Mengunjungi kota kesayangan satu ini, memang tidak lengkap jika tidak sekaligus berwisata kuliner. Mengingat makanan dari kota Jogja begitu kaya rasa dan pastinya mampu menggoyang lidah Anda. Jika berbicara kuliner khas Jogja, ada banyak macamnya yang tak hanya cocok di lidah masyarakat namun juga para turisnya.

Jika Anda berencana menikmati makanan khas, berikut beberapa tempat wisata kuliner di Kota Jogja yang rasanya enak dan juga ditawarkan dengan harga murah.

1. Gudeg Pawon

Gudeg Pawon
Image Credit: Gudeg.net

Gudeg merupakan kuliner khas Jogja yang juga dengan mudah bisa ditemui di daerah Jawa Tengah lainnya. Hanya saja cita rasa gudeg Jogja memang populer dan sudah familiar. Jika Anda ingin menikmati kuliner khas dengan rasa yang tak akan mengecewakan, Anda bisa mengunjungi Gueg Pawon. Gudeg pawon ini sudah ada dari tahun 1658an dan hingga kini juga masih bisa Anda kunjungi. Yang membuat gudeg ini semakin menarik, Anda bisa melihat proses memasaknya.

Karena memang konsep dari tempat kuliner ini mirip dengan dapur yang berada di rumah sendiri. Untuk bisa menikmati nikmatnya Gudeg Pawon, Anda bisa meluncur ke daerah Umbulharjo. Selain memiliki rasa yang nikmat, Anda juga tidak akan merogoh kantong dalam. Satu porsi gudegnya dihargai mulai dari Rp. 11 ribu hingga Rp. 24 ribu. Berbagai lauk disediakan untuk melengkapi nikmatnya menyantap gudeg Pawon yang melegenda ini.

Lokasi: Jl. Janturan UH/IV No.36, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

2. House Of Raminten

House Of Raminten
Image Credit: Tripadvisor.com

Jika membahas perihal kuliner, tak lengkap rasanya bila tak menjajal kudapan di House of Raminten. Bukan hanya tempatnya yang sangat tradisional dengan arsitektur Jawa yang khas. Untuk makanan yang bisa dinikmati lebih banyak menu tradisional seperti nasi lilit, brongkos, wedang sereh dan menu lainnya. Sudah bisa dipastikan jika rasanya tak akan membuat Anda kecewa. Begitu juga dengan harganya yang tak akan membuat Anda bangkrut.

Lokasi: Jl. Faridan M Noto No.7, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

3. Bakmi Shibitsu

Bakmi Shibitsu
Image Credit: Ceritanesia.com

Bakmi di Kota Jogja memang terkenal dengan rasanya yang menggoyang lidah. Dan Bakmi Shibitsu ini menjadi salah satu wisata kuliner yang tak boleh Anda lewatkan. Bakmi ini sudah sudah berdiri 25 tahun lalu dan milik orang asli Jogja. Anda bisa memilih mie kuning atau mie bihun dengan campuran seperti daging ayam dan sayuran. Bumbunya yang meresap akan membuat Anda ketagihan. Satu porsi mie yang legendaris ini dibandrol mulai Rp. 16 ribuan saja.

Lokasi: Jl. Bantul No.111, Gedongkiwo, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta.

4. Nasi Goreng Beringharjo

Nasi Goreng Beringharjo
Image Credit: Instagram.com @christhartono

Mungkin Anda sudah terbiasa dengan nasi goreng, namun Anda tetap harus menjajal nasi goreng Beringharjo ini. Sudah ada sejak tahun 1960 lalu, rasa nasi goreng ini tidak berubah. Rasanya yang lezat membuat para pelanggannya enggan untuk berpindah ke tempat lain. Di tempat ini, Anda tidak hanya bisa menemukan menu nasi goreng. Menu lainnya seperti bakmi atau bihun goreng juga bisa dijajal. Untuk harganya dibandrol mulai Rp. 8 ribu sampai Rp. 15 ribu.

Lokasi: Jl. Mayor Suryotomo No.7, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta.

