Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten yang berada di Jogja. Daerah satu ini merupakan tempat yang memiliki beberapa wisata alam yang cukup memukau. Sehingga ketika Anda berkunjung ke tempat satu ini, maka Anda pun akan bisa menemukan berbagai destinasi wisata yang mengagumkan.

Setelah lelah berkeliling, maka Anda pun bisa menyantap berbagai kuliner khas yang berada di daerah Kulon Progo. Apa saja makanan khas tersebut? Berikut simak ulasannya.

1. Bebek Goreng Nggirli

Bebek Goreng Nggirli
Image Credit: Google Maps (Mey Lina Hermayanti)

Siapa sih dari Anda yang tidak menyukai olahan bebek? Bagi Anda yang gemar menyantap hidangan bebek goreng, maka tak ada salahnya untuk mampir ke tempat satu ini. Berada di dekat jembatan Sungai Serang, Kulon Progo maka Anda pun akan bisa mendapatkan kuliner khas yang berasal dari daging bebek. Pastinya sajian satu ini pun sangat pas untuk dinikmati setelah lelah beraktifitas di Kulon Progo

Restoran satu ini juga memiliki tempat yang cukup luas. Sehingga Anda pun tak perlu khawatir untuk tidak mendapatkan tempat. Untuk itu, bagi Anda yang ingin menyantap hidangan bebek saat berada di Kulon Progo, Anda bisa mampir sejenak untuk menikmati hidangan satu ini. Bebek Goreng Nggirli ini pun buka selama 24 jam penuh. Sehingga ketika Anda lapar di malam hari, Anda pun bisa dengan mudah untuk menyantapnya.

Lokasi: Jl. Kolonel Sugiono No.44, Gn. Gempal, Giri Peni, Kec. Wates, Kab. Kulon Progo.

2. Dapur Semar Resto

Dapur Semar Resto
Image Credit: Foursquare.com

Berada di sebelah barat Alun Alun Wates, maka untuk Anda yang ingin menikmati kuliner dengan nuansa khas pedesaan Dapur Semar Resto adalah tempat yang pas. Hal ini dikarenakan restoran satu ini terletak di area persawahan. Sehingga ketika Anda berada disini, Anda pun tidak akan merasa kepanasan. Suasana segar khas pedesaan pun dapat Anda rasakan ketika berada disini.

Ada beragam menu yang bisa Anda nikmati di restoran satu ini. Mulai dari olahan ikan hingga ayam, bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda. Untuk itu, Anda pun tak perlu ragu lagi ketika ingin mengunjungi restoran yang buka dari pukul 8 pagi hingga 10 malam. Selain datang secara langsung, Anda pun juga bisa untuk melakukan pemesanan reservasi ketika ingin menikmati hidangan yang ada di restoran satu ini.

BACA:  25 Oleh-Oleh Khas Jogja yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Tentara Pelajar, Jl. Wates, Area Sawah, RSUD, Kec. Wates, Kab. Kulon Progo.

3. Pring Petung Resto n Café

Pring Petung Resto n Café
Image Credit: Google Maps (Nuraini Yuslia)

Ketika Anda berwisata ke Kulon Progo dengan menggunakan kereta api, maka Anda pun bisa dengan mudah untuk menemukan rumah makan satu ini. Hal tersebut dikarenakan Pring Petung ini terletak tepat di belakang stasiun kereta api Wates. Selain itu, restoran satu ini pun memiliki lokasi yang cukup ekat dengan pusat kota Wates. Sehingga Anda pun nantinya akan dengan mudah untuk menemukannya.

Untuk jam buka operasional dari restoran satu ini adalah mulai pukul 8 pagi hingga pukul 10 malam. Ada berbagai macam menu yang disediakan di tempat satu ini. Mulai dari berbagai olahan ikan dan ayam serta sayur sop. Tak lupa, Anda pun juga bisa menemukan berbagai minuman yang segar ketika berada disini. Sebut saja seperti es teler maupun es durian yang sangat menggoda.

