Kudus tak hanya terkenal dengan kuliner Sotonya, tapi juga menyuguhkan beragam kuliner khas yang lezat dan wajib Anda cicipi. Inilah daftar tempat wisata kuliner favorit di Kudus yang terkenal dengan cita rasanya.

Wisata kuliner menjadi agenda yang wajib dilakukan ketika mengunjungi suatu kota. Apalagi jika kota tersebut memang sudah terkenal dengan kuliner-kulinernya yang menggugah selera. Bagi Anda yang berada di Kudus, kabupaten satu ini bukan hanya miliki tempat wisata melimpah, tetapi juga menawarkan beragam wisata kuliner yang bisa memanjakan lidah pengunjung. Berikut daftar tempat kulineran di Kudus yang bisa Anda pilih.

1. Lentog Tanjung

Lentog Tanjung
Image Credit: Google Maps (Hery_Anno)

Lentog Tanjung menjadi salah satu kuliner yang harus Anda coba ketika Anda di Kudus. Lokasinya yang berada di Simpang 7 Kudus, menjadikannya sebagai tempat kuliner yang begitu kondang. Selain menawarkan rasa yang enak, tempat satu ini juga menyediakan kuliner khas yang mungkin tidak akan bisa Anda temukan di tempat lainnya.

Lentog merupakan kuliner yang berisikan lontong dan tahu, kemudian disiram dengan santan kental atau kani dan ditambahkan bumbu khusus. Pada bagian atasnya akan ditaburkan dengan bawang merah goreng. Umumnya kuliner ini dijadikan sebagai menu untuk sarapan ataupun makan siang.

Dan warung satu ini menjadi salah satu tempat untuk menikmati Lentog yang paling kondang. Sekalipun tempatnya sederhana, tetapi cocok untuk dijadikan tempat makan bersama keluarga. Rasa yang dihadirkan di tempat makan satu ini juga sudah tidak diragukan lagi. Saat menikmati Lentog, Anda bisa menambahkan lauk pauk lain seperti gorengan atau sate telur.

Menariknya, harga yang ditawarkan di tempat satu ini tidaklah mahal. Satu porsi Lentog hanya sekitar Rp. 10 ribu saja. Wajar jika tempat kulineran satu ini tidak pernah sepi pengunjung. Bahkan menjadi tempat menikmati Lentog yang paling banyak direkomendasikan di Kudus. Daripada penasaran Anda bisa langsung mengunjungi tempat makan ini.

Lokasi: Jl. Purwodadi,Tanjung Karang, Klentengan, Kec. Jati, Kab. Kudus.

2. Pecel Pakis Colo

Pecel Pakis Colo
Image Credit: Google Maps (Martino Koesman)

Pecel menjadi kuliner khas Nusantara yang nikmat dan bisa ditemukan di banyak daerah. Begitu juga di Kudus, Anda juga bisa menemukan kuliner pecel yang begitu menggoyang lidah. Berbeda dengan pecel pada umumnya, pecel ini menggunakan daun pakis sebagai sayurnya. Memang pakis banyak tumbuh di lereng Gunung Muria.

BACA:  23 Tempat Wisata di Wonogiri Terbaru & Paling Hits

Nantinya pakis akan tetap ditambahkan dengan sayur lain seperti kacang panjang dan juga tauge. Awalnya kuliner satu ini merupakan makanan yang diolah oleh seorang pemuda yang ada di kawasan Colo Kudus. Dan ternyata kuliner ini begitu digemari oleh keluarga keraton di Solo. Hal inilah yang menjadikan kuliner satu ini memiliki kuliner yang khas.

Semua sayuran tersebut akan disiram dengan bumbu pecel yang rasanya legit dan kacangnya lembut. Perpaduan ini membuat lidah siapapun akan jatuh hati. Warung Pecel Pakis Colo ini tidak hanya menyajikan olahan pecel yang nikmat, tetapi juga mem banderolnya dengan harga yang ramah kantong.

Lokasi: Jl. Pesanggrahan No.193, Colo, Kec. Dawe, Kab. Kudus.

3. Warung Seni Joglo Sawah Kudus

Warung Seni Joglo Sawah Kudus
Image Credit: Google Maps (Setyo Purnomo)

Mengajak keluarga atau teman teman klineran memang menjadi hal yang begitu menyenangkan. Dan ketika Anda berada di Kudus, Anda bisa menjadikan tempat satu ini sebagai tujuan kulineran. Menyediakan menu olahan ayam dan ikan yang sudah terkenal enak, Anda juga bisa menikmati suasana dari rumah makan yang penuh dengan karya seni.

