Padang menyimpan berbagai tempat wisata yang memukau. Bukan hanya itu, sajian kuliner mulai dari rendang hingga nasi Padang yang melegenda menjadi salah satu makanan khas yang wajib untuk anda cicipi ketika berkunjung.

Masakan Padang, umumnya memiliki rasa yang sangat khas. Mulai dari rasa rempahnya yang kaya dan juga aroma yang menggoda, membuat yang mencium aroma tersebut langsung terasa lapar. Tak heran, hampi di setia sudut kota di Indonesia dapat ditemukan dengan mudah rumah makan Padang. Lantas, menu apa saja yang sebaiknya anda coba ketika sedang berada di kota satu ini? Berikut rekomendasi wisata kuliner favorit di Padang yang wajib Anda coba.

1. Kerupuk Leak

Kerupuk Leak
Image Credit: Rentalmobilpadang.co.id

Makanan satu ini sering kali dijuluki dengan pizza kampung. Hal ini dikarenakan jajanan yang dapat dengan mudah untuk anda jumpai di pasar ini memiliki bentuk layaknya pizza. Dikenal dengan kerupuk siram, kerupuk satu ini terbuat dari singkong ataupun nasi. Kemudian, pada atasnya akan disiram dengan menggunakan kuah sate yang memiliki rasa gurih dan berbumbu.

Hal yang membuatnya mirip dengan pizza adalah pada atasnya diberikan topping, yakni berupa bihun atau mir goreng. Tentu saja hal ini akan menimbulkan sensasi yang seru ketika anda mencicipinya. Ditambah lagi, ketika anda memakannya hingga belepotan. Atau masyarakat sekitar sering menyebutny sebagai beleak. Tak heran makanan ini pun diberi nama demikian.

Lokasi: Jl. Samudera No.24, Purus, Kec. Padang Barat, Kota Padang.

2. Sate Lokan Restu Ilahi

Sate Lokan Restu Ilahi
Image Credit: Rentalmobilpadang.co.id

Bagi anda yang mengira bahwa hanya terdapat satu macam sate Padang saja, maka anda pun akan memiliki pikiran yang lain setelah mengunjungi tempat makan satu ini. Pasalnya, di Padang sendiri terdapat beberapa gaya sate Padang. Mulai dari Payakumbuh, Pauh, Pariaman dan lain sebagainya. Untuk sate Lokan ini sendiri tidak menggunakan daging sapi atau ayam. Melainkan memakai lokan yakni sejenis kerang yang banyak ditemukan di pesisir laut Sumatra Barat.

Lokasi: Jl. Ketaping, Katapiang, Kec. Batang Anai, Kab. Padang Pariaman.

3. Katupek Pitalah Purus 3

Katupek Pitalah Purus 3
Image Credit: 7Terbaik.com

Pastinya, anda sudah tak asing dengan istilah ketupat sayu khas Padang. Nah di tempat aslinya, sajian ini disebut dengan katupek. Memiliki tektur yang lembut membuat ketupat ini mudah hancur ketika disiran dengan kuah gulai yang berisi rebung dan nangka. Setelah itu, diberikan taburan berupa kerupuk merah sebagai pelengkap. Bagi anda yang tidak ingin kehabisan, maka anda pun bisa datang sebelum jam 10 pagi.

Lokasi: Jl. Purus III No.24, Purus, Kec. Padang Barat, Kota Padang.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Padang yang Paling Populer

4. RM Lamun Ombak

RM Lamun Ombak
Image Credit: Gotravelly.com

Belum lengkap rasanya, bila ke kota Padang namun tak mampir ke tempat makan satu ini. Anda pun bisa mencicipi hidangan makanan khas dari Sumatra Barat ini. Disini, anda pun bisa mencoba untuk mengonsumsi rendang yang telah dinobatkan menjadi salah satu makanan terlezat di dunia. Meskipun telah banyak tersedia di penjuru kota, namun mencicipinya di tempat asalnya tentu saja menjadi hal yang wajib untuk anda lakukan.

Untuk itu, anda pun bisa menyempatkan diri untuk makan siang di RM Lamun Ombak. Pasalnya, tempat yang cukup popular ini memiliki ciri khas yang masih otentik. Dimana untuk memasaknya, masih menggunakan kayu bakar untuk memasak semua menunya. Hal ini tentu saja menjadi salah satu hal yang perlu untuk anda rasakan, karena dipastikan akan memiliki sensasi yang berbeda.

Lokasi: Jl. S. Parman No.232A, Ulak Karang Utara, Kec. Padang Utara, Kota Padang.

5. Kedai Nasi Pauh Piaman

Kedai Nasi Pauh Piaman
Image Credit: Rentalmobilpadang.co.id

Untuk anda yang menyukai masakan bersantan, maka makanan khas Minang ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi anda. Untuk itu, anda pun bisa menyantap olahan santan dengan puas ketika menginjakkan kaki di tempat satu ini. Salah satu hal yang wajib untuk anda kunjungi adalah Kedai Nasi Pauh Paiman yang menyediakan gulai ikan dan gulai kepala sebagai menu andalannya.

