Magetan tak hanya dikenal dengan wisata alamnya yang indah, tapi juga menyuguhkan sajian wisata kuliner yang khas yang banyak diburu wisatawan. Inilah deretan tempat kulineran di Magetan yang terkenal lezat dengan harga terjangkau.

Kabupaten Magetan terletak di Provinsi Jawa Timur, lebih tepatnya berbatasan dengan wilayah Ngawi, Madiun, Ponorogo, dan Karanganyar. Daerah ini memiliki berbagai jenis kuliner yang mampu memanjakan lidah dan patut untuk Anda coba. Berikut daftar tempat wisata kuliner favorit di Magetan yang ditawarkan dengan harga terjangkau, tentunya tidak akan mengecewakan Anda.

1. Ayam Panggang Gandu Bu Setu

Ayam Panggang Gandu Bu Setu
Image Credit: Google Maps (Enniko Annaya)

Ayam Panggang Gandu milik Bu Setu adalah salah satu lokasi yang dapat Anda kunjungi jika Anda melancong ke Magetan. Lokasinya berada di Desa Gandu, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Magetan. Desa ini terkenal menjadi sentra produksi ayam bakar. Hampir semua warganya menjual ayam panggang sebagai salah satu bentuk home industry.

Bu Setu menjadi salah satu penjual ayam panggang yang cukup terkenal dari desa tersebut. Rasa ayam panggangnya yang gurih dipadukan dengan nasi panas dan sambalnya yang juara menjadi salah satu daya tarik bagi penikmat kuliner. Selain itu, rumah makan ini masih menggunakan cara tradisional untuk memanggang ayam sehingga rasa yang dihasilkan juga khas.

Bu Setu masih memanggang ayam menggunakan kayu bakar, dan alat yang digunakan juga masih tradisional yaitu berupa tungku tanah liat. Ayam dibakar dan diolesi bumbu berjam jam. Ayam panggang Bu Setu menggunakan 2 bumbu khas yang menjadi primadona bagi pecinta ayam panggang. Bumbu khas tersebut adalah bumbu pedas dan bumbu gurih.

Lokasi: Jl. Karyausaha, RT.07/RW.01, Krajan, Kec. Karangrejo, Kab. Magetan, Jawa Timur.

2. Sate Kelinci di Telaga Sarangan

Sate Kelinci di Telaga Sarangan
Image Credit: Travelingyuk.com

Telaga Sarangan adalah lokasi wisata yang menjadi salah satu destinasi utama wisatawan. Lokasinya yang sejuk memang paling cocok untuk menikmati berbagai jenis hidangan yang disediakan disana. Salah satu hidangan yang ditawarkan adalah sat kelinci. Banyak penjual sate kelinci yang berada di sekitar Telaga Sarangan.

Harganya juga sangat terjangkau, mulai dari 10.000 Anda sudah dapat mencicipi lezatnya sate kelinci di Telaga Sarangan. Selain satenya yang empuk, sate kelinci ini juga dipadukan dengan bumbu kacangnya yang legit. Kombinasi tersebut terbukti mampu membuat wisatawan betah berlama lama menikmati indahnya pemandangan di sekitar Telaga Sarangan.

BACA:  33 Tempat Wisata di Malang Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Raya Telaga Sarangan, Telaga Pasir, Sarangan, Kec. Plaosan, Kab. Magetan, Jawa Timur.

3. Sate Tiram

Sate Tiram
Image Credit: Masakandapurku.com

Selain sate kelinci, di Magetan Anda juga dapat menikmati kelezatan sate tiram. Sate ini cukup jarang ditemukan di luar wilayah Magetan. Salah satu lokasi yang terkenal akan kelezatan sate tiram yaitu berada di daerah Cemoro Sewu Kabupaten Magetan. Pemilik warung sate jamur ini adalah Bu Darmi. Bu Darmi memproduksi sate dengan bahan dasar jamur tiram.

Jika Anda ingin mencicipi lezatnya sate tiram maka tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Hanya cukup membayar biaya mulai dari 10.000 maka hidangan jamur tiram sudah dapat memanjakan lidah Anda. Tak hanya jamur tiram, Anda sudah mendapatkan seporsi lontong sebagai pelengkapnya. Oleh karena itu Anda sudah pasti puas dan kenyang.