Selain olahan ayam ataupun ikannya, nasi goreng patta yang menjadi favorit pecinta kuliner. Tempatnya yang luas dan nyaman menjadikan tempat makan satu ini cocok untuk kulineran bersama rombongan. Apalagi fasilitas yang ditawarkan juga terbilang lengkap. Tak hanya itu, harga yang ditawarkan di Warung Seni Joglo Sawah Kudus ini tidaklah mahal dan membuat kantong jebol.

Lokasi: Jl. Lkr. Utara Kudus Gg. Ledok, Karangmalang, Kec. Gebog, Kab. Kudus.

4. Soto Kudus Pak Denuh

Soto Kudus Pak Denuh
Image Credit: Google Maps (Na Sugi)

Mengunjungi Kudus rasanya tidak lengkap jika tidak sekalian mencicipi Soto Kudus. Wajar jika sangat mudah untuk menemukan soto Kudus di kota ini. Tak usah bingung, Anda bisa menjadikan Soto Kudus Pak Denuh sebagai pilihan. Tempat makan satu ini menjadi favorit dan tak pernah sepi pengunjung. Bahkan kini sudah membuka cabang di beberapa sudut kota Kudus.

Yang membuat Soto Kudus berbeda dari lainnya adalah daging yang digunakan. Daging dalam soto Kudus umumnya adalah daging kerbau. Namun kini Anda sudah bisa menemukan soto yang dibuat dari daging kambing yang tak kalah enak. Dalam satu porsi soto ini, Anda bisa menemukan kuah kaldu yang segar dengan tauge,irisan kol dan juga bawang goreng.

Soto Kudus Pak Denuh memiliki kuah yang lebih kental dan juga ditambahkan dengan taburan koya. Selain itu disajikan dalam keadaan panas dengan daging yang begitu empuk. Ketika menginjakkan kaki di Kudus, Anda wajib untuk mencicipi warung soto ini. Apalagi harga yang ditawarkan untuk satu porsi menunya tak akan menguras dompet Anda.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Boyolali yang Paling Populer

Lokasi: Jl. AKBP Agil Kusumadya, Jatikulon Krajan, Kec. Jati, Kab. Kudus.

5. Mie Ayam Joyo

Mie Ayam Joyo
Image Credit: Google Maps (Muhammad Falih AryaPutra_XE1_21)

Mie ayam menjadi kuliner yang banyak penggemarnya hingga kini. Bagi Anda yang kebetulan ingin mencicipi mie ayam saat di Kudus, Anda bisa mengunjungi Mie Ayam Joyo. Mie ayam satu ini sudah begitu kondang dan selalu dipenuhi pengunjung. Tekstur mienya yang kenyal dan nikmat membuat siapapun ketagihan akan rasa mie ayam ini.

Mie yang dihadirkan memang dibuat sendiri oleh pemilik tempat makan ini. Bumbunya yang khas dan enak menjadikan perpaduan mie ini bisa membuat siapapun jatuh cinta. Tidak hanya itu, mie ayam di tempat satu ini disajikan dengan banyak toping. Dalam satu porsi mie ayam, Anda bisa menemukan potongan daging ayam, sayur bayam, bakso dan pangsit.

Semua bahan tersebut akan disiram dengan kuah kaldu yang segar. Hal ini tentunya menjadikan kuliner ini berbeda, apalagi sayur yang digunakan adalah bayam. Warung mie ayam ini semakin ramai karena harga yang ditawarkan untuk menunya tidaklah mahal. Porsinya juga membuat Anda kenyang dengan rasa jempolan.

Lokasi: Jl. Kyai H. Wahid Hasim, Krajan, Sunggingan, Kec. Jati, Kab. Kudus.

6. Sate Kebo Pak Kusrin 57

Sate Kebo Pak Kusrin 57
Image Credit: Google Maps (Hans Ricardo)

Sajian khas kota Kudus yang juga tak kalah menarik dicoba adalah Sate Kebo. Daging kerbau jarang dijadikan sebagai bahan makanan, tetapi di Kudus Anda bisa menemukan olahan dari bahan ini. Dan sate Kebo yang paling terkenal enak adalah di Sate Kebo Pak Kusrin 57. Daging kerbau yang disajikan begitu empuk, lembut dan bumbunya meresap hingga dagingnya.

