terdapat menu andalan berupa nasi gemuk daging yang layak untuk Anda coba. Selain itu, Anda dapat pula sekalian berkunjung untuk ngopi sejenak di tempat tersebut. Direkomendasikan pula untuk memesan menu minuman favorit berupa susu kacang yang memiliki rasa juara. Tidak hanya itu, harga dari makanan dan minuman di dalamnya juga terjangkau.

Lokasi: Rajawali, Kec. Jambi Timur, Kota Jambi.

2. Warung Zie Gotik

Warung Zie Gotik
Image Credit: Bangiman.com

Jika Anda ingin mencoba sajian yang unik dan berbeda, maka sangat cocok untuk mengunjungi destinasi wisata kuliner yang satu ini. Karena di dalamnya terdapat banyak menu yang berani tampil beda daripada lainnya. Sebut saja menu berupa model super bahenol, tekwan mangkok, dan juga tekwan goreng pedas gila. Biasanya di warung makan ini juga selalu ramai oleh pengunjung saat tengah hari untuk makan siang.

Cara pengajian dari menu yang tersedia pun terbilang menarik. Tentu hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi orang orang yang datang berkunjung. Selain itu, masih terdapat hal lain yang menjadikan tempat ini begitu tekenal. Yakni dari segi harga menu makanan yang diberikan kepada para pengunjung. Menu makanan yang lezat tersebut bisa diperoleh dengan harga yang relatif murah dan ramah di kantong.

Lokasi: Jl. H. Adam Malik No.36, The Hok, Kec. Jambi Selatan, Kota Jambi.

3. Pondok Pindang Sarinade

Restoran Pondok Kelapo
Image Credit: Garnesia.com

Pondok Pindang Sarinade adalah tempat wisata kuliner berikutnya yang direkomendasikan bagi Anda yang berkunjung ke Kota Jambi. Dapat diketahui sebelumnya bahwa salah satu sajian kuliner khas dari Jambi adalah tempoyak. Tempoyak sendiri merupakan penganan yang memiliki bahan dari buah durian. Dengan datang ke tempat makan inilah Anda dapat menikmati sajian tempoyak legendaris di kota tersebut.

BACA:  20 Tempat Wisata di Jambi Terbaru & Paling Hits

Buah durian yang telah diproses sedemikian rupa menghasilkan sajian tempoyak yang unik dan menggugah selera. Proses fermentasi adalah salah satu hal yang akan dilakukan pada buah yang memiliki aroma tajam tersebut. Karena keunikan sajiannya tentu tempoyak di tempat ini sangt layak untuk Anda coba. Terlebih bagi Anda yang datang dari luar daerah, tentu hidangan ini dapat memberikan kesan tersendiri saat berwisata kuliner ke sini.

Lokasi: Jl. Sultan Agung No.4, Beringin, Kec. Pasar Jambi, Kota Jambi.

4. Gado Gado Bude

Image Credit: Tribunnews.com

Gado Gado Bude adalah salah satu wisata kuliner legendaris yang ada di Kota Jambi. Tempat makan ini juga tidak pernah sepi pengunjung baik dari dalam maupun luar kota. Dengan citarasa hidangan yang sedap plus harga yang ramah di kantong, tak ayal membuat tempat ini difavoritkan oleh banyak orang. Perpaduan bumbu dengan sayuran yang ada di dalam gado gado tersebut juga begitu menggugah selera dan membuat ketagihan.

Jika ingin menu gado gado istimewa, Anda dapat meminta tambahan telur pada hidangan ini. Porsi dari sajian sedap yang dijual di tempat ini juga terbilang pas untuk dinikmati saat perut tengah keroncongan. Menikmati suasana daerah Jambi di malam hari sembari menikmati sepiring gado gado lezat tentu suatu hal yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Anda tertarik untuk berkunjung ke destinasi wisata kuliner enak dan murah yang satu ini?

Lokasi: Kenali Besar, Kec. Kota Baru, Kota Jambi.

5. Nasi Goreng Sriwijaya

Nasi Goreng Sriwijaya
Image Credit: Antaranews.com

Bagi Anda pecinta nasi goreng, maka tempat makan ini sangat tepat untuk dituju selagi berada di Jambi. Tempat berupa Nasi Goreng Sriwijaya ini memiliki menu makanan sesuai dengan nama tempatnya. Di dalam nasi goreng tersebut terdapat banyak jenis isian yang akan ditambahkan. Sebut saja isian lezat berupa daging sapi, udang, ayam, dan juga telur.

Tentu dengan beragam tambahan tersebut menjadikan citarasa dari nasi goreng ini semakin juara. Salah satu kelebihan dari tempat wisata kuliner yang satu ini adalah dari porsi hidangannya. Porsi nasi goreng yang tersaji akan sangat pas bagi pengunjung yang tengah kelaparan. Menyantap nasi goreng lezat sembari menikmati momen berlibur di Kota Jambi tentu suatu hal yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

BACA:  12 Oleh-Oleh Khas Jambi yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Jendral Sudirman No. 6, The Hok, Tambak Sari, Kec. Jambi Selatan, Kota Jambi.

6. Pempek Selamat Sipin

Pempek Selamat Sipin
Image Credit: Bukalapak.com

Tidak hanya di Palembang saja, pempek juga merupakan menu andalan yang ada di kota ini. Salah satu tempat wisata kuliner yang dapat Anda tuju untuk mencari sajian tersebut adalah di Pempek Selamat Sipin. Tempat ini sendiri telah dikenal sejak puluhan tahun yang lalu dan masih eksis hingga saat ini. Menu pempek yang ada di dalamnya pun terbilang lengkap untuk dapat Anda pilih sesuai selera.

