Mengunjungi suatu daerah memang identik untuk berlibur ke tempat wisatanya. Selain wisata, kuliner juga sangat menarik untuk dijelajahi. Apalagi Indonesia sendiri  memiliki ragam kuliner yang begitu kaya. Ketika Anda singgah atau berlibur ke Lampung, tak ada salahnya untuk berwisata kuliner. Berikut ada beberapa rekomendasi tempat untuk wisata kuliner di Lampung, yang sudah kondang dengan rasanya yang nikmat serta harga terjangkau.

1. Bakso Sony Lampung

Bakso Sony Lampung
Image Credit: Kompas.com

Bakso merupakan salah satu kuliner nusantara yang begitu banyak penggemar. Meskipun bisa ditemui di mana saja, namun tak ada salahnya mencicipi bakso andalan Lampung ini. Bakso Sony Lampung sudah sangat kondang dan memiliki rasa yang tak akan mengecewakan. Tak hanya di Lampung, kelezatannya bahkan sudah terkenal hingga di seluruh tanah air. Sehingga wajar jika banyak yang menjajakan bakso Sony secara online.

Ketika Anda singgah di Lampung, menemukan gerai bakso ini tidaklah sulit. Ada banyak penjual dan cabang yang jumlahnya tak terhitung lagi. Tidak hanya bisa menikmati menu utamanya yakni bakso, Anda juga bisa mencicipi menu lain seperti pempek, mie ayam dan lainnya. Jika Anda ingin mencoba bakso kondang ini, budget yang harus dikeluarkan juga tak terlalu dalam. Sebab satu porsi bakso polosan maupun dengan mie dibandrol mulai Rp. 15 ribu seporsinya.

Lokasi: Jl. Wolter Monginsidi No.42 A, Durian Payung, Kec. Tanjung Karang Pusat, Kota Bandar Lampung.

2. Mie Khodon Bandar Lampung

Mie Khodon Bandar Lampung
Image Credit: Garnesia.com

Rasanya tak lengkap jika tak menjajal kuliner mi khodon ketika Anda ke Lampung. Mie Khodon sendiri merupakan kedai mie sederhana yang menunya juga sederhana. Meskipun begitu Anda tak akan menyesal, mengingat mie satu ini sangat kondang dengan rasanya yang nikmat. Sajian mie goreng, mie cemek maupun bihun goreng maupun rebusnya akan membuat lidah Anda bergoyang. Yang membuatnya khas adalah aroma dari udangnya yang begitu terasa.

Mie yang digunakan merupakan mie yang teksturnya kenyal dan besar. Kemudian dalam mengolahnya akan ditambahkan bahan sayuran dan suwiran ayam sebagai topping. Tambahan ebi taburannya juga membuat rasanya makin nikmat. Harga yang ditawarkan setiap porsinya juga terbilang terjangkau, sekitar Rp. 18 ribu setiap porsi. Kini sudah ada 2 cabang yang bisa dikunjungi, jaraknya juga tak terlalu jauh sehingga Anda bisa mengunjungi salah satunya.

Lokasi: Jl. Ikan Bawal No.22, Pesawahan, Kec. Telukbetung Selatan, Kota Bandar Lampung.

3. Pindang Merajut Riu

Pindang Merajut Riu
Image Credit: Terkaitrumah.blogspot.com

Tempat satu ini, merupakan tempat kulineran yang sangat cocok untuk makan bersama keluarga. Pindang Merahut Riu cukup kondang dengan menu kuliner pindang yang menjadi ciri khas Lampung. Di tempat ini Anda bisa menikmati sajian ikan patin serta baung pedas yang akan membuat Anda ketagihan. Memiliki tempat yang nyaman dengan beberapa saungnya. Harga yang diitawarkan juga terbilang terjangkau, dibandrol mulai Rp. 20 ribuan.

BACA:  33 Tempat Wisata di Lampung Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Pramuka, Rajabasa, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung.

4. Nasi Uduk Toha

Nasi Uduk Toha
Image Credit: Garnesia.com

Lokasi santap yang tak boleh dilewatkan dan banyak direkomendasikan selanjutnya adalah Nasi Uduk Toha. Sebenarnya tak ada yang spesial dengan nasi uduk ini, karena memang menu yang ditawarkan juga sama dengan nasi uduk pada umumnya. Namun yang membuatnya banyak dikunjungi adalah rasanya yang nikmat tetapi harganya murah. Tak heran jika rumah makan keluarga ini selalu ramai pengunjung, karena harganya dimulai dari Rp. 5 ribu saja.

Lokasi: Jl. Raden Ajeng Kartini No.105, Tanjung Karang, Kec. Tanjung Karang Pusat, Kota Bandar Lampung.

5. RM. Khang Mengan Jejama

RM. Khang Mengan Jejama
Image Credit: Prananingrum.com

Danau Ranau adalah salah satu kawasan wisata di Lampung yang populer di kalangan wisatawan. Dan ketika Anda sedang mengunjungi wisata ini, ada baiknya untuk menikmati sajian kuliner di RM. Khang Mengan Jejama. Anda akan menikmati sajian kuliner unik, karena memang menu menu yang ditawarkan menu khas raja Lampung di masa silam. Menu tersebut dikenal dengan menu Gulai Taboh.