Lokasi: Jl. Perwakilan, Terbah, Kec. Wates, Kab. Kulon Progo.

4. Rumah Makan Ayam Goreng Bu Hartin

Rumah Makan Ayam Goreng Bu Hartin
Image Credit: Travelingyuk.com

Ingin mencoba kuliner ayam goreng yang enak ketika berada di Kulon Progo? Maka Anda pun bisa menambatkan pilihan Anda pada Rumah Makan Ayam Goreng Bu Hartin yang berada di Kulon Progo. Terkenal dengan rasanya yang gurih ini, maka Anda pun bisa mencicipi ayam goreng yang lezat mulai dari pukul 08.00 hingga 23.00 WIB.

Memiliki tempat yang cukup strategis dan luas, maka hal ini akan membuat Anda lebih bisa bergerak dengan leluasa. Selain itu, apabila Anda pergi secara rombongan, maka Anda pun akan bisa untuk menyesuaikan tempat duduk dengan jumlah rombongan tersebut. Untuk itu, tempat makan satu ini akan menjadi salah satu lokasi yang tepat bagi Anda untuk mengadakan acara reuni.

Lokasi: Jl. Sutijab, Driyan, Kec. Wates, Kab. Kulon Progo.

5. Kuliner Gula Semut

Kuliner Gula Semut
Image Credit: Gesuri.id

Ketika berada di Kulon Progo, maka Anda pun wajib untuk mencoba gula semut. Gula satu ini dapat dikatakan sebagai pembeda antara gula pasir dan gula merah. Diberi nama gula semut lantaran gula tersebut memiliki hamparan seperti semut. Umumnya, gula satu ini memiliki warna yang sama dengan gula merah. Selain itu, gula semut pun juga sama sama terbuat dari nira pohon kelapa.

BACA:  25 Wisata Kuliner di Jogja yang Murah & Enak

Hal yang menjadi pembeda adalah ukurannya yang memiliki bentuk kecil layaknya semut. Bagi Anda yang ingin untuk menemukan gula satu ini, maka Anda pun bisa datang ke daerah Hargotirto yang berada di Kulon Progo. Di tempat tersebut, nantinya Anda akan bisa menemui pembuat gula semut tersebut. Bahkan Anda pun bisa membawa pulang gula semut ini untuk oleh oleh kerabat di rumah.

Lokasi: Dusun Penggung, RT.70/RW.21, Krengseng, Hargorejo, Kec. Kokap, Kab. Kulon Progo.

6. Peyek Undur Undur

Peyek Undur Undur
Image Credit: Budaya-indonesia.org

Sebagian besar dari Anda pastinya akan menyukai peyek. Salah satu jenis kerupuk yang biasa digunakan sebagai menu pelengkap pecel ini pun dapat Anda temui dengan mudah ketika sedang berada di Kulon Progo. Pada umumnya, Anda akan bisa untuk menemukannya di jajaran pantai Glagah. Rasa yang gurih dan renyah dari peyek satu ini pun akan membuat Anda ketagihan.

Bahan utama untuk membuat peyek undur undur ini adalah tepung beras yang dicampur dengan tepung kanji. Selanjutnya bahan bahan tersebut dicampur dan digoreng dengan menggunakan minyak panas. Untuk bumbunya sendiri biasanya akan menggunakan bawang putih, ketumbar, garam, kencur serta daun jeruk. Tak lupa Anda pun bisa mencampurkan kuah santan di dalamnya. Pastinya Anda pun akan mendapatkan kerupuk yang renyah.

Lokasi: Desa Glagah, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo.

7. Enting Enting Jahe

Enting Enting Jahe
Image Credit: Potensiana.com

Cemilan yang hanya Anda temukan di Kulon Progo ini menjadi salah satu makanan yang bisa untuk Anda bawa pulang sebagai oleh oleh. Kudapan yang terbuat dari campuran beberapa bahan seperti gula, kacang, wijen, kelapa dan juga vanilli ini nantinya akan mempunyai rasa yang sangat khas. Anda pun bisa membelinya dengan harga yang cukup terjangkau yakni sekitar 8 ribu rupiah saja. Perpaduan dari pedasnya jahe dan manisnya gula akan membuat Anda ketagihan.

