Jombang tersedia banyak tempat wisata kuliner yang bisa Anda coba jelajahi. Dikenal dengan Kota Santri, kabupaten di Jawa Timur ini memiliki beragam makanan khas yang terkenal lezat dan murah.

Jombang merupakan salah satu kabupaten yang dikenal memiliki banyak pesantren. Oleh karena itu, tidak heran jika di daerah ini mempunyai banyak lokasi wisata alam dan kuliner yang menarik untuk Anda eksplor saat liburan. Pastinya, makanan-makanannya memiliki rasa yang enak dengan harga yang terjangkau. Berikut rekomendasi tempat kuliner di Jombang untuk menikmati sajian lezat.

1. Rawon Rosobo

Rawon Rosobo
Image Credit: Google Maps (Eko Kridono)

Wisata kuliner Jombang yang pertama adalah rawon rosobo. Untuk Anda yang sangat menggemari makanan berkuah yang satu ini, maka jangan sampai terlewatkan untuk menyantap rawon di warung yang terletak pada Jl. Mojoagung ini. Selain rawon, Anda juga dapat menikmati makanan lainnya seperti nasi rames, sayur asem, ayam goreng, dan masih banyak lagi.

Lokasi warung rawon rosobo ini sangatlah mudah untuk dijangkau, sebab letaknya yang berada pada pinggir jalan utama Surabaya Jombang tepatnya terletak di sebelah alun-alun Mojoagung. Rasa rawonnya yang lezat dengan campuran dagingnya yang empuk, membuat perut dan lidah Anda sangat termanjakan.

Lokasi: Jl. Raya Mojoagung No.191, Mojoagung, Pekunden, Kademangan, Kec. Jombang, Kab. Jombang.

2. Depot Nikmat

Depot Nikmat
Image Credit: Google Maps (ummy mert)

Salah satu tempat makan yang terletak di Jl. Cempaka ini juga wajib Anda datangi. Depot nikmat tersebut terkenal akan sajian sotonya yang enak. Tidak hanya soto saja, melainkan depot tersebut juga menawarkan banyak pilihan menu lainnya yang bisa Anda coba yaitu nasi ayam panggang, nasi jeroan, kari ayam, semur, rendang, dan lain sebagainya.

Lokasi: Jl. Cempaka No.17, Weru, Mojongapit, Kec. Jombang, Kab. Jombang.

3. Rumah Makan Henny

Rumah Makan Henny
Image Credit: Google Maps (Mukhamad Sholikudin)

Rumah Makan Henny merupakan tempat makan yang banyak difavoritkan oleh masyarakat sekitar Jombang. Tersedia banyak menu dengan harga yang cukup terjangkau di rumah makan ini. Adapun beberapa menu makanannya adalah berbagai olahan sop buntut, ayam bakar, aneka sayuran, dan bahkan camilan juga ada.

Rasanya juga jangan diragukan lagi, sebab hidangan-hidangannya sangat enak dan maknyus. Selain itu, rumah makan tersebut juga sudah dilengkapi dengan AC sehingga ada tidak perlu khawatir akan kepanasan. Parkiran yang dimilikinya juga sangat luas. Anda dapat memarkir mobil Anda dengan aman.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Blitar yang Murah & Enak

Lokasi: Jl. Gatot Subroto No.46, Jelakombo, Kec. Jombang, Kab. Jombang.

4. Pecel Pincuk Bu Djiyah

Pecel Pincuk Bu Djiyah
Image Credit: Google Maps (GanDito)

Tempat kuliner khas Jombang yang selanjutnya adalah pecel pincuk Bu Djiyah. Jika Anda sedang bosan untuk menikmati olahan ayam atau daging, Anda dapat berkunjung ke warung ini untuk membeli nasi pecelnya. Warung Bu Djiyah ini sangatlah rame karena rasa pecelnya yang dapat menggoyangkan lidah Anda. Bumbu kacang pada pecelnya juga sangat terasa.

Pecel pincuk Bu Djiyah ini terletak di Jl. KH. Wahid Hasyim. Tempatnya sangat nyaman. Selain itu, Anda juga bisa menemukan masakan rawon, soto ayam, dan berbagai macam menu lainnya. Tentunya, makanan-makanan di warung ini dibandrol dengan harga yang pas di kantong Anda.

Lokasi: Jl. KH. Wahid Hasyim No.9, Kec. Jombang, Kab. Jombang.

5. Warung Apung Rahmawati

Warung Apung Rahmawati
Image Credit: Google Maps (Twindykurniadi Twindykurniadi)

Warung apung Rahmawati juga terletak tidak jauh dari warung pecel pincuk Bu Djiyah. Jika Anda bosan dengan tempat makan yang biasa-biasa saja, Anda dapat merasakan sensasi tersendiri ketika makan di warung apung ini. Tempat wisata kuliner yang satu ini memiliki nuansa tradisional dengan menawarkan aneka menu yang cocok dengan selera lidah Anda.

