Mendengar nama kota Malang, yang akan terbayangkan di pikiran adalah udaranya yang sejuk dan banyaknya tempat wisata asyik yang bisa dikunjungi. Selama berada disana, janganlah buang kesempatan emas untuk mencicipi aneka kuliner lezatnya. Mulai dari yang berkuah hingga camilan tradisional khas Malang sudah tersedia, sehingga tidak ada salahnya mencicipinya. Dari sekian banyak warung makan murah nan lezat, berikut rekomendasinya.

Rekomendasi Tempat Berburu Kuliner Khas Malang yang Murah dan Enak

1. Angsle dan Ronde Titoni

Angsle dan Ronde Titoni
Image Credit: Tempatwisataunik.com

Sedang berjalan jalan santai di tengah malam kota Malang yang dingin, akan semakin sempurna jika bisa mengkonsumsi makanan maupun minuman yang dapat menghangatkan badan. Dalam kondisi tersebut, segeralah meluncur ke Depot Ronde Titoni untuk mencicipi kelezatan Angsle dan Ronde Titoni yang sudah melegenda. Dengan mengkonsumsi satu mangkuknya saja, tubuh akan terasa lebih hangat sekaligus mengenyangkan.

Rasa kenyang yang dirasakan berasal dari aneka macam makanan seperti kacang hijau, agar agar mutiara, irisan roti tawar, dan ethulo yang kemudian diguyur dengan kuah santan dalam satu porsi angslenya. Tidak perlu takut akan harganya, pasalnya kamu sudah bisa mencicipi kelezatannya hanya dengan mengeluarkan dana sekitar 5 ribuan per mangkuknya. Meski dipatok dengan harga terjangkau, namun khasiatnya baik bagi tubuh.

Lokasi: Jl. Zainul Arifin No.17, Sukoharjo, Kec. Klojen, Kota Malang.

2. Orem Orem khas Arema

Orem Orem khas Arema
Image Credit: Merdeka.com

Orem Orem khas Arema tergolong sebagai kuliner yang sayang untuk dilewetkan begitu saja. Terbuat dari irisan tempe yang kemudian dimasak menggnakan kuah santal kental, dijamin mampu memuaskan rasa lapar. Pasalnya dalam satu mangkok berisikan ketupat yang diris menjadi beberapa bagian, tempe, dan tauge yang disiram menggunakan kuah sayur kuah santan. Terdapat sedikit rasa pedas, kamu juga bisa menambahkan kecap agar semakin mantap.

Lokasi: Jl. Blitar No.14A, Sumbersari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang.

3. Putu Lanang Celaket

Putu Lanang Celaket
Image Credit: Macigo.com

Singgah di kota Malang akan terasa belum lengkap sebelum berkunjung ke Putu Lanang Celaket. Menyediakan aneka kuliner jajanan ringan khas Malang, dijamin rasanya tidak akan pernah mengecewakan. Beberapa menu yang disediakan seperti lupis, putu, cenil, dan masih banyak menu jajanan tradisional lainnya. Sedangkan soal harga, tampaknya kami tidak perlu khawatir akan membuat isi dompet ludes.

Termasuk sebagai warung legendaris, dimana jajanan tersebut bahkan masih dibungkus menggunakan daun pisang yang kemudian ditambahkan guyuran air gula merah di bagian atasnya. Sebagai pelengkapnya, tidak lupa taburan parutan kelapa siap mencari topping yang dapat meningkatkan citarasanya yang mantap. Cocok dijadikan sebagai tempat berburu jajanan tradisional, dimana citarasanya akan mengingatkanmu akan kenangan masa kecil.

Lokasi: Jl. Jaksa Agung Suprapto No.73, RT.03, Samaan, Kec. Klojen, Kota Malang.

4. Mie Gajah Mada Malang

Mie Gajah Mada Malang
Image Credit: Ksmtour.com

Sajian kuliner lain yang tidak kalah sedap untuk dicicipi, jatuh kepada Mie Gajah Mada Malang. Menawarkan sejumlah menu mie, dimana citarasanya dianggap paling sedap dari yang paling sedap. Mie ayam jamur adalah menu andalannya, namun masih banyak menu lain yang menarik untuk dicicipi. Harganya per porsinya pun cukup beragam dan murah, sehingga tidak ada penyesalan ketika sudah penah mencobanya.

