Makassar memiliki berbagai wisata kuliner yang perlu untuk Anda ekplor. Makanan khas yang menggugah selera dan enak di lidah, namun tetap ramah dalam hal harga.

Makassar termasuk satu dari sekian kota yang banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai penjuru dunia, berkat banyaknya destinasi wisata yang cantik nan menawan. Selagi berada di sana, wisata kuliner tampaknya tidak kalah menarik untuk dieksplorasi lebih dalam.

Aneka masakan khas Makassar siap memanjakan lidah, dijamin membuat siapapun ketagihan. Untuk memudahkan pemilihan, berikut rekomendasi tempat wisata kuliner di Makassar yang wajib dikunjungi.

1. Coto Nusantara

Coto Nusantara
Image Credit: Jelong-jelong.id

Namanya sudah tidak lagi asing terdengar, bahkan bisa dikatakan jika seseorang belum pernah ke Makassar jika belum mengunjungi Coto Nusantara. Terkenal sebagai salah satu tempat kuliner yang menyajikan masakan begitu lezat dan belum ada yang menyainginya, wajar saja jika kelezatannya bahkan sudah terdengar lantang di luar daerah sekalipun. Seringkali disambangi oleh artis ternama di tanah air, yang berarti kelezatannya sudah tidak perlu ditanyakan kembali.

Coto merupakan masakan yang berisikan isi perut sapi yang direbus lama agar empuk, kemudian diiris kecil dan ditambahkan bumbu kacang. Coto biasanya dikonsumsi selagi hangat bersamaan dengan ketupat agar semakin nikmat, dan jangan lupa memesan minuman baik dingin maupun hangat sebagai pelengkapnya. Untuk bisa mengkonsumsi satu mangkoknya, Anda tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam.

Lokasi: Jl. Nusantara Baru No.142, Ende, Kec. Wajo, Kota Makassar.

2. Pallubasa Onta

Pallubasa Onta
Image Credit: Detik.com

Pallubasa Onta termasuk salah satu tempat kuliner populer yang selalu ramai dikunjungi. Meski nama yang digunakan mengandung unsur Onta, ternyata masakannya menggunakan daging sapi berkualitas sebagai bahan dasar pembuatannya. Kuahnya yang memiliki cita rasa kuat dan dipadukan dengan telur ayam kampung sebagai pelengkapnya, dianggap sebagai perpaduan mantap tiada dua. Wajar saja jika sajian kuliner ini selalu diburu masyarakat lokal maupun para pelancong.

Sejak gigitan pertama, daging sapinya yang gurih karena diolah menggunakan aneka rempah pilihan dan disiramkan dengan kuah berbumbu lezat berhasil memanjakan lidah. Dibandrol dengan harga murah meriah untuk satu mangkoknya, dijamin berhasil membuat perut kenyang dan siap menjalankan aktifitas kembali. Sedangkan nama Onta sendiri, sebenarnya diambil dari nama jalan dimana tempat makan ini didirikan.

Lokasi: Jl. Onta Lama No.103, Mandala, Kec. Mamajang, Kota Makassar.

3. Otak Otak Ibu Elly

Image Credit: Tokopedia.com

Otak otak termasuk salah satu kuliner populer yang banyak dijumpai di beberapa daerah, salah satunya Makassar. Umumnya kuliner ini terbuat dari campuran ikan tenggiri serta tepung gandung yang diolah sedemikian rupa, hingga melahirkan cita rasa tak tertandingi. Cukup mudah ditemukan di manapun, namun tidak ada yang menyamai kelezatan rasa otak otak ibu Elly. Hebatnya lagi, racikan masakannya dapat bertahan sekitar 1 bulan jika disimpan dalam freezer.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Makassar yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Kijang No.7C, Maricaya Baru, Kec. Makassar, Kota Makassar.

