Menjelajah setiap kuliner di tanah air bukanlah ide yang buruk. Anda bisa memanjakan lidah dan perut Anda dengan kuliner unik dan berbeda di Kuningan yang terkenal lezat dan ditawarkan dengan harga terjangkau.

Kuningan yang merupakan bagian dari Jawa Barat yang memiliki banyak objek wisata menawan untuk dijelajahi. Terkenal dengan Taman Nasional Gunung Ciremainya, rupanya wisata kuliner di daerah ini juga tak kalah menarik untuk dicicipi. Anda bisa melakukan perjalanan rasa dengan mengunjungi tempat wisata kuliner di Kuningan dalam ulasan berikut ini.

1. Rumah Makan Lembah Ciremai

Rumah Makan Lembah Ciremai
Image Credit: Lembah-ciremai-restaurant.business.site

Ketika mengunjungi Kuningan dan ingin menikmati sajian yang nikmat, restoran keluarga satu ini bisa dikunjungi. Lembah Ciremai akan menawarkan banyak menu Nusantara yang menggugah. Selain itu, para tamu juga akan disuguhkan pemandangan gunung Ciremai yang begitu megah. Semakin menjadi daya tarik tersendiri dari rumah makan satu ini.

Kuliner yang ditawarkan kebanyakan menu khas Sunda yang akan siap menggoyang lidah Anda. Ada banyak sekali menu yang bisa dijadikan pilihan, tetapi yang menjadi favorit adalah menu ayam bakar kampungnya. Olahan ayam bakar Kampung di rumah makan ini boleh diadu dan memiliki ciri khas rasa yang tak sama dengan tempat lainnya.

Dagingnya yang lembut dipadu dengan bumbunya yang khas membuat menu ini selalu jadi andalan para pengunjung. Bukan hanya menawarkan menu menu lezat dan suasana yang nyaman, rumah makan satu ini juga hadir dengan berbagai fasilitas memadai. Bahkan seringkali dijadikan tempat untuk melangsungkan acara pernikahan.

Fasilitas mulai tempat parkir yang luas, mushola, toilet hingga gerdung serbaguna. Sekalipun warung makan ini begitu jadi favorit, tetapi harga yang ditawarkan untuk menunya tak akan membuat Anda merasa mahal. Rasa yang dihadirkan dalam setiap masakannya, sesuai dengan harga yang ditawarkan. Sangat cocok untuk tempat makan rame rame ketika Anda di Kuningan.

Lokasi: Jl. Raya Kuningan Cirebon Km. 4, Cibentang, Kec. Kramatmulya, Kab. Kuningan.

2. Kedai Hucap Ma Iroh

Kedai Hucap Ma Iroh
Image Credit: Google Maps (Budi Syihabudin)

Sebelumnya apakah Anda sudah pernah mendengar hucap? Dari namanya saja kuliner satu ini begitu unik. Sekalipun sebenarnya kuliner satu ini merupakan makanan yang sederhana dan kepanjangan dari tahu kecap. Wisata kuliner Anda akan begitu lengkap jika Anda sudah mencicipi menu satu ini. Dan tempat yang sudah melegenda adalah Kedai Hucap Ma Iroh.

BACA:  20 Wisata Kuliner di Depok yang Murah & Enak

Memang untuk menemukan kuliner ini bukanlah hal yang sulit, tetapi dari semuanya tempat satu ini yang banyak direkomendasikan dan jadi favorit. Apalagi setelah tempat makan ini menjamu Susilo Bambang Yudhoyono mantan Presiden RI. Menjadikan tempat makan ini selalu penuh dan diburu para pecinta kuliner dari berbagai daerah yang datang ke Kuningan.

Lokasi: Jl. Dewi Sartika, Kuningan, Kec. Kuningan, Kab. Kuningan.

3. Rumah Makan Laksana

Rumah Makan Laksana
Image Credit: Google Maps (Freddy  Tandapranata)

Untuk melanjutkan wisata rasa Anda di Kuningan, Anda bisa mengunjungi Rumah makan Laksana. Tempat makanan yang menyediakan tempat lesehan atau meja makan ini akan membuat Anda bebas menentukan ingin makan dimana. Suasananya yang nyaman, dengan bagian dalam yang dilengkapi kolam ikan akan menambah nafsu makan pengunjung.

Berbagai menu juga dihadirkan untuk menjadi menu santap Anda. Anda bisa memilih menu gurame asam manis maupun gurame bakarnya yang sudah kondang. Bagi Anda yang tidak menyukai menu ikan, menu ayamnya juga tak kalah nikmat. Olahan ayam yang dibakar atau digoreng biasanya tentunya tetap menjadi menu yang nikmat untuk disantap.