Sebut saja pempek lenjer, pempek kulit, dan juga pempek keriting. Bagi Anda yang hendak mencari oleh oleh dari Jambi, hidangan pempek ini juga sangat tepat untuk dipilih. Citarasa menu pempek tersebut tentu akan menjadikan buah tangan Anda semakin digemari. Harga menu yang ada di tempat makan ini terbilang murah jika dibandingkan dengan citarasa dan kualitas yang dimilikinya.

Lokasi: Jl. Sumantri Brojonegoro No. B5, RT 02, Kel. Payo Lebar, Kec. Jelutung, Kota Jambi.

7. Restoran Pondok Kelapo

Restoran Pondok Kelapo
Image Credit: Garnesia.com

Bagi Anda yang tengah berlibur ke Jambi dengan rombongan keluarga, maka sangat tepat untuk mampir ke tempat makan yang satu ini. Terdapat banyak kelebihan yang dimiliki oleh Restoran Pondok Kelapo tersebut. Mulai dari menu makanan yang lezat, suasana yang nyaman, dan juga harga yang relatif ramah untuk kantong. Tak ayal dengan beragam hal tersebut menjadikan restoran ini tidak pernah sepi oleh pengunjung.

Selain itu Anda bisa memilih menu yang akan menggoyang lidah karena citarasa pedas dan asamnya. Memang rasa pedas atau asam adalah citarasa khas dari masakan di kawasan tersebut. Selain itu untuk menambah kualitas momen makan bersama dengan keluarga, Anda pun dapat memilih menyantap hidangan di ruang tertentu yang tersedia. Momen santap bersama pun akan terasa semakin nikmat dengan hal tersebut.

Lokasi: Jl. Hayam Wuruk No.1, Jelutung, Kec. Jelutung, Kota Jambi.

8. Roemah Keboen

Roemah Keboen
Image Credit: PergiKuliner.com

Jika Anda ingin mencoba menikmati santapan lezat dengan konsep yang alami, maka Roemah Kebun adalah sebuah pilihan yang tepat. Di tempat makan ini terdapat banyak pondok saung yang digunakan untuk lesahan para pengunjungnya. Lalu di sekeliling pondok tersebut terdapat kolam ikan yang menambah sejuk suasana. Kesan dekat dengan alam pun tercipta karena dekorasi di tempat makan ini.

BACA:  20 Tempat Wisata di Jambi Terbaru & Paling Hits

Dengan konsep yang dimilikinya, tempat makan ini juga sangat tepat untuk wisata kuliner keluarga. Anak anak pun akan memperoleh hiburan dengan kebaradaan kolam ikan di sekelilingnya. Banyak menu makanan yang dapat Anda pilih dengan datang ke Roemah Kebun ini. Namun karena sangat ramai oleh pengunjung, sebaiknya Anda melakukan booking tempat terlebih dahulu sebelum datang ke tempat makan andalan ini.

Lokasi: Jl. Kopral umar rt.33 Kel, Paal Merah, Kec. Jambi Selatan, Kota Jambi.

9. Aroma Cempaka

Aroma Cempaka
Image Credit: Tripadvisor.com

Tempat makan bernama Aroma Cempaka memang diketahui tidak pernah sepi pengunjung. Terdapat banyak alasan mengapa hal tersebut dapat terjadi. Seperti misalnya karena menu makanan yang beragam, ditambah dengan kisaran harga makanan yang bersahabat. Tentu kelebihan ini menjadikan tempat makan tersebut difavoritkan oleh banyak orang. Penduduk lokal pun seringkali juga datang ke rumah makan yang satu ini.

Ciri khas dari menu makanan yang dijual di dalamnya juga menjadi magnet tersendiri untuk para calon pengunjung. Karena menu yang dijual adalah masakan khas Minang yang memiliki rasa dan aroma yang lezat. Jenis makasan ini juga telah terkenal di berbagai daerah lainnya yang ada di tanah air. Bumbu rempah khas tanah air pun begitu terasa saat menyantap sajian kuliner yang ada di rumah makan Aroma Cempaka ini.

Lokasi: Jl. Jend. Basuki Rahmat No.68, Paal Lima, Kec. Kota Baru, Kota Jambi.

10. Kantin Sari Indah

Kantin Sari Indah
Image Credit: Infosadayana.blogspot.com

Banyak sajian lezat yang dapat Anda temui saat berkunjung ke tempat makan ini. Sebut saja ayam panggang dan juga gulai ikan nila. Bahkan terdapat pula jangek kuah yang ada di dalamnya dan sangat direkomendasikan untuk Anda coba. Terdapat pula paket nasi bungkus dengan beragam lauk yang dijual di kisaran harga yang sangat terjangkau. Biasanya di jam makan siang, banyak pula pekerja yang datang ke Kantin Sari Indah ini untuk mengisi perut.

Lokasi: Jl. Gatot Subroto No.84, Sungai Asam, Kec. Pasar Jambi, Kota Jambi.

Terdapat banyak tempat untuk berwisata kuliner di Kota Jambi. Jenis menu yang dijual juga sangat beragam. Mulai dari gado gado, nasi goreng, tempoyak, dan juga pempek. Dengan harganya yang terjangkau juga tidak menurunkan kualitas dan citarasa makanan yang ada. Tak ayal hal tersebut menjadikan banyak orang berbondong bondong untuk mencoba hidangan di dalamnya. Dari ulasan ini, mana tempat yang akan Anda tuju pertama kali?