Selain dikenal dengan pesona alam dan budayanya, Palangkaraya juga memiliki daya tarik wisata kuliner yang unik dan lezat. Banyak tersedia makanan khas yang bisa dicicipi ketika berkunjung dan berlibur di Kota Cantik.

Palangkaraya merupakan sebuah kota yang memiliki banyak pesona dan menjadi ibukota di Provinsi Kalimantan Tengah. Banyak sekali destinasi wisata di Kota Cantik yang bisa dikunjungi baik dengan keluarga, teman atau komunitas untuk melepas penat. Tidak hanya tempat wisatanya saja, namun wisata kuliner Palangkaraya juga sangat bervariasi dan memiliki cita rasa khas yang membuat Anda ketagihan. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut, yuk simak ulasannya seperti berikut!

1. Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan
Image Credit: Starjogja.com

Salah satu tempat kuliner yang bisa Anda kunjungi pertama adalah Kuliner Ketupat Kandangan. Warung makan ini menyajikan makanan khas dan unik di Palangkaraya. Menu tradisional nasi kuning atau ketupat lontong membuat tempat ini selalu ramai dengan pengunjung karena makanannya yang lezat. Untuk bisa merasakannya, Anda bisa langsung datang ke alamatnya di Menteng Jekan Raya, Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Penyajian menu masakan biasanya terdiri dari potongan ketupat yang disajikan di atas piring, lalu disiram dengan kuah santan kental dan ditambahkan ikan gabus. Selain itu, bagi Anda yang tidak menyukai ikan gabus, lauk utamanya bisa diganti dengan jenis ikan lainnya seperti ikan gurami atau patin. Terkadang disediakan juga lauk tambahan seperti telur. Yang spesial dari menu ini adalah sambalnya yang terbuat dari cabai, kuah ketupat dan asam atau Binjai.

Lokasi: Jl. Tambun Bungai, Langkai, Kec. Pahandut, Kota Palangka Raya.

2. Rumah Makan Pak Ndut

Rumah Makan Pak Ndut
Image Credit: Instagram.com @keluargakepo88

Ketika mengunjungi Palangkaraya, pastikan untuk memuaskan lidah dengan mencoba beberapa sajian kuliner dari Rumah Makan Pak Ndut. Tempat makan ini sudah sangat terkenal dan banyak pelanggan yang datang karena menu masakan bebek gorengnya. Di sini Anda akan dimanjakan dengan berbagai olahan kuliner daging bebek dan ayamnya, seperti original, sangan, ijo, remuk, serundeng, kremes, asam manis, dan lada hitam.

Bagi Anda yang menyukai variasi rasa, menu di rumah makan ini sangat cocok dicicipi. Menu yang ditawarkan akan disajikan dengan nasi hangat, lalapan serta olahan sambal yang beragam. Selain bisa merasakan masakan yang lezat dan nikmat, suasana dari Rumah Makan Pak Ndut sangat nyaman. Untuk bisa menikmati hidangan ini, Anda bisa datang langsung ke Jalan Katingan nomor satu Palangkaraya.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Palangkaraya yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Katingan No.1, Palangka, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya.

3. Kuliner Tempoe Doeloe Serba Kandas

Kuliner Tempoe Doeloe Serba Kandas
Image Credit: Garnesia.com

Selanjutnya, wisata kuliner yang wajib Anda kunjungi adalah Kuliner Tempoe Doeloe Serba Kandas. Tempat makan ini menyajikan makanan khas Palangkaraya dengan masakan Dayak Borneo yang asli. Jika Anda sedang berlibur dan ingin mencoba kuliner asli dari Kalimantan, tentu saja tempat ini sangat cocok untuk mengobati rasa penasaran dari makanan khas berupa ikan ini.

Menu makanan yang sangat populer di kalangan wisatawan adalah ikan Lais goreng atau yang disebut juga dengan ikan Saluang dan dipadukan dengan kecombrang kandas sambal. Kuliner Tempoe Doeloe Serba Kandas berlokasikan di Jalan Kutilang nomor 118 / 54 Palangka, Jekan Palangkaraya. Warung ini buka dari Senin hingga Sabtu mulai jam 9 pagi sampai jam 9 malam.

