Palembang menjadi kota dengan beragam wisata kuliner yang sangat menggoda dan legendaris. Banyak yang memakai olahan ikan, sehingga rasa dan aromanya sangat khas.

Ibukota Provinsi Sumatra Selatan menjadikannya cukup ramai dikunjungi karena daya Tarik wisata dan menjadi pusat pemerintahan. Anda dapat menikmati berbagai hal yang ditawarkan, mulai dari destinasi wisata, oleh oleh, hingga makanan yang sangat lezat.

Berbagai rekomendasi makanan tidak lengkap jika tidak lengkapi dengan wisata kuliner yang tepat dan murah. Makanan khas dari kota ini patut dijajal, sehingga Anda pun tahu kekayaan Indonesia. Berikut ulasan 14 kuliner terbaik di Kota Palembang yang wajib Anda cicipi.

1. Pempek Pak Raden

Pempek Pak Raden
Image Credit: Pempekpakraden.com

Siapa tahu tidak tahu makanan khas Palembang satu ini? Bahkan di berbagai kota juga tersedia makanan yang berasal dari daging ikan ini. Rasanya yang unik dan khas membuat pecintanya tidak pernah bosan. Ikan yang dipakai ikan tengiri dengan aroma yang unik atau cenderung amis, tetapi justru itu letak otentiknya. Menurut orang Palembang, tidak enak rasa pempek jika tidak beraroma amis tetapi banyak orang luar kota yang tidak menyukai aroma tersebut.

Penyajiannya cukup bervariasi karena ditambah dengan tahu, udang, telur, dan lainnya. Pempek ini disajikan dengan saus yang cukup ringan dari segi rasa dengan bahan yang simple. Campuran yang dipakai, antara lain gula merah, cabai, bawang putih, garam, dan ebi. Salah satu tempat pempek yang legendaris dan ramai dikunjungi hingga saat ini adalah kedai Pak Raden. Selain karena cita rasanya yang tidak berubah, harganya juga sangat terjangkau.

Lokasi: Jl. Radial No.80-82, 26 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang.

2. Tekwan di Pempek Lince

Tekwan di Pempek Lince
Image Credit: Pempeklince.com

Bakso adalah makanan yang disukai banyak orang dan dapat Anda temukan di berbagai kota. Salah satunya Palembang dengan cita rasa dan bentuk yang cukup unik karena tidak sama dengan bakso pada umumnya. Warga lokal menyebut bakso khas ibukota Sumatra Selatan ini dengan sebutan tekwan. Sajiannya mirip, tetapi cita rasanya tentu berbeda sehingga Anda dapat menjajal cita rasa dan makanan baru dengan harga yang sangat terjangkau.

Bakso khas Sumatra Selatan ini disajikan dengan bakso ikan, mi putih, dan kuah bening. Yang menjadi ciri khas justru dari kuah yang terbuat dari sari kelapa ini. Untuk menambah rasa dan aroma, Anda dapat menambahkan daun bawang dan bawang goreng. Terdapat pula sambal bagi pecinta rasa pedas, sehingga rasa terenak dari tekwan dapat Anda peroleh dengan tepat. Tiap mangkoknya dibandrol mulai dari 18 ribu rupiah.

BACA:  33 Tempat Wisata di Palembang Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Tugumulyo No.2398, 20 Ilir D II, Kec. Ilir Timur I, Kota Palembang.

3. Laksan Kaito

Laksan Kaito
Image Credit: Phinemo.com

Tidak kalah populer dari dua kuliner sebelumnya adalah Laksan dengan bahan utama pempek lenjer. Namanya pun berbeda karena penyajiannya berbeda, sehingga dijual terpisah dengan rasa yang unik. Anda dapat menikmati sajian kuliner nusantara ini dengan kuah yang bersantan, sehingga secara penampilan mirip dengan lontong sayur. Laksan Kaito ini menjadi tempat yang tepat karena rasanya nikmat dan murah, yaitu mulai 8 ribu rupiah tiap porsi.

Lokasi: Jl. Musyawarah, Karang Jaya, Kec. Gandus, Kota Palembang.

4. Warung Aba

Warung Aba
Image Credit: Suzannita.com

Warung satu ini menjadi salah satu wisata kuliner yang tepat untuk menikmati hidangan yang turunan dari pempek. Biasanya, Anda hanya dapat menemukannya saat lebaran, tetapi bagi pelancong yang datang ke Palembang dapat menikmatinya setiap saat di Warung Aba. Telah disebutkan sebelumnya bahwa makanan ini turunan dari pempek, sehingga bahan yang dipakai juga mirip. Celimpungan ini memakai bahan dasar ikan dan sagu.