Menu lainnya juga tak kalah beragam dan siap untuk membuat Anda puas. Rumah makan satu ini akan penuh ketika jam makan siang datang. Jika Anda kebetulan datang dengan bersama rombongan, ada baiknya untuk reservasi lebih dulu. Makan di tempat makan ini, tidak akan membuat kantong Anda jebol mengingat harganya cukup terjangkau.

Lokasi: Jl. Panawuan-Sangkanurip, Panawuan, Kec. Cigandamekar, Kab. Kuningan.

4. Warung Kasreng Luragung

Warung Kasreng Luragung
Image Credit: Google Maps (Bali Hermanto)

Perjalanan rasa Anda di Kuningan masih belum akan berakhir, Anda bisa mengunjungi Warung Kasreng Luragung. Di tempat ini, Anda bisa mencicipi kuliner khas Kuningan yang dikenal dengan nama Nasi Kasreng. Nasi satu ini merupakan nasi yang didampingi dengan gorengan, lalapan toge dan tidak ketinggalan taburan udang rebon.

Menu sederhana ini semakin nikmat jika dinikmati bersama sambal terasi khasnya. Selain bisa menikmati nasi Kasreng, Anda juga bisa menjajal menu lainnya. Mulai dari sop buntut, pepes ati ampela hingga tumis jamur bisa hadir di meja makan Anda. Tenang saja, makan di tempat yang dikelilingi sawah ini tak akan membuat kantong Anda menjerit.

Lokasi: Luragunglandeuh, Kec. Luragung, Kab. Kuningan.

5. Resto Grage Lanai

Resto Grage Lanai
Image Credit: Google Maps (Imas Meta Irianti)

Tempat kulineran yang paling direkomendasikan di Kuningan adalah Resto Grage Lanai. Tempat makan nyaman yang menghadirkan suasana yang sejuk ini memang layak Anda kunjungi. Pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan Gunung Ciremai yang begitu menyejukkan mata. Udaranya yang sejuk juga akan membuat perut keroncongan.

BACA:  20 Tempat Wisata di Karawang Terbaru & Paling Hits

Pengunjung tidak hanya bisa menikmati berbagai kuliner dan pemandangan yang menyejukkan mata. pengunjung juga bisa memancing di Resto Grage Lanai ini karena memang tersedia kolam ikan. Menu yang ditawarkan di resto satu ini terbilang lengkap, Anda bisa menemukan menu berupa karedok, ikan dan juga ayam.

Dari semua menu yang ada, nasi liwet dengan ayam bakar kampung menjadi menu yang paling digemari. Dalam penyajiannya menu ini akan disajikan dengan sayur lalapan dan sambal. Bagi Anda yang ingin mencoba guramenya, ada banyak olahan dari ikan gurame ini. Harga yang ditawarkan untuk setiap menu yang ada juga ramah kantong.

Lokasi: Jl. Raya Sangkanurip No.1, Panawuan, Kec. Cilimus, Kab. Kuningan.

6. Rumah Makan Cipondok

Rumah Makan Cipondok
Image Credit: Google Maps (Budi Waskito)

Berniat untuk makan bersama keluarga atau rombongan? Jika iya, maka rumah makan Cipondok bisa dijadikan pilihan. Rumah makan ini terbilang cukup luas dan bisa menampung banyak orang. Suasana yang nyaman dan juga menyajikan pemandangan sawah yang makin mendukung untuk makan.

Rumah Makan Cipondok menawarkan menu menu makanan khas Sunda. Dimana dari semua menunya ikan gurame menjadi primadona di tempat kulineran satu ini. Untuk harganya, bergantung pada ukuran ikan yang Anda pilihan. Cara pengolahannya juga beragam, mulai dari di goreng hingga dibakar. Makin nikmat jika disandingkan dengan sambal terasi.

Lokasi: Jl. Windu Janten No. 75 Windu Janten Kadugede, Cipondok, Kec. Kuningan, Kab. Kuningan.

7. Rumah Makan Ayam Goreng Mang Bewok

Rumah Makan Ayam Goreng Mang Bewok
Image Credit: Google Maps (Ratiyan Munggaran Atmadja)

Siapa yang tidak suka ayam? Hampir semua orang menyukai olahan daging ayam. Dan jika Anda ingin menikmati ayam goreng nikmat yang empuk dan gurih, tempat makan satu ini bisa Anda kunjungi. Rumah Makan Ayam Goreng Mang Bewok yang berada di Kuningan ini menyediakan olahan ayam kampung yang jempolan.

