Klaten dikenal memiliki beragam jenis kuliner yang mampu menggugah selera penikmat kuliner tanah air. Inilah daftar tempat wisata kuliner di Klaten yang terkenal dengan hidangan lezat.

Kabupaten Klaten menyimpan ragam kuliner khas yang wajib dicicipi. Bahkan, di kota dengan sebutan Seribu Candi ini juga miliki berbagai wisata kuliner yang tak kalah menarik untuk Anda cicipi. Bagi yang sedang menapakkan kaki di Klaten, maka wajib hukumnya untuk mengunjungi beberapa tempat wisata kuliner yang akan dijelaskan berikut ini.

1. Sop Ayam Klaten

Sop Ayam Klaten
Image Credit: Google Maps (Etd Abe)

Menduduki peringkat pertama, Sop Ayam Klaten menjadi kudapan khas yang paling populer dana diminati banyak orang. Hal ini terjadi lantaran cita rasa sop ayam yang gurih berpadu dengan daging yang begitu lembut. Salah satu wisata kuliner terkenal di Klaten yang menjajakan sop ayam ini bernama Sop Ayam Pak Min Klaten, Jawa Tengah.

Kuahnya yang gurih dan nikmat membuat Sop Ayam Pak Min Klaten ini berhasil memikat banyak orang. Hal ini dibuktikan dengan terbukanya beberapa cabang Sop Ayam Pak Min Klaten, yang tersebar di beberapa kota besar Indonesia. Jika biasanya sop ayam menggunakan bumbu jahe dan santan untuk kuahnya, di wisata kuliner ini tidak demikian.

Menu yang ditawarkan pun tak kalah menarik, tersedia sop ayam campur dan pisah mulai dari daging, kulit, ceker, hingga kepala ayam. Kuahnya yang gurih dan cenderung bening membuat Anda bisa merasa betapa segarnya sop ayam ini. Bagi Anda yang tertarik, silakan menuju Jalan Mayor Kusmanto, Semangkak, Klaten, untuk menikmati seporsi Sop Ayam Pak Min Klaten ini.

Lokasi: Jl. Pemuda Tengah, Tegalmulyo, Kec. Klaten Tengah, Kab. Klaten.

2. Ayam Panggang Klaten

Ayam Panggang Klaten
Image Credit: Google Maps (Ariawan Wibowo)

Ayam panggang sebenarnya merupakan penganan khas Indonesia yang bisa ditemukan di berbagai daerah. Namun, ketika Anda berkunjung ke Kota Klaten wajib untuk mencicipi kuliner ayam panggang. Lantas, apa yang menjadi pembeda ayam panggang Klaten dengan daerah lainnya? Bumbu bumbu rahasia yang menciptakan cita rasa manis dimasak dengan cara diungkep.

Hal tersebutlah yang menjadi pembeda Ayam Panggang Klaten dengan ayam panggang daerah lainnya. Uniknya, pembuatan ayam panggang ini dibuat dengan mencampurkan bumbu dan santan sehingga rasanya gurih dan manis. Salah satu wisata kuliner yang menjajakan ayam panggang lezat ini adalah, Ayam Panggang Klaten Ny. Anggraini.

BACA:  20 Tempat Wisata di Kudus Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Rajawali, Kec. Klaten Tengah, Kab. Klaten.

3. Nasi Lumpang Lethok Riyanti

Nasi Lumpang Lethok Riyanti
Image Credit: Google Maps (Dyah Esty)

Selain Sop Ayam dan Ayam Panggang, masih ada kuliner khas Klaten lainnya yang juga wajib Anda coba. Nasi Lethok, hidangan khas Klaten yang satu ini berhasil menawarkan cita rasa lezat yang bisa menggoyang lidah bagi siapa pun pencicipnya. Saking khasnya, hidangan ini selalu dicari banyak wisatawan yang datang dari luar daerah maupun luar negara.

Ada yang unik dari penyajian hidangan Nasi Lethok ini. Disajikan dengan Kurapan Gudangan daun pepaya, nangka muda, bayam, daun jeruk, krecek, telur rebus, dan koyor menjadi perpaduan yang amat sempurna. Beberapa bahan tersebut kemudian disiram dengan bumbu kental khas Klaten yang semakin menambah cita rasa dari Nasi Letho ini.

Salah satu kedai atau tempat kuliner terkenal yang menjajakan Nasi Lethok ini ialah Nasi Tumpang Lethok Riyanti. Untuk mengobati penasaran Anda, silakan cicipi Nasi Letho ini dengan mengunjungi kedai di Jalan Mayor Kusmanto, Klaten. Sebagai saran, sebaiknya kunjungi tempat kuliner tersebut di pagi hari. Pasalnya, menjelang siang warung tersebut akan kehabisan menu Nasi Lethok.

