Saat berada di Lumajang, Anda bisa menemukan beragam kuliner khas yang bisa memanjakan lidah. Inilah daftar tempat wisata kuliner di Lumajang yang terkenal dengan hidangan lezat.

Hadir dengan alam yang menawan, bukan berarti Indonesia hanya memiliki hal tersebut untuk menjadi daya tarik. Karena nyatanya, ragam kuliner khas Indonesia juga memiliki daya tarik tersendiri. Seperti halnya kulineran di Lumajang yang juga tawarkan banyak cita rasa yang beragam dan tidak membuat bosan. Berikut beberapa tempat wisata kuliner di Lumajang yang bisa Anda pilih untuk menikmati sajian menggugah selera.

1. Pecel Telo

Pecel Telo
Image Credit: Qupas.id

Perjalanan kuliner Anda di Kota Lumajang bisa dimulai dengan berburu kuliner Pecel Telo. Pecel memang menjadi kuliner yang begitu banyak diburu dan cocok untuk menu sarapan. Di Lumajang, Anda bisa menemukan pecel unik yang begitu kondang dan wajib untuk Anda coba. Tentunya ada beberapa perbedaan tersendiri dari pecel ini dibandingkan pecel lainnya.

Pecel Telo menggunakan sayuran berupa kacang panjang, semanggi, jantung pisang, genjer dan juga kecambah. Tentunya tidak semua daerah menemukan sayuran tersebut. uniknya lagi, dalam bumbu pecelnya ditambahkan ubi jalar. Padahal pecel umumnya menggunakan bumbu kacang saja. Dengan tambahan ubi jalar ini, tentunya rasa bumbunya menjadi lebih khas.

Cara penyajian makanan ini sama seperti pecel pada umumnya, nasi putih akan ditambahkan dengan sayuran. Kemudian disiram dengan racikan bumbu khasnya yang sedikit lebih kental. Setelah itu ditambahkan dengan lauk pauk pilihan dan juga peyek kacang. Untuk menemukan pecel ini, datang saja ke Pasar Sukodono Lumajang.

Lokasi: Jl. Nasional III No.32, Krajan Satu, Kutorenon, Kec. Sukodono, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

2. Warung Soto Dokk Pak Ambar

Warung Soto Dokk Pak Ambar
Image Credit: Instagram.com @rudyadai

Keberagaman soto di Indonesia memang begitu melimpah, hampir setiap daerah selalu berhasil menciptakan resep soto sendiri. Menginjakkan kaki di Lumajang, Anda bisa menjadikan Warung Soto Dokk Pak Ambar sebagai tujuan wisata kuliner Anda. warung sederhana ini menjadi salah satu tempat makan favorit di Lumajang.

Dinamakan dengan soto Dokk, karena ketika membuatnya akan menimbulkan bunyi Dokk akibat dipukul. Sebenarnya soto Dok sendiri merupakan kuliner khas Jombang. Tetapi Anda tetap bisa menemukan kuliner ini di Lumajang. Umumnya daging yang dihadirkan dalam satu mangkuk soto dok adalah daging sapi.

BACA:  13 Wisata Kuliner di Sidoarjo yang Murah & Enak

Dalam satu mangkuk soto, akan ditambahkan dengan nasi putih. Setelah itu ditambahkan beberapa potong daging dan disiram dengan kuah kaldu yang segar. tidak lupa tambahan seledri dan tauge di atasnya. Anda bisa menambahkan sambal atau kecap agar rasanya makin nikmat. Saat ini Warung soto ini sudah buka hingga malam hari, dan tentunya harga yang ditawarkan terjangkau.

Lokasi: Jl. Panglima Besar Sudirman No.368, Tompokersan, Kec. Lumajang, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

3. Kuliner R.M Rawon Klakah

Kuliner R.M Rawon Klakah
Image Credit: Google Maps (Syahlan Sofyan)

Rawon menjadi salah satu menu kuliner khas Jawa Timur yang banyak penggemarnya. Olahan daging sapi dengan kuah hitam ini memang sanggup menggoyang lidah siapapun. Di Lumajang, terdapat tempat kulineran kondang yang bisa Anda tuju yaitu R.M Rawon Klakah. Sudah berdiri sejak lama, tempat satu ini terbilang legendaris dan tak pernah sepi pengunjung.