4. Sop Konro dan Iga Bakar Karebosi

Image Credit: KSMTour.com

Destinasi wisata kuliner lainnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba jatuh kepada Sop Konro dan Iga Bakar Karebosi. Disini pengunjung akan disuguhkan menu andalan berupa iga sapi yang direbus maupun dibakar, dan kemudian disajikan bersama dengan kuah kaldu sup. Meski sajian kuliner ini bukanlah satu satunya, namun rasa yang ditawarkan tidak akan pernah sama ketika Anda mencobanya di tempat lainnya.

Uniknya, tulang iga dimasak secara terpisah demi menjaga kelezatan cita rasanya. Termasuk kuliner legendaris yang dikenal akan rasanya yang tidak pernah berubah, pasalnya Sop Konro dan Iga Bakar Karebosi ini sudah eksis sejak 1968 silam. Tidak perlu jauh jauh ke Makassar untuk mencicipi kelezatannya, sebab kini sudah hadir cabangnya yang berlokasi di Jakarta. Dengan kata lain, kelezatan berhasil membius ratusan atau bahkan jutaan orang.

Lokasi: Jl. Gn. Lompobattang No.41-43, Pisang Utara, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar.

5. Djuku Resto Wisma Kalla

Djuku Resto Wisma Kalla
Image Credit: Tokopedia.com

Kuliner khas lainnya bisa Anda temukan di Djuku Resto Wisma Kalla, sebuah rumah makan yang terkenal akan sajian kuliner tradisional dengan konsep lebih modern sebagai daya tariknya. Djuku memiliki arti sebagai ikan, yang berarti tempat makan ini menyajikan aneka kuliner lezat dari olahan ikan yang dicampurkan dengan aneka rempah pilihan. Uniknya, pengunjung diperkenankan memilih jenis ikan favoritnya sebagai bentuk pelayanannya.

Bukan hanya lauknya, ternyata pengunjung juga disuguhkan dengan aneka pilihan nasi yang bisa dipilih sesuai keinginan. Mulai dari nasi putih biasa, mashed potato, hingga nasi merah tersedia dengan porsi pas dan siap memanjakan perut yang sedari tadi keroncongan. Selain menu olahan dari ikan, ada beberapa menu lain yang tidak kalah menarik untuk dicicipi. Contohnya saja seperti oreo bom, sanggara balada, hingga churros tampaknya bisa menjadi menu favorit lainnya.

Lokasi: Kunjung Mae, Kec. Mariso, Kota Makassar.

6. Warung Tunjuk Tunjuk

Warung Tunjuk Tunjuk
Image Credit: Tribunnews.com

Namanya mungkin terlihat menggemaskan, namun tidak dengan rasanya yang lezat tiada dua. Pemberian namanya tersebut, berasal dari konsep prasmanan dimana pengunjung bisa memilih aneka lauk yang diinginkan hanya dengan menunjukkan jarinya. Sesuai dengan yang bisa diduga, tempat makan populer satu ini menyuguhkan aneka masakan mulai dari ikan goreng, Juku Pallumara, Sayur Paria, Perkedel Jagung, Sayur Bening, dan masih banyak jenis masakan lezat lainnya.

Lokasi: Jl. Latimojong ruko Latimojong square blok c/41 makassar, Lariang Bangi, Kec. Makassar, Kota Makassar.

7. Nasi Kuning Begadang

Nasi Kuning Begadang
Image Credit: Reddoorz.com

Nasi Kuning Begadang termasuk kuliner yang cukup mudah ditemukan di beberapa sudut kota Makassar. Pemberian namanya sendiri sesuai dengan jam buka tempat makannya sendiri, yang memang buka sejak mulai dari pagi hari hingga pukul 3 pagi di hari berikutnya. Meski jam bukanya di luar tidak lazim, siapa sangka warung ini justru menjadi surga tersendiri bagi mereka yang kelaparan di tengah malam.

BACA:  25 Tempat Wisata di Makassar Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Maccini Raya No.226, Sinrijala, Kec. Panakkukang, Kota Makassar.

