Jawa Timur termasuk provinsi yang memiliki banyak tujuan wisata, salah satunya kota yang mulai berkembang adalah Mojokerto. Di kota ini Anda juga bisa menemukan beragam wisata kuliner yang terkenal enak dan mampu memanjakan lidah Anda.

Kota Mojokerto yang merupakan bagian dari Jawa Timur memang memiliki potensi yang cukup lebar di ranah wisatanya. Bagi Anda yang sedang singgah di kota ini, Anda bisa menemukan wisata alam, sejarah, religi hingga wisata kuliner yang unik. Jika berminat menjajal kuliner di Mojokerto, berikut daftar tempat kuliner hits yang bisa Anda pilih.

1. Nasi Pecel Mbak Toeti

Nasi Pecel Mbak Toeti
Image Credit: Google Maps (Soffian Joyopranoto)

Jika pada umumnya nasi pecel akan hadir di pagi hari, maka Anda bisa menemukan nasi pecel di malam hari saat di Mojokerto. Nasi Pecel Mbak Toeti ini termasuk tempat kulineran yang begitu kondang di Mojokerto. Lokasinya yang strategis juga menjadi alasan mengapa destinasi satu ini begitu ramai pengunjungnya.

Nasi pecel ini disajikan dengan nasi yang ditambahkan dengan sayuran. Sayurannya mulai dari kacang panjang, kecambah hingga kangkung. Barulah nantinya disiram dengan bumbu pecel yang terbuat dari kacang. Semakin nikmat dengan tambahan sambal untuk Anda yang gemar makan pedas. Tidak ketinggalan di atasnya ditambahkan rempeyek yang renyah.

Anda juga bisa menambahkan beberapa lauk mulai dari sate daging, ayam goreng, tahu tempe hingga telur. Perpaduan satu porsi nasi pecel ini tak hanya akan membuat perut terpuaskan tetapi juga menggoyang lidah. Rasa bumbu pecelnya tak terlalu pedas tetapi gurih dan nikmat. Harga yang ditawarkan untuk satu porsinya juga ramah kantong.

Lokasi: Jl. Bhayangkara No.12, Mergelo, Miji, Kec. Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

2. Bubur Sruntul Bu Saudah

Bubur Sruntul Bu Saudah
Image Credit: Google Maps (Wisnu Prabowo)

Untuk melanjutkan perjalanan rasa Anda di Mojokerto, Anda bisa menjadikan Bubur Sruntul Bu Saudah sebagai tujuan selanjutnya. Bisa dikatakan jika destinasi kuliner ini adalah tempat yang legendaris di Mojokerto. Sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu dan kini dijalankan oleh generasi kedua, membuat Anda tak boleh melewatkan tempat makan satu ini.

Bubur Sruntul sendiri adalah bubur yang dibuat dari tepung sagu dan kemudian dimasak hingga menjadi sruntul. Rasanya yang legit dengan tekstur yang kenyal membuat makanan satu ini begitu banyak penggemarnya. Apalagi dengan tambahan kuah santan yang membuatnya semakin gurih dan membuat ketagihan.

BACA:  25 Tempat Wisata di Pasuruan Terbaru & Paling Hits

Lokasinya terbilang strategis, Anda hanya perlu untuk mengunjungi daerah Wates. Karena sudah terkenal, tempat makan satu ini tidak pernah sepi pengunjung. Anda bisa berkunjung saat pagi sampai jam 6 sore saja. Harga yang ditawarkan untuk setiap porsi buburnya juga tidaklah mahal. Satu porsinya sekitar Rp 2500 saja, Anda sudah bisa puas menikmati bubur sruntulnya.

Lokasi: Jl. Mayjen Sungkono, Mergelo, Wates, Kec. Magersari, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

3. Waroeng Sego Sangit

Waroeng Sego Sangit
Image Credit: Google Maps (Neta Delon)

Di Mojokerto Anda juga bisa menemukan Waroeng Sego Sangit yang sangat cocok untuk tempat bersantap bersama keluarga. Dinamakan sego Sangit karena memang menu yang ditawarkan adalah sego sangit yang dalam bahasa Indonesia disebut nasi bakar. Nasi yang prose memasaknya dengan cara dibakar ini memang meninggalkan bau sangit atau hangus.

