Berwisata sambil mencicipi hidangan khas yang lezat bisa menjadi rekomendasi liburan Anda bersama keluarga. Inilah rekomendasi wisata kuliner di Nganjuk yang terkenal dan hidangannya ditawarkan dengan harga terjangkau.

Nganjuk merupakan salah satu kota yang berada di kawasan Jawa Timur. Jika Anda berwisata ke daerah Jawa Timur, tidak lengkap rasanya tanpa mencicipi makanan khas Nganjuk yang beraneka ragam dan mampu memanjakan lidah Anda. Sebagai rekomendasi, berikut beberapa tempat wisata kuliner yang bisa Anda pilih saat berada di Nganjuk.

1. Sego Banting

Sego Banting
Image Credit: Google Maps (Yudhi Mulyadi)

Salah satu makanan khas Nganjuk yang pertama yaitu sego banting. Jika Anda tidak asing dengan makanan yang bernama nasi kucing, sego banting ini sedikit mirip dengan nasi kucing. Yang mana nasi ini biasanya dapat Anda temui di beberapa angkringan atau warung-warung makan yang berada di pinggir jalan raya.

Namun apa perbedaannya sego banting dengan nasi kucing? Untuk perbedaannya terdapat pada letak porsi dari kedua nasi ini. Jika sego banting, memiliki porsi yang cenderung lebih banyak. Serta bumbu pelengkapnya berupa sambal cabai merah yang pedas. Namun tidak dengan nasi kucing, yang mana nasi ini cenderung memiliki porsi serta lauk yang sedikit.

Lokasi: Kec. Berbek, Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

2. Nasi Tumpang Khas Nganjuk

Nasi Tumpang Khas Nganjuk
Image Credit: Okezone.com

Bagi Anda yang sering mengunjungi kota Nganjuk, pasti sudah tidak asing lagi dengan ciri khas nasi Tumpang yang ditawarkan. Nasi Tumpang ini adalah makanan khas yang paling terkenal. Yang mana nasi ini disiram dengan sambal tumpang, lalu setelah itu ditambahkan dengan daun kulup yang segar.

Untuk sambalnya, sambal tumpang memiliki ciri khasnya tersendiri. Terbuat dari tempe busuk atau dengan kata lainnya tempe yang sudah difermentasikan sebelumnya. Kemudian tempe tersebut dicampur dengan berbagai bumbu yang khas. Tidak lupa juga campuran rempah-rempah yang kemudian dimasak. Setelah itu disajikan dengan nasi tumpang.

Lokasi: Mangun Dikaran, Kec. Nganjuk, Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

3. Kerupuk Pecel

Kerupuk Pecel
Image Credit: Facebook.com @eko.marindhartini

Kuliner khas Nganjuk selanjutnya yaitu kerupuk pecel. Ada keunikan tersendiri pada kerupuk pecel ini. Yaitu terdapat pada proses pembuatannya yang terbilang cukup unik. Berawal dari kerupuk yang dibakar, setelah itu dicampurkan dengan beberapa sayuran segar yang menyehatkan.

Cara penyajiannya, kerupuk pecel ini disajikan dengan beragam sayuran yang berupa capar, atau toge, bayam, lalu ada kenikir, rebung serta kacang panjang. Biasanya cara memakan kerupuk pecel ini yaitu dilumuri dengan bumbu pecel yang sangat menggoda. Pastinya juga akan menambah cita rasa dari makanan ciri khas Nganjuk ini.

BACA:  13 Wisata Kuliner di Jombang yang Murah & Enak

Lokasi: Bogo, Kec. Nganjuk, Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

4. Nasi Pecel

Nasi Pecel
Image Credit: Google Maps (Angwin Lucky Antonio Prima)

Jika sebelumnya membahas kerupuk pecel, kali ini akan membahas mengenai nasi pecel ciri khas Nganjuk yang tidak kalah lezatnya. Jika dilihat sekilas, nasi pecel ini memang tidak memiliki perbedaan dengan nasi pecel biasanya yang sering Anda makan diwarung-warung pinggiran jalan.

Namun ternyata, perbedaannya ada pada penambahan sayur yang disajikan. Lebih tepatnya ada penambahan sayuran seperti kembang turi. Selain itu pada cara penyajiannya yaitu dengan dilumuri sambel kuah kacang serta tempe goreng sebagai lauk pelengkap. Untuk cita rasanya sendiri juga adanya ciri khas yang berbeda jika dibandingkan dengan sambel pecel lainnya.