Lokasi: Jl. Pasar Besar No.17 A, Sukoharjo, Kec. Klojen, Kota Malang.

5. Pecel Kawi

Pecel Kawi
Image Credit: Myeatandtravelstory.wordpress.com

Mencari sarapan lezat selagi berada di kota Malang ? Daripada kesulitan mencarinya, tidak ada salahnya mengunjungi warung Pecel Kawi sebagai alternatifnya. Termasuk warung makan legendaris dengan kualitas rasanya yang diwariskan turun temurun, dijamin rasanya tidak akan pernah mengecewakan para pelanggannya. Untuk bisa mencicipinya satu porsinya, kamu tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam alias murah meriah.

BACA:  13 Wisata Kuliner di Madiun yang Murah & Enak

Lokasi: Jl. Kawi Atas No.46, Gading Kasri, Kec. Klojen, Kota Malang.

6. Soto dan Bakso Geprak Mbah Djo

Soto Pagi Pak Markeso
Image Credit: Ksmtour.com

Mencari tempat terbaik untuk mencicipi kuliner khas Malang dengan rasa nikmat dan harga murah, bisa ditemukan di Soto dan Bakso Geprak Mbah Djo. Warung makan satu ini sudah berdiri sejak tahun 1935, dimana dari segi rasa dan kualitas masakannya tidak akan pernah ditemukan di tempat lainnya. Dijamin sejak menyantapnya untuk pertama kali, kamu sudah bisa membedakan citarasa yang belum pernah dicicipi sebelumnya.

Meski namanya mengandung unsur soto dan bakso, ternyata warung legenda satu ini menyediakan aneka menu lainnya yang tidak kalah sedap untuk dicicipi. Mulai dari aneka olahan daging ayam hingga bebek goreng tersedia disini. Bukan hanya soal rasa, bahkan kebersihan dan keefektifitas cara pengolahannya pun diperhitungkan. Sehingga pelanggan tidak perlu khawatir soal kualitas setiap masakan yang telah disediakan.

Lokasi: Jl. Sigura – Gura No.9, Sumbersari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang.

7. Soto Daging Rahayu

Soto Daging Rahayu
Image Credit: Easportkw.blogspot.com

Soto daging yang terkenal akan rasanya yang lezat nan nikmat, menjadi primadona yang bahkan bisa ditemukan hampir di seluruh daerah di tanah air. Jika sedang singgah di kota Malang dan secara kebetulan tertarik mencicipi makanan berkuah satu ini, sangat direkomendasikan mengunjungi warung Soto Daging Rahayu. Meski tidak jauh berbeda dengan soto pada umumnya, namun dari segi rasa tampaknya bisa diadu.

Rasa khas yang tidak ditemukan di tempat lainnya, menjadi daya tarik utamanya yang selalu dirindukan oleh para penggemarnya. Keunikan rasanya tersebut, berasal dari penggunaan koya yang diolah dari kelapa sebagai penyedap alami si soto. Inilah alasan mengapa soto di warung makan ini terasa khas dan dapat memuaskan rasa lapar. Tidak hanya unggul dari segi rasa, ternyata per mangkok sotonya dibandrol dengan harga bersahabat di kantong.

Lokasi: Gg. 7, Mergosono, Kec. Kedungkandang, Kota Malang.

8. Soto Daging Pak Markeso

Soto dan Bakso Geprak Mbah Djo
Image Credit: Merdeka.com

Satu lagi kuliner khas Malang yang legendaris jatuh kepada Soto Daging Pak Markeso. Sudah berjualan sejak 1950, Pak Markeso sebagai sang pedagang soto daging ini pun merasa dagangannya tidak pernah sepi pengunjung. Alasan utama mengapa soto dagingnya begitu laku di pasaran, berasal dari penggunaan bumbu khas Madura yang diolah sebagai bumbu dasarnya. Sejak pertama mencicipinya, siapapun pasti akan dibuat jatuh cinta dengan rasanya.