Hal ini karena di warung inilah Anda bisa mencicipi nikmatnya rawon yang khas. Lokasinya yang berada di bagian barat Kab. Lumajang, menjadikan rumah makan ini mudah untuk dijangkau. Banyak para pelancong yang sengaja datang untuk mencicipi nikmatnya kuliner satu ini. Bumbunya khas dengan daging yang lembut memang sangat sayang dilewatkan.

Tidak hanya menyediakan menu berupa rawon saja, Anda juga bisa mencicipi menu lainnya yang tak kalah nikmat. Menu seperti soto ayam, nasi rames, sayur asem, sop buntut hingga gule kambing bisa Anda temukan di sini. Pilihan minuman untuk mendampingi makan Anda juga terbilang melimpah. Tenang saja, harga yang ditawarkan akan sesuai rasa yang dihadirkan.

Lokasi: Jl. Raya Klakah RT.37/RW.17, Tambak Doyo, Klakah, Kec. Klakah, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

4. Capcay Mbak Eni

Capcay Mbak Eni
Image Credit: Google Maps (Muhammad Hafidi)

Ingin menikmati kuliner yang kaya akan sayuran? Capcay bisa dijadikan sebagai menu pilihan yang sehat. Berada di Lumajang, Anda tidak boleh melewatkan tempat kuliner dengan nama Capcay Mbak Eni. Tempat makan satu ini sudah begitu kondang di telinga masyarakat lokal maupun di kalangan wisatawan.

Rumah makan ini memang mampu menghadirkan cita rasa yang begitu menggoyang lidah. Resep rahasia yang dihadirkan sebenarnya tidak begitu ribet, bumbu cair yang digunakan adalah kunci mengapa kuliner di warung ini selalu nikmat. Tak heran jika Capcay Mbak Eni menjadi tempat makan legendaris yang tak boleh dilewatkan begitu saja.

Sayuran yang digunakan dalam olahan capcaynya terbilang beragam. Sayuran mulai dari sawi putih, wortel, bakso ikan lembut, sawi hijau , potongan ayam hingga udang bisa Anda temukan dalam menunya. Anda bisa memilih menu capcay goreng maupun capcay kuahnya yang nikmat. Selain itu, menu seperti mie goreng maupun nasi goreng juga bisa Anda cicipi.

BACA:  13 Wisata Kuliner di Banyuwangi yang Murah & Enak

Lokasi: Jl. Imam Bonjol No.14, Citrodiwangsan, Kec. Lumajang, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

5. Kuliner Wakul Bu Tjipto

Kuliner Wakul Bu Tjipto
Image Credit: Instagram.com @farrendanny

Mengajak keluarga atau teman teman untuk makan bersama, maka Anda harus menentukan tempat makan yang tepat. Bila Anda sedang berada di Lumajang, Kuliner Wakul Bu Tjipto bisa dijadikan sebagai pilihan. Selain kondang, destinasi kulineran ini juga memang berada di lokasi yang strategis sehingga begitu mudah untuk dijangkau.

Ruang terbuka seperti gardu yang ada di tengah sawah akan menyambut Anda ketika tiba di warung makan ini. Selain suasana tempatnya yang nyaman, Anda juga bisa mencicipi beragam menu yang disajikan. Menu mulai dari lalapan ayam goreng, ayam bakar pedas hingga lalapan empal suwir bisa Anda temukan di tempat ini.

Anda bisa memesan menu yang sesuai dengan selera Anda tanpa khawatir akan rasanya. Bukan hanya itu, tempat satu ini juga memiliki keunikan tersendiri dalam nama minumannya, yakni mengambil dari nama wisata. Menikmati sajian kuliner di tempat makan satu ini tak perlu khawatir, karena harga yang ditawarkan terbilang terjangkau.

Lokasi: Kepuharjo, Kec. Lumajang, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

6. Warung PA (Pondok Asri)

Warung PA (Pondok Asri)
Image Credit: Google Maps (Nila May)

Lokasinya yang strategis menjadikan tempat makan satu ini begitu difavoritkan. Warung Pondok Asri seringkali dijadikan tempat makan bersama dengan keluarga. Lokasinya yang nyaman, dengan gazebo gazebo menjadikan pengunjung akan betah berlama lama. tempatnya juga terbilang luas, sangat cocok untuk makan bersama banyak orang.

Pelayanannya yang unggul juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Untuk menunya, Anda bisa menemukan berbagai menu mulai dari olahan laut, ayam goreng hingga olahan yang berkuah. Hampir semua jenis masakan memiliki menu andalannya, sehingga Anda tak perlu khawatir akan rasanya. Selain itu, harga yang ditawarkan untuk menunya terbilang ramah kantong.