5. Mie Ayam Tumini

Mie Ayam Tumini
Image Credit: Instagram.com @gembulfoodie

Bagi Anda pecinta mie, harus menjajal mie ayam yang legendaris ini. Mie ayam ini menjadi salah satu mie ayam favorit di Kota Jogja. Rasanya yang nikmat dengan kuah kental berwarna coklat pekat menajdi ciri khasnya. Semakin lezat dengan tambahan ayam maupun ceker di setiap porsinya. Anda bisa puas menikmati sajian menu sederhana dengan rasa berkelas ini. Apalagi harganya juga sangat murah mulai dari Rp. 8 ribu hingga Rp. 10 ribu tiap porsinya.

BACA:  25 Oleh-Oleh Khas Jogja yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Imogiri Tim. No.187, Giwangan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

6. Sate Klathak Pak Bari

Sate Klathak Pak Bari
Image Credit: Cybertokoh.com

Sate klathak merupakan sate yang dibuat dari bahan daging kambing muda. Yang membuat sate ini unik adalah tusuknya yang menggunakan ruji sepeda. Dengan tusukan ini membuat daging kambingnya matang lebih merata. Sate Klathak Pak Bari makin tenar begitu masuk dalam film AADC. Sate ini juga tak disantap dengan bumbu kacang, namun akan sangat nikmat. Untuk satu porsi sate ini, dihargai mulai dari Rp. 20 ribuan saja.

Lokasi: Pasar Wonokromo, Jl. Imogiri Timur No.5, Wonokromo, Kec. Pleret, Kab. Bantul.

7. Lumpia Samijaya

Lumpia Samijaya
Image Credit: Tribunnews.com

Tidak ingin menikmati makanan berat, Anda bisa menjajal salah satu jajanan yang begitu populer di Jogja. Lumpia ini bisa Anda temui di daerah Malioboro. Yang membuat camilan ini istimewa adalah isiannya yang menggunakan bengkoang, telur puyuh serta daging ayam. Sambil menikmati Jl. Malioboro, Anda bisa sekalian menjajal kudapan yang banyak gizi dan lezat ini. Satu buah lumpia memiliki harga yang murah yakni sekitar Rp. 3.500 sampai Rp. 4.000.

Lokasi: Jl. Malioboro No.18, Suryatmajan, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta.

8. Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto
Image Credit: Okezone.com

Mengut Lele Mbah Marto juga menjadi tempat kulineran di Jogja yang harus Anda jajal. Mengingat tempat makan satu ini memang legendaris dan memiliki pelanggan yang banyak. Yang membuat panganan ini nikmat adalah lelenya yang lebih dulu diasap, barulah ditambahkan dengan berbagai rempah pilihan. Meskipun untuk menuju lokasi terbilang butuh perjuangan. Namun rasanya dan harganya tidak akan membuat Anda kecewa.

Lokasi: Jl. Sewon Indah, Ngireng-ireng, Panggungharjo, Kec. Sewon, Kab. Bantul.

9. Oseng Mercon Bu Narti

Oseng Mercon Bu Narti
Image Credit: Visitingjogja.com

Anda pecinta makanan pedas? Maka Anda harus menjajal makanan yang begitu terkenal di Jogja ini. Oseng mercon Bu Narti merupakan salah satu makanan yang legendaris di Jogja. Rasa pedasnya yang membuat lidah terbakar ini berbahan gajih, kulit, kikil serta tulang sapi yang muda. Oseng oseng ini jika dilihat dari tampilan memang tidak menarijk, namun soal rasanya tak usah diragukan. Bahkan membuat siapapun ketagihan dengan rasanya.

Jika Anda tidak bisa menikmati makanan pedas, sebaiknya tak usah mencobanya. Atau jika memang penasaran Anda bisa menyediakan air putih yang banyak. Kenikmatan oseng mercon ini semakin berlipat bila disandingkan dengan nasi putih hangat. Harga yang dibandrol untuk kuliner satu ini juga terjangkau, sekitar Rp. 15 ribuan satu porsinya. Bahkan kini sudah ada kemasan instant sehingga Anda juga bisa menjadikan sebagai oleh oleh.

