Lamongan wajib masuk daftar kota yang menarik dikunjungi para pecinta kuliner. Tersedia beragam jenis wisata kuliner di Lamongan yang terkenal lezat dan murah. Wajar apabila daerah ini menjadi surganya para penikmat makanan khas.

Siapa yang tak mengenal Soto Lamongan? Soto paling populer di seluruh Indonesia ini membuat banyak orang kian penasaran dengan berbagai makanan dari Kota Lamongan. Tak heran banyak pengunjung yang rela untuk pergi ke Lamongan khusus berwisata kuliner. Ada berbagai jenis makanan serta tempat makan yang bisa dikunjungi saat ke Kota Lamongan. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Warung Soto Lamongan

Warung Soto Lamongan
Image Credit: Google Maps (RINI ASTUTI)

Rekomendasi pertama yang paling wajib untuk dikunjungi adalah warung soto Lamongan. Anda akan banyak menemui restoran maupun warung pinggir jalan yang menjual makanan populer asal Lamongan ini. Pada beberapa tempat bahkan tidak pernah sepi kunjungan dari orang – orang yang menyukai soto Lamongan. Harganya pun dijamin terjangkau seluruh kalangan.

Cita rasanya yang gurih dengan berbagai bahan rempah khusus membuat makanan Soto Lamongan tidak pernah membosankan untuk dinikmati. Wajar apabila orang di kota tersebut juga tidak bosan mengkonsumsinya, ditambah dengan berbagai pengunjung luar kota yang sengaja pergi ke Lamongan untuk wisata kuliner. Makanan ini bisa digunakan sebagai sarapan, makan siang dan malam.

Ketika Anda memasuki Warung Soto Lamongan, akan tersaji beberapa camilan yang biasanya dijadikan santapan tambahan bersama soto. Hidangan tersebut biasanya berupa sate usus maupun sate telur puyuh. Makanan Soto Lamongan ini akan lebih sedap jika disandingkan dengan tambahan tersebut. Kerupuk pun juga bisa digunakan sebagai pelengkapnya.

Lokasi: Tlogoanyar, Kec. Lamongan, Kab. Lamongan.

2. Nasi Boranan Lamongan

Nasi Boranan Lamongan
Image Credit: Google Maps (Dyah Wahyu)

Selain soto, Kota Lamongan juga memiliki makanan khas yang dinamakan Nasi Baronan Lamongan. Nasi Baronan adalah paket makanan berisi nasi, urap, lalapan, rempeyek, tauge dan tambahan lainnya yang disesuaikan dengan keinginan pelanggan. Setelah itu makanan tersebut akan dibungkus dengan bungkus alas daun pisang dan kertas bungkus.

Namun yang spesial dari menu ini adalah tambahan berupa lauk yang disebut empuk. Empuk merupakan campuran dari tepung beras, gaplek dan juga terigu. Dimana kemudian akan dibentuk bulatan kecil dan digoreng. Rasa dari Empuk ini cukup gurih dan lezat karena ada tambahan bawang di dalam adonannya. Tak heran bila banyak yang memilih Empuk sebagai lauk tambahan.

BACA:  20 Tempat Wisata di Kediri Terbaru & Paling Hits

Tapi tidak perlu khawatir, biasanya warung makan Nasi Baronan Lamongan ini menyediakan beragam lauk yang bisa dipilih sesuai selera. Biasanya pilihan lauk yang disediakan antara lain ikan bandeng, tahu, tempe, udang, dadar, dan sebagainya. Bagi Anda yang memang ingin berwisata kuliner ke Kota Lamongan, Nasi Baronan wajib masuk list makanan yang harus Anda coba.

Lokasi: Tumenggungan, Kec. Lamongan, Ka. Lamongan.

3. Tahu Campur Lamongan

Tahu Campur Lamongan
Image Credit: Facebook.com @ema.adisurya

Kembali dengan makanan berkuah, Kota Lamongan memiliki makanan khas yaitu tahu campur Lamongan. Tahu campur ini cukup popular di Indonesia, hal tersebut dikarenakan rasa unik dan lezat yang tercipta dari resep yang penuh dengan rempah. Banyak pengunjung yang menganggap tahu campur asal Lamongan berbeda dengan rasa tahu campur daerah lain.