8. Rumah Palekko Racing

Rumah Palekko Racing
Image Credit: Cintarasanovi.wordpress.com

Rumah Palekko Racing termasuk salah satu tempat makan yang menyediakan aneka kuliner lezat sebagai daya tariknya. Dari sekian banyak menu yang ada, Nasu Palekko disebut menu favorit pelanggan yang selalu banyak dipesan. Nasu Palekko sendiri, sebenarnya sebuah olahan dari daging bebek yang memiliki cira tasa pedas. Justru rasa pedasnya yang khas, diangga mampu meningkatkan selera makan para pengunjungnya.

Lokasi: Jl. Racing Centre No.19A, Karampuang, Kec. Panakkukang, Kota Makassar.

9. Pallubasa Serigala

Pallubasa Serigala
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Pallubasa Serigala dikatakan sebagai salah satu warung makan ikonik yang wajib dikunjungi saat menapakkan kaki di kota Makassar. Meski namanya mengandung unsur serigala, dalam pembuatannya kuliner ini dibuat menggunakan daging sapi serta jeroan yang dimasak sedemikian rupa hingga terasa empuk saat digigit. Rasa dagingnya terasa semakin lezat dengan campuran kuahnya yang kaya akan rempah yang siap menggoyangkan lidah.

Lokasi: Jl. Serigala XIV, Mamajang Dalam, Kec. Mamajang, Kota Makassar.

10. Rumah Makan Aroma Palopo

Rumah Makan Aroma Palopo
Image Credit: Qraved.com

Rumah Makan Aroma Palopo, masuk ke dalam rekomendasi tempat makan populer yang menyuguhkan kuliner lezat dengan harga murah. Kapurung, adalah salah satu menu andalan yang banyak dipesan para pengunjungnya. Kapurung sendiri merupakan olahan dari sagu dan disiramkan dengan kuah bersayur seperti irisan jagung, kacang panjang,daun bayam, hingga patikala yang siap memanjakan lidah.

Umumnya Kapurung dikonsumsi bersamaan dengan aneka lauk yang dapat dipilih sesuai selera. Mulai dari ikan, ayam, udang, ataupun campuran ketiga lauknya bisa menjadi pelengkap paling sempurna yang pernah ada. Namun satu hal yang pasti, apapun lauknya yang terpenting adalah kuah Kapurungnya harus pedas dan nikmat. Agar lebih mantap bisa ditambahkan perkedel jagung ataupun sayuran lawak sebagai alternatifnya.

Lokasi: Jl. A. Mappanyukki No.66 C, Kunjung Mae, Kec. Mariso, Kota Makassar.

11. Mi Hengky

Mi Hengky
Image Credit: Makassarkuliner.com

Bosan dengan kuliner yang begitu begitu saja ? Cobalah kunjungi tempat makan bernama Mi Hengki sebagai alternatifnya. Menyuguhkan menu berupa mi kering khas Makassar sebagai menu andalannya, dimana cita rasanya bahkan tidak pernah berubah sejak hadir di tahun 1980 silam. Kuliner legendaris satu ini, pertama kali dicetuskan oleh seorang bernama Angko Cao yang berasal dari keturunan Tionghoa yang secara kebetulan tinggal di Makassar.

Dari ide brilian beliau, hingga kini resep masakannya telah diturunkan kepada tiga anaknya. Sebenarnya kuliner satu ini berupa mi kering yang disajikan bersamaan dengan sayur sawi beserta beberapa lauk lainnya seperti daging, hati, serta irisan daging ayam yang diolah menjadi satu. Selain mi kering, ada beberapa varian menu mi lainnya yang tidak kalah lezat untuk dicicipi. Contohnya saja seperti mi goreng, mi hokiang, mi kuah, serta mi panggang.

Lokasi: Jl. Nusantara Kelurahan No.354, RT.002/RW.004, Butung, Kec. Wajo, Kota Makassar.

BACA:  25 Tempat Wisata di Makassar Terbaru & Paling Hits

12. Songkolo Bagadang Alhamdulillah

Songkolo Bagadang Alhamdulillah
Image Credit: KSMTour.com

Berjalan jalan santai di gelapnya malam Makassar, terasa kurang lengkap sebelum mencicipi kelezatan masakan di Songkolo Bagadang Alhamdulillah. Diberikan nama begadang di bagian tengahnya, pasalnya makanan ini bisa mengganjal perut yang kelaparan saat Anda yang hendak begadang hingga tengah malam. Selain bisa ditemukan saat malam, kuliner unik ini biasa disajikan saat diselenggarakan acara adat maupun acara Maulid Nabi Muhammad SAW.

