Bertandang ke Pandeglang terasa kurang lengkap jika belum mencoba wisata kulinernya. Inilah rekomendasi tempat kulineran di Pandeglang yang menawarkan cira rasa masakan yang begitu nikmat membuat siapapun ingin kembali di lain waktu.

Selama ini Pandeglang dikenal dengan pesona alamnya yang begitu memukau, tidak heran jika kawasan ini selalu dipadati pengunjung. Namun siapa sangka Pandeglang tidak hanya terkenal dengan wisata alamnya semata, karena para pelancong juga bisa menikmati aneka kuliner lezat yang siap memanjakan mata. Berikut rekomendasi tempat kulineran nan lezat di Pandeglang yang bisa Anda coba kunjungi.

1. Rumah Makan Ibu Entin

Rumah Makan Ibu Entin
Image Credit: Google Maps (Sanir Suyitno)

Siapa yang tidak mengenal Rumah Makan Ibu Entin ? Tempat makan yang sudah populer di kalangan masyarakat lokal hingga luar daerah ini, selalu menjadi tujuan utama untuk memuaskan perut yang tidak berhenti berbunyi. Disini para tamu akan disajikan dengan aneka menu seafood yang bisa dipilih sesuai selera.

Soal rasa sepertinya tidak perlu diragukan. Hanya dengan mencium aroma olahan ikannya saja, Anda sudah bisa membayangkan betapa lezatnya ketika mencicipinya. Dan betul saja, siapapun akan dibuat jatuh hati kepadanya sejak gigitan pertama. Sajian kuliner ini dibuat oleh koki berpengalaman di bidangnya, sehingga tidak perlu heran jika cita rasa makanannya dapat diacungi jempol.

Bukan hanya unggul dari segi rasa, pasalnya Anda bisa menikmati kelezatan kuliner sambil menatap indahnya alam sekitarnya. Lokasinya sendiri cukup nyaman dan tentram, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata bersama dengan keluarga besar. Porsinya yang besar juga cocok dijadikan tempat meeting bersama dengan kerabat kantor.

Sebenarnya apa saja menu yang disajikan di Rumah Makan Ibu Entin ? Anda bisa memilih aneka menu seafood mulai dari cumi cumi, kerapu, otak otak, udang bakar, dan berbagai menu seafood lainnya. Variasi menunya yang berlimpah dan kelezatan rasanya ditawarkan dengan harga ramah di kantong, sehingga Anda bisa memuaskan perut tanpa takut isi dompet kering.

Lokasi: Jl. Raya Jend. Sudirman, Kalanganyar, Kec. Labuan, Kab. Pandeglang.

2. Rumah Makan Panineungan

Rumah Makan Panineungan
Image Credit: Google Maps (mannajai hasanuddin)

Bingung mencari tempat makan terlezat namun juga murah ? Tidak perlu panik, karena Anda bisa berkunjung ke Rumah Makan Panineungan. Destinasi wisata kuliner ini dikenal dengan penawaran harga murah untuk setiap menu masakannya, tanpa mengurangi kelezatan rasanya. Inilah alasan banyak wisatawan tertarik singgah di sana sebelum melanjutkan perjalanan.

BACA:  20 Tempat Wisata di Serang Terbaru & Paling Hits

Menu yang disajikan didominasi dengan kuliner khas rumahan seperti sambal goreng dan nasi timbel khas Sunda. Suasana rumahan semakin terasa, karena para tamu menyantapnya dengan cara lesehan sambil menikmati keindahan alam sekitarnya. Anda juga bisa memesan seafood segar kiloan dengan harga murah meriah sebagai buah tangan terbaik.

Lokasi: Sukaratu, Kec. Majasari, Kab. Pandeglang.

3. Mie SP

Mie SP
Image Credit: Google Maps (desya irfan)

Apakah Anda termasuk penggemar aneka olahan mie ? Jika memang demikian, cobalah untuk mencicipi kelezatan kuliner di Mie SP. dilihat sekilas, satu mangkok mie ayam ini terlihat serupa dengan mie ayam di daerah lainnya. Namun yang membedakannya terletak pada cita rasa yang dihadirkan yang berhasil membuat siapapun jatuh cinta terhadapnya.

Kelezatan rasanya bukan hanya berasal dari campuran bumbu dalam proses pembuatannya semata, namun karena rasa pedasnya yang begitu membakar lidah. Tentu saja kuliner ini hanya cocok bagi pecinta makanan pedas sejati. Lokasinya sendiri sangat cocok sebagai tempat bersantai atau sekedar nongkrong santai bersama dengan teman teman.