Bahan dasar yang sama sehingga menghasilkan tekstur dan aroma yang cukup mirip. Bentuknya sedikit berbeda, yaitu bulat putih tetapi lebih besar daripada tekwan. Kuah yang dipakai untuk masakan ini cukup kental dan justru menjadi ciri khasnya. Sekilas Celimpungan ini mirip Laksan karena dilihat dari kuahnya. Warung ini menjadi tempat kuliner yang tepat karena memberikan makanan yang enak dan murah dengan harga mulai dari 10 ribu untuk satu porsi celimpungan.

Lokasi: Jl. Dr. M. Isa No.26 /15, Kuto Batu, Kec. Ilir Timur II, Kota Palembang.

5. Burgo di Warung Aba

Burgo di Warung Aba
Image Credit: Twitter.com @pink_traveler

Makanan satu ini mirip dengan kwetiaw, tetapi teksturnya sedikit berbeda. bahan dasar yang dipakai adalah tepung beras dan tepung sagu, lalu dimasak mirip seperti dadar tipis. Setelah itu, digulung dan diiris kasar. Penyajiannya dengan kuah yang gurih dari paduan santan, ketumbar, kunyit, lengkuas, kencur, bawang putih, dan kemiri. Taburannya adalah ikan suwir, potongan telur rebus, bawang goreng, dan sambal. Harganya mulai dari 10 ribu untuk sepiring Burgo.

Lokasi: Jl. Dr. M. Isa No.26 /15, Kuto Batu, Kec. Ilir Timur II, Kota Palembang.

6. Laksa

Laksa
Image Credit: Wikipedia.org

Masih disajikan oleh Warung Aba, Anda dapat menikmati pula hidangan yang cukup populer. Laksa menjadi salah satu makanan Melayu yang tidak ada duanya karena cita rasanya yang gurih dan tekstur mi yang unik. Bentuk minya lebih besar daripada mi pada umumnya, lalu dipadukan dengan kuah kental dan bawang goreng di atasnya. Bagi pecinta rasa pedas, sambal menjadi pelengkap yang paling tepat untuk seporsi laksa yang dibandrol mulai dari 10 ribu ini.

Lokasi: Jl. Ki Anwar Mangku, Sentosa, Kec. Seberang Ulu II, Kota Palembang.

7. Martabak Har

Martabak Har
Image Credit: KSMTour.com

Salah satu makanan nusantara yang digemari adalah martabak telor karena rasanya yang gurih dan nikmat serta cocok untuk segala suasana. Anda dapat menjajalnya di Palembang karena rasa dan cara menikmatinya yang sangat unik. Pada dasarnya, martabak dibuat dari bahan telor, daun bawang, cincangan daging atau isian lainnya. Yang paling penting justru adonan tepungnya, sehingga terasa lembut di dalam dan tetap krispi di luar.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Palembang yang Paling Populer

Palembang selalu memiliki keunikan untuk tiap masakannya, sehingga menyajikan martabak dengan cara yang berbeda. Martabak dari kota ini disajikan dengan kuah kental berwarna coklat yang ditambah dengan potongan kentang. Tidak hanya itu, Indonesia tentu terkenal dengan kekayaan rempahnya sehingga cita rasa rempahnya pun sangat kuat. Martabak Har menjadi tempat yang tepat karena nikmat dan ramah di kantong dengan harga mulai dari 21 ribu rupiah.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.597A, 18 Ilir, Kec. Ilir Timur I, Kota Palembang.

8. Mie Celor 26 Ilir Haji Sayr’i

Mie Celor 26 Ilir Haji Sayr’i
Image Credit: Idntimes.com

Ingin menikmati pagi dan sarapan ala Palembang? Anda wajib mencicipi mie celor yang sangat khas dan unik. tempat yang paling tepat adalah kedai Mie Celor 26 Haji Syafe’I karena dari segi rasa sangat nikmat dan harganya pun sangat terjangkau. Mie ini disajikan dengan kuah kaldu santan, telur rebus, dan tauge. Dengan cara makan yang sangat unik, yaitu dicelup ke dalam kuah tersebut. Anda hanya perlu mengeluarkan uang mulai dari 15 ribu rupiah untuk seporsi kenikmatan.

Lokasi: Jl. Merdeka No.54, Talang Semut, Kec. Ilir Barat I, Kota Palembang

9. RM Pindang Meranjat

RM Pindang Meranjat
Image Credit: Tribunnews.com

Sumatra Selatan terkenal dengan kulinernya yang berbahan dasar ikan, salah satunya pindang ikan patin. Menu satu ini disajikan bersama dengan tomat, nanas, dan daun kemangi sehingga rasanya pedas, asam, manis, dan gurih menjadi satu. Kuah yang dipakai kuah santan dan inilah yang membuat rasa gurih masakan nusantara ini semakin kental. RM Pindang Meranjat ini menyajikan hidangan ikan patin yang lembut dan segar, tidak heran jika selalu ramai.

Lokasi: Jl. Gub H Bastari, 8 Ulu, Kec. Seberang Ulu I, Kota Palembang.