Gulau Taboh sediri merupakan gulai dengan kuah santan yang isinya ikan air tawar seperti ikan gabus dan nila. Soal rasa Anda tak perlu khawatir, karena rasanya akan membuat Anda puas atau bahkan ketagihan.  Harga yang ditawarkan juga tak akan membuat kantong terkuras. Tak heran jika tempat kulineran satu ini tak pernah sepi pengunjung, lantaran penasaran dengan olahannya yang dikenal menggoyang lidah ini.

Lokasi: Jl. Raden Intan, Way Mengaku, Kec. Balik Bukit, Kab. Lampung Barat.

6. Bumbu Desa

Bumbu Desa
Image Credit: Makanmakan.com

Kuliner yang ada di Lampung memang cukup beragam, tak hanya bisa menikmati sajian  menu Lampung, Asia, Western Anda juga bisa menikmati makanan Sunda di Lampung. Tempat yang menyediakan Sunda ini dikenal dengan Bumbu Desa yang terkenal. Selain memiliki cabang di Bandung, Bumbu Desa juga membuka cabangnya ke Negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Bumbu Desa terkenal memiliki rasa yang nikmat dan lezat.

Sangat cocok  untuk Anda yang sedang merindukan makanan Sunda ketika sedang ada di Lampung. Bumbu Desa juga sangat direkomendasikan sebagai tempat kulineran bersama keluarga. Menu andalannya adalah pepes ikan dan juga Nasi Ikan Bakar. Selain itu masih ada menu lain yang akan menggoyang lidah anda. Walaupun sudah kondang, namun harga yang ditawarkan tidaklah mahal. Menunya dimulai dari harga Rp. 20 ribu saja.

Lokasi: Jl. KH. Ahmad Dahlan No.97, Kupang Raya, Kec. Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung.

7. Jumbo Kakap Seafood Resto

Jumbo Kakap Seafood Resto
Image Credit: Bukalapak.com

Apakah Anda pecinta seafood? Jika iya maka Anda harus menjajal kuliner di tempat satu ini. Jumbo Kakap Seafood Resto menyajikan kuliner seafood dan berbagai olahan ikan segar yang sangat sayang dilewatkan. Selain ikan laut, rumah makan satu ini juga menawarkan ikan air tawar yang tak kalah menggoda. Tempat kulineran satu ini sering kali dijadikan sebagai tempat makan bersama keluarga yang begitu nyaman dan juga bersih.

BACA:  20 Oleh-Oleh Khas Lampung yang Paling Populer

Anda bisa memilih ikan akan diolah secara tradisional maupun menggunakan resep Chinese. Di kota Lampung sendiri, rumah makan ini begitu kondang dan tak pernah sepi pengunjung. Apalagi harga yang ditawarkan juga tak akan membuat dompet Anda bolong. Menu menunya dibandrol mulai dari Rp. 20 ribuan saja. Menu menu seafoodnya akan membuat perjalanan wisata kuliner Anda terasa lengkap dan tak akan terlupakan.

Lokasi: Jl. Ikan Sepat, Pesawahan, Kec. Telukbetung Selatan, Kota Bandar Lampung.

8. Oops Pujasera Way Halim

Oops Pujasera Way Halim
Image Credit: Kompasiana.com

Menginjakkan kaki di kota Lampung tak lengkap jika tak kulineran di tempat favorit keluarga ini. Anda bisa menemukan banyak makanan di Pujasera ini, mulai dari pempek, tempoyak, lapis legit dan lainnya. Ketika malam hari tempat satu selalu penuh dengan pengunjung. Berbagai pilihan menu yan disediakan akan jadikan pengalaman kulineran yang tek terlupakan. Menunya juga dibandrol dengan harga bersahabat, mulai dari Rp. 20 ribuan saja.

Lokasi: Way Halim Permai, Kec. Way Halim, Kota Bandar Lampung.

9. Pondok Makan Dapur Tatu

Pondok Makan Dapur Tatu
Image Credit: Yopiefranz.com

Berada di Bandar Lampung memang saatnya mencicipi olahan ikannya yang populer. Untuk memanjakan lidah serta perut anda, Anda bisa mengunjungi Pondok Makan Dapur Tatu. Menu yang menjadi favorit para pengunjung adalah Pindang Baung yang rasanya begitu istimewa. Rasa pedas manis dengan kuah merah akan membuat siapa saja tak rela melewatkannya. Apalagi jika digabungkan dengan nasi putih hangat yang pulen, dijamin akan ketagihan.

Selain menghadirkan menu ikan, sajian menu lain seperti pindang iga sapi, pindang patin, pindang samba dan lainnya juga tak kalah menarik dijajal. Pondok Makan Dapur Tatu sangat cocok dijadikan tempat kuliner dengan keluarga maupun teman teman. Belum lagi harga yang ditawarkan untuk sajian lezatnnya juga tak mahal. Anda hanya perlu menyiapkan budget mulai dari Rp. 16 ribu saja. Tentunya harga tersebut sebanding dengan rasanya.

