Lombok memang menghadirkan pesona yang menawan dan menawarkan beragam kuliner yang kaya rasa dan pantas untuk dijelajah. Deretan tempat wisata kuliner di Lombok yang murah dan enak bisa dengan mudah Anda temukan.

Lombok, menjadi salah satu tujuan wisata populer di Indonesia yang sayang untuk dilewatkan. Ada banyak atraksi dengan alam yang masih terjaga dan asri. Tak heran jika pulau ini selalu menjadi impian bagi banyak orang. Dimana Lombok ternyata juga unggul dalam hal wisata kuliner yang mampu menggoyang lidah anda.

Untuk mencicipi kuliner khasnya, berikut rekomendasi tempat wisata kuliner di Lombok yang bisa dijadikan pilihan saat berkunjung.

1. Roemah Langko

Roemah Langko
Image Credit: Google Maps (Roemah Langko)

Tempat makan yang mengusung konsep rumah tempo dulu ini memang memberikan kesan tersendiri bagi pengunjung. Selain dari desain vintage yang akan membawa nostalgia masa lalu, restoran ini juga menghadirkan berbagai makanan khas Lombok. Meskipun memiliki kesan yang mewah, namun harga yang dibandrol tidak akan membuat kantong jebol. Harga setiap menu makanan dan minumannya mulai dari Rp. 20 ribuan dengan rasa yang jempolan.

Lokasi: Jl. Langko No.68, Pejeruk, Kec. Ampenan, Kota Mataram.

2. Sate Rembiga Bu Ririn

Sate Rembiga Bu Ririn
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Belum menginjakkan kaki di Lombok jika Anda belum menjajal sate rembiga. Sate Rembiga memang begitu banyak ditemukan di Lombok, dan yang paling direkomendasikan adalah Warung Sate Rembiga Bu Ririn. Memiliki rasa yang akan membuat lidah bergoyang, bumbu rahasianya juga menjadikan sate rembiga ini berbeda dari tempat lainnya. Sudah ada sejak 27 tahun lalu, warung satu ini wajib Anda kunjungi untuk wisata kulineran.

Begitu tiba di tempat, Anda akan mencium semerbak aroma daging bakar yang menggugah. Satu porsi sate rembiga dengan tambahan lontong, bulayak, urap, telur dadar, plecing sampai mie goreng akan siap Anda santap. Disajikan dalam piring anyaman, setiap gigitan satenya akan membekas di hati anda. Karena dagingnya yang empuk dan bumbu yang meresap hingga ke dalam daging. Harga setiap porsinya tergantung dari makanan pendampingnya.

Lokasi: Jl. Dr. Wahidin No.5, Rembiga, Kec. Selaparang, Kota Mataram.

3. Laut Biru Restaurant

Laut Biru Restaurant
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Berada di kawasan Pantai Selong Belanak, wisata kuliner Anda kali ini akan berbeda. Mengingat konsep yang diusung oleh Laut Biru Restaurant begitu resto kalangan atas kebanyakan. Nuansa serba putih lengkap dengan panorama asri akan membuat makan makin lahap. Berbagai menu mulai dari Ayam Pelalah, makanan pembuka seperti salad hingga makanan suku Sasak. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 22 ribu saja.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Bima yang Paling Populer

Lokasi: Selong Belanak, Kec. Praya Barat, Kab. Lombok Tengah.

4. Pasar Malam Gili

Pasar Malam Gili
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Menjelang malam hari, Anda bisa mengunjungi Pasar Malam Gili untuk berburu makan malam. Di tempat satu ini, Anda bisa menikmati berbagai makanan khas Lombok yang menggugah dengan harga yang ramah kantong. Dengan harga yang miring, bukan berarti kualitas rasanya tidak rekomen. Justru disinilah Anda bisa mendapatkan harga ramah dengan rasa nendang. Menu mulai dari sate seafood, ikan kakap hingga cumi bisa ditemukan di sini.

Lokasi: Gili Trawangan, Gili Indah, Kec. Pemenang, Kab. Lombok Utara.

5. Restoran Nasi Balap Puyung Inaq Esun

Restoran Nasi Balap Puyung Inaq Esun
Image Credit: Ksmtour.com

Untuk memulai kembali penjelajah rasa anda, Anda bisa mengunjungi restoran Nasi Balap Puyung Inaq Esun. Nasi Balap Puyung sendiri merupakan menu khas Lombok yang juga menjadi andalan di restoran ini. Memang tampilan kuliner satu ini terlihat sederhana, namun begitu hadir di lidah Anda akan membuat Anda terkejut. Tak heran jika rumah makan ini tak pernah sepi pengunjung. Tenang saja, harga yang ditawarkan tidak membuat kantong Anda jebol.