Saung-saung yang disediakan di warung apung Rahmawati ini sangatlah memanjakan mata dan pikiran Anda. Jadi, Anda bisa menikmati makanan disini sekaligus membuang pikiran penat Anda. Makanan yang tersedia di warung makan ini juga sangat banyak mulai dari aneka masakan ikan, seafood, ayam, hingga sayur-sayuran. Disamping itu, Anda juga bisa memesan paket nasi box.

Lokasi: Jl. Urip Sumoharjo No.21, Tugu, Kepatihan, Kec. Jombang, Kab. Jombang.

6. Rumah Makan Tivoli

Rumah Makan Tivoli
Image Credit: Google Maps (Kokoh Ferry)

Rumah makan Tivoli adalah tempat makan yang bergaya Eropa di kota Jombang. Anda akan sangat jarang menemukan restoran berkonsep Eropa di kota kecil. Oleh karena itu, Anda wajib untuk mendatangi rumah makan tersebut. Tempat makan in populer dengan menu yang menjadi andalan wisatawan dan warga Jombang sendiri adalah menu ice cream dan menu steaknya.

Tempatnya juga berada di Jl. KH. Wahid Hasyim sehingga sangat berdekatan dengan wisata-wisata kuliner lainnya yaitu warung apung Rahmawati dan juga pecel pincuk Bu Djiyah. Hari operasionalnya juga hampir setiap hari. Hanya ada satu kali libur dalam seminggunya yaitu hari Senin. Namun, hal tersebut dilantik pada tahun 2013 yang lalu, jadi tidak menutup kemungkinan hari liburnya berganti.

Lokasi: Jl. KH. Wahid Hasyim No.190, Kec. Jombang, Kab. Jombang.

7. Rumah Makan Sari

Rumah Makan Sari
Image Credit: Google Maps (Rudy Kristanto)

Rumah makan yang berikutnya adalah rumah makan sari. Warung makan ini terkenal akan masakan ayamnya dengan rasanya yang enak dan sangat memanjakan perut Anda. Rumah makan sari ini cukup dikenal oleh masyarakat di sekitarnya. Jadi, jika Anda belum menemukan tempatnya Anda bisa bertanya kepada warga sekitar dimana rumah makan tersebut.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Jombang yang Paling Populer

Bukan hanya tersedia aneka masakan ayam saja, melainkan juga ada beraneka macam menu lainnya yaitu bebek, sop buntut, rawon, nasi empal, penyetan, dan masih banyak lagi makanannya. Rumah makan sari ini tentunya tidak kalah enaknya dengan masakan makanan di tempat kuliner lainnya. Anda dapat mengunjungi selagi berada di daerah Jombang.

Lokasi: Jl. KH. Wahid Hasyim No.158, Kec. Jombang, Kab. Jombang.

8. Dapur DK Dewi Kahyangan

Dapur DK Dewi Kahyangan
Image Credit: Google Maps (Bahrul Samsudin)

Dapur DK Dewi Kahyangan juga merupakan salah satu warung apung yang ada di tengah kota Jombang. Rumah makan ini menawarkan banyak menu dengan harga yang standar dan juga berkualitas. Menu-menu yang disediakan disini memiliki rasa yang sangat lezat. Beberapa menu tersebut adalah berbagai hidangan ayam, gurami, bebek, cumi, udang, nila, dan aneka masakan lainnya.

Tempat makan ini juga memberikan pelayanan yang sangat baik untuk para pelanggannya. Pelayanannya yang cepat tidak membuat Anda menunggu lama dan juga kelaparan. Disamping itu, dapur DK Dewi Kahyangan ini juga memiliki parkiran yang cukup luas sehingga Anda tidak perlu terburu-buru untuk menikmati makanannya. Bahkan, Anda akan dimanjakan juga dengan wifi gratisnya.

Lokasi: Jl. Dokter Sutomo, Kec. Jombang, Kab. Jombang.

9. Rumah Makan Manyar

Rumah Makan Manyar
Image Credit: Google Maps (Zulhaydar Akbar)

Rumah makan manyar juga merupakan tempat wisata kuliner di Jombang yang harus Anda cicipi. Tempat ini menjadi warung makan yang banyak digemari oleh para sopir bus dan juga travel saat melewati jalan baik dari ataupun menuju Surabaya. Wisata kuliner yang satu ini menyediakan banyak pilihan menu-menu masakan nusantara.