Lokasi: Jl. KH. Ahmad Dahlan Jl. Purwodiningratan No.110, Ngampilan, Kota Yogyakarta.

10. Soto Bathok Mbah Katro

Soto Bathok Mbah Katro
Image Credit: Madangwae.com

Di Jogja Anda bisa menjajal kuliner soto yang disajikan dengan bentuk unik. Karena mangkoknya menggunakan batok kelapa. Soto daging sapi ini memiliki kuah bening dengan rasa gurih yang membuat lidah bergoyang. Untuk melengkapi makan Anda, Anda bisa menambahkan sate usus, gorengan hingga telur puyuh. Anda bisa langsung meluncur ke arah Sleman dan seporsi soto bathok akan dihargai mulai dari Rp. 5 ribuan untuk setiap porsinya.

Lokasi: Sambisari, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman.

11. Angkringan Kopi Jos Lik Man

Angkringan Kopi Jos Lik Man
Image Credit: Kotayogyakarta.com

Mengunjungi kota Jogja tanpa menjajal kuliner di angkringan rasanya tidak lengkap. Angkringan satu ini sudah terkenal dan legendaris sehingga soal rasa tidak usah khawatir. Yang membuat angkringan ini unik adalah kopi jos Lik Man. Kopi hitam ini akan ditambahkan dengan arang panas. Membuat rasanya makin unik dan nikmat jika dijadikan teman menyantap sego kucing maupun gorengan yang macamnya sangat banyak.

Lokasi: Jl. Wongsodirjan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Kulon Progo yang Paling Populer

12. Yammie Pangsit Pathuk

Image Credit: Starjogja.com

Di Jogja memang memiliki beberapa olahan mie yang beragam dengan rasa yang lezat. Salah satunya adalah Yammi Pangsit Pathuk yang sudah ada sejak tahun 1999 lalu. Mie ini memiliki bentuk pipih dengan rasa gurih yang akan membuat Anda ketagihan. Ditambahkan dengan potongan ayam, pangsit serta pelengkap lainnya membuatnya makin terlihat menggiurkan. Untuk menikmati mie ini Anda hanya perlu merogoh kocek mulai Rp. 17 ribu setiap porsinya.

Lokasi: Jl. Kemetiran Kidul No.63, Pringgokusuman, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta.

13. Bakmi Mbah Mo

Bakmi Mbah Mo
Image Credit: Makanlagilagimakan.wordpress.com

Bakmi Jogja yang tak kalah nikmat dan wajib Anda coba adalah Bakmi Mbah Mo. Bakmi yang berada di Bantul ini menjadi tempat kulineran yang tak akan membuat Anda kecewa. Selain sudah terkenal, rasanya juga akan membuat Anda puas. Bakmi goreng maupun bakmi godhognya ditambahkan dengan suwiran ayam serta telur bebek. Memasaknya juga menggunakan tungku, harga per porsinya mulai dari Rp. 15 ribu hingga Rp. 20 ribuan.

Lokasi: Jl. Parangtritis No.KM.11, Code, Trirenggo, Kec. Bantul, Kab. Bantul.

14. Nasi Brongkos Warung Handayani

Nasi Brongkos Warung Handayani
Image Credit: Gudeg.net

Nasi Brongkos merupakan salah satu kuliner Jogja yang juga dikenal dengan rasanya yang begitu nikmat. Nasi yang ditambahkan dengan sayuran berkuah hitam ini memang sangat nikmat. Sekilas mirip dengan rawon, hanya saja ditambahkan dengan santan. Isiannya biasanya ditambahkan ditambahkan koyor maupun telur. Anda bisa memilih sesuai dengan selera, untuk harganya juga sangat murah yakni mulai dari Rp. 7500 untuk setiap porsinya.

Lokasi: Jl. Gading No.2, Patehan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta.

15. SGPC Bu Wiryo 1959

SGPC Bu Wiryo 1959
Image Credit: Gudeg.net

Ketika akhir pekan Anda mengunjungi tempat kuliner ini jangan kaget, sebab pelanggannya tak pernah sepi. Sudah ada sejak lama, cita rasa sego pecel tempat satu ini memang tak pernah mengecewakan. Yang membuat pecel ini digemari adalah bumbu pecelnya yang nikmat. Dalam satu porsi nasi pecel Anda bisa menikmatinya dengan gorengan, telur ceplok, sate usus dan lainnya. Untuk harganya mulai dari Rp. 10 ribuan terbilang murah dan rasanya enak.

