Megelang menjadi salah satu kota yang dikenal sebagai kota dengan masyarakatnya yang ramah. Tak hanya itu, Magelang juga menyimpan keindahan alam yang akan membuat siapa saja bisa terpesona. Ada banyak objek wisata yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Magelang.

Bukan hanya tempat wisata saja, Anda bahkan bisa melakukan wisata kuliner untuk memanjakan lidah dan perut anda. Berikut beberapa wisata kuliner di Magelang yang memiliki harga terjangkau dan tak boleh Anda lewatkan.

1. Sop Senerek Pak Parto

Sop Senerek Pak Parto
Image Credit: Afiframdana.blogspot.com

Ketika mengunjungi Magelang, Anda harus menjajal kuliner satu ini. Sop Senerek Magelang bukanlah sop biasa, karena terbilang istimewa. Salah satu tempat yang menjual sop ini adalah Sop Senerek Pak Parto yang begitu kondang. Hidangan dengan bahan dasar daging, iga, buntut, dan ayam ini memang sangat lezat. Dalam sop senerek juga ditambahkan sayuran seperti bayam, kacang merah, wortel dan tentunya daging serta jeroannya.

Kuah kaldunya yang bening membuat makanan satu ini terasa segar. Dari cerita yang berasal dari mulut ke mulut, sop ini merupakan masakan akulturasi dari BelAnda ketika jaman penjajahan. Saat itu tentara BelAnda sering memasak Snert Soup yang merupakan sup kacang polong. Karena masyarakat Jawa sulit menyebutnya, maka dikenal dengan Sop Senerek yang diganti dengan kacang merah. Anda bisa menemukan warung ini di terminal lama Bukit Tidar.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Magersari, Kec. Magelang Selatan, Kota Magelang.

2. Warung Pak Manto

Warung Pak Manto
Image Credit: Dekahendratmanto.com

Warung satu ini merupakan warung yang menjual menu nasi godhog dan juga mie godhog dengan harga yang bersahabat. Meskipun dibandrol dengan harga murah, Anda tak akan kecewa dengan cita rasanya. Kedua menu ini disajikan dengan kuah yang membuatnya terlihat berbeda, terutama nasi godhognya. Untuk menikmati wisata kuliner satu ini, Anda bisa langsung datang ke Alun Alun Magelang. Setelah mencicipinya pastinya Anda akan ketagihan.

Lokasi: Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang.

3. Warung Hijau Mbah Prih

Warung Hijau Mbah Prih
Image Credit: Makanjogja.com

Menemukan makanan enak di Magelang bukanlah hal yang sulit. Karena memang kota satu ini kaya akan kuliner yang menggoyang lidah. Namun menemukan tempat makan yang sudah dijamin rasanya enak bukanlah hal yang mudah. Anda tak perlu khawatir, ketika di Magelang Anda bisa mengunjungi Warung Hijau Mbah Prih. Seperti namanya, warung makan ini memang memiliki nuansa warna hijau yang terbilang nyaman dan bersih.

Menu andalan yang bisa Anda jajal adalah brongkos daging sapi. Brongkos sendiri merupakan makanan yang berkuah hitam seperti rawon, hanya saja ditambahkan dengan santan. Isiannya juga tak hanya daging, namuan tetelan serta koyoran. Ada lauk tambahan yang bisa dipilih sesuai dengan selera. Jika Anda ingin merasakan nikmatnya brongkos ini, langsung saja meluncur ke daerah Sleman. Harganya juga tak akan membuat kantong Anda jebol.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Tegal yang Murah & Enak

Lokasi: Jl. Magelang No.KM.17, Jlegingan, Margorejo, Kec. Tempel, Kab. Sleman.

4. Tahu Pojok Magelang

Image Credit: Jelajahlangkah.com

Kuliner khas dari Magelang yang juga harus Anda jajal adalah Kupat tahu. Kupat Tahu disajikan bersama irisan tahu, telur, ketupat, kacang gorang, tauge dan seledri. Setelah itu semua isiannya akan disiram dengan menggunakan kuah khusus. Untuk bisa menikmati kupat tahu yang rasanya tak diragukan lagi, Anda bisa menuju Tahu Pojok Magelang. Tempat satu ini sudah ada dari tahun 1942, dan hingga kini tetap diburu oleh pecinta kuliner.

Rasanya tak berubah dari tahun ke tahun membuat Tahu Pojok ini menjadi tujuan wisata kuliner yang tak boleh dilewatkan. Bahkan banyak tokoh nasional maupun artis top yang sudah pernah menyambangi kuliner tahu kupat di tempat satu ini. Harga yang ditawarkan di tempat ini juga terbilang bersahabat. Jika Anda ingin mencoba makanan khas di tempat legendaris ini, Anda bisa langsung menuju Jl. Tentara Pelajar yang letaknya sebelum alun alun Magelang.

Lokasi: Jl. Tentara Pelajar, Cacaban, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang.