Songkolo adalah menu andalannya, dimana masakan ini dibuat dari nasi ketan hitam yang ditambahkan taburan serundeng atau biasa disebut parutan kelapa sangrai di bagian atasnya. Umumnya dinikmati bersama ikan teri asin, sambal kuning, dan telur sebagai pelengkapnya. Nantinya Songkolo akan ditimbang terlebih dahulu sebelum disajikan kepada pengunjungnya, dengan maksud agar kualitas makanannya tetap terjaga.

Lokasi: Jl. Pannara No.19, Antang, Kec. Manggala, Kota Makassar.

13. Ikan Bakar Paotere

Ikan Bakar Paotere
Image Credit: Makassarguide.com

Lokasi kota Makassar yang memang perbatasan langsung dengan pesisir pantai, membuat masyarakat mengkreasikan aneka olahan dari hasil laut sebagai daya tarik utamanya. Begitu pula yang dilakukan oleh tempat makan satu ini, dimana pengunjung bisa memesan aneka jenis ikan segar yang diolah menggunakan bumbu kacang khas sebagai penambah rasa. Kelezatan yang ditawarkan, membuatnya cukup terkenal hingga ke kalangan para pejabat penting sekalipun.

Lokasi: Jl. Goa Ria, Sudiang, Kec. Biringkanaya, Kota Makassar.

14. Rajanya Pallumara Kepala Ikan

Rajanya Pallumara Kepala Ikan
Image Credit: Sarihusada.co.id

Masyarakat sekitar mempercayai bahwa kuliner bernama Pallu Mara mampu meredakan demam. Mungkin pernyataan ini sulit dipercaya, namun percaya atau tidak hal ini benar terjadi adanya. Sebenarnya Pallu Mara adalah sebuah masakan menggunakan ikan Pallumara sebagai bahan dasar pembuatannya, yang kemudian dicampurkan rempah asam jawa yang terkenal akan rasanya yang kecut.

Campuran asam jawa inilah, yang dipercaya masyarakat ampuh menyembuhkan demam dengan cepat. Sedangkan perpaduan rasa asam dan pedasnya, berhasil membuat siapapun berkeringat saat mengkonsumsinya. Disadari atau tidak, para pengunjung yang sudah pernah mencicipi kelezatannya mengaku masakan tersebut dapat melegakan tenggorokan. Terbuat dari bahan sederhana dan kaya akan manfaat, apakah Anda sudah pernah mencicipinya ?

Lokasi: Jl. Cendrawasih III No.20, Panambungan, Kec. Mariso, Kota Makassar.

15. Es Pisang Ijo Bravo

Es Pisang Ijo Bravo
Image Credit: Detik.com

Wisata kuliner tidak harus selalu makanan, karena Makassar juga memiliki segudang minuman segar yang cocok dikonsumsi sebagai melepas dahaga. Es Pisang Ijo Bravo contohnya, dimana pengunjung disajikan dalam sebuah mangkuk berukuran besar bersama dengan aneka toping tambahan lainnya. Sebagai penyempurnanya, ditambahkan pula susu kental manis serta sirup agar rasanya semakin mantap. Selamat mencoba !

Lokasi: Jl. Sultan Alauddin No 27, Mangasa, Kec. Tamalate, Kota Makassar.

Berkunjung ke kota Makassar tidak selalu cerita tentang berkunjung ke berbagai destinasi wisatanya semata, sebab kota cantik ini dikatakan sebagai surganya berburu kuliner lezat yang siap memanjakan lidah serta perut yang sedari tadi berbunyi. Rasanya yang lezat dan dipatok dengan harga terjangkau, membuat siapa saja tertarik mencobanya. Diolah dengan bumbu khusus, dijamin Anda tidak akan pernah menyesal telah mencobanya.