Harganya yang murah di kantong, Anda bisa dengan mudah menemui warung makan tahu campur Lamongan. Biasanya pada satu porsi paket tahu campur berisi lontong, tahu, selada air, mie, tauge hingga daging. Banyak juga penjual yang menambahkan kerupuk sebagai pelengkap makanan ini. Bagi Anda yang menyukai pedas, Anda bisa menambahkan sambal yang sudah disediakan.

Lokasi: Tumenggungan, Kec. Lamongan, Kab. Lamongan.

4. Asem Bandeng Cak Takim

Asem Bandeng Cak Takim
Image Credit: 7terbaik.com

Terkenal sebagai salah satu kota penghasil ikan tawar di Jawa Timur, membuatnya banyak bermunculan warung makan olahan dari ikan. Asem Bandeng Cak Takim menjadi salah satu tempat wisata kuliner olahan ikan paling populer di Lamongan. Berada di Dusun Mojomanis, Desa Lopang Kecamatan Kembang Bahu, Anda bisa merasakan makanan olahan bandeng ini dengan harga terjangkau.

Berbahan utama ikan bandeng, masakan ini dihidangkan dengan kuah yang kaya akan rasa rempah – rempah. Campuran rempah tersebut menciptakan cita rasa asam, manis dan gurih secara bersamaan. Daya tarik lainnya dari makanan ini adalah tekstur ikan bandeng yang sangat lembut. Biasanya kuliner ini lebih nikmat dipadukan dengan nasi putih yang masih hangat.

Lokasi: Desa Lopang, Kec. Kembangbahu, Kab. Lamongan.

5. Bandeng Colo Lamongan

Bandeng Colo Lamongan
Image Credit: Ksmtour.com

Masih dengan bahan dasar olahan ikan, Lamongan juga memiliki makanan khas yang disebut dengan Bandeng Colo Lamongan. Makanan ini wajib untuk masuk pada daftar wisata kuliner Lamongan yang murah dan enak. Hal tersebut dikarenakan rasanya yang cukup nikmat dan lezat. Bandeng yang diolah dengan cukup baik menghasilkan tekstur daging yang lembut.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Jember yang Murah & Enak

Disisi lain, kuah yang digunakan terdiri dari banyak bumbu dan rempah yang bisa menghilangkan bau amis dari ikan bandeng. Cita rasa dari kuah Bandeng Colo Lamongan ini lebih ke pedas manis, sehingga bagi para pecinta makanan pedas wajib untuk mencobanya. Ada banyak restoran yang menjual menu Bandeng Colo Lamongan yang tentunya dengan harga terjangkau.

Lokasi: Sidoharjo, Kec. Lamongan, Kab. Lamongan.

6. Pecel Lamongan

Pecel Lamongan
Image Credit: Google Maps (PECEL MADIUN pahlawan)

Selain berwisata kuliner ke restoran, Anda juga perlu untuk mencicipi makanan pinggiran jalan yang tak kalah lezat. Lamongan juga terkenal dengan makanan khasnya berupa pecel Lamongan. Bahan utama yang digunakan pada pecel ini sama seperti pecel dari daerah lain. Hal yang berbeda terletak pada bumbu pecel yang digunakan, bumbu pecel Lamongan lebih pedas dari pecel lainnya.

Banyak wisatawan yang menyukai rasa pecel Lamongan. Bumbu kacangnya yang khas dengan rasa lebih pedas sangat menggugah selera. Makanan khas ini pun menjadi salah satu rekomendasi bagi Anda yang suka makanan pedas. Anda bisa menemui penjual pecel di pagi hari di sekitaran pinggir jalan. Harga dari makanan pecel Lamongan pun terjangkau oleh berbagai kalangan.

Lokasi: Sukorejo, Kec. Lamongan, Kab. Lamongan.

7. Warung Kaliotik

Warung Kaliotik
Image Credit: Google Maps (Rizki Zuhri)

Warung Kaliotik adalah warung makanan yang sangat terkenal di Lamongan. Warung ini terletak di Sidokumpul, tempat satu ini terbilang mudah dijangkau. Tidak pernah sepi pengunjung membuat warung Kaliotik menarik banyak perhatian wisatawan luar kota. Menu makanan disini cukup beragam dan menyediakan berbagai paket dari sarapan, makan siang hingga makan malam.

Menu makanan disini disajikan langsung berderet cukup panjang seperti prasmanan dan pengunjung bisa memilih dan mengambilnya sendiri. Sehingga tidak hanya menu khas Lamongan saja, melainkan makanan khas nusantara yang lainnya juga tersedia disini. Harganya yang terjangkau dan lokasi cukup strategis membuat warung Kaliotik tidak pernah sepi dari pembeli.