10. RM Pindang Sri Melayu

RM Pindang Sri Melayu
Image Credit: Zonatau.com

Masakan pindang lainnya yang tidak kalah enak adalah pindang tulang dengan bahan dasar iga sapi. Anda dapat menikmati cita rasa pedas yang membakar lidah di RM Pindang Sri Melayu ini dengan harga yang cukup ramah di kantong. Mulai dari 15 ribu rupiah, Anda dapat menikmati semangkuk pindang tulang dengan kuah bening yang nikmat. Selain harganya yang murah, tempat ini juga terletak di lokasi yang strategis sehingga tidak heran banyak pengunjung ke rumah makan ini.

Lokasi: Jl. Demang Lebar Daun No.1, Demang Lebar Daun, Kec. Ilir Barat I, Kota Palembang.

11. Wak Din

Image Credit: Dentistvschef.wordpress.com

Indonesia memang memiliki beragam masakan nusantara yang belum dikenal banyak orang, sehingga kurang populer di telinga masyarakat. Salah satu masakan yang wajib Anda coba adalah sate sapi cucuk manis dengan cita rasa manis yang unik. Rasa manis tidak hanya dari dagingnya yang empuk dan legit, tetapi juga dari bumbu kecapnya yang unik. Harga untuk tiap tusuknya sekitar 5 ribu rupiah, tetapi sangat memuaskan karena potongan dagingnya besar.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Palembang yang Paling Populer

Lokasi: Jl. KH. Azhari, 7 Ulu, Kec. Seberang Ulu I, Kota Palembang.

12. Bakmi Aloi

Bakmi Aloi
Image Credit: Helgachrist.com

Indonesia juga mengadaptasi makanan yang berasal dari luar, yaitu bakmi. Berasal dari Cina atau Tionghoa, tetapi memiliki cita rasa yang unik sehingga sangat terkenal di Palembang. Banyak orang yang menyukai kuliner satu ini, tetapi kurang bersahabat untuk masyarakat yang muslim. Pasalnya, olahan ini memakai daging babi sehingga tidak dapat dicicipi oleh semua orang. Bagi Anda yang bisa menikmatinya, wajib memasukkan Bakmi Aloi ke dalam daftar kuliner.

Rasa yang ditawarkan adalah gurih dari kaldu yang dipakai dan tekstur mi yang kenyal. Anda dapat memilih berbagai topping, seperti ayam, babi cincang, babi panggang, dan jamur. Tidak hanya itu, bakmi ini juga dihidangkan dengan berbagai sajian lain seperti ngohiang babi, kekian, dan masih banyak lagi. Rasa yang ditawarkan sangat unik karena pemilihan daging babi yang gurih. Harga untuk tiap porsinya sangat terjangkau, yaitu mulai dari 20 ribu rupiah.

Lokasi: Jl. Dempo Luar No.410A, 15 Ilir, Kec. Ilir Timur I, Kota Palembang.

13. Es Kacang Merah Mamat

Es Kacang Merah Mamat
Image Credit: Ringkaskata.com

Es kacang merah tentu saja segar dan manis, tetapi juga dapat menuntaskan dahaga di kala siang hari setelah berjalan jalan yang cukup melelahkan. Bagi pecinta es, tentu makanan satu ini menjadi kuliner yang sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Oleh karena itu, wajib mencoba makanan terkenal satu ini di spot legendaris. Akan tetapi, kedai ini tutup di hari minggu dan setiap harinya buka sampai pukul 4 sore. Siapkan uang mulai dari 12 ribu rupiah untuk satu porsi.

Lokasi: Jl. Kebun Manggis, Kepandean Baru, Kec. Ilir Timur I, Kota Palembang.

14. Pasar Tradisional Cinde Palembang

Pasar Tradisional Cinde Palembang
Image Credit: Miner8.com

Siapa yang merasa tidak lengkap makan tanpa adanya kerupuk? Oleh karena itu, Anda wajib membeli kerupuk khas Palembang atau yang disebut kemplang. Makanan ini disajikan dengan sambal dan secangkir kopi serta paling tepat dinikmati waktu sore hari. Kerupuk yang cukup terkenal ini sangat mudah diperoleh karena pasti tersedia di berbagai tempat jual oleh oleh. Harga kemplang dibandrol mulai dari 15 ribu tiap kilo, sedangkan kopi sekitar 22 ribu tiap 250 gram.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.80a, 24 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang.

Masakan nusantara selalu menarik karena memiliki cita rasa yang unik dan paduan rempah yang sangat kuat. Tidak heran, jika setiap tempat memiliki hidangan yang berbeda beda, begitu pula dengan Palembang. Anda wajib menikmati 15 rekomendasi kuliner khas ibukota Sumatra Selatan ini di tempat yang sangat terjangkau dan enak. Dari segi kebersihan pun tempat tempat tersebut sangat terjamin. Jadikan wisata kuliner di Palembang sebagai pengalaman yang tak terlupakan.