Lokasi: Jl. Swasembada No. 11 C Kekalik, Kekalik Jaya, Kec. Sekarbela, Kota Mataram.

6. Ayam Taliwang Khas Pak Udin

Ayam Taliwang Khas Pak Udin
Image Credit: Garnesia.com

Tempat wisata kuliner yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Ayam Taliwang Khas Pak Udin. Menu wajib di restoran ini memang akan memanjakan indera pengecap anda, karena dalam resepnya menggunakan bahan berkualitas tinggi. Belum lagi tambahan bumbu rahasia yang menjadi pemikatnya. Daging ayam lembut dengan cita rasa khas akan sangat pas disandingkan dengan nasi hangat. Makan di tempat satu ini tak akan membuat kantong menjerit.

Lokasi: Jl. Gelatik No. 2B, Cakranegara, Cakranegara Barat, Kec. Mataram, Kota Mataram.

7. Depot Kelebet

Depot Kelebet
Image Credit: Haluan.co

Menikmati sajian Bebalung begitu di Lombok memang harus Anda lakukan. Mengingat gulai sapi ini berbeda dengan gulai sapi pada umumnya. Cita rasa kuah yang gurih lengkap dengan daging yang lembut membuat menu di Depot Kelebet ini jadi andalan. Depot ini memang menyajikan Bebalung yang membuat siapapun ketagihan. Untuk satu porsi bebalung sapi dihargai mulai dari Rp. 25 ribu setiap porsinya.

Lokasi: Jl. Hos Cokroaminoto No.10, Monjok Tim., Kec. Selaparang, Kota Mataram.

8. Restoran Tanjung Karang

Restoran Tanjung Karang
Image Credit: Google Maps (Kiagus Okki Saputra)

Tempat makan yang tak kalah keren dan menarik dikunjungi adalah Restoran Tanjung Karang. Di tempat ini, Anda bisa menjajal banyak menu khas Lombok tanpa takut dompet Anda jebol. Banyak menu yang ditawarkan membuat Anda bebas untuk memilih sesuka hati anda. Menu mulai dari plecing kangkung hingga menu ayam bakar taliwang yang begitu kondang. Suasananya yang nyaman dengan pelayanan jempolan membuat pelanggannya tak pernah memudar.

BACA:  33 Tempat Wisata di Lombok Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Arya Banjargentas No. 88X Ampenan Sekarbela, Tj. Karang, Kec. Ampenan, Kota Mataram.

9. Pawon Mirasa

Pawon Mirasa
Image Credit: Google Maps (Made Oliet)

Tak hanya Anda menikmati makanan khas Lombok, di Lombok Anda juga bisa menikmati makanan khas Sunda. Rasanya tak kalah lezat dan bahkan menjadi jajaran tempat makan yang favorit di Mataram. Yang paling kondang adalah menu pepes ikan asin, pepes jamur hingga pepes ikan tunanya. Bahkan di restoran ini, Anda bisa menjajal menu penutup seperti gelato home made yang kaya rasa. Apalagi Pawon Mirasa juga menawarkan menunya dengan harga bersahabat.

Lokasi: Jl. Bung Karno No.4, Mataram Timur, Kec. Mataram, Kota Mataram.

10. El Bazar Cafe & Restaurant

El Bazar Cafe & Restaurant
Image Credit: Facebook.com @elbazarlombok

Apabila mencari tempat nongkrong sekaligus kuliner khas Mediterania, El Bazar Cafe dan Restaurant menjadi yang paling tepat. Salah satu menu andalannya adalah Smoked Salmon dengan tambahan keju feta serta alpukat yang menggugah. Jangan lewatkan juga beef kebab skewer dan juga pasta check houkanya. Makanan disajikan instagramable, tak heran jika restoran ini begitu kondang. Harga yang ditawarkan tergantung dari menu yang Anda pesan.

Lokasi: Jl. Raya Kuta No.5, Kuta, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah.

11. Taman Narmada

Taman Narmada
Image Credit: Google Maps (Malahayati Putri)

Di Taman satu ini Anda berkesempatan untuk mencicipi sate Bulayak yang begitu unik. Sajian sate di tanah air memang begitu menggoda dan banyak ragamnya. Begitu juga ketika Anda mengunjungi Lombok, mengemudikan kendaraan di Taman Narmada Anda bisa mencicipi Sata Bulayak. Satenya sendiri ada banyak pilihan daging, mulai daging ayam, sapi hingga jeroan. Karena yang membedakan bukan satenya melainkan bulayaknya.