Lokasi: Cemoro Sewu, Kec. Plaosan, Kab. Magetan

4. Bakso Granat Barat Magetan

Bakso Granat Barat Magetan
Image Credit: Google Maps (Semog Jay)

Bakso merupakan salah satu hidangan yang disukai hampir semua orang. Salah satu lokasi yang cocok bagi Anda pecinta bakso adalah Bakso Granat Barat Magetan. Warung ini menyediakan berbagai macam bakso mulai dari bakso biasa hingga bakso berukuran besar. Pilihan gorengan disana juga banyak sehingga Anda dapat memilih sendiri isi mangkok bakso yang ingin Anda santap.

Jenis bakso yang terkenal adalah bakso granatnya. Ukurannya yang super jumbo dan rasanya yang lezat menjadi daya tarik bagi penikmat kuliner yang mampir ke tempat ini. Lokasinya berada di wilayah Kecamatan Barat di Kabupaten Magetan. Lokasi ini sudah cukup terkenal semenjak pertama kali dibuka hingga sekarang.

Lokasi: Mangge, Kec. Barat, Kab. Magetan, Jawa Timur.

5. Mie Manhattan

Mie Manhattan
Image Credit: Google Maps (citra permata)

Jika Anda ingin menikmati berbagai hidangan modern kekinian dengan harga yang bersahabat maka Anda dapat mengunjungi kedai Mie Manhattan. Lokasi ini adalah salah satu lokasi nongkrong yang hits di Magetan. Lokasi juga cukup nyaman bagi Anda yang ingin bersantai dengan menyantap berbagai hidangan yang lezat.

Tidak hanya mie, café ini juga menyediakan berbagai menu lainnya yang dapat Anda pilih. Menu lain yang mereka sediakan diantaranya adalah dimsum, nasi gila, pisang keju, dan lain sebagainya. Walaupun banyak pilihan makanan, namun yang menjadi primadona tetaplah mienya yang rasanya juara yang tentunya memiliki harga yang cukup terjangkau.

Bagi Anda sedang kenyang, maka Anda dapat pula memilih berbagai jenis hidangan minuman. Disana pilihan minuman yang ditawarkan juga cukup beragam. Mulai dari minuman panas dan juga minuman dingin tersedia dengan berbagai variasi yang lengkap. Anda dapat menikmati lezatnya berbagai olahan susu, yogurt, kopi, dan milkshake.

BACA:  13 Wisata Kuliner di Sidoarjo yang Murah & Enak

Lokasi: Kebonagung, Kec. Magetan, Kab. Magetan, Jawa Timur.

6. Manisan Kulit Jeruk Pamelo

Manisan Kulit Jeruk Pamelo
Image Credit: Keluyuran.com

Salah satu camilan yang dapat Anda beli di Magetan adalah manisan kulit jeruk pamelo. Produk ini adalah produk yang cocok bagi Anda pecinta manisan. Bahan dasarnya yang unik menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mencicipinya. Kulit jeruk yang biasanya dibuang begitu saja nyatanya dapat diolah menjadi hidangan yang enak.

Sentra produksi manisan kulit jeruk pamelo berada di wilayah Bendo, Takeran Sukomoro, dan Kawedanan. Anda dapat membelinya sebagai camilan di rumah atau sebagai camilan yang Anda santap selama perjalanan. Selain itu produk ini juga cocok Anda jadikan oleh-oleh bagi teman atau sanak saudara saat Anda telah berkunjung ke Kabupaten Magetan.

Lalu bagaimana dengan citarasanya? Rasa manisan ini cukup mirip dengan manisan pada umumnya. Rasanya perpaduan antara manis dan asam mampu memanjakan lidah Anda. Tak ada salahnya jika Anda bertandang ke Kabupaten Magetan menyempatkan diri untuk membeli produk manisan kulit jeruk pamelo untuk memuaskan rasa penasaran Anda.

Lokasi: Tambak Kidul, Kec. Tambakmas, Kab. Magetan, Jawa Timur.

7. Kuliner Sop Buntut Yang Geprak

Kuliner Sop Buntut Yang Geprak
Image Credit: Instagram.com @yuanita.kartika

Kuliner sop buntut ini merupakan salah satu lokasi kuliner yang dapat Anda cicipi selama Anda berkunjung di Kabupaten Magetan. Sop buntut ini cukup terkenal karena memiliki rasa yang cukup lezat sehingga dapat dengan mudah menggoyangkan lidah Anda. Dagingnya yang empuk juga menjadi nilai tambah bagi penikmat sop buntut.