Lokasi: Jl. Tegaltalang, Semangkak, Kec. Klaten Tengah, Kab. Klaten.

4. Ayam Bakar Pak Widodo

Ayam Bakar Pak Widodo
Image Credit: Google Maps (Saputra Nawa Prasetya)

Selain ayam panggang dan sop ayam, masih ada kudapan olahan ayam khas Klaten yang juga wajib Anda coba. Selagi menginjakkan kaki di tanah Klaten, maka sempatkanlah untuk mencicipi Ayam Bakar Pak Widodo. Pada dasarnya, hidangan ayam bakar merupakan makanan yang sudah merakyat dan dapat ditemui di berbagai daerah dengan mudah.

Tetapi, di Kota Klaten terdapat wisata kuliner yang menjual ayam bakar khas yang rasanya begitu unik. Pada mulanya, ayam akan diungkep yang kemudian dibakar dengan bumbu sehingga rasanya meresap hingga ke dalam dagingnya. Tak heran, wisata kuliner ini menjadi jawara sebagai tempat yang menyajikan ayam bakar lezat di Kota Klaten.

Lokasi: Jl. Morotai, Sidowayah, Kec. Klaten Tengah, Kab. Klaten.

5. Soto Bebek & Bebek Bacem

Image Credit: Google Maps (Rodi Zeng)
Image Credit: Google Maps (Rodi Zeng)

Saat pertama kali mendengar hidangan Soto Bebek, mungkin yang terlintas dalam benak Anda adalah ketidakcocokan kombinasi makanan. Padahal, Soto Bebek merupakan paduan kuah bening dengan daging bebek yang menghasilkan cita rasa begitu nagih. Kudapan Soto Bebek ini disajikan dengan beragam baceman bebek goreng yang rasanya benar benar lezat.

Untuk Anda yang penasaran dengan rasa dari Soto Bebek ini, silahkan berkunjung ke Karanglo, Gondang, Klaten. Di sepanjang jalan raya tersebut, Anda akan menemui beberapa tempat kuliner yang menjual Soto Bebek. Salah satu wisata kuliner Soto Bebek terkenal dan paling legendaris ialah Soto Bebek Bu Siswo yang ada sejak 1953 lamanya.

BACA:  20 Tempat Wisata di Sragen Terbaru & Paling Hits

Di wisata kuliner tersebut, anda tak hanya bisa menikmati kudapan Soto Bebek. Anda juga bisa mencicipi beragam baceman bebek yang tersedia di sana. Soal harga, Anda tak perlu khawatir. Untuk dapat menikmati semangkuk Soto Bebek Klaten ini, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 7 ribuan hingga Rp 10 ribuan saja. Sangat ekonomis!

Lokasi: Jl. Mayor Kusmanto, Bramen, Sekarsuli, Kec. Klaten Utara, Kab. Klaten.

6. Bakmi Miroso

Image Credit: Google Maps (Fintatika Wati)
Image Credit: Google Maps (Fintatika Wati)

Bagi Anda yang gemar menyantap makanan Chinese Food, di Klaten terdapat sebuah wisata kuliner yang menyediakan aneka makanan Cina. Wisata kuliner tersebut bernama Bakmi Miroso. Letaknya tak jauh dari Alun Alun Klaten, sehingga sangat mudah dijumpai. Bisa dibilang, wisata kuliner yang satu ini sangatlah legendaris dan sudah terkenal di berbagai kalangan.

Semua menu makanan Cina, tersedia di tempat kuliner Miroso ini. Anda bisa memilih menu yang disediakan mulai dari Bakmi, Nasi Goreng Seafood, Ayam Koloke, Capjay, Hingga Ayam Pangsit. Soal harganya, Anda tak perlu khawatir. Dikarenakan kedai ini sudah berdiri sejak lama, maka beragam menunya dibanderol dengan harga yang sangat pas di kantong.

Lokasi: Jl. Kawung 5, Tegalmulyo, Kec. Klaten Tengah, Kab. Klaten.

7. Angkringan Hik

Angkringan Hik
Image Credit: Google Maps (Sugeng Riyadi)

Angkringan adalah wisata kuliner yang mungkin identik dengan kuliner Jogja. Namun, siapa sangka wisata kuliner angkringan juga bisa ditemui di Klaten. Konon, angkringan Kota Klaten dipelopori oleh seseorang yang bernama Mbah Pairo. Benar tidaknya kabar tersebut, yang jelas Anda tetap wajib berkunjung ke wisata kuliner Klaten yang satu ini.