Lokasi: Jl. Sindoro No.4, Gading Kasri, Kec. Klojen, Kota Malang.

9. Rumah Makan Cairo

Rumah Makan Cairo
Image Credit: Malangculinary.com

Hanya mendengar namanya saja, kamu pasti menyadari jika tempat kuliner satu ini menyajikan aneka menu khas Timur Tengah. Salah satu menu andalan yang hingga kini masih banyak diburu pelanggannya adalah sate kambingnya. Berkat kelezatannya, bahkan menu populer ini sudah terdengar hingga ke luar daerah. Wajar saja jika warung ini selalu dipenuhi oleh pelanggan dari berbagai daerah, yang hanya penasaran dengan citarasanya.

Sejak awal berdiri, warung ini menjadikan daging kambing sebagai menu utama untuk pengolahannya. Tidak tanggung tanggung, irisan dagingnya dirasa cukup besar untuk memuaskan rasa lapar para pelanggannya. Diolah sedemikian rupa, dimana tekstur dagingnya terasa lembut nan gurih tanpa tercium bau apek. Rasanya pun semakin nikmat jika disantap di siang hari untuk memulihkan tenaga setelah bekerja.

Lokasi: Jl. Kapten Piere Tendean No.1, Kasin, Kec. Klojen, Kota Malang.

10. Warung Lama Haji Ridwan

Warung Lama Haji Ridwan
Image Credit: Finaira.id

Sudah ada sebelum Indonesia merdeka, hingga kini Warung Lama Haji Ridwan masih ramai dikunjungi pelanggan. Bagaimana tidak, selain menawarkan harga yang murah, rasa setiap masakannya terasa menggugah selera dan khas. Menu yang ditawarkan disini cukup bervariatif, dimana didominasi menu khas masakan Jawa Kuno dengan citarasa khas yang tidak pernah berubah.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Pasuruan yang Paling Populer

Beberapa menu yang tersedia seperti krengsengan, sate usus sapi, sate komoh, nasi rawon, hingga daging dan ayam panggang bumbu rujak. Berlokasi di deretan kios yang ada di Pasar Besar Malang, namun keberadaannya cukup mudah ditemukan dan namanya sudah cukup terkenal. Sedangkan dari segi harga, kamu hanya perlu merogoh kantong sekitar 5 ribuan untuk satu tusuk satenya.

Lokasi: Jl. Pasar Besar, Sukoharjo, Kec. Klojen, Kota Malang.

11. Waroeng Spesial Sambal (SS)

Waroeng Spesial Sambal (SS)
Image Credit: Merdeka.com

Mencari tempat makan terbaik untuk keluarga ataupun secara rombongan selama berada di kota Malang ? Warung Spesial Sambal atau yang lebih dikenal sebagai warung SS ini tampaknya bisa memuaskan perut yang sedang kelaparan. Sesuai dengan namanya, warung populer satu ini memang menyediakan berbagai masakan tradisional dengan pilihan sambal yang beragam. Bahkan level kepedasannya bisa disesuaikan, dijamin rasanya tidak akan pernah mengecewakan.

Lokasi: Jl. Ciliwung No.53, Purwantoro, Kec. Blimbing, Kota Malang.

12. Depot HTS (Han Tjwang Sing)

Depot HTS (Han Tjwang Sing)
Image Credit: Iklantravel.com

Apabila lebih tertarik mencicipi aneka camilan khas Malang, maka mengunjung Depot HTS adalah pilihan tepat. Disini adalah surganya mencari aneka kue lezat yang ditawarkan dengan harga murah meriah. Termasuk sebagai salah satu depot legenda, sejak dahulu tempat ini ramai dikunjungi sebagai tempat singgah favorit sebelum melakukan perjalanan menuju luar kota Malang.

Onde Onde HTS merupakan menu andalan yang selalu diburu dan cepat habis dibandingkan dengan jajanan lainnya. Dari segi bentuk memang tidak jauh berbeda dengan onde onde kebanyakan, namun yang membedakan adalah teksturnya yang kenyal dan terdapat banyak varian rasa. Ada pula onde onde yang terbuat dari olahan ketan hitam yang tentu tidak kalah sedap untuk dicicipi.  Selain jajanan, disini juga menyediakan menu makanan berat seperti rawon merah.