Lokasi: Sukaratu, Kec. Majasari, Kab. Pandeglang.

4. Rumah Makan S Rizki Pandeglang

Rumah Makan S Rizki Pandeglang
Image Credit: Google Maps (Wiwit Sulistiawati)

Rumah Makan S Rizki Pandeglang adalah tempat makan terbaik bagi para pelancong yang rindu akan masakan khas nusantara saat lewat atau singgah di Pandeglang. Tempat makan ini juga dikatakan cocok sebagai mencicipi aneka kuliner lezat tanpa menyiksa isi kantong. Banyak pula wisatawan yang merekomendasikan rumah makan satu ini sebagai tujuan utama saat lapar.

Rumah makan populer ini menyediakan aneka menu kuliner lezat yang siap memanjakan lidah. Mulai dari menu olahan daging ikan segar dan berkualitas hingga daging ayam bisa ditemukan disini. Banyaknya varian menunya dapat memudahkan wisatawan menentukan makanan yang hendak disantapnya dan sesuai dengan keinginannya.

Sedangkan tempat makannya yang cukup luas, membuatnya terasa nyaman jika datang secara rombongan bersama dengan keluarga atau kerabat terdekat. Bahkan pihak pengelola menyediakan ruang khusus bagi para tamu yang hendak menyelenggarakan acara resepsi pernikahan, atau ruang untuk melakukan pertemuan dengan klien penting.

Lokasi: Jl. Raya Serang KM. 01, No. 26, Picung, Kec. Pandeglang, Kab. Pandeglang.

5. Dapoer Iboe Resto

Dapoer Iboe Resto
Image Credit: Google Maps (Eswahyuli John Kusumo)

Wisatawan tidak akan pernah kesulitan menemukan tempat makan terbaik untuk memanjakan perut kelaparan, karena Dapoer Iboe Resto termasuk menjadi salah satunya. Tempat makan yang buka setiap hari ini tidak pernah sepi dikunjungi, mengingat cita rasa yang ditawarkan tidak akan bisa disangkal. Apa saja menu yang disajikan ?

BACA:  12 Oleh-Oleh Khas Pandeglang yang Paling Populer

Anda bisa memilih berbagai menu mulai dari aneka olahan nasi goreng, sop dan masih banyak menu makanan lainnya dengan menyesuaikan dengan selera. Beberapa menu nasi gorengnya yaitu nasi goreng campur, nasi goreng sosis, nasi goreng ati ampela ayam, nasi goreng ikan asin, nasi goreng khas Dapoer Iboe, dan tentunya nasi goreng biasa.

Anda juga bisa memesan menu telur dadar atau ceplok untuk meningkatkan cita rasa dari nasi gorengnya. Jika tidak tertarik dengan menu nasi goreng, Anda masih bisa memilih aneka sop lezat yang paling nikmat disantap saat udara dingin. Beberapa aneka menu sop buntut terdiri dari sop buntut, sop ayam, sop daging sapi, dan sop iga bakar.

Lokasi: Jl. Kyai H. Moh. Idrus No.2, Kec. Pandeglang, Kab. Pandeglang.

6. Baso Sogo

Baso Sogo
Image Credit: Google Maps (Nayla Anggita)

Pecinta bakso tampaknya harus bergembira jika berkunjung ke Pandeglang. Sebab disini Anda bisa mencicipi kelezatan satu mangkok bakso di Baso Sogo hingga puas. Disini pelanggan juga bisa memilih aneka menu bakso biasa atau bakso spesial untuk memuaskan perut yang sudah berbunyi akibat kelaparan.

Jika ingin menyantap hidangan bakso paket komplit, tentu saja memilih menu bakso spesial bisa menjadi pilihan tepat. Selain menu bakso, Anda juga bisa memilih aneka menu mie ayam dengan rasa yang tidak kalah lezat. Walaupun hanya menyediakan mie ayam biasa dan mie ayam bakso saja, namun soal rasa tidak akan pernah ada duanya.

Lokasi: Jl. Raya Labuan – Pandeglang, Sukaratu, Kec. Majasari, Kab. Pandeglang.

7. Bakso 90 Ciekek

Bakso 90 Ciekek
Image Credit: Google Maps (Sumarso, M.Pd.)

Sesuai dengan namanya, rumah makan satu ini menyediakan menu bakso sebagai menu andalannya. Jika dilihat sekilas, menu makanan yang disajikan tidak jauh berbeda dengan penjual bakso pada umumnya. Namun jika sudah berbicara soal rasa, maka Anda akan dibuat bungkam seketika sejak gigitan pertama.

