Berkunjung ke kota Kediri, rasanya ada yang kurang jika tidak sekalian menjajal wisata kulinernya. Kota satu ini menawarkan berbagai kuliner yang akan membuat lidah Anda bergoyang. Di Kediri juga banyak tempat untuk kulineran yang rekomended. Mulai dari makanan tradisional maupun modern bisa Anda temukan dengan mudah.

Jika sedang berada di Kediri, berikut rekomendasi wisata kuliner yang terkenal nikmat dan ditawarkan dengan harga murah. Simak ulasan selangkapnya.

1. Ayam Bakar KQ5

Ayam Bakar KQ5
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Ayam Bakar merupakan kudapan yang familiar dan terkenal dengan rasanya yang nikmat. Di Kediri Anda bisa merasakan nikmatnya ayam bakar di Ayam Bakar KQ5. Ayam bakar di tempat satu ini terkenal dengan rasanya yang lezat dan memiliki daging yang empuk. Selain menyediakan menu ayam bakar, Anda juga menikmati menu lain seperti nila goreng, lele goreng dan lainnya. Harga di tempat satu ini mulai dari Rp. 10 ribuan saja.

Lokasi: Jl. Sukarno Hatta I No.2a, Katang, Sukorejo, Kec. Ngasem, Kab. Kediri.

2. Soto Podjok

Soto Podjok
Image Credit: Pergikuliner.com

Apakah Anda pecinta soto? Jika iya maka Anda harus merasakan sendiri nikmatnya Soto Podjok di Kediri ini. Soto yang sudah berdiri sejak tahun 1926 ini menjadi kuliner legendaris yang begitu sayang untuk dilewatkan. Pengunjung yang datang mungkin karena penasaran, namun setelah tahu rasanya akan menjadi kunjungan kesekian. Pelanggan dari Soto Podjok ini memang tak pernah surut atau bahkan bertambah karena rasanya uang nikmat.

Bahkan rasa dari soto ayam ini tak pernah berubah meskipun sudah bertahun tahun lamanya. Karena memang resep yang digunakan merupakan resep turun temurun keluarga yang asalnya dari Jogja ini. Soto ayam ini memiliki kuah segar dengan isian berupa jeroan, suwiran ayam serta telur asin. Yang jelas Anda tak akan kecewa jika sudah mencoba rasanya. Apalagi soto ayam ini terbilang murah, seporsinya dibandrol mulai dari Rp. 15 ribu saja.

Lokasi: Jl. Dhoho No.146, Setono Gedong, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri.

3. Warung Begok

Warung Begok
Image Credit: Tribunnews.com

Warg Begok merupakan tempat kulineran favorit di Kota Kediri. Nama Begok sendiri merupakan singkatan dari Bebek Goreng Krispy. Warung satu ini menyajikan olahan bebek yang memiliki rasa jempolan. Daging bebek yang dikenal ulet, tak akan Anda rasakan di tempat satu ini karena memang teksturnya begitu lembut dan empuk. Anda bisa merasakan nikmatnya daging bebek yang kering di luar namun begitu lembut di bagian dalamnya.

BACA:  13 Oleh-Oleh Khas Kediri yang Paling Populer

Membayangkan daging bebek dengan rempah yang nikmat, digandengkan dengan nasi putih hangat serta sambal yang pedas saja sudah luar biasa. Apalagi mencobanya secara langsung, pastinya akan menjadi pengalaman kulineran yang tak terlupakan. Tak heran jika Warung Begok ini menjadi favorit untuk kulineran bersama keluarga. Warung Begok juga memiliki harga bersahabat, menunya dibandrol mulai dari Rp. 2 ribu hingga Rp. 34 ribu ke atas.

Lokasi: Jl. Pahlawan Kusuma Bangsa No.2, RW.3, Cangkring, Pelem, Kec. Pare, Kab. Kediri.

4. Depot Sate “Tenang” Pak Slamet

Depot Sate “Tenang” Pak Slamet
Image Credit: Akulily.com

Jika Anda ingin menjajal sate, Anda bisa mengunjungi tempat legendaris satu ini. Depot Sate Tenang Pak Slamet ini sudah berdiri sejak puluhan tahun dan hingga kini selalu ramai. Di tempat ini selain sate Anda juga bisa menikmati gulai kambing dengan bumbunya yang khas. Saking nikmatnya, Depot ini pernah di datangi oleh Presiden Indonesia yang ke enam, Bapak SBY. Meskipun begitu makan di tempat satu ini tak akan membuat kantong Anda jebol.

