Memiliki julukan sebagai surga wisata kuliner, membuat Manado menjadi kota yang wajib Anda kunjungi. Banyak makanan khas yang enak bisa Anda cicipi, mulai dari ayam woku hingga mie cakalang tersedia di Kota Manado.

Setelah puas berkeliling kota Manado, maka saat yang tepat bagi Anda untuk beristirahat dan mencicipi kuliner favorit khas kota ini. Banyak sekali beragam kuliner yang bisa Anda nikmati ketika sedang berada di Manado. Mulai dari sajian khas yang memiliki cita rasa pedas hingga olahan ikannya yang membuat Anda ketagihan.

Untuk itu, bagi Anda yang sedang bingung maka Anda bisa mencoba rekomendasi wisata kuliner hits di Manado berikut yang siap menggoyang lidah Anda.

1. Warung Tinutuan dan Mie Cakalang

Warung Tinutuan dan Mie Cakalang
Image Credit: Keponih.com

Olahan yang terbuat dari mie menjadi salah satu kuliner yang disukai oleh kebanyakan orang, salah satunya di kota Manado. Untuk itu, bagi Anda yang sedang berwisata kesini tak ada salahnya untuk mencoba sajian berupa mie cakalang. Mie khas yang berasal dari Manado ini memiliki keunikan tersendiri. Dimana mie tersebut disajikan brsama dengan ikan cakalang. Tentu saja menjadi hidangan yang wajib untuk Anda kunjungi ketika berada disini.

Tak hanya memiliki bentuk penyajian yang unik, rasa yang ditawarkan oleh mie satu ini pun cukup enak. Hal ini dikarenakan mie cakalang terbuat dari racikan bumbu yang menimbulkan rasa istimewa. Anda bisa mengonsumsi mie satu ini dengan kuah bening yang dicampur dengan merica, sehingga akan menghasilkan ras yang pedas. Untuk itu, ketika berada di warung ini, Anda pun wajib untuk mencoba olahan mie cakalang.

Lokasi: Jl. Gunung Kerinci No.58, Bumi Nyiur, Kec. Wanea, Kota Manado.

2. Rumah Makan Ragey

Rumah Makan Ragey
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Untuk Anda yang ingin mencoba berbagai olahan daging babi, maka Anda pun bisa mampir untuk mengunjungi rumah makan Ragey. Disini, Anda bisa menemukan olahan babi dengan rasa yang super lezat. Dengan perpaduan dari daging babi dan bumbu khas Minahasa, ditambang dengan berbagai jenis sambal seperti dabu dabu dan sambal tomat khas Manado akan membuat Anda ketagihan.

Ada beberapa olahan daging babi yang tersedia di rumah makan satu ini. mulai dari babi panggang dan sate babi. Memiliki pelayanan yang super cepat, maka Anda tak perlu khawatir apabila meskipun berkunjung ke tempat ini dalam kondisi ramai. Pasalnya, Anda tetap akan bisa menikmati sajian kuliner dalam waktu yang cukup cepat dan tidak menunggu lama.

BACA:  25 Tempat Wisata di Manado Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Bethesda No.72a, Sario, Kec. Sario, Kota Manado.

3. Kios Pelangi

Kios Pelangi
Image Credit: Tripadvisor.com

Destinasi tempat makan berikutnya yang bisa untuk Anda kunjungi adalah Kios Pelangi. Tempat satu ini menyediakan menu khas Manado yang tak kalah lezat yakni Bubur Tinutuan. Bubur satu ini dikenal memiliki rasa yang lezat. Hal ini dikarenakan menggunakan bmbu khas Minahasa sehingga membuatnya memiliki rasa yang kaya. Anda pun bisa memesan olahan lain seperti mie ayam hingga mie cakalang. Dengan harga yang terjangkau membuat kantong Anda tidak jebol.

Lokasi: Jl. Wakeke, Wenang Utara, Kec. Wenang, Kota Manado.

4. Rumah Makan Dego Dego

Rumah Makan Dego Dego
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Bagi Anda yang sedang mencari tempat kuliner dengan cita rasa khas Manado, maka Anda pun bisa mampir ke Rumah Makan Dego Dego. Pada tempat makan satu ini Anda bisa dengan mudah untuk menemukan berbagai kuliner andalan, salah satunya adalah bubur Tinutuan yang sangat khas. Rumah makan yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan ini pun tak hanya menjual itu saja melainkan juga menu khas Manado lain yang enak dan lezat.

Lokasi: Karombasan Utara, Kec. Wanea, Kota Manado.