Lokasi: Jl. Pesisir Selatan IV No.453, Surau Gadang, Kec. Nanggalo, Kota Padang.

6. Ongkrongan Turagari

Ongkrongan Turagari
Image Credit: Alimuakhir.com

Mencari tempat nongkrong di malam hari? Maka anda pun bisa datang ke Ongkrongan Turagari yang cocok bagi anda yang doyan begadang. Jika di Jogja anda mengenal angkringan, maka di Padang sendiri anda akan mudah menemukan Ongkrongan. Tempat makan yang hanya buka pada malam hari ini akan menyajikan makanan yang khas yani lontng dengan sayur pakis.

Ditambah dengan camilan yang memiliki nama sala ikan, maka akan membuat anda ketagihan untuk mencobanya. Selain itu, tempat satu ini pun juga menyediakan makanan yang manis yakni mulai dari kolak pisang, bubur kacang ijo, bubur hitan dan juga lainnya. Minuman favorit dari warga Padang pun juga tak bisa ketinggalan begitu saja, yakni teh telur yang menjadi kesukaan masyarakat lokal.

Lokasi: Jl. Veteran No.Kel, Purus, Kec. Padang Barat, Kota Padang.

7. Sate Itjap

Sate Itjap
Image Credit: Abihamid.com

Untuk anda yang mencari sate tanpa lemak, maka sate itjap adalah lokasi yang tepat. Namun, anda pun memerlukan kesabaran khusus untuk menyantap hidangan satu ini. Hal tersebut dikarenakan banyak pelanggan yang memesan sate disini. Untuk cita rasa dari daging sate lebih memiliki rasa yang manis. Berlapis bumbu asin nann gurih maka hal tersebut tentu saja akan memanjakan lidah anda.

Lokasi: Jl. Rasuna Said No.99, Padang Baru, Kec. Padang Utara, Kota Padang.

8. Nasi Goreng Patai Bofet Mi Mien

Nasi Goreng Patai Bofet Mi Mien
Image Credit: 7Terbaik.com

Nasi goreng menjadi salah satu hidangan yang disukai oleh masyarakat di Indonesia. Untuk itu, ketika anda sedang berwisata ke Padang maka anda pun bisa mencoba untuk mencicipi nasi goreng Patai Bofet Mi Mien yang dikenal cukup melegenda. Sebagai kedai yang berdiri cukup lama, maka cita rasa kuliner disini pun tidak berubah.

BACA:  20 Tempat Wisata di Padang Terbaru & Paling Hits

Ada berbagai macam menu yang tersedia di tempat satu ini. Mulai dari nasi greng petai, bihun greng, mie rebus, mie goreng dan juga minas yang merupakan campuran dari mie dan juga nasi goreng. Bagi anda yang sebelumnya belum pernah mencoba masakan petai, maka anda pun dijamin akan ketagihan untuk mengonsumsi makanan di tempat satu ini.

Lokasi: Jl. Thamrin No.10, Alang Laweh, Kec. Padang Selatan, Kota Padang.

9. Bofet Rajawali Juanda

Bofet Rajawali Juanda
Image Credit: Tripadvisor.com

Bagi anda yang mencari pilihan masakan yang istimewa, maka anda pun bisa mengawali dengan mengunjungi tempat makan satu ini. Rumah makan yang terkenal ini pun juga pernah dikunungi oleh Kesultanan Brunei secara langsung. Pertama kali berdiri dari tahun 1958 hingga kini masih banyak peminatnya. Anda pun bisa mencicipi makanan khas Padang yang super lezat ini.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.33, Rimbo Kaluang, Kec. Padang Barat, Kota Padang.

10. Restoran Malabar Arham

Restoran Malabar Arham
Image Credit: Rentalmobilpadang.co.id

Tak hanya melulu tentang masakan Padang, ketika berada di kota satu ini maka anda pun juga bisa untu mencicipi kulier yang memiliki cita rasa India dan Timur Tengah. Disini, dapat dikatakan sebagai surga dari masakan India, disini anda bisa menemukan banyak makanan mulai dari roti parata, roti canai, gulai kambng hingga roti tampal dan juga martabak telor.

Seperti hidangan Timur Tengah pada umumnya, anda pun juga akan mendapatkan rasa rempah yang melimpah. Tak hanya itu saja, anda juga bisa mendapatkan daging yang banyak ketika sedang makan di tempat satu ini. Untuk anda yang datang di hari hari tertentu, maka anda pun akan bisa untuk menikmati sajian menu yang spesial yakni nasi samin dan juga nasi kebuli.

Lokasi: Jl. Thamrin No.1, Belakang Pondok, Kec. Padang Selatan, Kota Padang.

