Sudah pernah ke Parepare? Salah satu kota di Sulawesi Selatan memiliki sejuta pesona yang tidak boleh dilewatkan. Parepare memiliki beragam destinasi wisata yang menarik dijelajahi. Mulai dari wisata alam, hiburan, hingga wisata kuliner yang menggoda selera.

Kota Parepare adalah kota kelahiran Baharuddin Jusuf Habibie, presiden ketiga Republik Indonesia. Jika berlibur ke Parepare, Anda tidak boleh melewatkan wisata kulinernya. Ada beragam jenis jajanan dan makanan khas yang wajib Anda coba. Selain itu, makanan khas di sini memilki rasa yang lezat dan termasuk murah. Agar tidak bingung harus ke mana, berikut beberapa tempat wisata kuliner yang bisa Anda kunjungi saat berada di Parepare.

1. Pasar Senggol

Pasar Senggol
Image Credit: Google Maps (Nurwahida Syarif)

Pasar Senggol adalah salah satu tempat wisata kuliner yang terletak di Kawasan Hastom. Hastom adalah singkatan dari Jalan Sultan Hasanuddin dan Jalan Baso Daeng Patompo. Kawasan ini membentang dari persimpangan Masjid Raya hingga Hotel Siswa. Kawasan Hastom merupakan pusat perekonomian masyarakat setempat, sehingga banyak penjual di sini, salah satunya Pasar Senggol.

Pasar Senggol adalah tempatnya varian kuliner. Usai direnovasi pada tahun 2016 lalu, tampilan pasar ini menjadi lebih tertata rapi dengan adanya stand permanen untuk para penjual. Anda bisa menemui banyak sekali makanan dengan rasa yang enak dan harga yang bersahabat di sini.

Pasar Senggol beroperasi mulai pagi hingga malam hari. Sepanjang waktu pasar ini tetap ramai pengunjung. Selain makanan, tempat ini juga terkenal dengan cakar (cap karung). Cakar adalah istilah dari barang-barang bekar impor yang banyak dijual di sini. Mayoritas cakar yang dijual berupa pakaian.

Lokasi: Jl. Ujung Sabbang, Kec. Ujung, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

2. Tonrangeng River Side

Tonrangeng River Side
Image Credit: Google Maps (Andika Kurniawan)

Wisata ini berkonsep ruang terbuka hijau. Tempat tersebut dibangun untuk mewujudkan medical tourism di Kota Parepare. Dengan udara yang sejuk dan pemandangan yang elok, diharapkan para wisatawan dapat berobat sambil bewisata. Tonrangeng River Side menawarkan wisata kuliner dan wisata susur sungai Karajae.

Di sini, Anda dapat menikmati berbagai macam kuliner tradisional di atas retoran apung. Tempat ini didesain senyaman mungkin agar menarik minat wisatawan untuk bersantai dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Tonrangeng River Side ini terletak di sekitar jembatan yang menghubungkan antara Rimah Sakit Tipe B+ dengan jalan utama. Anda bisa menemukan tempat ini dengan mudah.

BACA:  25 Tempat Wisata di Makassar Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. Lumpue, Kec. Bacukiki, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

3. Cafe New D’Carlos di Paputo Beach

Cafe New D’Carlos di Paputo Beach
Image Credit: Google Maps (I Gede Ketut Ariasa)

Paputo adalah singkatan dari Pantai Pasir Putih Tonrangeng. Tempat ini merupakan wisata baru di Kota Parepare yang dibuka pada awal Desember 2017. Dulunya pantai ini dikenal dengan nama Pantai Tonrangeng yang jorok. Kemudian tempat ini diubah menjadi ruang terbuka yang hijau. Paputo Beach juga dilengkapi dengan Cafe New D’Carlos sebagai wisata kuliner pada pengunjung.

Di sini, Anda bisa menikmati berbagai menu yang enak dan murah sembari bersantai di gazebo-gazebo yang ada di sepanjang pantai. Selain itu, di sini juga terdapat taman bermain yang dikhususkan untuk anak-anak. Paket komplit, bukan? Bisa menyantap hidangan yang enak dan murah serta disuguhi pemandangan pantai dengan pasir putih dan udara yang sejuk.

