Jepara yang menjadi tempat kelahiran RA Kartini ternyata menyimpan segudang kuliner khas dengan cita rasa yang lezat. Inilah rekomendasi tempat wisata kuliner di Jepara yang terkenal dan wajib Anda kunjungi.

Berwisata dan menjelajah Jepara memang tak lengkap apabila Anda tidak mencicipi beberapa makanan khas yang ada disini. Hal tersebut dikarenakan kota yang berada di Jawa Tengah tersebut menyimpan banyak sekali wisata kuliner dengan cita rasa yang mampu menggugah selera. Penasaran apa saja? Berikut daftar tempat kuliner di Jepara yang bisa Anda pilih untuk menikmati hidangan lezat.

1. Rumah Makan Cipto Roso

Rumah Makan Cipto Roso
Image Credit: Google Maps (Untung Supardi)

Mencicipi hidangan khas yang ada di kota tertentu sudah pasti menjadi hal yang harus Anda coba. Tak terkecuali ketika Anda berkunjung ke Jepara. Disini, Anda bisa menemukan salah satu kuliner enak nan unik yang tidak bisa Anda lewatkan begitu saja. disebut dengan pindang serani, makanan satu ini sangat mudah Anda jumpai ketika sedang menjelajah kota Jepara.

Salah satu rumah makan terkenal yang menyajikan menu ini adalah Rumah Makan Cipto Roso. Kuliner khas kota Jepara ini memiliki perpaduan rasa yang unik. Rasa manis, pedas dan asamnya akan bisa Anda rasakan hanya dengan satu menu. Tentu saja, akan menjadi masakan yang sangat segar jika Anda mencicipinya di siang hari.

Pindang serani sendiri adalah salah satu makanan khas yang berbahan dasar ikan. Diberikan bumbu kuah yang khas, tentunya akan membuat masakan satu ini berbeda dengan yang lain. Umumnya, makanan satu ini dibuat dengan ikan yang masih segar sehingga akan memiliki tekstur dan rasa yang lezat.

Lokasi: Jl. Doktor Sutomo, Jobokuto, Kauman, Kec. Jepara, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

2. Sate Mak Lampir

Sate Mak Lampir
Image Credit: Instagram.com @bangsri_terkini

Jika dilihat dari namanya, mungkin kesan seram yang ada di benak Anda. Akan tetapi, makanan yang disediakan oleh warung ini sebenarnya merupakan sate dengan rasa yang super pedas. Terdapat beberapa daging yang bisa Anda pilih untuk menyantap kuliner satu ini. mulai dari daging ayam, daging kambing hingga daging sapi.

Perpaduan bumbu kacang dan juga kecap yang ada pada masakan ini membuat rasanya menjadi semakin lezat. Selain itu, dalam penyajiannya juga ditambahkan dengan tomat, bawang merah goreng dan juga daun bawang. Pastinya Anda pun akan lahap menikmatinya jika disandingkan dengan nasi putih.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Boyolali yang Paling Populer

Lokasi: Kedungleper III, Kedungleper, Kec. Bangsri, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

3. Rumah Makan H. Ismun

Rumah Makan H. Ismun
Image Credit: Google Maps (danar rock’n roll)

Wisata kuliner berikutnya yang bisa Anda coba ketika berada di Jepara adalah Rumah Makan H.Ismun. rumah makan ini menjadi salah satu tempat yang cukup legendaris bagi warga Jepara dan juga sekitarnya. Bahkan banyak pelancong yang berasal dari luar kota pun telah akrab dengan warung satu ini.

Hal tersebut lantaran Rumah Makan H.Ismun menyediakan berbagai macam menu dengan rasa yang super enak. Selain itu, terdapat banyak pilihan makanan yang bisa Anda cicipi ketika berada di rumah makan ini. sebut saja seperti soto, rawon, ayam goreng hingga nasi rames pun tersedia di rumah makan tersebut.

Ditambah lagi, harganya yang lumayan terjangkau dan tidak menguras kantong membuat Anda bisa kalap ketika bersantap disini. Warung ini biasanya ramai oleh pengunjung yang sedang melakukan perjalanan ke Kudus maupun sebaliknya. Hal ini dikarenakan letaknya yang berada di area jalan raya Jepara – Kudus membuatnya banyak dikenal oleh wisatawan.