5. Rumah Kopi Gembira

Image Credit: Tripadvisor.com

Mencari sajian kuliner enak dengan menu kopi khas Manado? Maka Anda pun bisa mampir sejenak untuk mengunjungi Rumah Kopi Gembira. Di tempat satu ini tak hanya menyajikan menu kopi saja, melainkan Anda juga bisa memesan menu makanan lainnya seperti biapong, bakpao dengan aneka ras dan juga lainnya. Menu andalan di tempat satu ini adalah Kopi Susu Khas Kawangkoan. Terbuat dari biji kopi pilihan tanah Minahasa, membuat Anda wajib untuk mencicipinya.

Lokasi: Sendangan Lingk Vl, Kinali, Kec. Kawangkoan, Kab. Minahasa.

6. Rumah Makan Wakeke

Image Credit: Kompas.com
Image Credit: Kompas.com

Untuk Anda yang sedang mencari rumah makan dengan menu khas bubur Tinutuan? Rumah Makan Wakeke menjadi salah satu tempat yang wajib untuk Anda kunjungi. Restoran satu ini pun cukup terkenal di kota Manado karena telah berdiri sejak tahun 1980. Sehingga tak heran menjadi salah satu destinasi kuliner wajib bagi para pelancong. Anda pun juga wajib untuk mencicipi cakalang fufu dan sambal roa ketika mampir ke restoran satu ini.

Lokasi: Jl. Wakeke No.1, Wenang Utara, Kec. Wenang, Kota Manado.

7. AngleFish Restaurant

AngleFish Restaurant
Image Credit: Tripadvisor.com

Bagi Anda yang ingin menikmati olahan seafood yang lezat dan memiliki harga yang rama di kantong, maka Anda pun bisa mampir ke Angle Fish Restaurant. Tempat makan satu ini menyajikan berbagai macam menu seafood yang sangat banyak. Ditambah lagi, dengan bahan bahan yang masih segar dan baru akan membuat rasa ikan menjadi lebih enak.

Ada menu andalan yang sebaiknya Anda coba ketika sedang berada di rumah makan satu ini, yaitu ikan tude bakar. Pasalnya, menu ini akan menyediakan rasa daging yang gurih nan manis. Anda pun bisa mencampurkan racikan jeruk nipis, garam, irisan caba dan tomat pada ikan ini. Dengan begitu, Anda pun akan bisa langsung menghabiskan beberapa piring nasi putih.

BACA:  13 Wisata Kuliner di Gorontalo yang Murah & Enak

Lokasi: Paal Dua, Kec. Tikala, Kota Manado.

8. Wisata Bahari Seafood Restaurant

Wisata Bahari Seafood Restaurant
Image Credit: Tripadvisor.com

Tak hanya di angle fish restaurant saja, maka Anda pun bisa menikmati beragam sajian seafood di tempat makan satu ini. kelebihan dari Wisata Bahari Seafood Restoran ini adalah memiliki view pantai yang sangat cantik. Sehingga Anda bisa menikmati olahan ikan yang segar sembari menikmati indahnya suasana pantai. Disini, Anda bisa memesan salad garopa yang terbuat dari ikan garopa yang digoreng serta aneka salad buah. Sangat menggoda bukan?

Lokasi: Jl. Wolter Monginsidi 1, Condongcatur, Kec. Depok, Kota Manado.

9. Raja Sate Restaurant

Raja Sate Restaurant
Image Credit: Tripadvisor.com

Ketika Anda sedang berlibur di pusat kota Manado, maka Anda pun bisa mencoba untuk mampir ke Raja Sata Restaurant. Berada di kawasan Piere Tendean, maka Anda pun akan bisa menemukan restoran sate yang akan memanjakan lidah anda. Disini, ada berbagai macam jenis sate yang bisa Anda pesan sesuai dengan selera anda. Mulai dari sate kambing, sate daging sapi dan juga sate ayam.

Selain menyajikan menu sate, Anda pun bisa memesan menu lain yang tak kalah enak. Pasalnya, disini tersedia menu lain seperti masakan khas Manado hingga masakan asia hingga western. Untuk itu, bagi Anda yang bingung mencari tempat untuk makan malam, tak ada salahnya untuk mengunjungi Raja Sate Restaurant bersama dengan keluarga besar anda.

Lokasi: Jl. Piere Tendean, Titiwungan Utara, Kec. Sario, Kota Manado.

10. Deep Sea Tuna House Cafe and Resto

Deep Sea Tuna House Cafe and Resto
Image Credit: Tripadvisor.com

Menyantap makanan yang lezat ditemani pemandangan laut yang indah menjadi salah satu hal yang wajib untuk Anda dapatkan ketika berada di kota Manado. Untuk itu, Anda pun bisa mengunjungi Deep Sea Tuan House Cafe and Resto. Disini Anda kan bisa mendapatkan sensasi makan di tepi laut yang indah. Sehingga hal ini akan memiliki daya tarik tersendiri di kalangan wisatawan.

