Jember di Jawa Timur memiliki segudang kuliner yang membuat perjalanan rasa semakin seru. Tersedia banyak makanan unik yang terkenal lezat bisa dipilih.Anda bisa langsung saja berkunjung ke beberapa wisata kuliner di Jember yang paling direkomendasikan.

Mencicipi cita rasa kuliner Nusantara menjadi salah satu agenda yang begitu menarik.Anda bisa mengetahui ciri khas dari setiap daerah di Indonesia yang pastinya berbeda. BagiAnda yang berniat untuk liburan atau singgah di kota Jember dalam waktu dekat, berikut beberapa tempat kulineran di Jember yang sudah terkenal enak dan murah.

1. Bubur Ayam Hj. Sundari

Bubur Ayam Hj. Sundari
Image Credit: Google Maps (Yeni Maestari)

Menikmati bubur ayam saat pagi hari memang memberikan kenikmatan tersendiri. Di JemberAnda bisa menikmati bubur ayam legendaris di Bubur Ayam Hj. Sundari. Awalnya rumah makan satu ini memiliki pusat di Surabaya. Kemudian membuka cabang di Jember dan sudah ada sejak tahun 1988. Sehingga soal rasa tidak perlu diragukan lagi akan rasanya.

Tidak hanya menyediakan menu bubur ayam,Anda juga bisa menemukan menu lainnya. Muldia dari bakwan, pangsit, rawon, soto ayam hingga nasi kare. Meskipun Bubur Ayam tempat satu ini memang menjadiAndalannya. Selain memiliki rasa yang nikmat, harga yang ditawarkan pada menunya juga terbilang ramah kantong yakni mulai Rp. 8 ribuan.

Lokasi: Jl. Teuku Umar No. 30, Tegal Besar Wetan, Kec. Sumbersari, Kab. Jamber.

2. Pecel Bu Darum

Pecel Bu Darum
Image Credit: Google Maps (The Viro Music Course)

Pecel menjadi kuliner di Indonesia yang begitu banyak dijumpai di Indonesia. Kuliner dengan bahan sayuran ini memang menjadi idola banyak orang. UntukAnda yang ingin menikmati pecel di Jember,Anda bisa menuju Pecel Bu Darum. Tempat satu ini memang menjadi wisata kuliner di Jember yang legendaris dan sayang untukAnda lewatkan.

Dari luar, memang tampilan rumah makan ini sudah modern. Tetapi begituAnda masuk ke dalamAnda akan disuguhkan dengan perabotan dan interior yang klasik. Membuat siapapun yang berada di warung ini seakan akan di bawa ke masa lampau. Dalam sajian pecelnya, dalam satu porsi akan disajikan dengan nasi putih yang ditambahkan dengan sayuran.

Setelah itu akan disiram dengan menggunakan bumbu pecel yang khas. Menariknya, pecel satu ini menggunakan lauk berupa empal yang membuatnya begitu unik. Barulah nanti akan ditaburkan dengan peyek kacang sehingga rasanya makin nikmat. Selain itu,Anda juga bisa menikmati nasi pecel dengan kuah kari yang unik.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Pacitan yang Murah dan Enak

Para pengunjung juga bisa memilih lauk apa yang akan dihadirkan dalam piringnya, mengingat ada banyak lauk yang bisa dijadikan pilihan.Anda juga bisa menemukan menu lain yang tak kalah nikmat. Tempatnya yang nyaman, rasa menu yang nikmat, ternyata tak membuat harganya mahal. Satu porsi pecel ini dibanderol mulai Rp. 15 ribuan saja.

Lokasi: Jl. Gajah Mada No.23, Jember Kidul, Kec. Kaliwates, Kab. Jamber.

3. Soto Ayam Dahlok

Soto Ayam Dahlok
Image Credit: Google Maps (Andi Nur Arief wibowo)

PerjalananAnda menjelajah rasa di Jember memang belum berakhir. Kini saatnyaAnda mencicipi citarasa sotoAndalan di Jember. Dan tempat makan yang bisaAnda kunjungi adalah Soto Ayam Dahlok. Soto ini termasuk jajaran tempat makan legendaris di Kota Jember. Sehingga sangat sayang rasanya jika tidak mencobanya.