Beragam menu yang ditawarkan seperti Nasi Kucing, aneka lauk pauk, Sambal Bandeng, dan aneka baceman bisa Anda pilih sesuai keinginan. Dari makanan bercita rasa pedas hingga manis bisa Anda temukan di angkringan Hik Klaten ini. Untuk bisa mencicipi aneka makanan angkringan, Anda bisa menuju ke Jalan Mayor Kumanto, Klaten, Jawa Tengah.

Lokasi: Jl. Gemolong, Buntalan, Kec. Klaten Tengah, Kab. Klaten.

8. Sate Kambing Pak Suli

Sate Kambing Pak Suli
Image Credit: Google Maps (Anton Bersinar)

Hampir setiap daerah di Indonesia, pasti memiliki kuliner sate Anda lannya. Begitu pula denga Klaten, kota dengan sebutan Seribu Candi ini memiliki sajian kuliner Sate Kambing andalannya. Hidangan terkenal ini bisa Anda temui di Sate Kambing Pak Suli. Jika kebanyakan olahan kambing berbau perengus, di wisata kuliner ini tidak demikian.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Solo yang Paling Populer

Pengolahan yang tepat dan bumbu rempah yang digunakan tak sembarangan. Tak ayal, rasanya begitu lezat dan sama sekali tidak berbau perengus. Bagi Anda pencinta olahan daging kambing, tak lengkap jika belum memanjakan lidah dengan mengunjungi wisata kuliner Sate Kambing Pak Suli. Lokasinya pun mudah ditemukan, yakni di depan Kantor Pertahanan Klaten.

Sate Kambing Pak Suli, menyediakan kudapan sate yang begitu empuk. Bahkan, bumbu bumbunya terasa begitu meresap hingga ke dalam serat daging. Tak heran, wisata kuliner ini banyak dikunjungi penduduk lokal maupun luar daerah. Jika Anda ingin mencicipi sate kambing ini, maka sebaiknya kunjungi Sate Kambing Pak Suli di siang hari agar tidak kehabisan.

Lokasi: Jl. Veteran No.90, Barenglor, Kec. Klaten Utara, Kab. Klaten.

9. Warung Lontong Bu Mirah

Warung Lontong Bu Mirah
Image Credit: Google Maps (Nona Dimitry)

Lontong merupakan penganan khas Indonesia yang bisa ditemui di berbagai daerah. Bagi Anda yang sedang berada di Klaten, maka sempatkanlah untuk mencicipi hidangan Lontong Bu Mirah. Hidangan ini berupa lontong yang disajikan dengan kuah sedap dan ayam kampung asli. Rasanya yang begitu gurih dan segar dapat membuat Anda lebih bersemangat.

Lokasi Warung Lontong Bu Mirah juga sangat mudah ditemui. Pasalnya, lokasi dari wisata kuliner ini terletak di tengah kota Klaten. Untuk dapat mencicipinya, silakan berkunjung pada siang hari saja. Hal ini dikarenakan, Warung Lontong Bu Mirah buka pada pukul 04.30 dan tutup pukul 10.00 siang.

Lokasi: Jl. Anggrek, Ngepos, Kec. Klaten Tengah, Kab. Klaten.

10. Wisata Kuliner Bu Mayar Cawas

Wisata Kuliner Bu Mayar Cawas
Image Credit: Google Maps (Nurrokhman)

Satu lagi wisata kuliner di Klaten yang wajib Anda kunjungi, yakni Rumah Makan Bu Mayar Cawas. Rumah makan enak ini menyediakan beragam menu andalan yang menjadi andalannya adalah Nasi Terancam. Aroma rempah yang begitu kuat seakan menjadi ciri khas kuliner ini. Untuk dapat nikmati kudapannya, bisa kunjungi Wisata Kuliner Bu Mayar Cawas dari pukul 7 pagi hingga 9 malam.

Lokasi: Jl. Solo Km.4, Ngaran, Mlese, Kec. Ceper, Kab. Klaten.

Klaten memiliki sajian kuliner khas yang begitu enak dan sanggup memanjakan lidah. Mulai dari kuliner berkuah hingga beragam olahan ayam, bisa Anda temukan di sana. Meski beberapa makanannya familiar, tidak ada salahnya untuk mencoba dan merasakan perbedaannya. Bagi Anda yang berada di Klaten, sempatkanlah untuk mampir ke salah satu wisata kuliner tersebut.