Cita rasa baksonya bahkan sudah terdengar hingga ke daerah seberang dan tidak pernah sepi dikunjungi setiap harinya. Fenomena ini menandakan bahwa kelezatan rasanya tidak mendapatkan juara pertama di hati para penggemarnya. Rasa satu mangkok bakso akan semakin lezat jika menyantapnya bersama dengan orang tersayang.

Tidak hanya unggul dari segi rasa, pasalnya pengunjung juga dimanjakan dengan nuansanya yang nyaman dan terjaga kebersihanya. Sehingga Anda bisa menyantap satu mangkok bakso tanpa sisa tanpa terganggu dengan hal lainnya. Harganya pun cukup murah meriah untuk kelezatan yang diberikan. Oleh karena itu, jangan pernah ragu untuk mampir kesana dan menikmati kulinernya.

Lokasi: Jl. Raya Labuan No.01, Karaton, Kec. Majasari, Kab. Pandeglang.

BACA:  30 Tempat Wisata di Tangerang Terbaru & Paling Hits

8. Rumah Makan Indra Seafood

Rumah Makan Indra Seafood
Image Credit: Google Maps (Desta A. Ramlani)

Rumah Makan Indra Seafood tidak kalah populer di kalangan masyarakat lokal hingga luar daerah. Tentu saja kepopuleranya berasal dari cita rasanya yang begitu nikmat terutama jika disantap saat masih hangat. Aneka menu makanan yang ditawarkan mulai dari olahan kwetiau, aneka olahan nasi, olahan seafood, dan masih banyak pilihan lainnya.

Uniknya lagi Rumah Makan Indra Seafood sudah hadir di Aplikasi Gojek. Sehingga warga sekitar bisa memesannya secara online apabila rindu dengan kelezatan rasa masakannya, atau menyajikannya sebagai hidangan bagi tamu yang datang berkunjung ke rumah. Tidak hanya makanan, varian menu minuman yang disediakan juga cukup berlimpah dan bisa dipilih sesuai keinginan.

Aneka minuman yang disediakan mulai dari es kelapa butir, es kelapa jeruk, es kelapa gula merah, es jeruk, es teh, aneka jus segar dan nikmat, dan masih banyak lagi lainnya. Meskipun rasa masakan dan minumannya begitu nikmat, ternyata pemilik rumah makan memberikan penawaran harga menarik untuk setiap masakannya.

Lokasi: Jl. Ciekek No.Km. 2, Karaton, Kec. Majasari, Kab. Pandeglang.

9. Rumah Makan Belut Baros

Rumah Makan Belut Baros
Image Credit: Google Maps (Akira Manasi)

Rumah Makan Belut Baros melengkapi destinasi wisata kuliner di Pandeglang yang tidak oleh dilewatkan. Ketika sampai di lokasi rumah makannya, Anda sudah dibuat takjub karena lokasinya yang cukup besar dan terasa nyaman dikunjungi bersama dengan keluarga besar atau kerabat kerja. Aroma masakan pun mulai tercium yang membuat perut semakin lapar.

Seperti pemberian namanya sendiri, disini pelanggan bisa memesan aneka menu olahan dari belut. Mulai dari belut goreng, pepes belut, serta belut cobek siap menggoyang lidah sejak gigitan pertama. Hidangan belut semakin lezat ketika dipadukan dengan sambal tomat yang siap membakar lidah. Selain belut, masih banyak menu masakan lain yang siap memuaskan perut Anda.

Lokasi: Jl. Raya Serang – Pandeglang, Baros, Kec. Serang, Kab. Serang.

10. Saung Banyu Djawi

Saung Banyu Djawi
Image Credit: Google Maps (Denny Indrayana)

Saung Banyu Djawi termasuk tempat makan populer di kalangan wisatawan yang bertandang ke Pandeglang. Tempat makan ini menyediakan lokasi yang cukup nyaman untuk menyantap aneka kuliner lezatnya. Menu yang disajikan cukup melimpah dan ditawarkan dengan harga bersahabat, sehingga Anda bisa pulang dengan riang.

Lokasi: Kec. majasari, Kab. Pandeglang.

Puas menikmati goresan alam yang begitu indah menawan, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi aneka kuliner khas Pandeglang. Selain menyuguhkan aneka menu kuliner lezat, disini para tamu juga disajikan dengan dengan nuansa menenangkan yang berhasil menyajikan rasa nyaman. Sudahkah Anda mengunjungi salah satunya?