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta, RT.01, RW.01, Panjunan, Selokbesuki, Kec. Sukodono, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

7. Tempat Kuliner PJR (Pusat Jajanan Rakyat)

Tempat Kuliner PJR (Pusat Jajanan Rakyat)
Image Credit: Facebook.com @kajiagus.agus.7

Mencicipi aneka kuliner dengan harga terjangkau tentunya sangat sulit untuk ditawar. Banyak orang yang bahkan sengaja meluangkan waktu untuk melakukan hal ini. Di Lumajang, Anda bisa mengunjungi PJR atau Pusat Jajanan Rakyat. Langsung saja menuju area Jl. Panglima Besar Sudirman, dan penjual makanan akan berjajar.

Di sepanjang jalan yang dekat dengan kawasan pertokoan, Anda bisa memilih jajanan yang Anda senangi. Mulai dari makanan ringan seperti batagor, siomay dan lain sebagainya. Bahkan Anda bisa memesan kopi ataupun minuman lainnya. Ketika malam datang, tempat satu ini menjadi tempat kongkow yang begitu ramai.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Jember yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Panglima Besar Sudirman, Kec. Lumajang, Kab.Lumajang, Jawa Timur.

8. Lalapan Pak Basir

Lalapan Pak Basir
Image Credit: Google Maps (Metya Nugraha)

Lalapan menjadi panganan khas Indonesia yang memiliki banyak penggemar. Menikmati nasi hangat dengan lauk pilihan, kemudian dicocol dengan sambal memang tiada duanya. Dan ketika Anda di Lumajang, Anda bisa menjadikan Lalapan Pak Basir sebagai pilihan. Tempat makan satu ini menjadi tempat makan lalapan yang paling kondang.

Para pelanggannya sudah membuktikan sendiri bagaimana rasa olahan masakannya. Anda bisa memesan beberapa menu, mulai dari ayam kampung, gurame, udang, bebek hingga lele. Memiliki porsi yang besar dan rasa yang nikmat, Anda tidak akan merasa kecewa setelah bertandang. Harga dari menunya juga tidak akan membuat dompet Anda jebol.

Lokasi: Jl. Kyai Ghozali No.126, Rogotrunan, Kec. Lumajang, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

9. Sate Gule Cak Mat Klojen

Sate Gule Cak Mat Klojen
Image Credit: Facebook.com @sasotyo

Sate dan gule menjadi salah satu menu yang memang sangat cocok untuk disandingkan. Tak heran jika penjualnya akan menjadi satu tempat. Di Lumajang, Anda bisa mencicipi Sate Gula di warung Sate Gule Cak Mat Klojen. Tempat makan satu ini tak pernah sepi pengunjung karena menyajikan cita rasa yang jempolan.

Layaknya sate pada umumnya, sate kambing yang ada akan disiram dengan bumbu kecap dan juga potongan bawang merah. Yang membedakannya, daging di sate ini empuk dan juga tidak berbau. Dalam setiap tusukannya tidak terdiri banyak lemak. Anda bisa langsung mengunjunginya untuk mencicipi kenikmatannya.

Lokasi: Jl. Imam Bonjol No.24, Citrodiwangsan, Kec. Lumajang, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

10. Mie Semeru Lumajang

Mie Semeru Lumajang
Image Credit: Google Maps (Mie Semeru)

Tempat kulineran satu ini sangat digandrungi oleh anak muda. Menu mie yang cenderung pedas dengan level yang beragam belakangan memang begitu hits. Dan Anda bisa mencicipi mie pedas dengan rasa nikmat di Mie Semeru Lumajang. Bagi Anda yang tidak menyukai pedas, tetap ada pilihan menu mie tanpa cabai. Menu yang ditawarkan begitu beragam dengan banyak toping pilihan.

Lokasi: Jl. Komodor Yos Sudarso No.40, Citrodiwangsan, Kec. Lumajang, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

Mencicipi kuliner di sebuah daerah memang memberikan pengalaman tersendiri. Begitu juga dengan Anda yang sedang berada di Lumajang. Deretan tempat makanan yang terkenal nikmat dan harga ramah kantong yang disebutkan bisa Anda kunjungi. Sebenarnya, masih ada banyak tempat tetapi yang disebutkan merupakan yang paling banyak direkomendasikan.