MenuAndalan di tempat satu ini tentunya soto ayam yang diracik dengan resep yang khusus. Terdapat beberapa pilihan menu soto yang bisaAnda pilih, yakni soto ayam biasa, soto ayam spesial dan soto ayam jeroan. Hampir semua yang dihadirkan memang membuat lidah bergoyang. Mengingat warung soto ini sudah berdiri dari tahun 1958.

Dalam sajian soto ayam ini,Anda akan dihadirkan satu porsi soto ayam lengkap dengan nasi putih. Kemudian akan disiram dengan menggunakan kuah kaldu yang lezat dan segar. Yang membuat nasi soto ini unik, dalam penyajiannya tidak menggunakan koya. Melainkan ditambahkan dengan taburan bawang goreng melimpah.

Lokasi: Jl. Kepatihan, Kaliwates, Kec. Kaliwates, Kab. Jamber.

4. Warung Gudeg dan Pecel Lumintu

Image Credit: Google Maps (Jamie Liu)

Warung makan selanjutnya yang tak pernah sepi pengunjung adalah Warung Gudeg dan Pecel Lumintu. Sudah ada sejak tahun 1980, tempat satu ini terbilang yang paling terkenal di Jember. Untuk menuju tempat ini,Anda harus terlebih dahulu melewati gang sempit terlebih dahulu. Karena rasanya sudah terkenal, tempat satu ini tetap diburu pecinta kuliner.

Apalagi warung ini juga tidak membuka cabang, sehingga semua yang ingin merasakan nikmatnya harus mengunjungi warung utamanya. Menu yang disediakan adalah nasi pecel dan nasi gudeg sebagai menu utamanya. Tapi terdapat juga menu nasi campur yang merupakan campuran nasi pecel dan gudeg. Harga menunya juga tidak akan membuat kantong jebol.

Lokasi: Jl.  Kerta Negara No.33, Jember Kidul, Kec. Kaliwates, Kab. Jamber.

5. Angkringan Joglo 130

Angkringan Joglo 130
Image Credit: Google Maps (Angkringan Joglo 130)

Di JemberAnda bisa menikmati menu angkringan di Angkringan Joglo 130 yang sangat cocok untuk jadi tempat wisata kuliner selanjutnya. Warung satu ini termasuk yang terkenal memiliki harga yang ramah kantong. Selain itu, menu yang ditawarkan juga begitu lengkap. BegituAnda masuk,Anda akan menemukan berbagai jenis lauk yang bisa dipilih nantinya.

BACA:  20 Tempat Wisata di Jember Terbaru & Paling Hits

Lauk mulai dari telur puyuh, tempe bacem dan lainnya memang sangat cocok sebagai pendamping nai kucing. Makanan pendamping juga bisaAnda temukan, yakni ketan bubuk yang tak kalah nikmat. Tempat angkringan ini sangat cocok sebagai tempat kuliner sekaligus nongkrong. Mengingat Angkringan Joglo buka hingga jam 23.00 WIB.

Lokasi: Jl. Letjen Panjaitan No.130, Kebonsari, Kec. Sumbersari, Kab. Jamber.

6. Sate P. Malud

Sate P. Malud
Image Credit: Google Maps (Jhon Ri)

Menginginkan sate ketika berada di Jember,Anda bisa langsung melajukan kendaraanAnda menuju Sate P. Malud. Di tempat ini,Anda tidak akan menemukan daging kambing yang bau atau alot. Inilah alasan mengapa banyak orang yang berhati hati dalam memilih tempat yang mengolah sate. Karena selain kualitas daging, cara pengolahan juga menjadi faktor penentunya.

Di Sate Pak Malud, proses pengolahannya menggunakan resep rahasia. Dengan begitu dagingnya tidak berbau dan juga memiliki tekstur yang lembut. Bukan hanya bisa menikmati sate kambing dengan bumbu kacang yang nikmat,Anda juga bisa memilih gulai kambing yang begitu gurih. Tak heran jika pelanggannya tak pernah kecewa, apalagi harganya juga ramah kantong.

Lokasi: Jl. Trunojoyo No.100, Tembaan, Kepatihan, Kec. Kaliwates, Kab. Jamber.

7. Warunge Mbok

Warunge Mbok
Image Credit: Google Maps (paerah channel)

Menginjakkan kaki di kota Jember rasanya belum lengkap jika tidak sekalian menjajal kuliner satu ini. Warunge Mbok adalah tempat yang cocok untukAnda yang gemar menikmati seafood. Berbagai olahan laut bisaAnda temukan di tempat satu ini. Dimana di antara semua menunya, kepiting goreng menjadi menuAndalan dari Warunge Mbok ini.