5. Warung Makan Tiga Roda

Warung Makan Tiga Roda
Image Credit: Kaskus.co.id

Bagi Anda pecinta kuliner daging kambing, Anda harus mampir dan merasakan kelezatan olahan daging kambing di Warung Makan Tiga Roda ini. Anda bisa menemukan berbagai menu kambing maupun kuliner khas kota Magelang. Seperti misalnya tongseng, sate goreng, tengkleng sumsum hingga nasi gorengnya. Yang jelas semua menu di tempat ini memiliki rasa yang tak akan membuat Anda kecewa. Harga yang ditawarkan juga sesuai dengan rasanya.

Lokasi: Jl. Kalingga, Rejowinangun Utara, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang.

6. Mangut Beong Sehati

Mangut Beong Sehati
Image Credit: Kompas.com

Tidak hanya mangut lele, di Magelang Anda bisa mencoba ikan beong yang rasanya tak kalah nikmat. Terutama jika Anda merasakan mangut ini di Mangut Beong Sehati. Ikan beong sendiri merupakan ikan yang mirip dengan lele dan ukurannya lebih besar. Biasanya ikan satu ini ditemui di Sungai Progo. Ikan Beong yang dimasak mangut akan ditambahkan dengan berbagai racikan rempah dan juga kuah santan.

Biasanya memiliki rasa pedas namun membuat siapa saja ketagihan. Warung yang legendaris dan memiliki rasa yang nikmat ini terletak tak jauh dari Candi Borobudur. Sehingga setelah Anda jalan jalan, bisa langsung mengisi perut Anda di warung makan satu ini. Untuk harganya tidaklah mahal, namun ditentukan berdasarkan bagian potongan ikannya atau bahkan ikan utuh. Yang jelas mengunjungi kota Magelang tak lengkap jika tak mampir ke warung ini.

Lokasi: Bumen, Kembanglimus, Kec. Borobudur, Kab. Magelang.

7. Bakmi Goreng Menayu Muntilan

Bakmi Goreng Menayu Muntilan
Image Credit: Bambuwulung.wordpress.com

Bakmi Jogja memang terkenal dengan rasanya yang nikmat dan membuat ketagihan. Ketika Anda sedang di Magelang, Anda harus merasakan sendiri nikmatnya Bakmi Goreng Menayu Muntilan. Bakmi ini memiliki rasa nikmat dan cara memasaknya masih mengggunakan anglo. Sehingga membuatnya memiliki ciri khas dan rasanya lebih unik tapi membuat ketagihan. Selain menu bakmi, Anda juga bisa menjajal menu lainnya yang tak kalah enak.

BACA:  25 Tempat Wisata di Magelang Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Kapanjen, Menayu, Kec. Muntilan, Kab. Magelang.

8. Es Krim Mahkota

Es Krim Mahkota
Image Credit: Elrajab.com

Selain makanan berat, Anda juga bisa mengunjungi tempat makan yang menjual es krim legendaris di Magelang. Wisata kuliner Anda dijamin akan semakin lengkap jika mengunjungi toko es krim ini satu ini. Toko Es Krim Mahkota sudah ada dari tahun 1945. Es krimnya dibungkus menggunakan kertas sehingga terbilang unik. Untuk rasanya manis, klasik dan jug akan membuat Anda ketagihan. Harga yang ditawarkan juga tak akan membuat kantong jebol.

Lokasi: Magelang, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang.

9. Wedang Kacang Kebon

Wedang Kacang Kebon
Image Credit: Jateng.xplorenesia.co.id

Magelang termasuk daerah yang hawanya dingin, sehingga ketika malam hari akan nikmat menyantap Wedang Kacang. Salah satu yang terkenal dengan rasanya dan legendaris adalah Wedang Kacang Kebon. Anda tak akan kecewa jika menjajal rasa wedang kacang di temat satu ini. Tak heran jika tempat satu ini begitu kondang di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan. Untuk itulah Anda harus menjajal sendiri bagaimana rasanya agar tak penasaran.

Wedang kacangnya memiliki kuah kental dengan kacang yang empuk. Sehingga ketika dingin mulai datang akan jadi perpaduan yang begitu sempurna. Biasanya wedang kacang disajikan dengan air jahe yang ditambahkan kacang serta ketan. Dan di Wedang Kacang Kebon ini, rasa jahenya tidak begitu pekat namun tetap nikmat. Selain bisa menikmati wedang kacangnya, Anda juga bisa menjajal menu lain seperti sate pisang atau wedang rondenya.

Lokasi: Jl. Pajang, Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang.

10. Pasar Kebon Watu Gede

Pasar Kebon Watu Gede
Image Credit: Medcom.id

Jika Anda ingin berbelanja jajanan tradissional dengan rasa yang nikmat, maka Anda bisa datang ke Pasar Kebon Watu Gede. Pasar satu ini terletak di Dusun Jetak, yang akan buka setiap hari Mingggu. Anda bisa menemukan berbagai makanan khas Magelang yang sangat sayang jika melewatkannya. Tidak hanya menjual berbagai makanan dengan harga bersahabat, pasar ini juga memiliki pemandangan serta desainnya yang begitu menawan dan unik.