Lokasi: Jl. Letjen Sutoyo No.73, Tarunsakti, Pare, Kec. Pare, Kab. Kediri.

5. Bakso Barokah 313

Bakso Barokah 313
Image Credit: Rachmira.blogspot.com

Bakso menjadi makanan yang bisa dinikmati dalam segala cuaca dan banyak sekali penggemarnya. Di Kediri terdapat Bakso Barokah 313 yang dikenal dengan rasanya yang lezr dengan kuah yang kaya rempah. Untuk baksonya sendiri memiliki tekstur yang pas dengan rasa gurih yang menggoyang lidah. Selain bakso, ada juga isian lain berupa tahu dan juga mie yang membuat rasanya makin nikmat. Harga yang ditawarkan juga terbilang terjangkau dan sesuai rasanya.

Lokasi: Jl. Letjend Suprapto No.107, Banjaran, Kec. Kota Kediri, Kab. Kediri.

6. Balungan Pecok Pedas Kediri

Balungan Pecok Pedas Kediri
Image Credit: Garnesia.com

Untuk Anda yang menyukai makanan pedas, Anda harus mengunjungi tempat wisata kuliner satu ini. Balungan Pecok Pedas ini selalu ramai pengunjung, apalagi di jam makan siang. Menu andalan dari tempat ini adalah iga pedas serta tulang sumsum skengkel. Rasanya yang nikmat, perpaduan pedas dan juga segar membuat siapapun akan ketagihan. Begitu juga dengan skengkel yang akan diberikan sedotan untuk mengambil sumsum gurihnya.

Semua masakannya ini akan semakin nikmat jika disandingkan dengan nasi putih hangat. Usaha kuliner ini terbilang sudah sejak lama yakni sekitar tahun 2016 an. Hingga kini pengunjungnya tak pernah sepi dan menjadi kuliner Kediri yang sangat direkomendasikan. Meskipun demikian, makan di tempat satu tak akan membuat Anda merogoh kantong dalam. Menunya dihargai mulai dari Rp. 25 ribu dan ada yang sudah termasuk minum.

BACA:  13 Wisata Kuliner di Madiun yang Murah & Enak

Lokasi: Jl. Raya Kediri – Nganjuk No.22, Mojoroto, Kec. Mojoroto, Kab. Kediri.

7. Sate Emprit Mbah Darmo

Sate Emprit Mbah Darmo
Image Credit: Jatimplus.id

Sate ayam, kambing maupun sapi mungkin sudah begitu mudah ditemui. Tetapi sate emprit? Tidak semua kota bisa mencoba kuliner satu ini. Untuk itu ketika Anda singgah di Kediri harus mencoba sate Emprit Mbah Darmo yang kondang ini. Emprit sendiri merupakan burung pipit yang bisanya terbang bergerombol. Sate ini memiliki rasa unik dan harus Anda jajal sendiri. Untuk mencoba kuliner unik anda, Anda perlu menyiapkan budget mulai Rp. 18 ribuan.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani, RT.01/RW.01, Drangin, Wonojoyo, Kec. Gurah, Kab. Kediri.

8. Kedai Kawan Lama

Kedai Kawan Lama
Image Credit: Heypipit.com

Dari namanya, Anda sudah bisa menebak jika tempat kuliner satu ini memiliki nuansa yang jaman dulu. Memang, Kedai Kawan Lama ini mengusung konsep 90 an yang membuatnya terlihat unik. Selain dekorasinya yang unik, di tempat ini Anda juga bisa menjajal berbagai sajian yang menggoyang lidah. Menu yang ditawarkan lebih banyak camilan serta minuman untuk menemani mengobrol. Nongkrong di tempat satu ini akan aman untuk dompet anda.

Lokasi: Jl. Veteran No.9B, Mojoroto, Kec. Mojoroto, Kota Kediri.