Lokasi: Jl. Kutilang No.118/54, Palangka, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya.

4. Rumah Tjilik Riwut Gallery & Resto

Rumah Tjilik Riwut Gallery & Resto
Image Credit: Tripadvisor.com

Jika Anda ingin menikmati suasana tenang dan nyaman ketika bersantap makanan dengan keluarga atau orang terdekat, Anda bisa mengunjungi wisata kuliner di Rumah Tjilik Riwut Gallery & Resto. Terletak di Jenderal Sudirman nomor 1 Palangkaraya, tempat ini menyediakan beberapa menu makanan khas dari orang Dayak, seperti juhu rimbang, juhu umbut rotan, juhu ujau, tanak lais hingga tumis kelakai.

Ada juga menu unik dari minumannya yaitu Baram. Minuman tradisional ini ditawarkan dalam dua ukuran sajian yaitu, small dan large. Menariknya lagi, Baram yang disediakan di Rumah Tjilik Riwut Gallery & Resto sudah diracik dengan sentuhan baru sehingga rasanya dapat dinikmati bagi orang yang tidak terbiasa minum minuman beralkohol. Untuk pengunjung yang tidak ingin mencoba menu minuman khas Dayak masih ada menu lainnya yang bisa dipesan.

Tak hanya makanan lezatnya yang menarik pengunjung untuk datang, tetapi juga desain tempat yang sangat estetik bisa dilihat mulai dari pintu masuknya. Ada beberapa buku kecil yang disediakan sebagai buku tamu agar pengunjung bisa menuliskan kesan, nama, pesan atau apa saja yang bisa menjadi kenangan di buku tersebut. Selain itu, ada juga lemari kaca untuk meletakkan barang antik. Tidak heran banyak sekali orang yang ingin makan di sini.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.1, Palangka, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya.

BACA:  20 Tempat Wisata di Palangkaraya Terbaru & Paling Hits

5. Kampung Lauk

Image Credit: Garnesia.com

Kampung Lauk merupakan tempat makan yang tidak kalah menariknya. Di tempat ini terdapat beberapa sajian masakan yang berbahan ikan. Tidak berhenti di situ saja, ada juga menu lainnya yang bisa dipilih untuk Anda yang kurang suka dengan olahan ikan. Karena masakannya yang khas dan tentu lezat, tak heran jika Kampung Lauk cukup ramai. Jika ingin menikmati cita rasa khas seafood, Anda bisa langsung datang ke Jalan Bukit Km No. 2 Pahandut Seberang.

Lokasi: Jl. Bukit Rawi Km No.2, Pahandut Seberang, Kec. Pahandut, Kota Palangka Raya.

6. Rumah Makan Samba

Rumah Makan Samba
Image Credit: Facebook.com @Samba.Resto

Apakah Anda ingin mencoba makanan asli orang Kalimantan Tengah? Jika iya, Anda bisa datang ke Rumah Makan Samba yang berlokasi di Jalan RTA Milono Nomor 15 Langkai, Pahandut, Palangkaraya. Menu masakan yang paling laris dan diincar oleh para wisatawan adalah tumis rotan muda dan ikan panggang Baung. Selain menghidangkan makanan yang khas, suasana di Rumah Makan Samba juga sangat nyaman.

Tema yang diusung rumah makan ini sebenarnya menu rumahan, jadi Anda bisa pesan menu yang biasa menjadi makanan sehari hari dari orang Kalimantan pada umumnya. Selain ikan panggang, ada juga hidangan sayur kaluang dan juhu umbut sawit. Olahan yang ada di rumah makan ini higienis dan bersih sehingga menyajikan makanan yang enak untuk disantap bersama keluarga atau kerabat terdekat.

Lokasi: Jl. RTA Milono No.15, Langkai, Kec. Pahandut, Kota Palangka Raya.

7. Pondok Mancing dan Makan Boga Rasa Indah

Pondok Mancing dan Makan Boga Rasa Indah
Image Credit: Bogarasaindah.com

Apabila Anda ingin memiliki pengalaman makan yang lebih nikmat, coba saja untuk makan di Pondok Mancing dan Makan Boga Rasa Indah. Tempat ini menyediakan fasilitas untuk memancing yang kemudian hasil tangkapannya bisa dimasak. Hal tersebut menjamin hidangan yang lebih fresh. Untuk berkunjung ke sini Anda bisa datang dari jam 9 pagi hingga 9 malam di setiap harinya kecuali hari Senin.