Lokasi: Gumuk, Gandusari, Kec. Bandongan, Kab. Magelang.

11. Pasar Ngasem

Pasar Ngasem
Image Credit: Kumparan.com

Berburu kuliner di Pasar Tradisional memang bukanlah pilihan yang buruk. Sebab selain bisa mendapatkan harga yang murah, Anda juga bisa memilih banyak menu makanan yang diinginkan. Salah satu pasar tradisional yang dikenal dengan kulinernya yang nikmat adalah Pasar Ngasem. Anda bisa menemukan buntil lumbu yang begitu terkenal. Buntil lumbu yang dijual di pasar ini bahkan akan selalu berebut jika Anda tak segera datang membelinya.

Makanan lainnya yang tak kalah menarik untuk diburu di pasar ini adalah Kethak. Kethak ini terbuat dari ampas proses minyak kelapa. Umumnya akan dibumbu bacem dan dijual bersama dengan Buntil Lumbu. Jajanan pasar seperti gethuk godok, getuk lindri, es dawet dan jajanan lainnya harus Anda buru. Pastinya Anda akan memanjakan perut dan lidah Anda di Pasar Ngasem ini. Tak perlu takut dompet jebol, karena bisa dijamin jika harganya terjangkau.

BACA:  25 Tempat Wisata di Pekalongan Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Poncowati, Panjang, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang.

12. Coffee Dsik Kopi & Eatery

Coffee Dsik Kopi & Eatery
Image Credit: Dakatour.com

Tidak hanya memiliki warung warung sederhana, di Magelang Anda juga bisa menemukan cafe cafe yang cantik. Di Coffe Dsik Kopi & Eatery, Anda bisa mencoba secangkir kopi dengan kudapan ringan. Menariknya lagi sembari menikmati panganan yang lezat, Anda juga akan disuguhkan pemandangan menyejukkan mata. Tema yang diusung merupakan tema tradisional, sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat nongkrong ataupun berkumpul bersama teman.

Lokasi: Jl. Ringroad Barat, Tangkilan, Pabelan, Kec. Mungkid, Kab. Magelang.

13. Villa Sumbing French Restaurant

Villa Sumbing French Restaurant
Image Credit: Tripadvisor.com

Anda juga bisa menikmati suasana Perancis ketika singgah di Kota Magelang. Tempat satu ini memang menyediakan menu menu Perancis dengan rasa nikmat dan harga bersahabat. Apalagi pengelola cafe ini merupakan pasangan yang merupakan koki asal Perancis. Menu mulai dari Rib Eye Steak, French Soup sampai Turkey Steak bisa Anda temukan di tempat satu ini. Meskipun tempatnya terpencik, namun banyak turus yang berbondong bondong mengunjunginya.

Lokasi: Jl. Raya Kalegen, Kiringan, Kalegen, Kec. Bandongan, Kab. Magelang.

14. Joglo Ndeso Restoran dan Kebun Hidroponik

Joglo Ndeso Restoran dan Kebun Hidroponik
Image Credit: Makanjogja.com

Tempat untuk wisata kuliner selanjutnya yang tak boleh dilewatkan adalah Joglo Ndeso Restoran dan Kebun Hidroponik. Di tempat satu ini, Anda bisa merasakan suasana desa yang begitu kental. Konsepnya yang menggunakan rumah Joglo semakin menambah kesan etniknya. Bukan hanya nuansanya yang menyenangkan, Anda juga bisa menikmati berbagai menu yang menggoyang lidah. Sayur yang dimasak juga merupakan sayur di kebun hidroponiknya.

Lokasi: Jl. Dukun, Dusun Kuthan, Desa Sedayu, Kadirojo, Kec. Muntilan, Kab. Magelan.

15. Stupa Restaurant

Stupa Restaurant
Image Credit: Diarysivika.com

Jika membahas tempat kulineran di Kota Magelang, rasanya tidak akan lengkap jika melewatkan tempat satu ini. Stupa Restaurant berada di Pelataran Candi Borobudur. Selain menawarkan pemandangan yang mempesona, makanan yang ada di tempat ini juga tidak mengecewakan. Wajar jika tempat satu ini selalu ramai pengunjung, terutam di jam jam makanan saat liburan. Yang jelas tempat makan satu ini tak boleh terlewatkan.

Lokasi: Dusun Kretek, Desa Karangrejo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang.

Berburu kuliner lezat di sebuah kota memang menjadi agenda yang menarik dan menyenangkan. Anda bisa merasakan cita rasa yang berbeda dan mungkin tak akan ditemukan di tempat lain. Apalagi jika tempat tersebut sudah melegenda dan kondang, sudah pasti memancing rasa penasaran untuk mencicipinya sendiri. Sudahkah Anda menentukan ingin wisata kuliner di mana?