Lokasi: Trayu, Ngargosari, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo.

8. Cenil

Cenil
Image Credit: Wisataku.id

Salah satu makanan khas Jogja ini juga bisa dengan mudah untuk Anda jumpai ketika sedang berada di Kulon Progo. Ketika Anda ingin mencoba untuk mencicipinya, maka Anda pun bisa dengan mudah untuk mengunjungi pasar tradisional yang berada di Kulon Progo. Ada beberapa macam isian yang bisa untuk Anda temukan dalam satu porsi cenil ini.

Mulai dari klepon, ketan, intil intil dan juga lain sebagainya. Jajanan khas satu ini pun memiliki banyak warna sehingga, Anda pun akan senang untuk melihat tampilannya. Dengan memiliki bentuk bulat dan berwarna warni ini, cenil juga terkenal akan tekstur kenyal yang dimilikinya. Dengan disiram kuah gula merah cair, maka Anda pun bisa menikmati kuliner khas yang memiliki harga cukup terjangkau ini.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Kulon Progo yang Paling Populer

Lokasi: Kalilo, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo.

9. Dawet Sambel Mbak Sirep Nanggulan

Dawet Sambel Mbak Sirep Nanggulan
Image Credit: Instagram.com @makankeliling

Ketika Anda mendengar istilah dawet sambel, pastinya Anda pun akan langsung mengernyit. Pasalnya, di dalam benak Anda makanan berupa dawet memiliki rasa yang segar. Namun dengan penambahan kata sambel yang berada di belakang kata dawet membuat makanan satu ini pun terdengar cukup unik dan asing. Perlu Anda ketahui, dawet sambel sendiri merupakan sebuah kombinasi dari minuman dawet.

Kombinasi tersebut terdiri dari dawet yang disajikan dengan taburan sambal. Selain itu, pada semangkuk dawet sambel akan ditambahkan bawang goreng dan juga kecambah yang akan membuat rasanya menjadi benar benar unik. Untuk Anda yang penasaran dan ingin untuk menemukannya maka Anda pun bisa menjumpainya di daerah Jatimulyo.

Disini nantinya Anda akan bisa untuk berada di sekitar Objek Wisata Taman Sungai Mudal. Ketika berada di wisata tersebut, maka Anda pun akan dengan mudah untuk menemukan penjual yang menjajakan makanan unik satu ini. Untuk satu porsinya sendiri pun memiliki harga yang cukup murah. Dimana Anda hanya perlu untuk mengeluarkan uang yakni sekitar 3 ribu rupiah saja untuk per satu porsinya. Tertarik untuk mencoba?

Lokasi: Kec. Nanggulan, Kab. Kulon Progo.

10. Kopi Menoreh Pak Rohmat

Kopi Menoreh Pak Rohmat
Image Credit: Instagram.com @yunes9915

Tidak hanya menghasilkan teh, Kulon Progo sendiri juga dikenal sebagai salah satu tempat penghasil kopi. Untuk itu, bagi Anda yang merupakan penggemar kopi tak ada salahnya untuk mampir ke Kopi Menoreh Pak Rohmat. Kopi ini pun memiliki dua varian yakni kopi Arabika dan Robusta yang siap untuk menemani sore Anda. Untuk Anda yang mencari kedai kopi yang buka selama 24 jam di Kulon Progo, maka Anda pun bisa datang untuk menikmatinya.

Lokasi: Madigondo, RT.26/RW.10, Madigondo, Sidoharjo, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo.

Itulah 10 tempat kuliner terbaik yang ada di sekitar Kulon Progo. Kuliner khas daerah satu ini memiliki harga yang cukup terjangkau. Sehingga bagi Anda yang sedang ingin berjalan jalan untuk mencari makanan di daerah Kulon Progo, maka Anda tak perlu khawatir untuk kehabisan uang. Pasalnya, kuliner di tempat satu ini memiliki harga yang ramah di kantong.