Daging yang telah dibalur dengan bumbu akan dibakar hingga matang. Setelah itu disajikan dengan bumbu kacang yang tidak pelit alias melimpah. Didampingi dengan nasi hangat, tentunya akan menggoyang lidah siapapun yang mencicipinya. Lokasinya yang strategis dengan harga yang ramah kantong menjadikan tempat ini tak pernah sepi pengunjung.

Lokasi: Jl. Johar, Wergu Wetan, Kec. Kota Kudus, Kab. Kudus.

7. Rumah Makan Sari Lembur Kuning

Rumah Makan Sari Lembur Kuning
Image Credit: Google Maps (Anata Sujatmiko)

Kota Kudus masih memiliki tempat kuliner yang akan membuat perjalanan rasa Anda makin lengkap. Membawa keluarga atau rombongan paling pas makan di Rumah Makan Sari Lembur Kuning. Anda bisa menemukan banyak menu makanan yang bisa disesuaikan dengan selera. Mulai dari olahan seafood, ayam hingga sayuran yang terkenal enak.

Tempatnya yang luas semakin membuat para pengunjung leluasa ketika menikmati sajian tempat makan ini. Anda bisa mengunjunginya kapan saja saat Anda di Kudus karena buka setiap hari. Fasilitas pendukung yang ditawarkan juga akan semakin membuat pengunjung nyaman. Apalagi harga yang ditawarkan untuk menunya sesuai dengan rasa yang dihadirkan.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Cilacap yang Murah & Enak

Lokasi: Jl. AKBP Agil Kusumadya No.123 C, Krajan, Kec. Jati, Kab. Kudus.

8. Pizzeria Chicken

Pizzeria Chicken
Image Credit: Google Maps (Willy Dockshan M)

Selain menawarkan banyak menu Nusantara, di Kudus Anda juga bisa menemukan tempat untuk mencicipi pizza yang enak. Pizzeria Chicken masih menjadi andalan saat ingin menikmati pizza yang enak. Tempat kulineran ini menyediakan banyak menu pizza yang lezat, bahkan Anda bisa menemukan pizza khas Italia yang tipis dan juga renyah.

Selain memiliki menu yang beragam, tempatnya juga sangat nyaman untuk sekedar makan sembari mengobrol. Tak heran jika banyak anak muda yang mengunjungi tempat makan satu ini. Harga yang ditawarkan juga ramah dengan kantong anak muda. Menu lain selain pizza juga bisa Anda temukan di tempat makan favorit kawula muda Kudus ini.

Lokasi: Jl. Jepara No.KM, Purwosari, Kec. Kota Kudus, Kab. Kudus.

9. Garang Asem Podo Roso

Garang Asem Podo Roso
Image Credit: Google Maps (Willy Dockshan M)

Garang Asem merupakan salah satu olahan ayam khas Kudus yang begitu banyak penggemar. Daging ayam akan diberi bumbu khusus kemudian dikukus setelah sebelumnya dibungkus daun pisang. Perpaduan rasa gurih dan legit dengan daging yang empuk memang sayang dilewatkan. Garang Asem Podo Roso menjadi tempat kulineran yang paling direkomendasikan.

Lokasi: Jl. Patimura, Karangwatu, Loram Kulon, Kec. Jati, Kab. Kudus.

10. Golden Resto

Golden Resto
Image Credit: Google Maps (Daisy Shertian)

Chinese food juga bukan ide yang buruk ketika Anda berada di Kudus. Dan mencicipi masakan China yang paling enak adalah di Golden Resto. Tempat makan yang nyaman ini memang menyediakan banyak menu chinese food yang menggugah selera. Mulai dari olahan ayam, mie hingga seafood bisa ditemukan di rumah makan ini.

Anda juga bisa menemukan aneka makanan ringan hingga minuman yang tak kalah menarik dicoba. Lokasinya yang nyaman dan luas, sangat cocok menjadi tempat makan bersama keluarga. Resep khusus yang digunakan juga tidak akan mengecewakan lidah Anda. Begitu juga dengan harganya yang tak akan menguras dompet Anda.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.95, Nganguk, Kec. Kota Kudus, Kab. Kudus.

Itulah beberapa destinasi wisata kuliner di Kabupaten Kudus yang bisa Anda kunjungi. Beberapa diantaranya merupakan tempat yang begitu legendaris. Rasa yang dihadirkan tidak akan membuat Anda menyesal sudah mengunjunginya. Sebenarnya masih banyak tempat makan favorit di Kudus, tetapi yang telah disebutkan merupakan yang paling banyak disarankan.