Rekomendasi Wisata Kuliner Terbaik di Medan, Sumatera Utara. Makanan Khas yang Terkenal Enak Ditawarkan dengan Harga Murah yang Wajib Anda Coba Ketika Berkunjung.

Medan adalah salah satu tujuan wisata yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Di daerah tersebut Anda dapat mencoba beragam sajian sedap dengan melakukan wisata kuliner. Kuliner di Medan juga terkenal akan keberagamannya. Hal ini dikarenakan di daerah tersebut terdapat banyak suku dan budaya yang berbaur menjadi satu. Lalu apa saja wisata kuliner yang dapat Anda coba saat berada di kota Medan? Mari simak ulasannya selengkapnya.

1. Lontong Kak Lin

Lontong Kak Lin
Image Credit: Deliserdangmall.com

Menikmati pemandangan di Kota Medan sembari menikmati sarapan nan lezat adalah salah satu hal yang layak untuk dicoba. Untuk mengisi perut yang keroncongan, Anda dapat menuju ke Lontong Kak Lin yang begitu terkenal akan sajian lezatnya. Di dalamnya Anda bisa menikmati sajian sedap berupa lontong khas Kota Medan. Tak lupa pula untuk mencicipi sate kerang dan aneka lauk lain di dalam destinasi wisata kuliner yang satu ini.

Meskipun memiliki bahan makanan utama berupa lontong, namun sajian ini juga akan ringan saat disantap. Porsi yang diberikan oleh pihak penjual di tempat makan ini terbilang pas bagi orang-orang yang menyantapnya. Dengan sajian lezat berupa lontong ini tentu akan menambah energi Anda di pagi hari. Setelah menyantap sajian lontong yang ada, Anda pun siap untuk melanjutkan wisata ke kota indah di Sumatera ini.

Lokasi: Jl. Teuku Cik Ditiro No.8m, Madras Hulu, Kec. Medan Polonia, Kota Medan.

2. Kedai Kopi Apek

Kedai Kopi Apek
Image Credit: Detik.com

Bagi Anda pecinta kopi, maka Kedai Kopi Apek adalah salah satu tujuan wisata kuliner yang selanjutnya. Di dalam kedai ini terdapat banyak sajian pula yang bisa Anda coba. Sebut saja martabak telur dan gurih dan lezat serta roti bakar yang menggugah selera. Saat berkunjung di kedai kopi yang satu ini juga dapat Anda manfaatkan untuk berbincang-bincang sembari menikmati suasana di salah satu kota yang ada di Sumatera ini.

Lokasi: Jl. Hindu No.37, Kesawan, Kec. Medan Barat, Kota Medan.

3. Rujak Kolam Takana Juo

Rujak Kolam Takana Juo
Image Credit: Rudihartoyo.com

Di kota yang kaya akan budaya ini juga terdapat sajian lezat yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Sajian yang dimaksud ialah Rujak Kolam Takana Juo. Rujak ini sendiri juga terkesan berbeda dan unik jika dibandingkan dengan sajian rujak lainnya di nusantara. Pepbaduan buah, sayur dengan sambal dan gula merah ini pada rujak ini juga membuatnya terasa semakin lezat. Di bagian atasnya juga terdapat taburan kacang tanah sebagai pelengkapnya.

BACA:  33 Tempat Wisata di Medan Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Mahkamah No.98-96, Mesjid, Kec. Medan Kota, Kota Medan.

4. Kari Bihun Tabona

Kari Bihun Tabona
Image Credit: GenPI.co

Selagi berwisata di Kota Medan, belum afdol rasanya jika belum mencoba sajian kari yang satu ini. Bagi Anda pecinta bumbu kari, tentu sajian ini akan sangat menggugah selera. Dengan perpaduan antara bihun kuah dengan lauk kari akan menawarkan citarasa yang begitu lezat di lidah. Pada sajian yang ada juga tersedia dua macam kari yang bisa Anda pilih, yakni kari ayam dan kari daging.

Lokasi: Jl. Mangkubumi No.17, A U R, Kec. Medan Maimun, Kota Medan.

5. Roti Tisu Martabak Gapa

Roti Tisu Martabak Gapa
Image Credit: Gowisatasumatera.blogspot.com

Bagi Anda yang sedang berburu sajian dengan gurih dan manis, maka Roti Tisu Martabak Gapa adalah sajian berikutnya yang layak untuk Anda coba. Roti tisu sendiri merupakan sejenis crepe yang dibuat dari adonan yang terasa gurih. Tekstur dari roti jenis ini juga renyah saat digigit. Di atasnya juga akan ditambahkan dengan susu kental manis dan juga taburan keju yang begitu menggugah selera.

Lokasi: Jl. Perniagaan No.15, Kesawan, Kec. Medan Barat, Kota Medan.