Lokasi: Jl. Latassakka, Lumpue, Kec. Bacukiki Barat, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

4. D’daenk Cafe House

D’daenk Cafe House
Image Credit: Google Maps (Yanti Firdayanti)

Wisata kuliner selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah D’daenk Cafe House. Kafe ini berkonsep ruang terbuka yang dapat membuat pengunjungnya menikmati suasana dengan leluasa. Anda juga bisa menjumpai pemandangan senja Pantai Mattirotasi di sini. D’daenk Cafe House menawarkan makanan yang enak, minuman segar, dan pemandangan yang indah menawan.

Kafe ini terletak di belakang Kantor Disnaker Parepare. Dengan lokasinya yang nyaman, selain untuk nongkrong, kafe ini juga biasa digunakan untuk meeting, korporat, acara keluarga, hingga prewedding. D’daenk Cafe House menyediakan 12 jenis masakan dan 25 jenis minuman yang memanjakan lidah, salah satu menu terbarunya adalah sup ayam Kediri.

D’daenk Cafe House adalah tempat yang pas untuk nongkrong atau sekadar menghabiskan waktu di Parepare. Bagi Anda yang suka kopi dan tongkrongan, tidak lengkap rasanya jika tidak mampir ke sini. Anda bisa merasakan sensasi berbeda merasakan makanan dan minuman ditemani pemandangan kesibukan kota Parepare dari atas ketiggian.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Cappa Galung, Kec. Bacukiki Barat, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

5. Pales Teduh

Pales Teduh
Image Credit: Google Maps (Ayu Toyota)

Pales Teduh adalah seuah kafe dengan konsep yang unik. Dengan kesadaran lingkungan, kafe ini didirikan tanpa menebang pohon-pohon yang ada di sekitarnya, justru pohon-pohon ini dijadikan sebagai pengganti bangunan dan peneduh. Kafe ini dibangun menyerupai pondok bambu yang menfaatkan ruang terbuka hijau. Tempat ini sangat pas untuk nongkrong dengan suasana yang alami.

Beberapa menu makanan yang bisa Anda cicipi di sini adalah nasi goreng dan mi kuah. Jika ingin makanan ringan sebagai cemilan, Anda bisa memesan pisang goreng. Banyak varian minuman yang ditawarkan, salah satunya adalah kopi dan jus alpukat. Menariknya lagi, Pales Teduh secara rutin mengadakan live music atau mini konser dari para pemusik lokal.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Maros yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Bambu Runcing, Bumi Harapan, Kec. Bacukiki Barat, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

6. Restoran Asia

Restoran Asia
Image Credit: Google Maps (Aljo Van Voom)

Restoran ini adalah satu tempat makan yang sering menjadi tujuan para wisatawan. Sembari mengisi perut, Anda juga dapat menikmati bukti sejarah dari restoran ini. Lokasi restoran ini berdekatan dengan Hotel Siswa, hotel yang memiliki lubang di tengahnya akibat serangan bom pada masa Perang Dunia II.

Restoran ini mulanya hanya menyediakan makanan Tionghoa. Kemudian pada tahun 1970, pemilik restoran menambah menu ikan bakar. Anda bisa menikmati ikan bakar polos yang hanya diolesi minyak sayur sebelum dibakar. Menu ini sangat menonjolkan rasa daging ikan yang gurih. Banyak ikan yang ditawarkan, seperti kakap, kerapu, dan baronang. Restoran ini cocok sebagai pilihan tempat makan siang.

Lokasi: Jl. Baso Daeng Patompo No.25, Ujung Sabbang, Kec. Ujung, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

7. Reza Coffee dan Palekko

Reza Coffee dan Palekko
Image Credit: Google Maps (Syamsul Irfan)

Sesuai dengan namanya, kafe ini menyediakan berbagai menu dari varian kopi dan palekko. Palekko adalah makanan khas Bugis Sidrap dan Pinrang yang terbuat dari daging bebek yang dicincang. Palekko juga biasa disebut dengan bebek cincang. Banyak pengunjung mengakui kelezatan palekko yang dijual di sini, sehingga tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. Tempat ini juga meyediakan photoshoot.