11. Restoran Kubang Hayuda

Restoran Kubang Hayuda
Image Credit: Rentalmobilpadang.co.id

Hayuda sendiri merupakan salah satu nama restoran yakni Haji Yusri Darwis. Disini, anda bisa menemukan olahan nasi greng serta roti cane dan mie goreng. Akan tetapi yang membuat anda menjadi tergila gila maka anda pun bisa menggunakan martabak kubangnya. Dengan memiliki porsi yang tebal dan juga isian daging yang melimpah, tentu saja akan menjadi hidangan yang pas untu dinikmati bersama teman maupun keluarga.

Lokasi: Jl. Prof. M. Yamin SH No. 138B, Belakang Tangsi, Kec. Padang Barat, Kota Padang.

12. Es Durian Ganti Nan Lamo

Es Durian Ganti Nan Lamo
Image Credit: Kulinerbangsakoe.blogspot.com

Untuk anda yang merupakan pecinta durian, maka anda pun tidak boleh melewatkankuliner satu ini. berdiri sejak tahun 1960 oleh Incek Sinyo, kedai durian satu ini akan menawarkan varian es durian yang nikmat. Dibuat dari buah duian Sumatra pilihan, tentu saja anda pun akan bisa menikmati sajian yang lezat ini.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Padang yang Paling Populer

Salah satu menu favorit yang ada di tempat ini adalah Es Durian Tok. Dimana untuk menu ini terdiri dari dagng durian yang disajikan dengan saus cokelat. Tanpa campuran bahan bahan lain pun tetap membuat rasa menu satu ini tetap lezat. Tentu saja, hal ini akan menjadi salah satu sajian yang wajib untuk anda nikmati ketika sedang berada di kota Padang ini.

Lokasi: Jl. Hos. Cokroaminoto No.31B, Kampung Pondok, Kec. Padang Barat, Kota Padang.

13. Soto Garuda

Soto Garuda
Image Credit: Detik.com

Tempat makan yang tetap eksis sejak tahun 70 an ini menjadi salah satu hidangan yang wajib untuk anda nikmati. Jika anda mengira bahwa soto hanya berada di Pulau Jawa, maka anda pun salah besar. Salah satu kuliner legendaris di kota Padang ini terdiri dari daging, bihun, paru, perkedel kentang serta kerupuk merah yang sangat lezat. Diguyur dengan kaldu gurih yang kaya rempah tentu saja akan menghasilkan sajian yang segar dan juga mengenyangkan.

Lokasi: Jl. S. Parman Kelurahan No.110, Lolong Belanti, Kec. Padang Utara, Kota Padang.

14. Rumah Makan Fuja

Rumah Makan Fuja
Image Credit: Rm-fuja.business.site

Sajian seafood yang segar, anda pun juga bisa menikmatinya di ibukota Sumatra Barat ini. Merupakan kota pesisir, tentu saja anda pun tak boleh meleatkan untuk menyantap sajian seafood segar. Dengan bumbu yang pedas tersebut, tentu saja akan menghasilkan sajian cita rasa yang lezat dan akan menggoyang lidah anda. Untuk menu andalan dari restran satu ini adalah ikan, udang, dan juga cumi bakar.

Meskipun demikian, bagi anda yang tidak menyukai olahan seafood, anda pun tak erlu khawatir. Pasalnya, anda bisa memilih pilihan menu lain yang tidak kalah lezat. Contohnya saja, gulai jariang aatau gulai jengkol yang tersohor. Untuk itu, anda pun tidak boleh melewatkan rumah makan lezat satu ini.

Lokasi: Jl. Samudera No.24, Purus, Kec. Padang Barat, Kota Padang.

15. Nasi Kapau Uni Lis

Nasi Kapau Uni Lis
Image Credit: Liandamarta.com

Kota yang memiliki landmark Jam Gadang ini, anda pun juga bisa menyantap hidangan satu ini. Warung Nasi Kapau Uni Lis ini menjadi kuliner wajib yang bisa anda nikmati di daerah Bukittinggi. Disini, anda bisa membeli makanan dengan menunjuk lauk pauk yang tersusun di meja bertingkat. Penjualnya pun mengambil dengan tangkas menggunakan sendok yang bertangkai panjang. Ada berbagai macam menu yang bisa anda pilih ketika berada disni.

Lokasi: Jl. Pemuda Los Lambuang Wisata, Benteng Pasar Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

Itulah beberapa daftar wisata kuliner di Padang yang terkenal enak. Anda pun bisa memilih makanan tersebut berdasarkan selera anda. Untuk itu, ketika di kota ini anda pun tak perlu kebingungan di dalam mencari makanan. Pasalnya terdapat berbagai macam makanan yang lezat tersedia di tempat satu ini. Anda pun akan bisa mencicipi makanan yang enak di tempat ini.