9. Mie Erlangga II

Mie Erlangga II
Image Credit: Amazingindonesia.id

Untuk Anda yang menyukai kuliner chinese food, Anda bisa mengunjungi Mie Erlangga II. Tempat makan satu ini begitu rekomended dan memang memiliki rasa yang nikmat. Selain itu juga memiliki porsi yang membuat Anda puas. Untuk pilihan dagingnya, bebas memilih mulai dari yang halal hingga non halal. Menu andalan di tempat ini adala Cap Jay Mie. Untuk kuliner di tempat ini, menunya dibandrol dengan harga mulai Rp. 15 ribu ke atas.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No.77, Pakelan, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri.

10. Pecel Pudakit Kediri

Pecel Pudakit Kediri
Image Credit: Amazingindonesia.id

Pecel merupakan salah satu kuliner khas Kota Kediri yang juga tak boleh Anda lewatkan. Dan untuk menjajal kuliner satu ini silahkan kunjungi Pecel Pudakit Kediri. Tempat kulineran satu ini memang sudah kondang. Yang membuatnya berbeda, pecel satu ini ditambahkan dengan sambal tumpang. Belum lagi ada banyak sekali pilihan lauk yang bisa Anda pilih sesuai selera. Pecel ini buka malam hari hingga dini hari dan tentunya memiliki rasa nikmat dengan harga yang hemat.

BACA:  19 Oleh-Oleh Khas Malang yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Dhoho No.80, Setono Gedong, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri.

11. Rumah Makan Bu Eko

Rumah Makan Bu Eko
Image Credit: Perlupiknik.com

Warung makan satu ini menyediakan menu garang asem yang begitu nikmat. Garam Asem biasanya dibuat dari daging ayam, ikan maupun sapi. Rasanya yang segar membuat siapapun yang mencobanya akan ketagihan. Semakin nikmat jika dipadukan dengan nasi hangat yang pulen. Selain Garang Asam, rumah makan Bu Eko ini juga menyediakan menu lain seperti ayam bakar, olahan bebek, udang, sambal dan menu yang menggugah lainnya.

Warung Bu Eko juga menyediakan berbagai fasilitas yang menjadikan tempat satu ini cocok untuk kulineran bersama keluarga. Wajar jika pelanggannya tak pernah sepi terutama ketika jam jam makan siang atau jam makan malam. Karena memang selain rasa, tempat makan juga menjadi penilaian. Anda bisa menemukan mushola, area parkir luas dan suasana yang nyaman serta bersih. Menariknya lagi harga makanannya ramah di dompet anda.

Lokasi: Jl. Raya Wonoasri, RT.01/RW.01, Wonoasri, Kec. Grogol, Kab. Kediri.

12. Depot Wilis Kediri

Depot Wilis Kediri
Image Credit: Jatimplus.id

Untuk Anda yang ingin menikmati sajian kuliner Nusantara dengan harga yang terjangkau, maka Depot Wilis Kediri ini bisa menjadi pilihan. Di tempat ini, Anda bisa menjajal berbagai menu lezar dengan ciri khas yang berbeda. Menu favorit di depot Willi adalah rawon dengan kuah kaya rasa dan juga daging yang empuk. Selain rawon ada juga menu lain seperti sop buntut, iga goreng, nasi ayam goreng dan lainnya. Yang pasti Anda akan puas makan di depot ini.

Lokasi: Jl. Panglima Sudirman No.41, Ringin Anom, Kec. Kota Kediri, Kab. Kediri.

13. Restoran Kampoeng Nelayan

Restoran Kampoeng Nelayan
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Pecinta seafood harus merapat dan mencoba kulineran di Restoran Kampoeng Nelayan ini ketika di Kediri. Restoran ini menyediakan berbagai menu seafood dengan rasa yang berkelas. Menu yang ditawarkan mulai dari udang, lobster hingga cumi. Selain tumis, hidangan laut ini juga diolah menjadi sup maupun olahan bakar. Selain cita rasanya yang jempolan, harga menunya juga tak akan membuat kantong bolong.

Lokasi: Jl. Singosari No.30, Dandangan, Kec. Kota Kediri, Kab. Kediri.

Di Kediri, Anda bisa puas untuk memanjakan lidah anda. Beberapa tempat kulineran di Kota Kediri tersebut selain terkenal, juga sudah melegenda. Resep masakan yang bertahan bertahun tahun memang sangat layak untuk dirasakan. Apalagi jika selalu berjubel pengunjungnya dan memiliki harga yang terjangkau. Sudah pasti akan mengundang pembeli baru atau yang sudah langganan untuk mencobanya. Jadi sudah memutuskan akan wisata kulineran kemana?