Lokasi: Jl. Raya Jepara – Kudus No.212, Margoyoso II, Margoyoso, Kec. Kalinyamatan, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

4. Pecel Horog Horog DPD Golkar

Pecel Horog Horog DPD Golkar
Image Credit: Google Maps (airlangga avryansyah)

Pecel merupakan salah satu makanan khas yang ada di Indonesia dengan berbagai macam variasinya. Di setiap daerah, pastinya Anda akan menemukan pecel dengan beragam tampilan dan nama yang berbeda. Salah satunya yang bisa Anda temui di Jepara ini dengan nama pecel horog horog.

Kulupan atau makanan yang terdiri dari beberapa sayuran ini memiliki rasa yang sangat lezat. Tak mengherankan banyak orang yang mencarinya sebagai menu untuk sarapan. Di Jepara sendiri, pecel yang disajikan juga dilengkapi dengan lontong dan juga taburan bumbu kacang yang sangat banyak. Tentu saja akan membuat rasanya menjadi semakin lebih nikmat.

Lokasi: Jl. Sunan Mantingan, Tegalsambi, Mantingan, Kec. Tahunan, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

5. Sate Kerbau H. Darno Shopping Centre

Sate Kerbau H. Darno Shopping Centre
Image Credit: Facebook.com @ita.yulisetiyowati

Wisata kuliner selanjutnya yang bisa Anda pilih adalah sate kerbau. Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Jepara, wajib hukumnya untuk mencicipi hidangan satu ini. dengan memiliki cita rasa yang gurih dan daging kerbau empuk tentu saja akan membuat Anda ketagihan meskipun baru pertama kali mencoba.

Karena dagingnya yang lembut nan empuk, membuat siapa saja masih bisa menikmatinya termasuk orang tua. Anda bisa menyantap menu satu ini dengan menggunakan tambahan lontong agar lebih kenyang. Sate ini juga disajikan sama dengan sate yang lain yakni menggunakan bumbu kacang dan juga tambahan kecap manis yang membuat Anda ingin tambah lagi.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Kebumen yang Murah & Enak

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No.22a, Jobokuto II, Jobokuto, Kec. Jepara, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

6. Sop Udang Senenan

Sop Udang Senenan
Image Credit: Google Maps (Layar Tancap)

Apabila Anda sedang berada di Jepara dan ingin untuk mencari makanan yang berkuah, maka sop udang senenan adalah pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan restoran tersebut menyediakan menu sop udang yang sangat khas dari kota Jepara. Sehingga akan memiliki rasa yang enak dibandingkan dengan lainnya.

Ketika Anda menyantap sop satu ini, maka Anda pun akan disuguhkan dengan udang goreng yang melimpah. Ditambah lagi, Anda juga akan menikmati sop yang terbuat dari kaldu udang. Tentu saja, hal ini akan berbeda dengan sop lain yang umumnya memiliki kaldu ayam maupun kaldu sapi.

Lokasi: Jl. Wahid Hasyim No.151, Rw. IV, Potroyudan, Kec. Jepara, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

7. Rumah Makan Lumintu

Rumah Makan Lumintu
Image Credit: Instagram.com @deasy.jkim

Perjalanan wisata kuliner selanjutnya saat berada di Jepara, Anda wajib mampu ke Rumah Makan Lumintu untuk mencicipi hidangannya yang lezat dan bervariasi. Disini, Anda akan disuguhkan dengan makanan dan menu yang sebagian besar merupakan olahan hasil laut. Diracik dengan bumbu yang khas, tentunya akan menghasilkan rasa yang enak.

Ada beberapa menu yang wajib untuk Anda cicipi ketika berada di rumah makan ini. diantaranya adalah cumi lada hitam, pindang serani, hingga ikan bakar dan juga menu olahan lainnya yang menggugah selera. Anda pun bisa memilihnya sesuai dengan yang Anda inginkan. Untuk soal rasa tak perlu diragukan lagi karena sangatlah enak.

