Berlibur ke Jayapura rasanya kurang lengkap jika tidak mencoba kuliner khasnya yang terkenal lezat. Disajikan dengan harga yang ramah dikantong, sajian kuliner Jayapura pastinya akan membuat lidah bergoyang.

Jayapura termasuk wilayah yang terkenal dan ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah, baik lokal maupun mancanegara. Tidak hanya segudang wisata alamnya saja yang menawan, tetapi pengunjung juga bisa mencicipi aneka kuliner khas dan lezat dengan harga yang terjangkau.

Penasaran wisata kuliner apa saja yang bisa dikunjungi? Berikut rekomendasi tempat kulineran favorit di Jayapura yang bisa Anda pilih.

1. Duta Cafe Lesehan Atas Laut

Duta Cafe Lesehan Atas Laut
Image Credit: Google Maps (Mohammad Surya)

Daerah yang dikenal dengan wisata baharinya, Jayapura menyajikan berbagai hidangan laut yang segar, dimana salah satunya dapat ditemukan di Duta Cafe Lesehan Atas Laut. Sembari menikmati hidangan laut yang lezat, Anda juga bisa melihat keindahan birunya air laut. Pasalnya, tempat ini berada di dekat pantai yang menawan.

Salah satu menu andalan yang patut Anda coba adalah ikan goreng bumbu rica – rica. Banyak pelancong yang memilih hidangan ini sebagai pilihan kuliner utama ketika mengunjungi restoran yang satu ini. Harganya yang tidak merogoh kocek terlalu dalam, membuat Anda dapat memesan berbagai jenis makanan dengan bebas.

Lokasi: Jl. Kelapa 2 No.18, Entrop, Kec. Jayapura Selatan, Kota Jayapura.

2. Rumah Laut Cafe & Restoran

Rumah Laut Cafe & Restoran
Image Credit: Google Maps (Dendy Yulius)

Untuk menikmati sajian laut yang nikmat, Anda dapat berkunjung ke salah satu rumah makan yang ada di Jalan Koti, Numbai, Jayapura. Wisata kuliner yang bernama Rumah Laut Cafe & Restoran ini menyajikan makanan khas Jayapura seperti Papeda dan Kuah Ikan Kuning. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa menikmati olahan laut lainnya dan makanan oriental.

Bagi wisatawan muslim, Anda tidak usah khawatir karena semua makanan di sini sudah dijamin kehalalannya. Selain itu, Anda bisa menjadikannya sebagai spot foto menarik karena letaknya yang di pinggir laut. Terlebih saat memasuki waktu senja, Anda bisa menyaksikan lanskap kota Jayapura yang indah ditemani dengan hidangan lezat dan nikmat.

Lokasi: Jl. Koti, Numbai, Kec. Jayapura Selatan, Kota Jayapura.

3. Yougwa Restaurant

Yougwa Restaurant
Image Credit: Google Maps (Sherine Aquila Attar)

Jika Anda berwisata ke sekitar daerah Danau Sentani, jangan lupa mampir ke Yougwa Restaurant. Letaknya yang berada di pinggir danau membuat Anda tak usah bingung mencari wisata kuliner yang nyaman dan enak. Yogwa Restaurant mengadaptasi konsep casual dining, sehingga sangat cocok bagi Anda yang datang bersama dengan keluarga.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Sorong yang Murah & Enak

Restoran ini merupakan surganya pencinta seafood. Sebab, berbagai olahan hidangan ikan disajikan sebagai menu pilihan utama. Namun, tak hanya berbagai olahan ikan saja, Anda juga bisa menikmati cumi – cumi atau udang. Jika ingin mencicipi hidangan lokal, Anda bisa memesan Papeda yang dilengkapi ikan kuah kuning dan cah kangkung dengan harga yang tidak menguras kantong.

Lokasi: Jl. Raya Abepura – Sentani, Asei Kecil, Kec. Sentani Timur, Kota Jayapura.

4. So Yummy Bakery & Cafe Jaya pura

So Yummy Bakery & Cafe Jaya pura
Image Credit: Google Maps (Raja Hasayangan)

Ketika ingin bersantai setelah lelah berjalan jalan di berbagai tempat wisata, Anda bisa memilih So Yummy Bakery & Cafe sebagai tempat alternatif. Lokasinya yang tidak jauh dari Danau Sentani, membuat Anda tidak usah khawatir mencari tempat yang cocok untuk nongkrong atau sekedar bersantai.

Kafe yang memiliki suasana yang nyaman ini akan membuat Anda betah berlama lama jika berada di sini. Seperti namanya, produk utama yang dijual di cafe ini adalah berbagai olahan roti yang lezat. Tetapi, jika Anda ingin menikmati makanan khas Papua atau masakan dari Asia, Amerika dan Eropa, So Yummy juga menyediakannya dengan harga relatif terjangkau.