Jika Anda ingin mencoba hidangan sate, Anda dapat membelinya di rumah makan manyar ini. Tidak hanya sate, melainkan tersedia juga masakan ayam, rawon, nasi goreng, dan berbagai menu masakan nusantara lainnya. Fasilitas yang dimiliki oleh tempat ini adalah kamar mandi dan mushola. Jadi, Anda tidak perlu bingung untuk melakukan ibadah.

Lokasi: Pagerwojo, Kec. Perak, Kab. Jombang.

10. Bakso Nuklir Jombang

Bakso Nuklir Jombang
Image Credit: Google Maps (Sonny Alvian)

Tempat kuliner Jombang yang ke sepuluh adalah warung bakso nuklir. Warung yang pertama menggunakan nama nuklir terletak di Jl. Mojowarno. Nama tersebut dipakai sebab menu yang menjadi andalannya adalah bakso jumbo. Penjual bakso ini mengibaratkan bakso jumbo tersebut seperti bom nuklir yang akan meledakkan lidah para penggemar bakso.

Biasanya untuk satu mangkok baksonya terdiri dari bakso kasar jumbo, bakso halus kecil, tahu bakso goreng, pangsit, bihun, kuah, dan juga ditaburi dengan sedikit irisan daun bawang dan bawang goreng. Selain itu, bakso nuklir ini mempunyai rasa yang tidak main-main enaknya. Hal ini dikarenakan oleh rasa khasnya yang dihasilkan dari koya yang ditambahkan di atas baksonya.

BACA:  20 Tempat Wisata di Bojonegoro Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. KH. Wahid Hasyim No.37, Kec. Jombang, Kab. Jombang.

11. Rumah Makan Pojok II Perak

Rumah Makan Pojok II Perak
Image Credit: Google Maps (Rumah Makan Pojok II Perak Jombang)

Rumah makan pojok II Perak merupakan wisata kuliner yang terletak di daerah Glagahan. Restoran ini memiliki konsep jawa dengan beragam pilihan menu nusantaranya. Tempat ini sangat cocok dikunjungi jika Anda sedang berada pada perjalanan menuju Jogja atau menuju Surabaya.

Selain itu, Anda dapat menemukan masakan-masakan rumahan di tempat kuliner yang satu ini seperti rawon, soto, sayur asem, kari, dan lain-lain. Bukan hanya masakan rumahan saja, namun Anda juga dapat menyantap hidangan-hidangan ala pedagang kaki lima yaitu gado-gado, pecel, nasi goreng, dan juga mie goreng.

Fasilitas yang dimiliki oleh rumah makan pojok II Perak ini juga cukup lengkap. Fasilitas tersebut adalah lahan parkir yang luas, toilet umum, dan juga ada masjid yang berada tepat di sebelahnya. Hal ini dikarenakan oleh lokasinya yang dekat dengan jalan penghubung antara dua kota sehingga banyak para pembeli dari luar kota yang juga ingin beristirahat dan menikmati makanannya.

Lokasi: Glagahan, Kec. Perak, Kab. Jombang.

12. Nasi Kikil Bu Tandur

Nasi Kikil Bu Tandur Jombang
Image Credit: Google Maps (Enggito Suliman)

Pasalnya, nasi kikil Bu tandur adalah nasi kikil yang sangat disukai oleh mantan presiden Indonesia yang ke 4 yaitu yang dikenal dengan sebutan nama Gus dur. Saat para wisatawan sedang mengunjungi makam Gus Dur, biasanya akan datang ke warung Bu tandur ini untuk mencicipi nasi kikilnya. Nasi kikilnya sangat enak dan disajikan dengan dibungkus daun pisang.

Lokasi: Jl. KH. Hasyim Asy’ari No.144, Balong Besuk, Kec. Diwek, Kab. Jombang.

13. Sego Lodeh Mbok Semah

Sego Lodeh Mbok Semah
Image Credit: Google Maps (Budiono Sukses)

Tempat kuliner Jombang terakhir adalah sego lodeh Mbok Semah. Dari namanya sudah sangat kelihatan bahwa yang memiliki kuliner ini adalah nenek tua bernama Mbok semah. Sego lodeh ini sangat diidam-idamkan oleh masyarakat dari semua kalangan baik kalangan biasa maupun kalangan pejabat. Hal ini dikarenakan oleh rasanya yang enak dan harganya yang murah.

Lokasi: Desa Dukuhklopo, Kec. Peterongan, Kab. Jombang.

Nah, itulah beragam tempat wisata kuliner yang menarik Anda kunjungi ketika berada di Jombang. Beragam wisata kuliner di atas sangat bisa untuk dijadikan rekomendasi untuk Anda para pecinta kuliner. Tentunya, Anda akan mendapatkan makanan yang enak dengan harga yang cukup terjangkau.