Lokasi: Jl. Agro No.10, Kocoran, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman.

16. Sambel Welut Pak Sabar

Sambel Welut Pak Sabar
Image Credit: Ksmtour.com

Belut yang merupakan binatang air dengan ciri khas licin ini memang sangat nikmat jika pandai mengolahnya. Dan ketika Anda sedang di Jogja, Anda harus menjajal Sambel Welut Pak Sabar yang sudah melegenda. Rasa pedas dan gurih dari daging belutnya sangat nikmat jika disandingkan dengan nasi pulen hangat. Tempat kulineran ini berada di daerah Bantul dan harganya juga sangat murah. Mulai dari Rp. 5 ribu Anda sudah bisa makan di tempat ini.

Lokasi: Glagah Kidul, Tamanan, Kec. Banguntapan, Kab. Bantul.

17. Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan

Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan
Image Credit: Anishidayah.com

Tak lengkap jika membahas tempat kuliner, namun melewatkan sajian gudeg yang sangat terkenal ini. Soal rasa tak perlu dibantah, karena memang resepnya hingga kini tak pernah berubah. Apalagi pembuat makanan gurih ini juga masih aktif berjualan meskipun usianya sudah hampir 100 tahun. Anda bisa menemukan gudeg yang laris ini di sekitaran Malioboro. Anda harus sabar jika antriannya mengular karena selain enak harganya juga terjangkau.

Lokasi: Jl. Sosrowijayan No.30, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta.

18. Lesehan Terang Bulan

Lesehan Terang Bulan
Image Credit: Instagram.com @reinaldobunawan

Masih di sekitaran Jl. Malioboro, Anda juga bisa menemukan lesehan dengan rasa yang menggoda. Terutama menu burung daranya yang terkenal lembut dan empuk. Lesehan Terang Bulan atau di SBTB memang tak pernah sepi pengunjung. Rasanya semakin nikmat jika dinikmati dengan nasi putih hangat pulen. Bisa dikatakan lesehan ini menjadi lesehan yang paling ramai di Jogja. Harganya juga terbilang murah, mulai dari Rp. 20 ribuan.

Lokasi: Jl. Margo Mulyo, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta.

19. Bong Kopitown

Bong Kopitown
Image Credit: Travelingyuk.com

Selain menikmati panganan yang sudah melegenda, Anda juga bisa menjajal makanan di rumah makan yang tak kalah nikmat. Bong Kopitown menawarkan sensasi makan seperti di penjara yang unik. Untuk menu yang disajikan juga beragam, seperti Penang Friend Noodle yang menjadi andalan. Sementara minuman andalannya adalah teh tarik. Bukan suasananya saja, penyajiannya juga sangat unik seperti benar benar di penjara. Harganya juga sesuai rasanya tak terlalu mahal.

BACA:  33 Tempat Wisata di Jogja Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Sagan Kidul No.4, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

20. Kimchi Go

Kimchi Go
Image Credit: Jogjaasik.com

Di Jogja Anda juga bisa menikmati sajian kuliner negeri Ginseng yang tak kalah lezat. Anda bisa menemukan tempat kuliner ini di Jogja City Mall lantai 2. Tidak hanya menyediakan menu kimchi, ada berbagai lain yang juga tak kalah lezat. Menu seperti Ramyeon, Bulgogi dan lainnya bisa Anda jajal. Selain terkenal dengan rasanya yang nikmat, soal harga juga tak perlu khawatir. Semua menu dibandrol di mulai Rp. 7 ribu hingga di atas Rp. 80 ribu.

Lokasi: Jogja City Mall Lt.2 No. 19-20, Jl. Magelang, Kutu Patran, Sinduadi, Kec. Mlati, Kab. Sleman.