6. Wajir Seafood

Wajir Seafood
Image Credit: Makanmana.net

Wajir Seafood adalah destinasi wisata kuliner di Kota Medan yang dapat Anda kunjungi berikutnya. Seperti namanya, di tempat tersebut tersedia beragam sajian seafood yang bisa Anda nikmati. Contohnya adalah kepiting lunak dan juga cumi telur asin. Wisata kuliner ini tetap menawarkan hidangan bercitarasa juara meskipun dengan harga yang ramah di kantong. Tak ayal hal tersebut membuat Wajir Seafood selalu ramai akan pembeli yang berdatangan.

Lokasi: Jl. Kol. Sugiono No.31, A U R, Kec. Medan Maimun, Kota Medan.

7. Ayam Mama Koki

Ayam Mama Koki
Image Credit: Qupas.id

Destinasi wisata kuliner selanjutnya yang dapat Anda pilih adalah Ayam Mama Koki. Sajian pada tempat makan ini juga berbeda dengan masakan ayam goreng pada umumnya. Saat masuk ke dalamnya, Anda akan disuguhi sajian lezat berupa daging ayam mentega yang berpadu dengan saus yang memiliki rasa manis. Dengan citarasa tersebut akan menjamin sajian ayam di piring yang ada akan tandas.

Lokasi: Jl. Singa, Pandau Hulu II, Kec. Medan Area, Kota Medan.

8. Es Pokat Kocok Simpang Glugur

Es Pokat Kocok Simpang Glugur
Image Credit: Gotravelly.com

Setelah menikmati sajian yang berat, Anda dapat mencari minuman segar dengan berkunjung ke Es Pokat Kocok Simpang Glugur ini. Es pokat yang dimaksud ialah minuman yang terbuat dari buah avokad. Daging buah tersebut dipadukan dengan gula merah dan susu kental manis untuk menghasilkan citarasa yang juara. Dengan hal tersebut membuat tempat wisata kuliner ini akan dipenuhi dengan ratusan pengunjung yang datang ke kota tersebut.

Lokasi: Jl. Kol. Yos Sudarso No.21 K, Glugur Kota, Kec. Medan Barat, Kota Medan.

9. Fuk Yen Hong Kong

Fuk Yen Hong Kong
Image Credit: Tripcanvas.co

Walaupun berada di salah satu kota di Sumatera, Anda dapat menikmati sajian lezat dengan gaya oriental di dalamnya. Bagi Anda yang penggemar hidangan khas China maka tempat wisata kuliner ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Menu yang ditawarkan di dalamnya juga merupakan adaptasi dari resep rice noodle. Rice noodle ini biasa disebut dengan Hong Kong chee cheong fun dalam versi aslinya.

BACA:  20 Oleh-Oleh Khas Medan yang Paling Populer

Di dalam sajian yang ada juga akan ditambahkan dengan ayam dan juga ebi. Tentu dengan perpaduan tersebut menjadikan hidangan yang terkenal di Kota Medan ini semakin disukai oleh banyak orang. Tampilan dari hidangan yang ada juga terlihat menggugah selera. Selain lezat, harga yang ditawarkan juga relatif ramah di kantong. Anda berminat mencoba sajian di Fuk Yen Hong Kong ini saat berkunjung ke Kota Medan?

Lokasi: Jl. Cemara Asri Boulevard Raya, Medan Estate, Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang.

10. Martabak Piring Murni

Martabak Piring Murni
Image Credit: Idntimes.com

Bagi Anda pecinta sajian dengan citarasa yang manis, maka hidangan di Martabak Piring Murni sangat cocok untuk dicoba. Saat berkunjung kesana, terang bulan yang disajikan juga masih baru dimasak atau biasa disebut dengan fresh from the oven. Anda dapat berkunjung ke tempat wisata kuliner ini di malam hari. Dengan isian berupa kacang coklat dan keju juga menjadikan martabak tersebut bercitarasa semakin lezat.

Lokasi: Jl. Tjong Yong Hian, Pasar Baru, Kec. Medan Kota, Kota Medan.

11. Bihun Bebek Kumango

Bihun Bebek Kumango
Image Credit: Albertna.com

Tidak hanya sajian dari ayam, hidangan bebek adalah salah satu kuliner yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Bagi Anda pecinta hidangan bebek maka akan semakin terasa lengkap dengan berkunjung ke Bihun Bebek Kumango selagi berada di Kota Medan ini. Seperti namanya, bahan utama dari sajian yang dijual di tempat tersebut adalah bebek dan juga bihun yang telah diolah sedemikian rupa.

Rasa daging bebek yang disajikan juga terasa begitu lezat dan dan bertekstur kenyal. Dengan perpaduan daging bebek dengan bihun akan menjadikan hidangan ini memiliki sensasi tersendiri saat dimakan. Di bagian atas hidangan tersebut juga ditaburi dengan daun bawang yang terasa begitu segar saat dinikmati. Untuk membelinya Anda juga tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena sajian ini dibandrol dengan harga yang relatif terjangkau.