Bulayak sendiri merupakan lontong yang dibungkus dengan menggunakan daun enau atau aren. Dan yang membuatnya khas adalah bumbunya yang ditambahkan dengan santan serta bumbu lainnya. Bumbunya dibuat sedikit berkuah, membuat siapapun ingin segera menyantapnya. Di Taman Narmada sendiri ada banyak penjual sate Bulayak. Anda juga bisa sekalian mampir taman ini untuk berburu foto foto yang instagramable.

Lokasi: Jl. Raya Narmada, Lembuak, Kec. Narmada, Kab. Lombok Barat.

12. Le Pirate Beach Club

Le Pirate Beach Club
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Lombok yang memang identik dengan pantai, bisa Anda nikmati dengan cara yang berbeda. Karena Le Pirate Beach Club yang juga merupakan hotel dan club ini menawarkan panorama yang begitu indah. Di tempat ini, Anda bisa mencicipi grilled tuna yang ditambahkan dengan sambal matah. Jangan lupakan jus atau minuman dingin lainnya yang bisa dijadikan pendamping.Tenang saja, meskipun berada di hotel harga yang ditawarkan tak terlalu mahal.

BACA:  15 Tempat Wisata di Bima Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Gili Trawangan, Gili Indah, Kec. Pemenang, Kab. Lombok Utara.

13. Rinjani Lodge

Rinjani Lodge
Image Credit: Bobocantik.com

Wisata kuliner Anda di Lombok memang belum akan berakhir. Mengingat masih ada banyak tempat kulineran yang harus Anda kunjungi. Rinjani Lodge bisa Anda kunjungi ketika Anda berada di kawasan gunung Rinjani. Sebenarnya, tempat satu ini memang merupakan hotel atau penginapan yang tak pernah sepi pengunjung. Keindahan alam yang turut dihadirkan akan menjadi bonus tambahan yang akan membuat Anda terkesan.

Dengan panorama andalan, menu makanan yang lezat dan beragam Rinjani Lodge menjadi favorit wisatawan. Menu yang ditawarkan juga tak hanya menu nusantara, tetapi juga menu luar negeri. Makanan yang disediakan dibandrol mulai dari Rp. 50 ribu dengan rasa yang sesuai dengan harganya. Sebenarnya, harga tersebut termasuk harga yang standart di Lombok, terutama di area wisata. Pemandangan dan makanan lezat adalah perpaduan yang sempurna.

Lokasi: Jl. Pariwisata, Senaru, Kec. Bayan, Kab. Lombok Utara.

14. Warung Mami

Warung Mami
Image Credit: Tripzilla.id

Kuliner di Lombok yang juga tak boleh dilewatkan adalah Warung Mami. Warung ini menawarkan menu khas Lombok, terutama seafood seperti kerang bakar, udang dan seafood lainnya. Untuk rasanya Anda tak perlu khawatir, karena sudah banyak membuktikan. Harganya juga terjangkau, cocok untuk bersantap bersama teman atau keluarga. Anda hanya perlu menyiapkan budget sekitar Rp. 150 ribu saja untuk makan 4 orang murah bukan?

Lokasi: Cakranegara Selatan, Kec. Cakranegara, Kota Mataram.

15. Revolver Espresso

Revolver Espresso
Image Credit: Google Maps (Pandu Kresnomurti)

Untuk menutup perjalan kuliner di Lombok, Anda bisa mengunjungi Revolver Espresso. Tempat satu ini merupakan cafe kekinian yang begitu banyak dikunjungi. Tempat nongkrong ini juga menawarkan berbagai menu yang menarik. Terutama menu kopinya yang akan memanjakan para pecinta kopi. Jangan lupakan camilan yang juga cocok sebagai pendamping bercengkrama. Harga yang ditawarkan di tempat ini tidak terlalu mahal dan sesuai dengan rasanya.

Lokasi: Jl. Kayu Aya No.Gang 51, Seminyak, Kec. Kuta Utara, Kab. Badung.

Deretan tempat wisata kulineran di Lombok memang banyak didominasi konsep cafe atau restaurant. Tetapi bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan kuliner lezat dan sesuai lidah anda. Pasalnya, Anda bisa menemukan banyak hal menarik seputar kuliner yang menggoyang lidah. Apalagi ditawarkan dengan harga yang terjangkau dan ramah kantong. Wisata kuliner Anda di Lombok akan menjadikan liburan Anda semakin lengkap dan berkesan.