21. Tempo Gelato Prawirotaman

Tempo Gelato Prawirotaman
Image Credit: Mommyasia.id

Menikmati gelato ketika mengunjungi Jogja bukanlah ide yang buruk. Tempo Gelato merupakan tempat menikmati makanan dingin yang hits dan melegenda. Tak heran jika Anda menemukan anak muda sedang nongkrong di tempat ini. Selain bisa menikmati gelato, Anda juga bisa menjajal berbagai kopinya. Rasa yang ditawarkan untuk gelatonya juga sangat banyak. Harganya dimulai dari Rp. 20 ribu hingga Rp. 25 ribuan setiap porsinya.

Lokasi: Jl. Prawirotaman No.43, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta.

22. Jejamuran

Jejamuran
Image Credit: Instagram.com @eugeniaelisa

Jejamuran merupakan tempat kulineran yang menyediakan menu serba jamur. Jamur yang diolah merupakan jamur yang diproduksi sendiri. Sehingga sudah dijamin kesegaran serta kualitasnya. Untuk menu andalan dari tempat makan ini berupa sate jamur,keripik jamur, gulai jamur serta omlet jamur. Bukan hanya makanan, Anda juga bisa menemukan minuman dengan tambahan jamur di dalamnya. Harganya menunya mulai dari Rp. 14 ribu hingga Rp. 25 ribuan.

Lokasi: Jl. Pendowoharjo No.RT.01, RW.20, Niron, Pandowoharjo, Kec. Sleman, Kab. Sleman.

23. Soto Sulung Stasiun Tugu

Soto Sulung Stasiun Tugu
Image Credit: Phinemo.com

Di kota Pelajar ini Anda memang bisa menemukan beragam soto dengan keunikan tersendiri. Seperti soto sulung yang berada dekat dengan Stasiun Tugu Jogja ini. Soto ini juga masuk dalam jajaran tempat legendaris yang harus Anda kunjungi. Soto yang dihadirkan soto khas Madura dengan daging sapi serta jeroan. Kuahnya pekat akan pas disajikan dengan nasi yang dipisah. Harganya juga murah meriah, mulai dari Rp. 6.500 sampai Rp. 9.500an.

Lokasi: Jl. Gedongkuning No.2, Pelem Mulong, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta.

24. Nasi Teri Pojok Gejayan

Nasi Teri Pojok Gejayan
Image Credit: Instagram.com @javafoodie

Jika Anda ingin menikmati nasi dengan lauk yang berat di malam hari, Anda bisa meluncur ke daerah Gejayan. Maka Anda akan menemukan tempat makan yang selalu ramai pengunjung. Di tempat makan sederhana ini Anda bisa menjajal nasi teri pedas yang ditemani dengan berbagai lauk lainnya. Rasanya yang nikmat semakin mantap dengan nasinya yang pulen. Apalagi harganya juga murah, yakni dibandrol mulai Rp. 13 ribu setiap porsinya.

Lokasi: Jl. Affandi No.1, Klitren, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

25. Es Buah Pk

Es Buah Pk
Image Credit: Kotajogja.com

Meskipun bukan makanan berat, namun wisata kuliner Anda akan semakin lengkap dengan menjajal es buah legendaris ini. Es buah PK sudah ada sejak tahun 1973, meskipun berada di pinggir jalan. Namun pembelinya tak pernah surut bahkan selalu bertambah. Dalam satu porsi es buah akan disajikan dengan kelapa muda, cincau hitam, nangka, alpukat, sawo dan juga parutan es, Jangan lupakan susu coklat di atasnya. Dengan Rp. 8 ribu Anda sudah bisa menikmati kesegarannya.

Lokasi: Jl. Pakuningratan No.76 A, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta.

Jogja hingga kini masih menjadi salah satu kota tujuan wisata yang populer. Tak hanya miliki alam indah dan tempat wisatanya yang begitu banyak. Jogja juga memanjakan para wisatawannya dengan berbagai kuliner khas yang memanjakan lidah dan perut. Apalagi sebagian merupakan warung legendaris dan sudah berdiri bertahun tahun. Sehingga rasanya tidak akan membuat Anda kecewa. Sudah memutuskan ingin menjajal yang mana dahulu?