Lokasi: Jl. Jaksa Agung Suprapto No.27, Dapur Barat, Sidokumpul, Kec. Lamongan, Kab. Lamongan.

8. Marning Lamongan

Marning Lamongan
Image Credit: Facebook.com @fitriaulfa09

Tidak hanya makanan berat saja, Anda juga bisa berkuliner di Lamongan dengan camilan khasnya. Salah satu camilan khas dari Lamongan adalah marning. Marning atau empeng ini terbuat dari jagung yang dikeringkan dimana kemudian akan dipipihkan dan digoreng. Marning menjadi salah satu camilan khas Lamongan yang sering dijadikan sebagai oleh-oleh.

Tidak hanya dalam bentuk pipih, marning dari Lamongan juga ada yang dibiarkan terbentuk biji jagung utuh. Rasanya yang cukup gurih ini akan membuat siapapun yang menikmatinya ketagihan untuk terus memakannya. Harga dari camilan ini sangat murah dan banyak yang menjual dalam bentuk kemasan yang kecil hingga besar. Bagi para pecinta kuliner, wajib untuk merasakan camilan khas ini.

BACA:  20 Tempat Wisata di Sidoarjo Terbaru & Paling Hits

Selain awet, marning juga memiliki cita rasa enak dan gurih. Orang – orang sering mengkonsumsi camilan ini untuk menemani keseharian atau saat berkumpul bersama teman. Tak heran juga banyak varian tambahan untuk makanan marning asal Lamongan ini. Biasanya varian rasa tersebut berupa pedas, asin dan manis. Sehingga bisa disesuaikan dengan selera.

Lokasi: Desa Jejel, Kec. Ngimbang,  Kab. Lamongan.

9. Keripik Sunduk

Keripik Sunduk
Image Credit: Tokopedia.com

Mengingat Lamongan adalah kota penghasil ikan tawar, membuat banyak warga sekitar yang memiliki ide untuk mengolahnya menjadi berbagai jenis olahan makanan. Salah satunya adalah camilan yang dinamakan kerupuk sunduk. Kerupuk sunduk berasal dari ikan sunduk yang sering ditemui di perairan wilayah Lamongan. Ikan sunduk mirip dengan ikan tenggiri atau kakap.

Menjadi camilan seafood khas dari Lamongan, membuatnya mudah ditemui di berbagai titik di Lamongan. Anda bisa membelinya dengan harga yang cukup terjangkau. Bagi Anda yang berwisata kuliner di Lamongan, bisa mencoba makanan ini dan membawanya sebagai oleh-oleh untuk keluarga. Camilan keripik sunduk cukup tahan lama dibawa selama perjalanan.

Lokasi: Sidoharjo, Kec. Lamongan, Kab. Lamongan.

10. Wingko Babat Loe Lan Ing

Wingko Babat Loe Lan Ing
Image Credit: Google Maps (Wingko Babat Loe Lan Ing)

Rekomendasi kuliner Lamongan yang terakhir adalah wingko babat. Makanan khas ini terbuat dari tepung ketan, gula pasir, dan kelapa parut. Nama wingko babat sudah cukup terkenal di daerah Lamongan, bahkan menjadi salah satu pilihan oleh-oleh khas yang banyak dibeli oleh wisatawan. Salah satu penjual wingko babat yang terkenal adalah Loe Lan Ing.

Wingko babat Loe Lang Ing sudah berdiri sejak tahun 1900 an. Anda bisa mengunjunginya di pertigaan titik temu antara Kota Surabaya, Tuban dan Bojonegoro atau 1 km di sebelah barat pertigaan Babat. Wingko babat ini memiliki rasa yang bervariasi, antara lain coklat, nangka, dan sebagainya. Selain rasa yang bervariasi, ukurannya pun juga cukup beragam.

Wingko babat sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh karena keawetannya, sehingga tidak akan basi selama di perjalanan. Namun akan lebih terasa nikmat apabila Anda bisa mencicipinya dalam kondisi masih hangat. Rasa gurih dari kelapa parut membuatnya semakin nikmat. Harga wingko babat Loe Lan Ing pun juga tidak terlalu mahal.

Lokasi: Banaran, Kec. Babat, Kab. Lamongan.