Lokasi: Jl. Putri Balau No.24, Kedamaian, Kec. Kedamaian, Kota Bandar Lampung.

10. Griya Oebi

Griya Oebi
Image Credit: Nusaibanovi.com

Di Lampung Anda juga bisa mencicipi sajian kuliner yang unik, tepatnya di Griya Oebi. Tempat makan ini menggunakan ubi cilembu sebagai bahan dasarnya. Dari ubi tersebut hadirnya kreasi kuliner seperti Soto Oebi, Ice Cream, Bakso, Mie Pangsit dan lainnya. Soal rasa Anda tak perlu khawatir karena memang sudah banyak yang membuktikannya. Harga yang ditawarkan di Griya Oebi mulai dari Rp. 15 ribuan.

Lokasi: Jl. Pajajaran No.147, Gn. Sulah, Kec. Way Halim, Kota Bandar Lampung.

11. Alas Cobek

Alas Cobek
Image Credit: Tribunlampungtravel.tribunnews.com

Lokasi Alas Cobek, berada di pusat kota sehingga mudah untuk dijangkau. Selain berada di lokasi yang strategis, rumah makan ini juga memiliki rasa yang lezat. Terutama bagi Anda yang memang menyukai makanan dengan rasa pedas. Di Alas Cobek Anda bisa menjajal menu bebek goreng sampai puyuh goreng yang menggoda. Kepedasan sambalnya hingga level 7 yang bisa dipilih sesuai selera. Harga yang ditawarkan mulai Rp. 10 ribu setiap porsinya.

BACA:  20 Oleh-Oleh Khas Lampung yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Wolter Monginsidi No.67, Pengajaran, Kec. Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung.

12. Pempek 123

Pempek 123
Image Credit: Tribunnews.com

Bila tak ingin makan berat, Pempek 123 bisa dijadikan alternatif wisata kuliner ketika di Lampung. Anda bisa menikmati berbagai menu pempek mulai dari pempek ikan tenggiri hingga kapal laut. Pempek satu ini begitu kondang di Lampung sehingga Anda tak boleh melewatkan. Apalagi harga yang ditawarkan begitu ramah kantong, bagaimana tidak pempek di sini dijual mulai harga Rp. 5 ribu. Rasanya juga tak akan mudah untuk dilupakan.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.35-37, Rw. Laut, Kec. Tanjung Karang Timur, Kota Bandar Lampung.

13. Waroeng Diggers

Waroeng Diggers
Image Credit: Gotravelly.com

Tempat satu ini menawarkan pemandangan yang menyejukkan mata. Karena lokasinya yang berada di atas perbukitan kota Lampung. Warung ini sangat cocok dijadikan lokasi makan bareng dengan teman atau keluarga. Menu yang ditawarkan juga sangat beragam, mulai dari menu ikan hingga lainnya. Anda bisa merasakan live music yang akan membuat suasana makan makin menyenangkan. Harga menunya juga dibandrol mulai dari Rp. 16 ribuan saja.

Lokasi: Jl. Way Sungkai, Pahoman, Kec. Engal, Kota Bandar Lampung.

14. Yu One Milk Street Cafe

Yu One Milk Street Cafe
Image Credit: Tribunnews.com

Tempat satu ini sangat cocok untuk menghabiskan malam hari di kota Lampung. Anda bisa menikmati susu sapi murni hangat dengan roti bakar yang menggugah selera. Mengusung konsep street food, tempat ini tak pernah sepi pengunjung. Apalagi susunya disajikan dengan berbagai pilihan rasa yang semakin membuatnya digemari. Banyak anak muda yang nongkrong di tempat ini, mengingat menunya juga ditawarkan dengan harga yang terjangkau.

Lokasi: Jl. Kapten Tendean No.2, Palapa, Kec. Tanjung Karang Pusat, Kota Bandar Lampung.

15. Lieps Caffe

Lieps Caffe
Image Credit: Tribunnews.com

Caffe satu ini juga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin berwisata kuliner. Mungkin memang cukup mahal, namun setara dengan rasanya. Menu menu di Liep’s Cafe lebih kepada menu modern seperti olahan pizza, steak dan lainnya. Selain rasanya yang nikmat, suasana yang ditawarkan cafe ini juga menyenangkan. Tempat satu ini cocok sebagai tempat kulineran sambil nongkrong. Harga menunya dibandrol mulai dari Rp. 28 ribu.

Lokasi: Jl. Wolter Monginsidi No.33, Gotong Royong, Kec. Tanjung Karang Pusat, Kota Bandar Lampung.

Di Bandar Lampung, Anda bisa menemukan banyak wisata kuliner yang akan membuat perut serta lidah Anda puas. Harga yang ditawarkan juga terjangkau, sehingga pasca kulineran tak akan membuat Anda bangkrut. Tempat tempat yang masuk rekomendasi memang sudah diakui kelezatannya sehingga Anda tak akan kecewa. Jadi sudah memutuskan ingin mencoba kuliner yang mana lebih dahulu?