Lokasi: Jl. DR. Wahidin No.123, Krajan, Kalirejo, Kec. Lawang, Kab. Malang.

13. Warung Bu Haji AREMA

Warung Bu Haji AREMA
Image Credit: Loveusaha.com

Bosan dengan wisata kuliner biasa khas Malang ? Sepertinya mengunjungi Warung Bu Haji AREMA bisa menjadi pilihan tepat. Letaknya yang tidak jauh dari Alun Alun kota Malang, membuatnya mudah ditemukan bahkan oleh para pelancong yang sengaja datang dari jauh hanya untuk mencicipi kelezatannya. Beberapa menu yang ditawarkan berasal dari aneka olahan daging sapi terbaik.

Warung yang sudah melegenda ini tidak hanya unik dari segi rasa, melainkan juga dari pemberian nama setiap menunya. Contohnya saja menu oges, yang ternyata berasal dari bahasa gaul untuk mengatakan sego atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai nasi. Menggunakan bahasa walikan dianggap sebagai salah satu daya tarik tersendiri. Sedangkan dari segi rasa, umumnya menu yang disediakan didominasi oleh rasa manis dibandingkan asin.

Lokasi: Jl. Kauman No.5, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang.

14. Rawon Brintik

Rawon Brintik
Image Credit: Wisatamalangku.com

Selama berada di malang, kamu bisa menemukan berbagai warung makan yang menyediakan menu nasi rawon sebagai menu andalannya. Jika tertarik mencicipinya, silahkan datang langsung di Rawon Brintik yang sudah terkenal akan kelezatannya. Pemberian nama warungnya sendiri, berasal dari sang perintis yang memiliki ciri khas pada rambutnya yang keriting atau lebih dikenal brintik.

Yang membedakan dari rawon di tempat lainnya adalah tekstur dagingnya yang terasa lembut dan mudah dilumat di mulut. Cara penyajiannya sendiri layaknya rawon khas kota Malang lainnya, dimana nasinya akan dicampur langsung dengan kuah rawon dalam satu piring. Sebagai penambah citarasa, tambahkan pula sambal serta kerupuk melinjo ataupun kerupuk udang yang sudah tersedia di setiap meja makannya.

Lokasi: Jl. KH Ahmad Dahlan No.39, Sukoharjo, Kec. Klojen, Kota Malang.

15. Burger Buto Kedai 27

Burger Buto Kedai 27
Image Credit: Merdeka.com

Berkunjung ke kota Malang bersama rombongan dan sedang mencari makan enak yang bisa memuaskan setiap orang ? Tampaknya berkunjung ke Burger Buto Kedai 27 adalah keputusan tepat, mengingat porsinya yang besar dan cocok disantap beramai ramai. Sesuai dengan namanya, setiap menu yang disajikan cukup besar dengan aneka macam menu burger sebagai pilihan. Apabila tidak ingin mengkonsumsi burger, masih ada menu lainnya yang bisa dipilih.

BACA:  10 Oleh-oleh Khas Banyuwangi yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Sarangan No.27, Lowokwaru, Kec. Lowokwaru, Kota Malang.

16. Surabi Gendud

Surabi Gendud
Image Credit: Wisatamalangku.com

Surabi Gendud bisa menjadi alternatif terbaik ketika kamu sedang mengidamkan jajanan manis nan lezat. Berlokasi tidak jauh dari Universitas Brawijaya Malang, membuatnya mudah ditemukan oleh para pelancong. Harga yang ditawarkan pun cukup bersahabat di kantong, sehingga tidak mengherankan jika warung makan satu ini banyak dikunjungi oleh para mahasiswa maupun pelajar.

Lokasi: Jl. Mayjend Panjaitan No.205, Penanggungan, Kec. Klojen, Kota Malang.