Selain sop buntut, rumah makan ini juga menyediakan hidangan lain yang juga dapat memuaskan Anda. Terdapat menu berupa iga bakar dan juga sop iga yang tentu rasanya tidak kalah lezat dibandinkan dengan sop buntut. Jika Anda tertarik untuk berkunjung maka Anda dapat mampir ke Desa Pacalan, Kecamatan Plaosan, Magetan.

Lokasi: Desa Pacalan, Kec. Plaosan, Kab. Magetan, Jawa Timur.

8. Hidangan Tepo Tahu

Hidangan Tepo Tahu
Image Credit: Google Maps (Reza Maha)

Tahukah Anda apa itu tepo? Sebenarnya tepo hampir mirip dengan lontong hanya saja jika lontong dibalut dengan daun pisang dan dibentuk lonjong maka tepo berbentuk segitiga. Cara memasaknya juga sama yaitu dengan cara dikukus. Saat dihidangkan maka tepo dipadukan dengan berbagai komponen seperti tempe atau tahu.

Tepo tahu yaitu tepo yang dipadukan dengan tahu dan tempe yang diiris tipis dan kecil-kecil. Selain tempe tahu, tepo tahu juga ditambah lauk berupa telur goreng atau telur rebus. Bumbu yang digunakan sebagai pelengkap adalah kuah sayur lodeh dengan diberi kecap manis dan juga taburan kacang tanah yang telah digoreng. Makanan ini sangat mudah untuk ditemukan di Magetan.

BACA:  10 Oleh-oleh Khas Banyuwangi yang Paling Populer

Lokasi: Kepolorejo, Kec. Magetan, Kab. Magetan, Jawa Timur.

9. Jajan Enting-Enting

Jajan Enting-Enting
Image Credit: Makanandaerahindonesia.blogspot.com

Salah satu jajanan tradisional di pulau jawa yang terbuat dari kacang tanah dan gula merah disebut enting-enting. Jajanan ini banyak ditemui di setiap toko penjual oleh oleh di Kabupaten Magetan. Oleh karena itu Anda yang ingin mencicipinya tidak perlu khawatir karena banyak penjual yang dapat Anda temui. Jajanan ini sangat cocok digunakan sebagai camilan.

Enting-enting memiliki cita rasa yang unik. Rasanya yang merupakan gabungan gurihnya kacang tanah dipadukan dengan manisnya gula merah menjadi salah satu daya tarik yang membuat lidah Anda terpuaskan. Namun bagi Anda yang kurang suka jajanan yang keras, maka hidangan ini kurang cocok bagi Anda. Jajanan ini memiliki tekstur yang keras namun tetap renyah dan nikmat.

Lokasi: Selosari, Kec. Magetan, Kab. Magetan, Jawa Timur.

10. Hidangan Wedang Cemue

Hidangan Wedang Cemue
Image Credit: Google Maps (LheLur)

Bagi Anda yang melakukan perjalanan kuliner di malam hari maka cocok bagi Anda untuk berburu hidangan yang bernama wedang cemue. Wedang cemue adalah salah satu jenis minuman penutup yang biasa disantap setelah Anda menyantap hidangan utama. Minuman ini merupakan minuman yang disediakan dalam sebuah mangkuk kecil dan berisi berbagai komponen lain.

Dalam semangkuk wedang cemue berisi irisan bawang goreng, kacang tanah, dan roti tawar yang kemudian disiram dengan air santan yang sebelumnya telah terlebih dahulu dimasak dengan tambahan gula merah, gula putih, pandan, dan sedikit tambahan garam. Rasa wedang cemue lebih ke rasa gurih yang cocok untuk disantap malam hari .

Anda dapat menemukan penjual wedang cemua dengan mudah di sekitar jalanan Kabupaten Magetan. Jajanan ini banyak dijual secara keliling atau di berbagai warung di pinggir jalan. Peminatnya juga banyak, seringkali anak muda juga banyak yang menyukai wedang cemua. Mereka menikmatinya sembari nongkrong bersama teman-teman di jalanan Kabupaten Magetan.

Lokasi: Sugihwaras, Kec. Maospati, Kab. Magetan, Jawa Timur.

Demikianlah daftar rekomendasi hidangan kuliner yang dapat Anda cicipi jika Anda melancong ke Magetan. Jangan lupa sempatkan untuk berpetualang menikmati hidangan unik sebelum Anda kembali ke rutinitas Anda sehari hari. Beli juga berbagai jenis oleh-oleh yang dapat mengingatkan Anda tentang indahnya Kabupaten Magetan.