Lokasi: Jl. AE Suryani No. 01, Bulu, Jepara, Rw. III, Bulu, Kec. Jepara, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

8. Rengkot Buyut Restoran

Rengkot Buyut Restoran
Image Credit: Google Maps (Rengkot Buyut Restaurant)

Apabila Anda ingin mencoba menu masakan dari restoran yang legendaris dan telah berusia tua, maka Rengkot Buyut Restoran menjadi salah satu tempat makan yang wajib Anda singgahi. Disini, terdapat menu menu masakan andalan yang sangat enak dan sayang untuk Anda lewatkan begitu saja.

Ciri khas dari rumah makan satu ini adalah memiliki lahan parkir yang cukup luas. Sehingga Anda pun bisa bersantap dengan keluarga besar. Untuk menu yang tersedia pun beragam,. Ada bisa menemukan makanan mulai dari olahan ikan bakar, penyetan dan juga lalapan sambal.

Bersantap di tempat ini tentu saja akan membuat Anda menjadi kalap. Hal tersebut dikarenakan banyak menu enak yang bisa Anda cicipi saat berada disini. Selain itu, untuk penyajiannya sendiri pun masih dengan konsep yang tradisional. Hal ini terlihat piringnya yang masih terbuat dari tanah liat. Unik bukan?

BACA:  12 Wisata Kuliner di Sragen yang Murah & Enak

Lokasi: Jl. Ki Mangunsarkoro No.42, Panggang IV, Panggang, Kec. Jepara, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

9. Sego Dodok Ahmad Yani

Sego Dodok Ahmad Yani
Image Credit: Google Maps (Players Mainstreams)

Nama sego dodok sendiri sebenarnya bermakna duduk secara jongkok yang biasa dilakukan oleh masyarakat ketika sedang bersantap di angkringan. Untuk menunya sendiri pun, Anda akan bisa menemukan hidangan sate satean dengan banyak pilihan. Untuk harganya sendiri, tentu saja sudah pasti sangat terjangkau.

Saat berada disini, Anda pun bisa mengambil sepuasnya menu yang Anda inginkan. Nantinya Anda hanya perlu mengingat ingat menu apa saja yang diambil dan membayarnya. Menu yang terdapat di sego dodok ini antara lain seperti nasi kucing, gorengan, berbagai macam lauk pauk dan juga minuman hangat yang bisa Anda nikmati di malam hari.

Lokasi: Jl. Jendral Ahmad Yani No.28 C, Pengkol V, Pengkol, Kec. Jepara, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

10. Lontong Krubyuk Bu Ripah

Lontong Krubyuk Bu Ripah
Image Credit: Ksmtour.com

Bagi Anda yang berasal dari luar Jepara, mungkin masih belum pernah mendengar hidangan satu ini. akan tetapi, untuk Anda yang telah tinggal lama di kota ini sudah pasti mengenal hidangan khas yang disajikan pada rumah makan ini. oleh karena itu, jika Anda sedang berwisata ke Jepara, kuliner ini menjadi daftar makanan yang wajib untuk Anda coba.

Lontong Krubyuk Bu Ripah merupakan salah satu makanan yang memiliki bahan utama lontong. Kemudian lontong yang telah diiris iris pada piring tersebut disiram dengan kuah segar yang bening dengan cita rasa khas. Pastinya ketika Anda menyantapnya, akan ketagihan dan ingin tambah lagi.

Hal yang membuat makanan ini menjadi spesial adalah kuahnya yang sangat gurih. Bahkan ketika Anda menyeruputnya, Lontong Krubyuk Bu Ripah ini, maka kuah segar yang akan Anda rasakan. Selain lontong, di dalam penyajiannya juga terdapat suwiran ayam dan juga sayur mayur yang tentunya sangat segar dan juga menggugah selera.

Setelah itu, untuk bagian atasnya biasanya akan ditambahkan daun bawang dan juga tauge. Tentu saja kuliner khas Jepara ini akan sangat lezat, terutama ketika Anda mengkonsumsinya di siang hari. Dengan tambahan es teh, maka akan menjadi perpaduan yang pas untuk makan siang Anda.

Lokasi: Jobokuto II, Jobokuto, Kec. Jepara, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

Itulah beberapa tempat kuliner di Jepara yang wajib untuk Anda coba saat berkunjung. Deretan rumah makan tersebut memang telah tersohor di kota satu ini. sehingga, Anda pun wajib untuk mencicipinya. Selain itu, untuk harga yang ditawarkan pun tidak akan membuat kantong Anda menjadi jebol.