Hal lain yang mejadi daya tarik Reza Coffee dan Palekko adalah pemandangan yang keren. Anda bisa melihat pemandangan pusat Kota Parepare sambil ngeteh atau ngopi di sini. Panorama laut dan sunset saat sore hari juga dapat dengan leluasa Anda nikmati. Kafe ini juga dilengkapi dengan gazebo, toilet, dan musala. Menariknya lagi, ada live music pada malam hari.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Tiro Sompe, Kec. Bacukiki Barat, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

8. Kafe Almeera

Kafe Almeera
Image Credit: Google Maps (Heru Jhiee)

Kafe ini masih tergolong baru, namun sudah ramai dikunjungi penikmat makanan. Tidak hanya dari Parepare, pengunjung pun banyak yang berasal dari luar Parepare, seperti Pinrang, Barru, dan Makassar. Menu favorit di kafe ini adalah kepiting dengan dua rasa, Kepiting Lada Hitam dan kepiting Saos Padang. Masakan ini disajikan bersama jagung rebus dan seafood, seperti udang dan cumi-cumi.

Tiap pembelian kepiting porsi jumbo, Anda akan mendapatkan lima porsi nasi dan air minum secara gratis. Uniknya, masakan kepiting ini tidak disajikan di dalam piring atau mangkok, melainkan diletakkan di atas plastik dan dimakan bersama-sama. Selain kepiting, Kafe ini juga menyediakan beragam menu lain dengan harga terjangkau. Selain in door, kafe ini juga menyediakan fasilitas out door agar lebih leluasa.

BACA:  20 Tempat Wisata di Gowa Terbaru & Paling Hits

Lokasi: Jl. M Kurdi, Ujung Baru, Kec. Soreang, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

9. Rumah Makan Sabar Menanti

Rumah Makan Sabar Menanti
Image Credit: Facebook.com @isti.charoh.967

Bagi Anda pecinta seafood, tempat ini bisa menjadi alternatif Anda. Nama rumah makan yang unik ternyata selaras dengan kondisinya, di sini para pengunjung harus sabar menanti agar pesanannya tiba di meja. Hal ini dikarenakan rumah makan ini selalu ramai pengunjung. Menu yang paling favorit di sini adalah seppa karena ikan seppa memiliki duri yang sedikit.

Sambal kacang di Rumah Makan Sabar Menanti juga sangat diidolakan pengunjung karena rasanya yang enak. Rumah makan ini menyediakan berbagai macam menu, mulai dari ikan bakar, cumi bakar, dan aneka sayur. Anda bisa memilih menu yang Anda inginkan dan tentunya dengan harga terjangkau. Lokasi rumah makan ini dekat dengan Monumen Cinta Sejati Ainun dan Habibie.

Lokasi: Jl. Mallusetasi, Kec. Ujung, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

10. D’Carlos Cafe & Resto

D’Carlos Cafe & Resto
Image Credit: Google Maps (Muhammad Syahril)

D’Carlos Cafe & Resto adalah tempat nongkrong wajib bagi para wisatawan. Kafe ini biasa disebut dengan Carlos. Carlos terletak di jantung Kota Parepare, sehingga sangat mudah untuk ditemukan. Carlos menyediakan banyak menu khas Sulawesi Selatan. Ada ikan, daging, ayam, kue tradisional, kue modern, es buah, dan semua aneka jus.

Menu yang ditawarkan di sini relatif terjangkau. Anda bebas memilih makanan apa yang ingin Anda nikmati. Pengunjung akan dibuat betah ketika berkunjung ke sini. Kursi yang nyaman, meja yang luas, interior yang mengarah ke restoran mewah, dan free Wi-Fi. Pelayan di sini juga banyak, sehingga Anda tidak kesulitan untuk memesan.

Carlos terdiri dari tiga lantai. Di lantai pertama ada perlengkapan fashion, seperti baju muslim, koko, kemeja, hijab, dan lain-lain. Untuk mencapai kafe, Anda bisa naik tangga untuk menuju lantai selanjutnya. Jadi bagi Anda yang ingin berbelanja, bisa sekalian mampir di sini.

Lokasi: Jl. Bau Massepe No.175, Kp. Baru, Kec. Bacukiki Barat, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

Selain tempat-tempat di atas, masih sangat banyak tempat kuliner yang bisa Anda kunjungi di Parepare. Di sepanjang jalan, banyak penjaja makanan dan minuman yang Anda temui. Harganya pun cukup terjangkau dan tentunya menyajikan pemandangan yang indah. Jika berlibur ke Parepare, tempat makan mana yang akan Anda tuju lebih dulu?