Lokasi: Kauman, Kec. Nganjuk, Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

5. Kerupuk Upil

Kerupuk Upil
Image Credit: Masakandapurku.com

Kuliner selanjutnya adalah kerupuk upil. Bentuk kerupuk ini mungil dan kecil. Jika Anda masih asing dengan kerupuk upil, Anda akan merasakan jijik saat mendengarnya. Tapi jika Anda sudah mencicipi kerupuk ini, dijamin Anda akan mulai merasa ketagihan dengan cita rasa yang diberikan.

Ada keunikan tersendiri dari kerupuk upil yaitu terletak pada proses pembuatannya. Yang mana kerupuk ini tidak digoreng menggunakan minyak goreng pada umumnya. Melainkan, penggorengan kerupuk upil ini menggunakan pasir yang pastinya sudah dibersihkan sebelumnya.

Lokasi: Kec. Nganjuk, Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

6. Dumbleg

Dumbleg
Image Credit: Facebook.com @merlin.yuna

Dumbleng adalah makanan khas Nganjuk yang terbuat dari tepung beras, gula jawa serta santan sebagai pelengkap kenikmatan. Nantinya, makanan dumbleng ini akan dibungkus dengan pelepah jambe. Rasa yang ditawarkan juga beragam, dari varian rasa gurih hingga rasa manis yang menggugah selera.

Makanan khas ini cocok dinikmati sebagai teman minum teh. Selain itu bisa juga dicelup ke dalam cokelat atau parutan keju yang gurih. Anda bisa memilih dengan selera Anda sendiri. Harganya sendiri juga sangat terjangkau, yaitu pada kisaran Rp.1.500 per biji. Untuk ukuran besar, Anda bisa membelinya dengan harga kisaran Rp.3.000 hingga Rp.4000 per biji.

Cemilan khas Nganjuk ini bisa sangat cocok untuk Anda para pecinta camilan dengan varian rasa yang manis. Pasalnya, rasa kudapan ini terdapat rasa manis dari gula jawa yang mendominasi. Anda pun bisa dengan mudah menemukan dumbleng di warung ataupun pasar oleh-oleh yang berada di Nganjuk.

BACA:  20 Tempat Wisata di Bojonegoro Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Pasar Tradisional, Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

7. Tepo Mbah Umbruk

Tepo Mbah Umbruk
Image Credit: Jetgriyomapan.com

Kuliner yang berasal dari Nganjuk selanjutnya adalah Tepo Mbah Umbruk. Kudapan lezat ini dibuat dengan proses yang sama seperti lontong. Terlebih lagi Tepo Mbah Umbuk ini dibungkus dengan menggunakan daun pisang yang pastinya akan memiliki aroma yang harum dan menggoda.

Untuk bentuknya, Tepo Mbah Umbruk berbentuk tidak terlalu jauh seperti lontong. Namun yang membedakan, yaitu pada bentuk daun pisang yang diselimuti. Yang mana pada makanan khas Nganjuk ini diselimuti dengan daun pisang yang berbentuk kerucut serta bentuknya yang sedikit miring.

Saran penyajiannya yaitu bisa disajikan dengan kacang tolo atau kacang panjang yang diambil hanya bijinya saja. Makanan khas Nganjuk ini juga dimasak dengan bumbu khas yang pastinya membuat cita rasanya semakin lezat dan menggugah selera Anda untuk dapat mencicipi makanan yang satu ini.

Lokasi: Mangun Dikaran, Kec. Nganjuk, Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

8. Nasi Becek

Nasi Becek
Image Credit: Google Maps (amin subagyo)

Nasi Becek merupakan nasi legendaris dari Nganjuk yang sudah ada sejak tahun 1940. Tapi uniknya, tidak ada orang yang tahu siapa yang kali pertama mengawali berdagangan Nasi Becek. Namun sejak tahun itu hingga masa sekarang ini, Nasi Becek masih menjadi menu kuliner terfavorit di Nganjuk. Baik dari para wisatawan yang berkunjung, ataupun orang-orang Nganjuk Asli.

Memiliki kuah yang berwarna kuning serta campuran santan, sekilas penampilan Nasi Becek ini sama seperti soto daging. Padahal pada saat mencicipinya, akan terasa berbeda dengan soto daging. Penyajian Nasi Becek ini juga selalu disandingkan bersamaan dengan sambal kacang khas nganjuk yang tidak kalah sedap.