Terdapat menu andalan yang bisa Anda pesan ketika berada di tempat satu ini. ketika berada disini, Anda sebaiknya memesan ikan tuna bakar. Tentu saja rasa ikan tuna yang dibakar tersebut akan mampu untuk menggugah selera makan anda. Selain itu, terdapat menu terkenal lainnya yang bisa untuk Anda pesan yakni sashimi yang akan membuat Anda ketagihan.

Lokasi: Jl. Laksda John Lie, Titiwungan Utara, Kec. Sario, Kota Manado.

11. Rumah Makan Nasi Kuning Saroja

Rumah Makan Nasi Kuning Saroja
Image Credit: KSMTour.com

Untuk Anda yang sedang mencari sarapan di daerah Manado, maka tak ada salahnya untuk mampir ke Rumah Makan Nasi Kuning Saroja. Tempat satu ini merupakan rumah makan yang populer dikarenakan tercatat di museum rekor Indonesia atau MURI sebagai pembuat nasi kuning terbanyak yang ada di Indonesia. sehingga, Anda pun wajib mampir untuk mencicipi kelezatan dari nasi kuning satu ini.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Gorontalo yang Paling Populer

Tak hanya itu saja, selain mendapatkan penghargaan dari MURI, nasi kuning yang berada di daerah Lawangirung, Manado ini juga memiliki rasa yang enak. Ketika Anda menyantap nasi kuning disini, maka Anda pun bisa menambahkan variasi lainnya seperti abon cakalang, keripik ubi, semur daging hingga sambal goreng. Tentu saja variasi makanan tersebut akan bisa menambah selera anda.

Lokasi: Jl. Diponegoro, Lawangirung, Kec. Wenang, Kota Manado.

12. Rumah Makan City Extra

Rumah Makan City Extra
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Rumah makan yang berada di daerang Mandolang ini juga bisa menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang ingin mencari tempat makan enak di kota Manado. Memiliki lokasi yang berada di pinggir pntai membuat restoran ini ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun asing. Ada berbagai jenis olahan seafood yang bisa untuk Anda pesan. Selain itu, seafood disini pun memiliki rasa yang lezat dikarenakan merupakan hasil tangkapan dari nelayan sekitar.

Lokasi: Jl. Raya Tanawangko Kalasey No.55,  Kalasey Satu, Kec. Mandolang, Kab. Minahasa.

13. Rumah Makan Raja Oci

Rumah Makan Wakeke
Image Credit: Tripadvisor.com

Rumah Makan Raja Oci, bisa menjadi salah satu destinasi wisata kuliner yang wajib untuk Anda coba. Disini, Anda bisa memesan menu utama yang disajikan yakni ikan oci bakar dengan rasa yang lezat. Berada di pusat kota Manado, menjadikan rumah makan ini mudah ditemukanoleh wisatawan. Anda pun juga bisa mencoba olahan ikan woku bakar yang akan siap untuk menggugah selera makan anda.

Lokasi: Jl. Jendral Sudirman No.85, Pinaesaan, Kec. Wenang, Kota Manado.

14. Colocolojo

Colocolojo
Image Credit: Colocolojo.business.site

Hidangan seafood nampaknya menjadi salah satu kuliner yang diminati ketika Anda berada di Manado. Untuk itu, Anda pun bisa mengunjuni rumah makan satu ini yang akan menghadirkan olahan seafood segar untuk Anda santap di malam hari. Aneka hidangan laut pun tersedia di tempat satu ini. Ditambah dengan sambal dabu dabu yang enak akan membuat Anda ketagihan.

Lokasi: Jl. Piere Tendean Kompleks Marina Plaza, Ruko M-Walk Blok RB No. 46 Wenang, Kec. Wenang, Kota Manado.

15. Ananas Cake and Bakery

Ananas Cake and Bakery
Image Credit: Traveloka.com

Bagi Anda yang mencari jajanan khas manado, maka Anda pun bisa mampir ke Ananas Cake and Bakery. Wisata kuliner satu ini akan menyajikan beragam jajanan tradisional khas Manado, mulai dari Panada, Klappertart hingga Kue Cucur. Untuk soal harga, maka Anda pun tak perlu khawatir. Hal ini dikarenakan tempat satu ini menawarkan harga yang terjangkau dan ramah di kantong.

Lokasi: Jl. B.W.Lapian No.39, Tikala Kumaraka, Kec. Wenang, Kota Manado.

Itulah beberapa tempat wisata kuliner yang bisa Anda coba kunjungi ketika berada di Manado. Di tempat tersebut, nantinya Anda akan bisa mencicipi berbagai macam kuliner dengan rasa yang enak dan harga yang terjangkau. Untuk itu, bagi Anda yang masih bingung maka Anda pun bisa mencoba salah satu rumah makan tersebut bersama dengan kerabat maupun sahabat anda.