Lokasi: Jl. Kumango No.15, Kesawan, Kec. Medan Barat, Kota Medan

12. Soto Sinar Pagi

Soto Sinar Pagi
Image Credit: Adesiana.com

Jika di malam hari Anda dapat berburu hidangan manis berupa martabak, maka di pagi hari Anda dapat mencoba sajian berupa bubur yang satu ini. Anda bisa mencoba bubur yang terkenal di Medan pada warung bernama Soto Sinar Pagi. Saat tiba disana, Anda akan disambut dengan harumnya kuah soto yang menggugah selera. Tidak hanya itu aneka lauk pun telah tersaji untuk Anda pilih.

Tentu dengan perpaduan bubur, kuah, dan juga lauk yang ada akan memberikan citarasa yang begitu menggugah selera. Aneka sajian daging pun dapat Anda pilih untuk dimasukkan ke dalam bubur tersebut. Selain terkenal akan kelezatannya, jenis hidangan ini juga memiliki harga yang terbilang terjangkau untuk kantong. Sembari menyantap sajian tersebut Anda dapat menikmati pemandangan Kota Medan di pagi hari.

BACA:  33 Tempat Wisata di Medan Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Sei Deli, Silalas, Kec. Medan Barat, Kota Medan.

13. Es Krim Ria

Es Krim Ria
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Bagi Anda pecinta es krim, maka tempat bernama Es Krim Ria ini sangat tepat untuk Anda tuju. Seperti namanya di tempat tersebut tersedia beragam varian es krim yang bisa Anda pilih. Dengan beragam warna es krim tersebut juga menjadikan sajian tersebut terlihat begitu menggugah selera. Salah satu es krim yang dapat Anda coba selagi berada di Es Krim Ria adalah es krim rasa buah avokad dan soda.

Lokasi: Jl. Surabaya No.22C/28, Pasar Baru, Kec. Medan Kota, Kota Medan.

14. Sate Padang Afrizal Amir

Sate Padang Afrizal Amir
Image Credit: Makanmana.net

Kelezatan akan sate padang diketahui telah diakui oleh banyak orang. Salah satu tempat yang dapat Anda tuju untuk memperoleh jenis hidangan tersebut di Kota Medan adalah Sate Padang Afrizal Amir. Dengan citarasa daging yang berpadu bersama saus kental membuat hidangan kuliner ini memiliki rasa yang juara. Harga yang dibandrol untuk sajian jenis ini juga terbilang ramah di kantong.

Anda dapat menikmati sajian yang satu ini saat malam hari di Kota Medan. Untuk menambah kelezatan sate, Anda bisa menambahkan sambal ke dalamnya. Citarasa yang pedas pun akan menambah daya tarik dari sajian yang satu ini. Dengan citarasa sate yang ada, maka hidangan di Sate Padang Afrizal Amir ini sangat direkomendasikan bagi Anda dan keluarga yang tengah berlibur di Kota Medan.

Lokasi: Jl. Brigjend Katamso No.150B, Kampung Baru, Kec. Medan Maimun, Kota Medan.

15. Nasi Goreng Wak Ribut

Nasi Goreng Wak Ribut
Image Credit: Wibloog.com

Anda ingin mencoba menikmati sajian lezat dengan suasana yang tidak biasa, maka jenis sajian di Nasi Goreng Wak Ribut ini sangat layak untuk Anda coba. Karena letaknya di pinggir jalan, menjadikan para pengunjung yang datang akan menikmati nasi goreng di tempat tersebut. Tidak hanya memiliki rasa yang lezat, nasi goreng yang satu ini juga memiliki keunikan tersendiri yang juga sekaligus merupakan daya tariknya.

Pihak penjual akan memasak nasi goreng tersebut dalam jumlah yang banyak secara sekaligus. Diperkirakan sebanyak 50 porsi nasi goreng akan langsung dimasak secara bersamaan. Tersedia pula menu nasi goreng spesial dengan tambahan berupa daging ayam serta semur daging sapi di atasnya. Sebagai pelengkap, pihak penjual juga menyediakan sate kerang untuk Anda nikmati bersama dengan nasi goreng.

Lokasi: Jl. Multatuli No.83, Hamdan, Kec. Medan Maimun, Kota Medan.

Banyak jenis sajian kuliner lezat yang dapat Anda nikmati selagi berada di Kota Medan. Mulai dari lontong, sate, nasi goreng, rujak, dan juga soto. Jika Anda berminat untuk mencoba citarasa makanan tau minuman yang manis, maka Anda bisa mencoba martabak, es krim, dan juga es avokad saat berwisata kuliner di tempat-tempat ini. Dari beragam jenis hidangan yang ada, mana yang akan Anda pilih pertama kali?