Lokasi: Jl. Pacific Permai No.B3, Bayangkara, Kec. Jayapura Utara, Kota Jayapura.

5. Pit’s Corner

Pits Corner
Image Credit: Google Maps (Pit’s Corner)

Wisata kuliner yang bisa Anda kunjungi selanjutnya adalah Pit’s Corner. Tempat yang satu ini berkonsep modern minimalis dengan bermacam menu hidangan. Anda bisa menikmati makanan khas nusantara, seperti nasi goreng ketika berada di sini. Menariknya, Pits Corner juga menyediakan beragam menu minuman berupa kopi.

Bagi Anda yang mengaku pencinta kopi, belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi racikan kopi khas Pits Corner. Berbagai jenis kopi tersedia, termasuk kopi asli dari Pegunungan Wamena dan Jayawijaya. Dijamin rasa dan kenikmatan kopi tidak bisa ditemukan di daerah lainnya.

Selain itu dapurnya yang berkonsep open kitchen ini memungkinkan pengunjung melihat langsung proses pembuatan kopi. Dimulai dari pemilihan biji kopi, pengovenan, penggilingan, hingga penyaringan bisa Anda saksikan secara langsung. Anda bisa menikmati hidangan nusantara ditemani secangkir kopi asli Papua ini.

Lokasi: Jl. kasuari no.2 Dok V Atas, Mandala, Kec. Jayapura Utara, Kota Jayapura.

6. B – One Restaurant & Karaoke

B - One Restaurant & Karaoke
Image Credit: Tripadvisor.com

Jika Anda berada di sekitar Taman Mesran Jayapura, jangan sampai melewatkan tempat kuliner yang satu ini. B – One Restaurant & Karaoke ini menyajikan konsep yang unik. Pasalnya, dalam satu restoran juga ada tempat hiburan yaitu Karaoke. Sedangkan menu favorit yang biasanya dipilih pengunjung adalah ikan bumbu kuning dan ikan goreng.

BACA:  15 Tempat Wisata di Jayapura Terbaru & Paling Hits

Tempat makan ini menjadi salah satu restoran terbaik untuk mencoba kuliner khas Papua bersama keluarga tersayang. Bukan hanya sekedar menyajikan hidangan khas lezat, tetapi pengunjung di sini dapat menikmati kenyamanan restoran karena konsepnya yang begitu unik.

Lokasi: Jl. Koti, Numbay, Kec. Jayapura Selatan, Kota Jayapura.

7. Rumah Makan Nusantara

Rumah Makan Nusantara
Image Credit: Google Maps (andronikus ronnie)

Bagi Anda yang ingin mencicipi kelezatan kuliner dari olahan hasil laut Jayapura, maka berkunjung ke Rumah Makan Nusantara menjadi solusi yang tepat. Tempat ini menyajikan berbagai macam menu hidangan laut yang bisa dipilih sesuai selera, dan tentunya lezat untuk disantap.

Menu makanan yang terkenal adalah ikan goreng dan tumis kangkung yang dimasak menggunakan teri kecil. Tidak berhenti di situ saja, olahan ikan disajikan dengan sambal korek khas Jayapura untuk menambah cita rasa khas yang tentunya menggugah selera. Untuk menikmati makanan ini, harga menu yang tersedia mulai dari 50 ribu rupiah saja.

Lokasi: Bayangkara, Kec. Jayapura Utara, Kota Jayapura.

8. Pace TAN Kopi Tiam

Pace TAN Kopi Tiam
Image Credit: Google Maps (Basuki Rahmat)

Bagi pelancong yang sedang melenggang di Jayapura, Anda wajib mampir ke Pace TAN Kopi Tiam. Tidak seperti kafe pada umumnya, di sini Anda akan disuguhkan berbagai menu kopi yang siap menemani liburan dengan pemandangan yang menawan. Namun, tidak usah khawatir soal harga, secangkir kopi Pace TAN Kopi Tiam dipatok tarif yang terjangkau.

Lokasi: Jl. Pasifik Permai Blok B no 15, Bayangkara, Kec. Jayapura Utara, Kota Jayapura.

9. Cirita Restaurant

Cerita Restaurant
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Ketika bertandang ke Papua kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi hidangan kasnya, yaitu papeda. Untuk itu, Anda bisa mengunjungi Cirita Restaurant yang ada di Jalan Soa Siu Jayapura. Menu lainnya yang bisa dipesan adalah ikan kakap merah kuah kuning ditemani tumis bunga pepaya. Harga yang dibanderol juga tidak menguras kantong hanya sekitar 60 ribu sampai 100 ribu saja.