Sensasi rasa santan yang bertemu dengan lemak kambing dan wangi seledri ini akan terasa nikmat dengan ditambahkan sari jeruk nipis yang menyegarkan. Untuk Anda yang tidak terlalu senang dengan aroma daging kambing tidak perlu khawatir. Pasalnya, pada Nasi Becek ini juga diberikan rasa jeruk nipis yang bisa menjadi penetralisir aroma kambing yang kurang sedap.

Pasti dengan sajian daging kambing didalamnya, Anda mengira Nasi Becek ini cukup mahal. Namun faktanya, Anda cukup mengeluarkan uang dengan kisaran harga Rp.12.000 hingga Rp.14.000 saja. Dengan harga itu, Anda sudah dapat merasakan kenikmatan yang dipadu dengan rempah-rempah bumbu nikmat dan sedap.

Lokasi: Payaman, Kec. Nganjuk, Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

BACA:  13 Wisata Kuliner di Bojonegoro yang Murah & Enak

9. Nasi Jagung Sedudo

Nasi Jagung Sedudo
Image Credit: Gotravelly.com

Nasi Jagung dibuat dari jagung tua yang telah dipipil atau dipisahkan dari tongkolnya. Kemudian jagung tersebut dikeringkan serta dihancurkan. Nasi Jagung ini umumnya banyak dikonsumsi di daerah seperti Jawa Tengah serta Jawa Timur. Yang mana hingga sekarang ini Nasi Jagung masih menjadi makanan favorit beberapa orang.

Nasi Jagung Sedudo sebenarnya sama dengan nasi jagung yang sering Anda temui. Namun perbedaannya ada pada proses penyajiannya. Nasi Jagung Sedudo disajikan dengan cara dipincuk menggunakan daun pisang. Lalu ditambahkan berbagai macam sayuran yang sudah dimasak. Untuk pelengkap, ada sambal kelapa, rempeyek, juga ikan asin yang pastinya memiliki rasa yang lezat.

Wisata kuliner ini masih menjadi salah satu wisata kuliner yang banyak dicari. Yang mana selain rasanya yang khas, kudapan tradisional ini juga sudah diperkenalkan dalam waktu yang lama. Untuk harganya Anda tidak perlu khawatir, karena harga Nasi Jagung Sedudo juga sangat terjangkau. Anda sudah bisa mencicipi makanan khas Nganjuk ini hanya dengan harga sekitar Rp. 5000.

Untuk Anda yang senang dengan gurihnya nasi jagung, Anda wajib mencicipi Nasi Jagung Sedudo yang menggugah selera ini. Pasalnya, rasa nasi jagung yang gurih akan semakin lengkap dengan pedasnya sambal kelapa. Apalagi jika didampingi dengan ikan asin yang membuat nasi jagung Sedudo ini semakin nikmat dan sedap untuk dicicipi.

Lokasi: Kec. Nganjuk, Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

10. Asem-Asem Kambing

Asem-Asem Kambing
Image Credit: Google Maps (satrio ari)

Kuliner khas Nganjuk yang terakhir adalah Asem-Asem Kambing. Anda bisa dengan mudah menemukan kuliner ini dikarenakan sudah banyak orang Nganjuk yang menjualnya dipinggiran jalan. Sesuai dengan namanya, makanan ini terbuat dari daging kambing yang dicampur dengan daun kedondong. Pastinya juga ditambahkan dengan bumbu-bumbu lainnya agar terasa lebih segar.

Cara memasak Asem-Asem Kambing juga terbilang masih menggunakan cara yang tradisional. Banyak para penjual yang mana masih menggunakan tungku api dengan menggunakan bahan kayu bakar. Adanya nyala api tersebut maka akan membuat hasil masakan yang disajikan terasa lebih nikmat. Hal ini dikarenakan bumbunya yang dapat merasuk ke dalam daging kambing yang lezat.

Lokasi: Gampeng, Kec. Ngluyu, Kab. Nganjuk, Jawa Timur.

Itulah deretan wisata kuliner di Nganjuk yang bisa Anda cicipi saat berkunjung. Ulasan diatas bisa Anda jadikan rekomendasi dan daftar list kuliner terfavorit saat berada di Nganjuk. Anda bisa mengajak keluarga atau teman dekat untuk ikut mencicipi makanan khas Nganjuk yang menggoda selera.