17. Bakso President

Bakso President
Image Credit: Mitosdiet.com

Bakso termasuk sebagai salah satu kuliner khas Malang yang cukup populer, berkat rasanya yang berbeda dari bakso dari daerah lainnya. Jika kamu tetarik mencicipi bakso dari kota asalnya, maka mengunjungi Bakso President bisa menjadi pilihan tepat. Sedangkan pemberian namanya sendiri, karena dahulunya lokasinya berada di belakang Bioskop Presiden yang kini sudah beralih fungsi menjadi pusat perbelanjaan.

Udaranya yang terbilang sejuk dan lokasinya yang bersebelahan tepat dengan rel kereta api, membuat pelanggan bisa merasakan sensasi berbeda ketika menyantapnya langsung di tempat. Terdiri dari banyak varian dan dipatok dengan harga ramah di kantong, dijamin pelanggan bisa memuaskan perut yang kelaparan. Sedangkan dari segi rasa, sepertinya tidak perlu lagi diragukan mengingat bakso populer satu ini sudah melegenda.

Lokasi: Jl. Batanghari No.5, Rampal Celaket, Kec. Klojen, Kota Malang.

18. Bakso Bakar Pak Man

Bakso Bakar Pak Man
Image Credit: Myeatandtravelstory.wordpress.com

Masih berkutat tentang bakso, namun kali ini kuliner satu ini tidak disajikan menggunakan kuah melainkan dibakar. Dikatakan sebagai surganya bagi para pecinta bakso, sehingga akan sangat disayangkan jika belum pernah mencicipinya. Baksonya sendiri terbuat dari daging sapi, yang kemudian digiling dan direbus sebelum pada akhirnya dibakar menggunakan aneka bumbu. Bahkan sejak memasuki tempat makannya, aroma bakso bakarnya cukup terasa.

Lokasi: Jl. Diponegoro No.19, Klojen, Kec. Klojen, Kota Malang.

19. Toko Oen

Toko Oen
Image Credit: Phinemo.com

Jika kamu senang mengkonsumsi camilan manis dan segar, dianjurkan untuk mendatangi si Toko Oen. Namanya bahkan sudah tidak lagi asing, mengingat toko ini sudah berdiri sejak 1930 silam dan dengan citarasa yang selalu dirindukan. Dari sekian banyak menu yang disediakan, es krim home mande menjadi menu andalan yang banyak dipesan. Dijamin rasanya yang sedap, dijamin kamu akan mengingatnya dan ingin mencoba menu lainnya.

Bagaimana tidak, es krimnya memiliki tekstur yang lembut sejak masuk ke dalam mulut yang berpadu mesra dengan rasanya yang lezat. Selain menu dessert, pelanggan juga bisa mencicipi menu bistik lidah yang ternyata sudah melegenda. Lokasinya pun berdekatan dengan pusat kota, sehingga untuk menemukan lokasinya terbilang cukup gampang.

Lokasi: Jl. Jenderal Basuki Rahmat No.5, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang.

20. Cwie Mie Malang

Cwie Mie Malang
Image Credit: Ngalam.co

Salah satu kuliner lain yang wajib untuk dicicipi yaitu Cwie Mie Malang. Berbeda dengan mie ayam kebanyakan, pasalnya daging ayam akan diiris halus bak abon dan memiliki ciri khas rasanya yang cenderung asin. Rasanya pun semakin mantap berkat toping bawang goreng yang berada di bagian atas sajiannya. Cara penyajiannya pun cukup unik, dimana mie akan disajikan dalam sebuah mangkuk alami yang terbuat dari pangsit.

Lokasi: Jl. Kawi Atas No.16, Gading Kasri, Kec. Klojen, Kota Malang.

Terkenal akan udaranya yang sejuk dan surganya berburu wisata kuliner sedap nan murah, hingga saat ini Malang menjadi salah satu kota favorit untuk dikunjungi wisatawan.  Ditawarkan dengan harga yang cukup bervariasi, namun dari segi rasa dan kenikmatannya tidak akan pernah tergantikan oleh yang lain. Bahkan beberapa diantaranya termasuk warung legendaris, yang berarti wajib untuk dicicipi selagi singgah di kota cantik tersebut.