Lokasi: Jl. Soa Siu, Kec. Jayapura Utara, Kota Jayapura.

10. Socialicious Café

Socialicious Café
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Bagi Anda yang ingin tempat makan yang bertema modern, Socialicious Cafe bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, kafe ini menyajikan berbagai jenis kopi dan makanan ringan dengan tempat yang nyaman. Untuk menu andalan yang bisa dipesan di sini adalah nasi goreng hitam dengan cita rasa khas seafood yang lezat.

Lokasi: Pasifik Permai, Kec. Jaya Pura Utara, Kota Jayapura.

11. Dante Coffee

Dante Coffee
Image Credit: Google Maps (Dante Coffee)

Karena Papua ditumbuhi subur dengan tumbuhan kopi, hal ini membuat banyak sekali kafe yang menjual kopi. Salah satu yang bisa Anda kunjungi adalah Dante Coffee. Berbagai menu kopi dijual di sini seperti espresso, caffee latte, dan mocha. Ada juga kudapan yang bisa dipesan seperti roti bakar dan donat dengan harga yang murah, hanya sekitar 50 sampai 100 ribu saja.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Jayapura yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Pasifik Permai Blok H3-H5, Dok II, Bayangkara, Kec. Jayapura Utara, Kota Jayapura.

12. Waroeng Kopi Phoenam

Waroeng Kopi Phoenam
Image Credit: Twitter.com @phoenamjpr

Ada lagi tempat untuk bersantai yang cocok bagi pecinta kopi, yaitu Waroeng Kopi Phoenam. Di sini Anda bisa memesan berbagai macam menu kopi beserta hidangan khas Papua seperti ikan kuah kuning dan lainnya. Menu yang ditawarkan juga tidak berhenti sampai di situ saja, masih ada kuliner nusantara yang bisa dipesan seperti nasi goreng dan soto.

Lokasi: Bayangkara, Kec. Jayapura Utara, Kota Jayapura.

13. Mujair Bakar Yudisyah Kotaraja

Mujair Bakar Yudisyah Kotaraja Jayapura
Image Credit: Google Maps (Maani Maruapey)

Jika Anda ingin menikmati kuliner khas dari hasil air tawar, sebaiknya mengunjungi Mujair Bakar Yudisyah Kotaraja. Seperti namanya, tempat makan ini menawarkan olahan Mujair sebagai menu utamanya. Untuk menyantap satu ekor mujair dengan ukuran besar, pengunjung hanya perlu merogoh kocek sekitar 75 ribu saja.

Lokasi: Wai Mhorock, Kec. Abepura, Kota Jayapura.

14. Waroeng Pojok

Waroeng Pojok
Image Credit: Google Maps (Made Wijana)

Seperti namanya, tempat makan ini berada di pojok salah satu mall yang ada di Jayapura. Selain konsep nama yang unik, menu yang ditawarkan juga beragam. Anda bisa memesan olahan hidangan laut seperti udang asam manis, ikan kuah kuning, aneka ikan goreng, cumi – cumi, dan udang.

Namun jika Anda tidak bisa menikmati olahan laut, tidak usah khawatir. Karena di sini disediakan berbagai menu olahan nusantara seperti nasi goreng, ayam goreng dan menu lainnya. Untuk menyantap makanan di Waroeng Pojok Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar 45 ribu hingga seratus ribu rupiah.

Lokasi: Bayangkara, Kec. Jayapura Utara, Kota Jayapura.

15. Cartensz Swiss-Cafe

Cartenz Swiss-Cafe
Image Credit: Google Maps (Kafe Carstensz)

Karena Jayapura banyak dikunjungi oleh berbagai wisatawan luar daerah hingga mancanegara, tidak heran jika banyak sekali kafe yang bertebaran di kota yang satu ini. Salah satu yang bisa dikunjungi adalah Cafe Carstensz. Tempat ini menyajikan menu hidangan seperti nasi goreng, olahan kopi, dan aneka kudapan manis bisa dipesan di sini.

Lokasi: Jl. Kelapa 2, Entrop, Kec. Jayapura Selatan, Kota Jayapura.

Setelah puas mengelilingi Kota Jayapura, jangan sampai lupa untuk mengisi perut dengan mengunjungi sejumlah wisata kuliner nikmatnya. Berbagai macam menu masakan khas Papua dengan cita rasa khas, membuat wisatawan yang mencicipinya akan dibuat ketagihan untuk menyantapnya. Tak perlu menguras kantong, karena hidangan ini dipatok dengan harga yang terjangkau.