Kepiting yang segar akan diolah dengan menggunakan rempah alami. Dengan begitu tidak ada rasa amis dari kepitingnya. Bahkan bisa mengeluarkan aroma yang membuat siapapun tergoda untuk mencicipinya. Harga yang ditawarkan untuk menu menu di Warunge Mbok ini juga tidak akan akan membuat kantongAnda jebol.

Lokasi: Jl. Raya Semboro, Kec. Semboro, Kab. Jamber.

8. LiDoy Kitchen

LiDoy Kitchen
Image Credit: Google Maps (Yunia Triningrum)

Mengusung slogan ‘Sekali Suap Susah Berhentinya’, memang sangat cocok untuk tempat kulineran satu ini. Pasalnya, menu menu yang dihadirkan sudah terbukti mampu membuat lidah siapapun bergoyang. Hingga rasanya susah untuk berhenti menikmati setiap sajian yang dihadirkan. Menu menu yang dihadirkan kebanyakan menu dari olahan ayam.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Mojokerto yang Paling Populer

Ayam akan diolah dengan berbagai cara pengolahan dan juga bumbu yang berbeda. Dari berbagai menu yang dihadirkan, ayam menteganya adalah yang paling favorit. Kendati demikian, menu lainnya juga sangat sayang untuk dilewatkan. Lokasinya yang dekat dengan pusat kota menjadikan tempat satu ini begitu mudah dijangkau.

Sekalipun tempatnya sederhana, tetapi rasa yang disajikan akan membuat lidah siapapun berkesan. Hal inilah yang menjadikan tempat makan satu ini tak pernah sepi pengunjung. Apalagi, harga menu yang ditawarkan masih termasuk ramah kantong. Tempat makan satu ini sangat cocok untuk menikmati kuliner nikmat bersama dengan keluarga.

Lokasi: Jl. Langsep III Lingk No.08, Perumnas, Kec. Patrang, Kab. Jamber.

9. Resto Legian

Resto Legian
Image Credit: Google Maps (Billy Rianto)

Perjalanan rasaAnda di Jember memang belum akan berakhir. Masih ada tempat kulineran yang sangat sayang untukAnda lewatkan. Langsung saja menuju ke Resto Legian yang menjadi idola bagi para pecinta kuliner. Apalagi bagi para pecinta seafood, wajib untuk mencicipi cita rasa yang dihadirkan dalam setiap resepnya.

Sebenarnya,Anda tidak hanya bisa mencicipi menu seafoodnya. Karena ada banyak menu lainnya yang tak kalah menggoda. Menu mulai dari sup Buntut, Bihun Goreng, Olahan ayam dan lainnya bisaAnda coba. Tempat makan ini sangat nyaman dan cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Untuk harganya sebanding dengan rasa yang ditawarkan.

Lokasi: Jl. Gajah Mada No.234, Kaliwates, Kec. Kaliwates, Kab. Jamber.

10. Mie Rama

Mie Rama
Image Credit: Google Maps (Ben Wijaya)

Penduduk Indonesia termasuk dalam jajaran masyarakat yang menggemari mie. Baik mie instan maupun mie ayam memang sangat mudah ditemukan di tanah air. Saat sedang berada di Jember, pastikan untuk tidak melewatkan cita rasa Mie Rama yang begitu kondang. Tempat makan sederhana ini memang mampu hadirkan rasa bintang lima.

Mie Rama sudah ada sejak tahun 1969 dengan rasa mie pangsit yang membuat siapapun ketagihan. Memiliki tekstur mie yang begitu lembut, bumbu yang gurih dengan tambahan daging ayam cincang melimpah memang membuat siapapun tergoda. Tidak perlu khawatir soal harga, harga yang ditawarkan tak akan membuat dompetAnda jebol.

Lokasi: Jl. Kartini VIII No.6, Kartini, Kec. Sawah Besar, Kab. Jamber.

Itulah beberapa tempat wisata kulineran di Jember yang wajib dikunjungi untuk menikmati sajian lezat. Memang masih ada tempat makan lainnya yang juga menawarkan banyak menu beragam. Tetapi yang sudah disebutkan merupakan tempat makan legendaris dengan rasa yang tak pernah berubah. Jadi, tempat mana yang akanAnda kunjungi terlebih dahulu?