Tidak hanya menu makanan ikan saja yang bisa Anda nikmati, ada juga variasi masakan lainnya. Anda bisa langsung memilih menu yang sudah tersaji seperti menu ayam dan udangnya. Ada juga olahan dari kepiting segar yang dipadukan dengan bumbu khas sehingga terasa lebih lezat. Selain itu Anda bisa memilih menu goreng atau bakar sesuai dengan selera yang dimiliki.

Lokasi: Jl. G. Obos VII Gg. 6, Menteng, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya.

8. Warung Bama Raya

Warung Bama Raya
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Jika Anda ingin makan masakan yang sederhana tetapi tetap nikmat, Anda bisa datang ke Warung Bama Raya. Lokasinya berada di Jalan RTA Milono Km 3.9 Langkai, Pahandut Palangkaraya. Tempat makan yang satu ini sangat terkenal dengan aneka macam menunya. Beberapa menu yang disukai pecinta kuliner adalah nasi kuning, nasi goreng, dan lontong yang memiliki cita rasa sangat khas.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Palangkaraya yang Paling Populer

Menu tersebut selalu saja menjadi andalan dari para wisatawan dan membuat orang selalu ingin kembali lagi. Seiring berjalannya waktu, resep otentik yang terus terjaga, membuat penikmatnya semakin banyak karena menunya sudah ada sejak zaman kemerdekaan. Tidak heran jika di setiap harinya selalu saja ada pembeli yang rindu dan penasaran ingin merasakan resep yang melegenda ini.

Lokasi: Jl. RTA Milono No.KM. 3.9, Langkai, Kec. Pahandut, Kota Palangka Raya.

9. Rumah Makan Palangka

Rumah Makan Palangka
Image Credit: Google Maps (Agung Prasetya)

Menu makanan yang ada di rumah makan ini memang mirip dengan menu nasi padang yang biasa kita temui pada umumnya. Hanya saja penyajian dan pelayanannya agak berbeda karena tersaji dalam aneka menu seperti ikan, ayam dan telur. Semua menu tersebut sangat lezat dan enak. Perpaduan antara bumbu dan bahan berkualitas lainnya membuat Rumah Makan Palangka tidak pernah sepi penikmat kuliner.

Jika ingin berkunjung kemari, siapkan saja perut yang lapang karena menu makanannya yang bervariasi. Tempat ini sangat terkenal dan cukup legendaris sehingga Anda bisa dengan mudah menemukannya. Jangan heran bila Anda harus antre cukup lama karena kepopuleran rumah makan ini. Biasanya buka dari pagi hingga malam, tergantung dari ketersediaan bahan karena pengolahannya setiap hari yang selalu ludes.

Lokasi: Jl. G. Obos No.20, Pahandut, Menteng, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya.

10. Pondok Ikan Cianjur

Pondok Ikan Cianjur
Image Credit: Garnesia.com

Meskipun namanya Cianjur, namun rumah makan ini berada di Palangkaraya. Diberi nama Cianjur karena dulunya pemilik tempat makan ini adalah orang Cianjur. Yang jelas rumah makan ini menyajikan hidangan istimewa yakni sambal kandas dan sambal raja yang tentu saja menggoda. Selain itu, menu olahan ikannya pun juga tidak berbau amis dan bau tanah. Hal tersebut menambah kenikmatan untuk menyantap hidangannya.

Lokasi: Jl. Kahayan, Palangka, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya.

Itulah daftar tempat wisata kuliner di Palangkaraya yang paling murah dan tentunya enak yang bisa Anda kunjungi. Anda bisa memilih menu masakan sesuai dengan selera yang dimiliki. Jika ingin mencoba kuliner khas, semua tempat makan tersebut menjual olahan asli dari Kalimantan. Namun jika ingin menikmati makanan yang biasa, Anda juga bisa memilih menu makanan seperti ayam.