Dan justru inilah yang menjadikan kuliner satu ini khas dan wajib untuk Anda cicipi. Nasi bakar umumnya akan dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Barulah nanti akan dibakar untuk menghangatkan nasinya. Di dalam nasi ini sudah ada isian lauk pauk yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera. Mulai dari isian ayam, daging sapi hingga lainnya.

Lokasi: Jl. Raya Suromulan, Mergelo, Surodinawan, Kec. Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

4. Soto Daging H Sukron Mahmud

Soto Daging H Sukron Mahmud
Image Credit: Google Maps (Aditya Ari R.F.C)

Di Mojokerto Anda juga bisa menemukan sajian kuliner lainnya berupa Soto Daging. Soto memang masih menjadi kuliner yang begitu mudah untuk ditemukan. Kuahnya yang khas dengan rasa yang nikmat memang begitu akrab di lidah masyarakat Indonesia. Salah satu soto daging di Mojokerto yang begitu nikmat adalah Soto Daging H Sukron Mahmud.

Dagingnya terkenal besar besar dan tidak alot alias begitu lembut. Belum lagi rasa kuahnya yang akan membuat siapapun ketagihan. Kuahnya bening dengan rasa kaldu yang pas, jika disandingkan dengan dagingnya yang lembut akan jadi kesatuan yang pas. Anda bisa menambahkan jeroan dalam mangkok Anda sesuai dengan selera.

Rumah makan ini buka setiap pagi sampai malam hari, sehingga Anda bebas datang kapan saja. Mengingat soto termasuk makanan yang bisa dikonsumsi untuk menu sarapan hingga makan malam. Soto satu ini terbilang kondang, dan legendaris yang mana awalnya dijajakan dengan gerobak. Harganya yang ramah kantong membuat pecintanya tetap kembali lagi.

Lokasi: Jl. Mojopahit No.555, Mergelo, Kranggan, Kec. Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

5. Warung Cak Muk

Warung Cak Muk
Image Credit: Google Maps (achmad affandy)

Tempat kuliner di Mojokerto selanjutnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Warung Cak Muk. Warung makan satu ini menjadi jujugan untuk makan bersama keluarga atau teman teman. Mengusung konsep lesehan, Anda bisa menikmati berbagai menu di tempat makan ini dengan nyaman. Mengingat rumah makan satu ini juga terjaga kebersihannya.

BACA:  20 Tempat Wisata di Sidoarjo Terbaru & Paling Hits

Menu yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari menu tempe penyet, ayam goreng, aneka olahan ikan hingga bebek goreng. Anda juga harus mencicipi menu andalannya berupa tahu gejrot. Tahu gejrot disini amat berbeda, terdiri dari tahu telur ditambahkan dengan lontong barulah nanti disiram dengan kuah sambal yang pedas.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa memilih porsi sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada porsi yang disajikan rame rame yang bisa dipilih dengan menu cobek. Dalam menu ini akan disajikan penyetan dan berbagai macam lauk pauk. Anda juga bisa mengambil nasi sepuasnya ketika mengunjungi tempat makan penyetan satu ini. Tenang saja, harganya tak membuat dompet Anda jebol.

Lokasi: Jl. Taman Siswa No.49, Mergelo, Purwotengah, Kec. Magersari, Kota Mojokerto, Jawa Timur

6. Lesehan Redjo Joyo

Lesehan Redjo Joyo
Image Credit: Google Maps (Viola Nabiilah)

Apabila Anda ingin menikmati rumah makan dengan konsep lesehan di Mojokerto, Anda bisa menjadikan Lesehan Redjo Joyo sebagai pilihan. Suasananya yang menyegarkan dengan fasilitas tempat makan yang lengkap, membuat pengunjungnya tak pernah sepi. Sangat cocok untuk dijadikan tujuan kuliner bersama rombongan atau keluarga.

Untuk menu yang ditawarkan ada banyak macamnya, mulai dari gurame bakar, bebek goreng, ayam bakar dan menu lainnya. Konsep tempat makan satu ini sangat sejuk dan asri dengan saung saung yang menjadi tempat makannya. Suasana yang mendukung dijamin akan membuat nafsu makan Anda meningkat. Apalagi rasa dan harganya tidak akan mengecewakan.

Lokasi: Jl. KH Surgi, Genengan, Banjaragung, Kec. Puri, Mojokerto, Jawa Timur.