Tempat makan yang juga menawarkan pemandangan gunung Ciremai ini sangat cocok untuk tempat makan keluarga. Selain bisa mencicipi menu ayamnya, menu bebek di rumah makan satu ini juga tak kalah nikmat. Rumah makan ini sangat cocok untuk jadi tempat kulineran mengingat harganya yang ramah kantong.

Lokasi: Jl. Siliwangi No.141, Kalapagunung, Kec. Kramatmulya, Kab. Kuningan.

8. Rumah Makan Bang Jack

Rumah Makan Bang Jack
Image Credit: Google Maps (Nur Hasanah)

Kuningan memiliki banyak tempat wisata kulineran yang tak hanya menawarkan rasa jempolan, tetapi juga pemandangan yang luar biasa. Mengingat Kabupaten satu ini memang berada di dataran tinggi. Udaranya yang sejuk dan pemandangan hijau yang menawan memang sangat cocok jika sekalian menikmati kuliner yang menggoyang lidah.

BACA:  20 Tempat Wisata di Cianjur Terbaru & Paling Hits

Dan Anda bisa mendapatkan semua itu dengan mengunjungi Rumah Makan Bang Jack. Rumah makan satu ini memang menawarkan banyak menu andalan yang bisa Anda cicipi. Menu seperti daging sapi, seafood, sayur hingga ikan bisa Anda coba di rumah makan ini. pastikan Anda juga menjajal menu favoritnya berupa sup jagung daging kepiting.

Lokasi: Jl. Raya Cirebon Kuningan No.Km. 20.4, Caracas, Kec. Cilimus, Kab. Kuningan.

9. Rumah Makan Dapur Bebek

Rumah Makan Dapur Bebek
Image Credit: Google Maps (Fitri Rianti Kartika Dewi)

Rumah Makan Dapur Bebek, akan menjadi tempat kuliner selanjutnya yang juga banyak direkomendasikan. Sajian bebek di tempat satu ini dijamin tidak akan membuat Anda kecewa. Nasi hangat dengan bebek yang gurih dan lembut tentunya tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Apalagi jika ditambahkan dengan sambal khas dan juga lalapan. Dijamin Anda ingin menambah porsi saking lahapnya. Rumah makan satu ini juga menawarkan pemandangan yang tidak mengecewakan. Selain itu juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang lengkap dan memanjakan pengunjung.

Lokasi: Jl. Siliwangi, Purwawinangun, Kec. Kuningan, Kab. Kuningan.

10. Kedai Tahu Kopeci

Kedai Tahu Kopeci
Image Credit: Google Maps (Roy Draco)

Tak hanya mencoba makanan beratnya, di Kuningan Anda juga bisa mencicipi kuliner khas lainnya. Salah satunya yang tak boleh dilewatkan adalah mencicipi Tahu Kopeci. Tahu Kopeci atau kepanjangan dari Koperasi Pemuda Cikentrungan. Sekilas tahu ini mirip dengan tahu sumedang, tetapi soal tentunya tahu satu ini memiliki ciri khas tersendiri.

Tempat berburu kuliner ini tidak pernah sepi pengunjung, bahkan bisa dikatakan jika antriannya selalu mengular. Rata rata pengunjung yang datang akan membawa pulang, dibandingkan makan di tempat. Karena memang bisa dijadikan sebagai oleh oleh khas untuk kerabat di rumah. Apalagi harganya juga tidaklah mahal, sehingga Anda bisa membeli dalam jumlah banyak.

Yang membedakan tahu ini dengan tahu lainnya adalah bentuknya yang tidak kosong atau lebih berisi. Hanya saja, jika ingin mencicipi rasa tahu andalan Kuningan ini, Anda harus rela antri panjang. Anda bisa datang lebih awal jika tidak ingin antri terlalu lama. Yang jelas Tahu Kopeci menjadi tempat kuliner yang tak boleh dilewatkan.

Lokasi: Jl. Veteran, Kuningan, Kec. Kuningan, Kab. Kuningan.

Itulah beberapa tempat kulineran di Kuningan yang sudah terkenal enak dan murah. Selain itu juga menawarkan banyak menu, lengkap dengan pemandangan yang begitu menawan. Rata rata memang dalam bentuk rumah makan dengan sajian makanan Sunda sebagai menu utama. Namun tetap saja, akan memberikan pengalaman kuliner yang berbeda.