7. Depot Mie Pemuda

Depot Mie Pemuda
Image Credit: Google Maps (wita ningrum)

Jika Anda pecinta mie, maka Anda tak boleh melewatkan Depot Mie Pemuda ketika singgah di Kota Mojokerto. Rumah makan satu ini memang terbilang sederhana, tetapi soal rasa boleh diadu. Rasanya yang khas membuat pengunjungnya tak pernah sepi bahkan rela untuk mengantri. Di tempat satu ini Anda bisa menemukan beberapa menu andalannya.

Mulai dari bakmi dan juga nasi goreng yang rasanya boleh diadu. Tidak ketinggalan menu seperti tamie, krengsengan udang dan cap jaynya yang juga tak kalah nikmat. Jika Anda datang untuk makan siang, maka Anda harus benar benar bersabar. Antriannya bisa saja mengular, entah untuk yang dinikmati di tempat atau untuk dibawa pulang.

Lokasi: Jl. Empunala No.281, Mergelo, Kedundung, Kec. Magersari, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

8. Rumah Makan Jimbaran

Rumah Makan Jimbaran
Image Credit: Google Maps (Dongjune Seo)

Selanjutnya tempat kulineran yang begitu kondang dan banyak dijadikan tujuan adalah Rumah Makan Jimbaran. Rumah makan ini menyediakan olahan seafood yang terkenal sedap. Tetapi jika Anda tidak ingin menikmati seafood, Anda juga bisa memesan menu lainnya. Menu khas Nusantara memang lebih mendominasi di tempat makan satu ini.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Gresik yang Paling Populer

Olahan ikan atau ayam yang diolah dengan berbagai cara bisa Anda nikmati di tempat ini. Soal rasanya Anda tak perlu khawatir, sudah banyak yang menyatakan kelezatannya. Selain rasa, tempat makannya juga begitu nyaman dan cukup luas. Tersedia gazebo juga area khusus lesehan yang dikelilingi kebun dan kolam. Fasilitas tempat makan keluarga di Mojokerto ini juga lengkap.

Lokasi: Jl. Raya By Pass No.Km. 50, Mergelo, Meri, Kec. Magersari, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

9. Warung Es Durian Pak Trimo

Warung Es Durian Pak Trimo
Image Credit: Google Maps (Ikshan Amrullah)

Tidak hanya makanan berat, Anda juga bisa menikmati nikmatnya es durian saat di Mojokerto. Tempat satu ini bahkan sudah sangat terkenal dan akan padat pengunjung ketika cuaca sedang panas panasnya. Es durian ini adalah perpaduan dari es kelapa muda yang ditambahkan dengan buah durian legit yang membuat lidah siapapun dimanjakan.

Penggunaan sirup maupun bahan lainnya tidak menggunakan pemanis buatan. Hal inilah juga yang menjadi alasan mengapa tempat satu ini tak pernah sepi. Bisa dinikmati oleh semua kalangan dan aman untuk dikonsumsi. Di sisi lain, es durian Pak Trimo juga tidak menawarkan harga yang membuat Anda merogoh kocek dalam.

Lokasi: Jl. Gajah Mada No.49, Mergelo, Magersari, Kec. Magersari, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

10. Bakwan Erna

Bakwan Erna
Image Credit: Google Maps (Depot Bakwan Erna)

Menikmati bakwan paling enak di Mojokerto, maka Anda harus mengunjungi Bakwan Erna. Bakwan sendiri adalah kuliner yang penyajiannya mirip dengan bakso. Di Bakwan Erna, Anda bisa menikmati kuliner satu ini dengan aman karena tidak menggunakan pengawet. Sambal yang digunakan juga sambal buatan sendiri, membuat rasanya begitu khas dan nikmat.

Jika disandingkan dengan kuah bakwannya yang bening dan gurih, akan semakin endeus. Bakwan Erna tidak hanya enak, tetapi juga mudah untuk dijangkau. Lokasinya strategis dan menawarkan menunya dengan harga yang ramah kantong. Sehingga jika di Mojokerto jangan sampai melewatkan tempat satu ini.

Lokasi: Jl. Letkol Sumarjo No. 109, Mergelo, Purwotengah, Kec. Magersari, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

Itulah beberapa tempat kuliner hits di Kota Mojokerto yang tak boleh Anda lewatkan saat berkunjung. Menu yang ditawarkan beragam dan bisa dipilih sesuai selera. Beberapa bahkan sudah menjadi kuliner yang legendaris dan jujugan. Dari ulasan ini, tempat makan mana yang akan kunjungi saat ada di Mojokerto?